SalSari Resto & Coffee

Dino Park Jogja sebenarnya masih merupakan bagian dari Merapi Park Jogja yang terkenal saat ini. Wahana ini resmi buka pada 2 Mei 2022. Objek wisata ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Jogja.

Dengan adanya Dino Park Jogja maka semakin melengkapi predikat Jogja sebagai kota edukasi sekaligus kota wisata. Tidak hanya wisata budaya dan wisata alam Jogja Instagramable saja. Di kota ini, wisata edukasi pun tersedia.

Sekilas Tentang Dino Park Jogja

wisata Dino Park Jogja

Bila Anda mencari Dino Park Jogja di internet, terutama di Google. Anda akan mendapati ulasan Google Maps yang baru sedikit, tidak sampai 100 buah. Itu terjadi karena memang objek wisata ini terbilang masih baru.

Tempat wisata edukasi ini buka pada pertengahan 2022. Belum genap enam bulan, tempat wisata ini sudah menjadi populer. Tidak hanya untuk wisatawan Jogja, wisatawan luar kota pun sudah banyak mengenalnya.

Dengan konsep wisata edukasi, tempat ini menawarkan hiburan sekaligus juga unsur pendidikan. Jadi tidak hanya di tempat seperti Jogja National Museum saja Anda bisa belajar sejarah, di sini pun bisa.

Konsep zaman purba beserta dinosaurus di tempat wisata ini sangatlah terasa. Pengelola begitu total dalam hal rekayasa tampilan ekosistem yang membuat tempat ini tampak seperti di zaman purba sungguhan.

Fasilitas Dino Park Jogja

Dino Park Jogja masih berada di dalam kawasan Merapi Park. Oleh karena itu, fasilitasnya pun sama dan berdekatan. Fasilitas pendukung yang tersedia antara lain restoran, kafe, masjid, toilet, parkir luas dan lain-lain.

Restoran yang ada di sekitar tempat ini menyajikan makanan yang enak. Terutama menu khas wisata kuliner Jogja lezat yang bisa Anda rasakan. Restoran di sini suasananya sangat nyaman dan asri.

Jika hanya ingin menikmati kopi Anda bisa mampir ke kafe. Masalah sanitasi pun terjamin nyaman, tempat ini terdapata sarana toilet yang memadai untuk banyak pengunjung.

Anda yang berencana datang dengan mengendarai mobil dari rental mobil avanza plus driver Jogja tidak perlu khawatir soal area parkir. Di sini area parkirnya sangat luas dan dapat memuat banyak kendaraan.

Harga Tiket Masuk Dino Park Jogja

sekilas tentang Dino Park Jogja

Harga tiket masuk ke dalam area Dino Park Jogja benar-benar terbilang relatif murah. Untuk memasuki taman ini hanya diperlukan uang tiket masuk sebesar.

Harga itu terbilang murah untuk keseruan serta pengetahuan yang bakal Anda dapatkan. Sedangkan untuk anak usia di bawah dua tahun tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Bila ingin mendapatkan sensasi liburan yang lebih menarik, bisa membeli tiket bundling 4 in 1 wisata Merapi Park Jogja. Dengan tiket bundling tersebut, Anda dapat berwisata ke World Landmark, Dino Park, Kids Waterpark dan De Mangol View.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp15.000,00
Tiket bundling 4 in 1 Rp35.000,00
Parkir motor Rp2.000,00
parkir mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Dino Park Jogja

Dino Park ini masih dalam satu kawasan Merapi Park. Alamat lengkapnya adalah di Jalan Kaliurang Kilometer 22,5 Banteng, Kelurahan Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Jogja.

Akses menuju lokasinya sangatlah mudah, dapat Anda tempuh dengan kendaraan apapun, baik roda dua maupun roda empat. Lokasinya dekat dengan objek wisata Museum Gunung Merapi.

Anda dapat memilih salah satu jalan dari dua jalur yang tersedia dari pusat kota Jogja. Lewat Jalan Kaliurang atau memilih jalur yang melewati Jalan Monumen Jogja Kembali.

Kemudian melewati daerah Ngaglik dan Pakem, naik terus kira-kira 6 kilometer. Setelah menemui Hotel Taman Eden ambil jalan ke arah barat. Tidak jauh lagi Anda akan sampai di lokasi.

Daya Tarik Dino Park Jogja

Secara umum telah disebutkan beberapa daya tarik dari Dino Park Jogja. Daya tarik tersebut yaitu tempat ini terasa sangat nyata berada di zaman pra sejarah. Sehingga tempat ini banyak memiliki materi edukasi.

Tentu saja jika dikatakan hanya seperti itu, maka akan banyak orang yang meragukan keunggulan tempat wisata hits Jogja ini. Oleh karena itu, berikut kami sajikan beberapa detail daya tarik yang ada di kawasan ini.

Edukasi dari Tentang Dinosaurus

wahana Dino Park Jogja

Dino Park Jogja memang nyata memberikan edukasi bagi para pengunjungnya. Tidak hanya hiburan semata dengan menampilkan dinosaurus yang tampak nyata di alam terbuka.

Bukti edukasi tersebut dapat dilihat dari semua dinosaurus yang ada. Bentuk detail dari Dinosaurus-dinosaurus itu telah melewati proses riset, sehingga tampil semirip mungkin berdasarkan data sejarah.

Kemudian pada setiap dinosaurus yang ada di lokasi pun diberi papan keterangan. Dalam papan tersebut tersedia informasi lengkap mengenai profil fauna. Mulai dari nama hingga perkiraan hidup dan kepunahannya.

Edukasi yang ditawarkan tempat ini sangat menarik. Alih-alih meletakkan objek dinosaurus di tempat seperti museum, pengelolanya malah kreatif menghadirkan Jurassic Park versi Jogja yang penuh muatan edukasi.

Area yang Luas

Daya tarik lain dari Dino Park Jogja yaitu berupa luasnya area yang dijadikan tempat wisata ini. Pengelola mendesainnya sedemikian rupa agar taman ini luas dan menyerupai suasana zaman purba.

Bagi pengunjung pun tentu akan lebih menyenangkan untuk menyaksikan hewan-hewan purbakala yang tampak hidup. Hal itu lebih berkesan dari sekedar menyaksikan gambar atau fosil dinosaurus saja.

Area taman ini memang cukup luas dan terbuka. Oleh karena itu, ada tempat nyaman yang tersedia untuk pengunjung sekedar duduk beristirahat atau bersantai sambil menikmati makanan khas Jogja kekinian.

Taman yang luas dan terbuka ini juga memiliki panorama alam yang indah. Dengan panorama alam yang indah itu dapat dikatakan bahwa tempat ini instagramable atau instagenic, cocok untuk spot foto-foto.

Indian Village

indian village Dino Park Jogja

Dino Park Jogja jadi perkampungan suku Indian? Bukan, tapi di sini ada Indian Village yaitu tempat yang menyerupai perkampungan suku Indian di Amerika. Tempat ini pasti sangat menarik.

Di tempat ini selain bisa bebas berfoto-foto dengan spot perkampungan suku Indian, Anda juga bisa mengenakan pakaian ala suku Indian. Anda dapat menyewa pakaian tersebut dari pengelola.

Pakaian dan pernak-pernik suku Indian yang dapat Anda sewa di sini didesain semirip mungkin dengan aslinya. Hasil foto-foto Anda pun akan terlihat semakin keren.

Pasti akan sangat menyenangkan berlibur di sini. Bagaimana tidak, Anda serasa berlibur ke zaman purba lalu berkunjung ke perkampungan suku Indian namun membawa pulang oleh-oleh khas Jogja selain gudeg.

Koleksi Dinosaurus yang Menarik

koleksi Dino Park Jogja

Bukan Dino Park Jogja namanya jika tidak memiliki koleksi dinosaurus. Tentu saja dinosaurus buatan yang tidak hidup namun terasa tampak hidup karena detail kemiripannya.

Di antara banyaknya jenis fauna dinosaurus yang ada, Tyrannosaurus Rex menjadi karakter paling favorit. Dengan tingginya yang menjulang hampir empat meter, Tyrannosaurus ini sering sekali untuk tempat berfoto.

Lalu ada juga yang tidak kalah populer yaitu jenis dinosaurus bernama Dilophosaurus. Pada keterangannya, hewan ini memiliki racun di tubuhnya sebagai perlindungan diri dari musuh.

Raptor juga ada di taman ini, fauna yang ditakuti di film Jurassic Park ini disebut-sebut memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan kawanannya. Terutama komunikasi saat berburu mangsa.

Jam Buka Dino Park Jogja

Dino Park Jogja ini dapat Anda kunjungi hari apapun sesuai keinginan, karena tempat ini buka dan beroperasi setiap hari. Jam bukanya adalah mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00.

Tunggu apalagi? Tempat ini buka setiap hari dan masih ada promo harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Segera manfaatkan kesempatan yang terbuka lebar untuk liburan murah tersebut.

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana liburan di kota Jogja dapat memesan paket wisata Jogja dengan banyak pilihan. Penawaran terbaik paket wisata ini hanya bisa Anda dapatkan dari Salsa Wisata.

Anda yang dari luar kota dan ingin menghabiskan waktu liburan di Jogja, sangat tepat untuk memesan paket wisata Jogja 5 hari 4 malam. Salsa Wisata menjamin liburan ke Jogja Anda sangat berkesan.

 



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)