SalSari Resto & Coffee

Saking banyaknya curug di Bogor, Anda mungkin berpikir,  curug menawan mana lagi yang belum Anda kunjungi? Jawabannya, mungkin Curug Leuwi Lieuk. Namun, jika Anda sudah menuntaskan curug ini, Anda bisa mengecek daftar curug bagus di Bogor untuk menemukan curug yang Anda lewatkan.

Obyek wisata yang satu ini mungkin hanyalah satu dari sekian banyak curug di Bogor. Namun, Anda tidak boleh meremehkan keistimewaan yang dimilikinya. Anda pasti tidak tahu, kalau curug ini sering sekali disanding-sandingkan dengan Green Canyon di Pangandaran!

Di curug ini, ada dua buah tebing tinggi yang menghimpit kolam air yang sangat jernih. Keindahannya akan memukau mata Anda dan membuat mulut Anda menganga takjub. Apalagi ketika mata Anda menembus ke kejernihan airnya saat berenang.

Siapa sangka kalau kita tidak perlu jauh-jauh untuk menemukan curug sejernih ini? Ditambah lagi, Anda bisa sekaligus berkeliling kota Bogor, dan berburu oleh-oleh unik khas Bogor seperti Asinan Bogor!

Sekilas Tentang Curug Leuwi Lieuk

trekking Curug Leuwi Lieuk

Penamaan curug ini diambil dari Bahasa Sunda, dimana leuwi berarti lubuk, dan lieuk berarti liuk. Lubuk sendiri adalah sebuah cekungan di dasar sungai yang biasanya memiliki aliran air yang tenang. Sedangkan kata liuk digunakan untuk mendeskripsikan bentuk kolamnya yang berliuk-liuk.

Curug estetik ini terletak di kaki perbukitan Sentul-Jonggol. Tepatnya, di Jalan Gunungwangun, Kampung Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Saat Anda pergi ke sini, Anda bisa sekaligus berwisata ke Danau Rawa Gede Jonggol yang juga terletak di Kecamatan Sukamakmur.

Jam Buka Curug Leuwi Lieuk

Jam Buka Pukul
Senin – Jumat 07.00 – 15.00 WIB
Sabtu – Minggu 07.00 – 17.00 WIB

Lokasi dan Rute Menuju Curug Leuwi Lieuk

Curug Leuwi Lieuk sendiri beralamatkan di Jl. Gunungwangun-Jonggol, Kampung Cibereum No.rt 05/04, Cibadak, Sukamakmur

Jalanan menuju obyek wisata ini masih berliku-liku dan penuh tanjakan. Kondisi jalanannya juga tidak terlalu bagus, sehingga Anda harus memastikan bahwa kendaraan Anda dalam kondisi yang prima.

Anda bisa menggunakan layanan rental mobil Pajero Bogor harian dengan kondisi yang prima dan harga yang murah di Salsa Wisata. Selanjutnya, wisata curug ini berada di tengah perbukitan, karena itu untuk mencapainya Anda harus turun dari kendaraan Anda.

Dari parkiran sampai ke obyek wisata ini membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Di sini Anda akan melewati tanjakan dan turunan, karena itu kondisi tubuh Anda juga harus dalam keadaan sehat.

Harga Tiket Curug Leuwi Lieuk

Retribusi Tarif
Pos pertama Rp10.000,00
Pos kedua Rp25.000,00
Parkir motor Rp20.000,00
Parkir mobil Rp10.000,00

Daya Tarik Curug Leuwi Lieuk

berenang di Curug Leuwi Lieuk

Letak Curug yang Tersembunyi

Berbeda dengan curug lain yang keindahannya langsung menarik perhatian Anda. Di curug ini, Anda harus menyingkap dan menemukan keindahannya sendiri.

Dengan aliran air yang tenang dan ketinggiannya yang rendah, air terjun ini berhasil menyembunyikan dirinya di balik tebing. Anda akan terkejut melihat letaknya yang tidak disangka-sangka. Pasti Anda akan keheranan, kok bisa ya air terjunnya ada di sini?

Ketinggian Kolam yang Bervariasi

Sama seperti tinggi tebingnya yang bervariasi, ketinggian kolamnya juga bervariasi. Jadi, meskipun Anda membawa anak atau Anda sendiri yang tidak bisa berenang, Anda tetap dapat berlibur ke sini.

Di curug ini, ada beberapa kolam dengan kedalaman rendah yang cocok untuk tempat bermain. Namun, kolam air terjunnya sendiri memiliki kedalaman 4 meter, sehingga sebaiknya Anda menghindari kolam ini jika tidak bisa berenang.

Jumping Cliff

Kegiatan apa yang paling seru saat berenang di alam terbuka? Tentu saja saat melompat dari tebing ke dalam air!

Wisata alam curug Bogor satu ini mempunyai tiga tebing yang bisa dijadikan sebagai spot jumping cliff. Ketinggian tebingnya bervariasi, sehingga Anda bisa memilih mau lompat dari tebing yang mana. Ada yang tingginya 3 meter, 5 meter, dan bahkan yang paling tinggi adalah 7 meter.

Untuk melompat dari tebing, Anda harus memanjat tebingnya terlebih dahulu. Obyek wisata ini hanya menyediakan seutas tali untuk memanjat di tebing ketinggian 5 meter dan 7 meter. Anda juga harus sangat berhati-hati karena permukaan tebingnya licin.

Melompat dari tebing pasti akan menjadi memori mendebarkan yang akan terus terekam di kepala Anda. Namun, kalau Anda ragu dan belum mahir berenang di alam terbuka, lebih baik Anda tidak mencobanya sama sekali. Kalau Anda tetap ingin mencobanya, Anda harus meminta orang berpengalaman untuk membimbing dan menjaga Anda ketika Anda melompat.

Trekking

Kalau Anda hobi mendaki gunung, Anda pasti akan sangat menikmati perjalanan ke Curug Leuwi Lieuk! Karena jalanannya penuh tantangan dan mendebarkan.

Sebagian jalanannya masih berupa daratan, tetapi sebagian lainnya sudah berupa tangga. Meskipun sudah biasa trekking, Anda tetap harus berhati-hati, karena pagar pembatasnya sudah banyak yang terlepas.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir kalau Anda tidak pernah trekking sebelumnya. Jarak menuju pos pertama hanya sekitar 500 meter, dan Anda bisa menyewa tongkat!

Di awal, perjalanannya akan menurun dan ada banyak stand yang menjual minuman. Selanjutnya, akan ada beberapa tangga yang bentuknya masih sangat alami. Di bagian kanan Anda ada jurang, sehingga Anda harus waspada!

Fasilitas Curug Leuwi Lieuk

fasilitas Curug Leuwi Lieuk

  • Sewa pelampung dan peralatan outdoor
  • Toilet
  • Ruang ganti
  • Mushola
  • Warung makan
  • Tempat parkir yang luas

Curug ini tidak menyediakan penginapan, tetapi di sekitar obyek wisata ini terdapat banyak penginapan. Penginapan-penginapan dengan view pedesaan ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp200.000,00.

Bila Anda ingin keliling Bogor dan mengunjungi curug indah satu ini, maka bisa memesan paket liburan dari Salsa Wisata. Anda bisa memilih tempat liburan mana saja yang ingin Anda kunjungi di Bogor, termasuk ke Puncak.

Curug ini hanya satu dari sederet curug cantik yang bisa Anda jadikan pilihan tempat liburan akhir pekan ini. Anda dan keluarga tentu akan betah berkunjung ke sini.



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)