SalSari Resto & Coffee

Pesona curug di Bogor hampir tidak ada habisnya. Ada banyak sekali air terjun cantik berbagai ukuran yang bisa Anda kunjungi salah satunya Curug Seribu. Curug ini merupakan air terjun tertinggi yang bisa Anda jumpai di Bogor.

Tak hanya tinggi, curug ini juga memiliki keindahan alam yang sangat menawan. Selain itu ada banyak hal seru yang bisa Anda lakukan selama berkunjung lebih jelasnya lagi silakan simak ulasannya berikut ini:

Sekilas Tentang Curug Seribu

Sekilas Tentang Curug Seribu

Curug Seribu merupakan air terjun setinggi kurang lebih 100 meter yang berada pada ketinggian 750 mdpl sampai 1.050 mdpl. Letak air terjun tertinggi di Bogor ini sendiri masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Dengan lokasinya tersebut wajar jika keasrian alam serta hawa sejuk curug ini masih sangat terjaga. Bahkan tidak jarang hewan-hewan liar seperti monyet, burung, dan hewan lainnya terlihat muncul di sekitar kawasan air terjun.

Nama Seribu sendiri menurut cerita berasal dari jumlah langkah yang harus Anda lakukan untuk bisa mencapai lokasi. Namun ada pula yang mengatakan nama tersebut berasal dari banyaknya jumlah curug kecil yang bisa Anda temukan selama perjalanan.

Meski belum jelas kebenarannnya, keindahan dari air terjun ini tidak perlu Anda ragukan lagi. Airnya yang jenih, alam yang asri, serta suasana yang tenang jadi daya tarik utama yang membuat banyak rombongan dari rental hiace Bogor terdekat mampir ke tempat ini.

Alamat Curug

Lokasi Curug Seribu terletak di kawasan Gunung Sari tepatnya di Kampung Raina, Desa Ciasihan, Pamijahan, Bogor. Untuk rute terdekat yang bisa Anda lalui silakan lihat di Google Maps.

Jam Buka

Curug Seribu buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Usahakan datang pagi agar perjalanan Anda lebih mudah dan lancar.

Hari Jam Buka
Senin – Minggu 08.00 WIB – 16.00 WIB

Harga Tiket Masuk Curug Seribu

Tiket masuk Curug Seribu masih sangat murah karena hanya Rp10.000,00 saja. Namun karena berada di dalam kawasan TN Gunung Halimun Salak Anda harus siapkan biaya tambahan masuk kawasan Taman Nasional.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Taman Nasional Rp25.000,00
Tiket Masuk Curug Seribu Rp10.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Daya Tarik Curug Seribu

Daya Tarik Curug Seribu

Menjadi salah satu tempat wisata hits di Jawa Barat tentu curug ini punya banyak daya tariknya. Berikut ini beberapa daya tarik dari air terjun Seribu yang bisa Anda dapatkan selama berkunjung:

Panorama Apik Air Terjun

Daya tarik utama dari tempat ini tentu saja keindahan air terjunnya yang menjulang tinggi. Tebing batu tinggi yang tertutupi tanaman hijau di kedua air terjun menjadi panorama apik yang bisa Anda nikmati di sini.

Ditambah lagi gugusan batu kali berukuran besar yang menjadi penghias sempurna keindahan alamnya. Pesona yang tampak dari bentang alam air terjun ini jadi obat sempurna setelah lelah berjalan kaki melewati jalur yang panjang.

Trekking

Butuh perjuangan panjang sebelum Anda bisa menikmati keindahan dari air terjun ini. Sebab Anda harus berjalan kaki sejauh 3 km melewati bukit dan lembah selama kurang lebih 60 menit dari tempat parkir kendaraan.

Selain jarak dan medan yang cukup berat, Anda juga harus berhati-hati serta siapkan fisik yang fit agar semua berjalan lancar. Namun semua rasa lelah dan letih Anda bisa langsung terobati saat menyaksikan keindahan air terjun ini dan alam sekitarnya yang masih asri.

Bemain Air

Cara lain untuk mengobati rasa letih dan lelah Anda tentu saja dengan bermain air di sekitaran curug. Airnya yang segar akan langsung menjadi obat relaksasi semua rasa pegal di kaki dan tentunya menyegarkan kembali badan Anda.

Namun perlu Anda ingat untuk tidak bermain di dekat air terjun karena alirannya yang deras. Anda bisa bermain air di area sekitar air terjun yang lebih dangkal dan punya banyak ceruk yang aman untuk Anda yang ingin berendam atau bermain air.

Spot Foto Instagramable

Selain dapat bermain air ada banyak spot foto instagramable yang bisa Anda pilih selama di sini. Salah satunya area tebing batu di dekat air terjun yang memperlihatkan tingginya air terjun ini.

Namun jika Anda ingin pemandangan lebih jelas, jalan setapak di lereng bukit juga bisa jadi pilihan. Spot lain yang juga bisa Anda pilih antara lain seperti area batu-batu besar dan juga curug-curug kecil yang berada tidak jauh dari lokasi air terjun.

Camping Ground

Jika Anda ingin pengalaman mengunjungi air terjun ini lebih seru lagi, bisa ajak teman berkemah di sini. Area camping khusus yang cukup luas sudah tersedia di sini namun jaraknya masih cukup jauh dari curug karena berada di dekat area parkir.

Selain itu, jika ingin berkemah, semua peralatannya harus Anda siapkan sendiri. Sebab pihak pengelola belum menyediakan tempat penyewaan. Meski begitu berkemah bersama teman dan menikmati keindahan curug ini bisa jadi pengalaman terbaik yang Anda lakukan.

Misteri Curug

Di balik keindahannya tempat ini ternyata menyimpan banyak misteri angker. Salah satunya mitos mengenai air terjun yang selalu menelan korban setiap tahunnya karena berbagai alasan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut terulang kembali, pengunjung harus mengikuti aturan yang ada. Misalnya tetap mengikuti jalur yang telah tersedia dan tidak mengganggu atau merusak alam sekitar serta berhati-hati terutama saat hujan.

Fasilitas di Curug

Fasilitas Curug Seribu

Tempat wisata hits di Bogor ini juga sudah menyediakan fasilitas lengkap untuk kemudahan Anda selama berkunjung seperti:

  • Area parkir khusus motor dan mobil
  • Petunjuk rute trekking yang jelas
  • Warung camilan dan makanan khas Bogor
  • Toilet, kamar bilas dan kamar ganti
  • Camping ground

Nikmati pula keseruan mengunjungi berbagai tempat wisata kuliner Bogor hits bersama Salsa Wisata. Melalui layanan rental mobil serta paket wisata yang ada, Anda bisa mengunjungi lebih banyak tempat dengan mudah sesuai keinginan.

Biayanya pun terjangkau dan bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan serta kebutuhan. Dengan begitu momen liburan yang Anda impikan bisa terwujud dengan mudah bersama Salsa Wisata, jadi tunggu apalagi hubungi kami sekarang juga untuk dapatkan keseruannya.



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)