SalSari Resto & Coffee

Kabupaten Pandeglang memiliki sejumlah wisata alam yang menakjubkan. Di ujung barat kabupaten ini tersembunyi destinasi wisata menakjubkan bernama Curug Putri Pandeglang. Curug ini cukup berbeda dari yang lain.

Nama lainnya adalah Curug Putri Carita. Tempat wisata alam hits Banten ini memiliki pemandangan yang indah terutama di aliran sungainya. Bagian tebing sungai memiliki susunan yang eksotis sehingga seperti Grand Canyon versi mini.

Sekilas Tentang Curug Putri Pandeglang

gerbang Curug Putri Pandeglang

Curug Putri Pandeglang Banten menjadi tujuan wisata anak-anak muda dan pecinta alam baik di hari biasa maupun akhir pekan. Objek wisata ini memang kurang cocok untuk keluarga sebab untuk mencapainya butuh perjuangan.

Lokasi objek wisata ini dekat dengan pintu masuk kawasan wisata Pantai Carita. Tapi masih membutuhkan perjalanan di dalam Taman Hutan Rakyat. Wisatawan akan merasakan sensasi petualangan alam yang menakjubkan.

Oleh sebab itu, di sepanjang perjalanan bahkan di lokasi wisata penuh dengan pepohonan. Udaranya segar, airnya dingin dan nuansanya begitu sejuk penuh ketenangan karena berada di lereng Gunung Pulosari.

Harga Tiket Masuk Curug Putri Carita

Objek wisata ini memang tidak gratis jika melewati jalur resmi. Tapi tenang, tiket masuk Curug Putri Pandeglang sangat murah. Tiket masuk ini belum termasuk biaya pemandu dan parkir kendaraan.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp15.000,00
Guide susur sungai Rp50.000,00

Lokasi dan Rute Curug Putri Carita

batuan Curug Putri Pandeglang

Lokasi Curug Putri Carita terletak di Jl. Raya Carita, Sukarame, Carita, Kabupaten Pandeglang. Dari kota Pandeglang masih cukup jauh karena berada di ujung barat. Jaraknya sekitar 46 km atau 1 jam 30 menit.

Jika menggunakan Google Map, tinggal ikuti saja rutenya. Sedangkan jika tidak, arahkan saja kendaraan menuju Pantai Carita. Lokasinya berdekatan dan Anda bisa bertanya pada petugas setelah sampai di pintu masuk pantai.

Daya Tarik Wisata Curug Putri Pandeglang

Curug Putri Pandeglang berada di kawasan yang sebelumnya masyarakat anggap sakral. Tapi oleh Perhutani kemudian mereka sulap kawasan ini menjadi objek wisata alam yang seru sekaligus tempat healing yang tenang.

Perjalanan Menuju Curug Penuh Perjuangan

trekking Curug Putri Pandeglang

Sekilas objek wisata ini hampir mirip dengan Hidden Canyon Beji Guwang yang ada di Bali. Tentu kawasan curug ini memiliki ciri khas tersendiri dan Anda tidak perlu ke Bali untuk menyaksikan view ‘Grand Canyon’.

Daya tarik pertama adalah perjalanan menuju lokasi wisata yang penuh perjuangan dan tantangan. Wisatawan harus berjalan kaki atau trekking ke kawasan hutan dengan jalan yang naik turun sejauh 2 km atau 50-60 menit.

Jangan mengharapkan akses jalan yang sudah rata, cor atau paving. Akses jalan setapak ini masih berupa tanah, sehingga ketika terjadi hujan tentu akan becek dan licin. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengenakan sandal gunung.

Walau medannya cukup menantang, di sepanjang perjalanan hanya ada hutan, alam dan penghuninya berupa serangga, burung dan binatang lainnya. Suasananya tenang dan damai, cocok untuk healing.

Ajak teman atau saudara yang sama-sama pecinta alam. Tenang, ada layanan rental mobil plus driver murah di Banten yang bisa Anda manfaatkan untuk tujuan wisata ini.

Suara alam dari pepohonan yang tertiup angin, burung-burung bernyanyi dan serangga yang bersahut-sahutan menandakan lokasi ini masih terjaga alami. Alunan lagu dari alam ini tentu menjadi kesan tersendiri bagi wisatawan.

Kegiatan Susur Sungai dan Spot Instagramable

susur sungai di Curug Putri Pandeglang

Selain menyusuri kawasan hutan, perjalanan menuju wisata Curug Putri akan wisatawan lanjutkan dengan menyusuri aliran sungai. Kegiatan ini sangat seru sekaligus menyenangkan dan pastinya penuh tantangan.

Aliran sungai ini berkelok-kelok tapi airnya jernih. Wisatawan sebaiknya mengenakan jaket pelampung dan sudah ada pemandu yang akan membantu kegiatan ini. Panjang sungai yang akan wisatawan jelajahi ini sekitar 50 meter.

Nah, kegiatan ini pula yang akan membawa wisatawan ke spot instagramable ala Grand Canyon. Dinding-dinding sungai yang sebenarnya adalah tebing menampilkan pemandangan eksotis.

Alam telah membentuk lapisan dinding terlihat begitu apik. Anda bisa berfoto dengan berdiri di aliran sungai dan dinding sungai di sebelah kanan dan kiri. Jika ingin memanjat dinding sungai harus berhati-hati karena licin.

Mandi di Bawah Air Terjun

mandi di Curug Putri Pandeglang

Saat kegiatan susur sungai Curug Putri Pandeglang, pakaian Anda pasti sudah basah. Oleh sebab itu tak perlu ragu untuk mandi dan bermain air di bawah air terjun. Ya, kegiatan susur sungai ini berakhir di lokasi air terjun.

Ujung dari sungai adalah curug. Curug Putri ini memiliki ketinggian hanya 3 meter, tidak terlalu tinggi memang tapi debit airnya cukup deras dan jernih. Airnya juga cukup dingin sehingga akan membuat tubuh semakin segar.

Kedalaman telaga atau kolam di bawah air terjun sekitar 1 meter sehingga cukup aman bagi wisatawan. Lokasi air terjun ini seperti berada di dalam celah dengan dinding yang instagramable.

Lokasi ini sering untuk berfoto baik berdiri di depan curug, memanjat naik ke dinding maupun lainnya. View-nya sangat estetik dengan perpaduan sempurna antara air sungai yang jernih dengan lapisan dinding unik.

Keseruan bermain air di curug ini tak kalah dengan wahana permainan air di Cas Waterpark Cikole. Tapi di sini suasananya lebih alami dan airnya cukup dingin. Pastinya, sensasinya juga berbeda.

Bersantai Menikmati Suasana

menikmati pemandangan di Curug Putri Pandeglang

Bagi yang tidak ingin bermain air atau sudah puas dan kedinginan bisa naik ke atas dan bersantai menikmati suasana. Di lokasi curug ini alamnya sangat mempesona dengan udara yang begitu bersih.

Walau hanya duduk santai, efek relaksasi karena berada di tengah hutan sangat terasa. Apalagi sambil menikmati secangkir kopi atau teh hangat dari warung. Warung ini juga menyediakan berbagai makanan khas Jawa Barat enak.

Fasilitas Curug Putri Pandeglang

fasilitas Curug Putri Pandeglang

Pihak pengelola sudah menyiapkan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Fasilitas Curug Putri Pandeglang di antaranya adalah toilet, kamar mandi, warung dan mushola.

Sedangkan untuk kegiatan susur sungai, sudah ada ada paket tour guide, dokumentasi dan jaket pelampung. Untuk area parkir berada cukup jauh dari lokasi air terjun.

Jam Buka Curug Putri Pandeglang

Untuk menikmati keindahan dan suasana Curug Putri Pandeglang Anda bisa datang di pagi hari. Objek wisata ini buka dari pagi pukul 07.000 hingga pukul 17.000 WIB, kecuali yang ingin camping.

Sebaiknya datang saat musim kemarau atau ketika cuaca sedang cerah. Jika terjadi hujan, maka tidak bisa melakukan kegiatan susur sungai dan debit airnya lebih besar daripada biasanya.

Kegiatan selama di lokasi wisata ini memang menyenangkan. Selanjutnya, jika ingin membeli oleh-oleh bisa datang ke Pantai Carita. Adapun untuk oleh-oleh Banten kekinian, bisa datang ke pusat kota.

Salsa Wisata adalah pilihan terbaik untuk menjadi partner wisata, transportasi dan akomodasi. Salsa Wisata dapat mengantar ke Curug Putri Pandeglang, Pantai Carita, Pantai Tanjung Lesung dan wisata Banten lainnya.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)