SalSari Resto & Coffee

Desa Wisata Pulesari adalah salah satu bukti bahwa Yogyakarta tidak pernah kehabisan tempat wisata. Dan masyarakatnya juga semakin sadar akan potensi lokal yang daerah mereka miliki. Bukan cuma budaya, di desa ini, pengunjung juga bisa menikmati nilai sejarah, wisata kuliner, dan wisata alam Jogja Instagramable.

Berada di Sleman, desa wisata ini sebetulnya hanya satu dari sekian banyak desa wisata yang ada di Jogja, apalagi di Sleman. Meskipun begitu, di desa ini ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan. Anda bisa outbound atau menjelajah gua sekitar. Ada beberapa pilihan paket wisata yang bisa Anda manfaatkan.

Sekilas Tentang Desa Wisata Pulesari

outbound Desa Wisata Pulesari

Desa ini berdiri di atas tanah seluas 25 hektate. Lokasinya ada tepat di lereng gunung Merapi. Maka itu, jangan heran kalau desa ini memiliki pemandangan yang memukau. Bentang alam berupa perkebunan dan pegunungan memberikan udara yang sejuk dan pemandangan yang asri.

Pada awalnya, desa wisata Pulesari hanyalah desa biasa. Namun, lokasinya sangat strategis untuk menikmati suasana alam. Karena berada di lereng gunung, desa ini berada di ketinggian sekitar 400-900 mdpl. Ada banyak sungai juga yang mengalir melewati desa ini. Salah satunya adalah Sungai Bedog. Airnya masih jernih, karena ini memang sumber mata air alami.

Di musim kemarau, saat cuaca cerah, Anda bisa melihat gunung Merapi dengan jelas dari desa ini.. Kalau naik sampai ke bagian atas desa, Anda bisa memandang ke bawah. Pemandangan yang terhampar adalah perkebunan milik warga berikut rumah-rumahnya.

Berada di lereng gunung Merapi membuat desa ini dulu pernah terdampak erupsi Merapi. Maka itu, untuk memperbaiki segala kerusakan sekaligus menegakkan kembali perekonomian desa, warga setempat membangun kembali wilayah ini. Dibantu dengan pemerintah daerah, akhirnya terciptalah desa wisata yang sekarang bisa Anda nikmati ini.

Fasilitas Desa Wisata Pulesari

fasilitas desa wisata pulesari

Selain dari fasilitas paket wisata yang sudah disebutkan di atas, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas umum yang bisa dinikmati semua pengunjung. Fasilitas tersebut meliputi area parkir yang luas, tempat ibadah, tempat makan, dan beraneka wahana. Semua itu bisa Anda nikmati di dalam desa.

Ada pilihan homestay bagi Anda wisatawan dari luar Jogja yang ingin menginap langsung di desa ini. Seperti layaknya desa, homestay ini berada di tengah-tengah rumah penduduk. Ada gardu ronda juga sebagai bagian dari fasilitas keamanan.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Pulesari

Tidak mahal untuk bisa menikmati desa wisata Pulesari. Berikut harganya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp5.000,00
Penginapan Mulai dari Rp35.000,00 per orang
Paket Tradisi 1 Rp55.000,00
Paket Tradisi 2 Rp75.000,00
Paket Tradisi 3 Rp95.000,00
Paket Tradisi 4 Rp105.000,00

Rute Menuju Desa Wisata Pulesari

sungai Desa Wisata Pulesari

Desa wisata Pulesari terletak di Desa Wono Kerto, Kecamatan Turi, Sleman, DIY. Posisinya kurang lebih 21 kilometer dari pusat kota Jogja. Kalau dari Jogja, Anda bisa ambil arah Magelang-Yogyakarta, lalu mengarah ke pertigaan Jalan Turi. Dari pertigaan, lurus ikuti jalan. Nanti Anda akan menemukan papan penunjuk jalan menuju Pulesari.

Perlu diingat bahwa akses menuju Pulesari agak sulit kalau menggunakan angkutan umum. Jadi, bagi Anda wisatawan di Jogja, amat disarankan untuk menggunakan jasa rental mobil Innova Jogja plus driver.

Daya Tarik Desa Wisata Pulesari

Dijamin, Anda tidak akan menyesal datang ke Pulesari. Di sini, Anda akan paham bahwa wisata edukasi itu bukan cuma untuk anak-anak saja. Orang dewasa pun bisa menikmatinya. Berikut beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini:

Belajar Budidaya Salak

tugu salak Desa Wisata Pulesari

Salak memang cocoknya tumbuh di dataran tinggi. Karena itu, penduduk setempat mulai membudidayakan buah tropis yang satu ini. Jika Anda datang ke Pulesari, Anda bisa belajar cara budidaya salak, dari mulai cara menanam dan merawatnya.

Selain itu, nanti Anda juga bisa langsung memetik salak-salak yang tersedia. Dari situ Anda akan tahu bahwa salak sudah jadi bagian penting dari Pulesari. Masyarakatnya biasa mengolah buat ini mejadi beraneka ragam olahan, seperti geplak atau dodol. Anda juga bsia melihat bagaimana cara mengolah salak menjadi geplak dan dodol. Jika tertarik, Anda juga bisa membawa oleh-oleh khas Jogja selain gudeg ini.

Wisata Edukasi

Selain belajar cara budidaya salak, ada banyak wisata edukasi yang bisa Anda dan keluarga lakukan di desa ini. Wisata edukasi yang disuguhkan bukan cuma sekadar teori. Anda bisa langsung praktek.

Di mana lagi Anda bisa belajar membatuk, membuat janur pengantin, melukis caping, dan memandikan ternak selain di Pulesari? Pendeknya, di sini Anda bisa belajar bagaimana caranya hidup di desa. Cocok untuk selingan bagi Anda yang selama ini tinggal di kota besar dan disibukkan dengan pekerjaan khas kota metropolitan.

Outbound

outbound Desa Wisata Pulesari

Ingin memacu adrenalin? Di sini tempatnya. Dengan potensi alam yang melimpah, pengelola desa menjadikan area sekitar sebagai tempat outbound. Anda bisa trekking sungai yang ada di Pulesari. Saat trekking, Anda harus melewati titian bambu, jaring, dan jembatan goyang. Bayangkan melewati itu semua dengan sungai yang mengalir deras di bawah Anda.

Selain tu, ada juga tangga air, vertikal web, dan hujan buatan. Semuanya bisa Anda jajal bersama keluarga. Tenang saja, meskipun wisata ini terkesan menakutkan, semuanya aman, kok. Semua wahana yang tersedia sudah dites keamanannya. Berbagai kelengkapan fasilitas dan pemandu profesional membuat lokasi ini sering menjadi tempat employee gathering.

Bila Anda ingin mengadakan acara gathering, bisa juga menggunakan paket gathering Jogja murah dari Salsa Wisata. Seluruh kebutuhan terkait gathering seperti transportasi, akomodasi, dan konsumsi sudah kami siapkan. Bahkan kami mempunyai armada bus yang siap menjemput para peserta gathering ke lokasi.

Wisata Budaya

wisata budaya Desa Wisata Pulesari

Sayang kalau Anda tidak mengulik budaya warga setempat jika sudah sampai di desa ini. Sebetulnya, daya tarik utama desa ini adalah kearifan lokalnya. Seperti selayaknya desa wisata lain, Pulesari juga menjunjung nilai-nilai budaya lokal.

Nilai budaya yang bisa Anda nikmati di sini meliputi kerajinan, kuliner khas Jogja kekinian, tarian, serta kesenian. Keramahan penduduk lokal akan membuat Anda betah mempelajari kebudayaan lokal. Mereka bisa jadi narasumber yang baik kalau Anda tertarik membuat liputan.

Wisata Sejarah

Budaya erat kaitannya dengan sejarah. Kalau sudah mempelajari budaya, Anda juga harus mengulik soal sejarahnya. Nilai wisata desa ini bisa terlihat dari gua-gua bersejarah di sekitarnya. Total ada delapan gua yang bisa Anda jelajahi.

Gua yang dimaksud adalah Gua Leri, Bedhog, Ular, Gedhe, Wayang, Grenjeng, Canguk, dan Dampar. Sambil menyusuri gua-gua tersebut dan menikmati pemangan alamnya, Anda bisa sekalian belajar tentang sejarah di baliknya. Sama seperti outbound, menyusuri gua juga sama-sama memacu adrenalin.

Paket Wisata yang Tersedia

paket wisata Desa Wisata Pulesari

Ada beberapa pilihan paket wisata yang disediakan Pulesari bagi pengunjung. Untuk bisa bergabung, Anda harus tergabung dalam rombongan yang terdiri dari 20-25 orang. Ada dua jenis paket wisata yang bisa Anda pilih selama seharian penuh. Aktivitasnya padat dan dijamin mengasyikkan.

Jika Anda mau menginap, Pulesari juga menyediakan tempat bermalam. Ada paket wisata menginap di Pulesari selama dua hari satu malam. Untuk paket menginap, ada dua pilihan, yaitu paket Gathering Live In dan Malam Keakraban. Untuk paket liburan satu hari, ada empat pilihan paket, yakni paket Tradisi 1-4.

Fasilitas yang didapat dari semua paket wisata tersebut adalah welcome drink, camilan, makan siang-malam, dan pemandu. Yang Anda dapatkan dari paket wisata sehari dan wisata menginap hampir sama. Bedanya cuma pada acara api anggun dan jumlah waktu makan berat. Bagi Anda yang berwisata sendirian, Adna tetap bisa menikmati Pulesari dengan harga terjangkau.

Jam Operasional Desa Wisata Pulesari

Desa wisata Pulesari selalu buka sepanjang minggu. Namun, di akhir pekan, jam bukanya berbeda. Dari hari Senin sampai Jumat, Pulesari buka dari pukul 07.00 sampai 18.00 WIB. Namun di akhir pekan, desa wisata ini buka selama 24 jam.

Kami sarankan untuk datang di hari Senin sampai Jumat kalau Anda tidak mau menikmati desa ini berdesakan dengan pengunjung lain. Datang juga ketika hari masih pagi, jadi Anda bisa merasakan suasana desa saat hari menjelang.

Buat Anda yang baru pertama kali wisata ke Jogja, bisa coba gunakan paket liburan Jogja 2 hari dari Salsa Wisata. Dengan harga yang bisa menyesuaikan budget Anda, Salsa Wisata akan mengantar Anda ke tempat wisata manapun yang Anda mau. Anda bisa tentukan sendiri destinasi wisata yang mau Anda kunjungi berikut budget-nya. Kami akan mengaturnya untuk Anda.



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (5 votes)