SalSari Resto & Coffee

Ada cukup banyak destinasi wisata yang ada di Banyumas. Salah satunya yakni Dreamland Ajibarang atau masyarakat mengenalnya dengan Dreamland Waterpark Ajibarang.

Waterpark yang satu ini tidak kalah populer dengan wisata kekinian Baturaden yang ada di kabupaten yang sama, Banyumas. Taman rekreasi air ini memiliki banyak wahana air, wisata bahari, kuliner hingga bermain flying fox dan mini zoo.

Wajar jika taman rekreasi Banyumas ini selalu ramai dengan wisatawan, apalagi saat high season. Bahkan di akhir pekan saja, jumlah pengunjungnya sangat ramai. Tapi, tidak penuh sesak karena area wisata sangat luas.

Sekilas Tentang Dreamland Ajibarang

kolam dewasa dreamland waterpark ajibarang

Dreamland Waterpark Ajibarang merupakan salah satu taman rekreasi air terbesar di Jawa Tengah. Dari sekian banyak tempat wisata hits di Jawa Tengah dengan tema air, waterpark yang satu ini memiliki wahana sangat lengkap.

Pihak pengelola telah berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan waterpark ini sebagai tempat berlibur untuk keluarga. Artinya, semua anggota keluarga dapat bersenang-senang dan seru-seruan.

Oleh sebab itu, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa, akan merasakan kegembiraan bermain air di sini. Apalagi jenis wahananya juga bermacam-macam sehingga betah untuk berlama-lama.

Harga Tiket Masuk Dreamland Ajibarang

Walau ada banyak sekali wahana yang bisa wisatawan mainkan, ternyata harga tiket masuk Dreamland Ajibarang sangat murah. Untuk hari biasa dan akhir pekan, ada perbedaan harga.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Senin – Sabtu Rp20.000
Tiket masuk Minggu & hari libur nasional Rp25.000

Lokasi dan Rute Dreamland Ajibarang

imnfografis dreamland waterpark ajibarang

Lokasi Dreamland Ajibarang terletak di Pancasan, Kec. Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Waterpark ini berada di tengah kota Ajibarang. Jarak dari Ajibarang City Park hanya 2 km atau 5 menit berkendara.

Sedangkan dari Purwokerto jaraknya sekitar 21 km atau 40 menit berkendara. Jika dari Purwokerto, ikut jalan ke arah Ajibarang City Park atau bisa ikuti arah dari Google Map.

Fasilitas Dreamland Ajibarang

fasilitas dreamland waterpark ajibarang

Secara keseluruhan, Dreamland Waterpark Ajibarang telah menyediakan sarana dan prasarana yang cukup memadai dan lengkap. Tak hanya kolam renang dan wahana permainan saja, tetapi juga menyediakan fasilitas penunjang.

Diantaranya ada area parkir, toilet, kamar mandi bilas, sewa pelampung, gazebo, tempat berteduh, serta kantin yang menyediakan peralatan mandi, baju, dan jajanan.

Daya Tarik Wisata Dreamland Ajibarang

Dreamland Ajibarang memang masih baru karena resmi buka pada tanggal 24 Februari 2014. Walau demikian, tempat wisata ini selalu ramai akan wisatawan. Beberapa daya tarik berikut menjadi alasannya;

Water Slide Dewasa yang Menantang

waterslide dewasa Dreamland Ajibarang

Bagi pengunjung dewasa, wahana air yang cukup menantang adalah meluncur dari ketinggian puluhan meter dengan water slide. Jika cukup berani, cobalah meluncur dari water slide yang paling tinggi.

Tentu saja, wahana ini bukan untuk anak-anak, bahkan orang dewasa yang memiliki masalah jantung, tidak boleh menggunakan wahana ini. Sebab, pengunjung akan meluncur dengan kecepatan cukup tinggi.

Tidak jarang teriakan wisatawan yang sedang meluncur turut terdengar. Berteriaklah sepuasnya dan sekencangnya, karena ini juga salah satu terapi untuk menghilangkan stres atau beban pikiran.

Kolam Anak dan Playground Air

wahana anak Dreamland Ajibarang

Dreamland Ajibarang Banyumas memang menjadi andalan bagi warganya. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan jasa rental mobil plus driver murah yang datang dari luar kota agar anak-anak bisa ikut dengan nyaman.

Ya, waterpark yang satu ini menjadi ‘surga’ bermain air bagi anak-anak. Ada banyak sekali wahana air yang menjadi favorit di kolam anak. Salah satunya adalah area playground air.

Di sini ada banyak jenis wahana mulai dari perosotan air, halang rintang, pancuran air dan banyak lagi. Pastinya, di sini juga ada ember tumpah yang selalu ditunggu oleh anak-anak.

Kolam Ombak

kolam ombak Dreamland Ajibarang

Satu wahana yang cocok untuk semua umur termasuk balita adalah kolam ombak. Tenang, ombak di kolam ini tidak seperti di laut, tapi lebih seperti di pantai. Ombak kecil tapi sangat menyenangkan.

Air akan bergoyang-goyang dan muncul riak-riak kecil yang sangat seru. Anak-anak bisa menggunakan pelampung agar lebih aman. Tapi, bagi anak usia SD pun tidak perlu khawatir sebab kolam ini dangkal.

Untuk anak-anak memang sebaiknya di pinggir saja agar mendapatkan ombak yang kecil. Sedangkan ombak cukup besar ada di ujung depan hingga tengah. Orang tua bisa sedikit ke tengah jika ingin seru-seruan.

Main Jetski di Danau

main jetski di Dreamland Ajibarang

Untuk orang dewasa yang ingin menguji adrenalin di Dreamland Ajibarang, bisa mencoba menaiki jet ski. Wahana yang satu ini sangat seru, menantang sekaligus mendebarkan.

Pengunjung akan menaiki jet ski dan mesin ini akan meluncur dengan kecepatan tinggi. Tak hanya meluncur cepat, tetapi juga berkelok-kelok. Sehingga Anda harus berpegangan kencang dan kuat.

Pastinya, jika menaiki wahana ini jangan takut basah. Justru itu keseruannya, saat jet ski meluncur maka akan ada air yang meluncur ke atas. Belum lagi cipratan air yang terkena jet ski saat meluncur.

Menaiki Perahu

naik perahu di Dreamland Ajibarang

Waterpark ini memiliki wahana perahu yang bisa menampung hingga puluhan orang untuk satu kali jalan. Suasana berkeliling danau dengan menggunakan perahu ini sangat sejuk, tenang dan menyenangkan.

Udaranya juga segar sehingga membuat wisatawan yang menaiki perahu merasa rileks. Anda akan berkeliling dan melihat keindahan alam di danau. Tenang, wahana ini berjalan lambat sehingga anak balita pun akan aman.

Mini Zoo

mini zoo Dreamland Ajibarang

Selain bermain air dan seru-seruan, anak-anak juga bisa belajar tentang hewan di mini zoo. Di area ini ada cukup banyak binatang mulai dari reptil seperti buaya, ikan arapaima berukuran besar hingga burung.

Ada juga area ikan hias yang ada di dalam akuarium. Jumlahnya sangat banyak. Untuk binatang yang cukup berbahaya, sebaiknya agar anak-anak tidak terlalu dekat dengan kandang.

Flying Fox Seru

Wisata Dreamland Ajibarang semakin seru dengan adanya flying fox. Anda akan meluncur dari ketinggian dengan kecepatan tinggi sejauh 200 meter. Banyak pengunjung yang meluncur sambil berteriak, karena memang seru.

Untuk menggunakan wahana ini, ada batas minimal tinggi badan. Sehingga anak-anak di bawah batas tinggi tidak boleh menaikinya. Sebagai gantinya, bisa mencoba wahana lain yang tak kalah seru.

Terapi Ikan

terapi ikan di Dreamland Ajibarang

Bagi wisatawan yang ingin bersantai, bisa mencoba wahana terapi ikan. Anda cukup melepas alas kaki dan celupkan kaki ke kolam ikan. Ikan-ikan kecil akan berdatangan dan mengerumuni kaki yang ada di kolam.

Awalnya cukup geli, tapi lama-kelamaan justru terasa menyenangkan. Biarkan ikan-ikan memakan mikroba yang ada di area kaki. Keluar dari kolam, kaki terasa sangat segar dan sehat.

Kuliner Nikmat

Setelah lelah bermain, tiba waktunya untuk istirahat sambil menyantap makanan khas Jawa Tengah enak yang ada di sekitar area waterpark. Ada banyak tempat makan atau kuliner yang ada di sini. Anda bisa memilih mana saja yang menjadi favorit.

Harganya juga ramah di kantong, sehingga tidak perlu khawatir. Sebagai saran, paling enak untuk menyantap makanan dan minuman hangat. Jangan lupa untuk membeli mendoan hangat dengan sambal kecap.

Jam Buka Dreamland Ajibarang

Dreamland Ajibarang buka setiap hari dari pagi pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB sore hari. Baik di hari biasa maupun akhir pekan tidak ada perbedaan jadwal buka maupun tutup.

Di kota Ajibarang sendiri ada banyak tempat oleh-oleh khas Jawa Tengah tahan lama yang bisa Anda kunjungi. Jadi, setelah puas bermain air, cobalah untuk mampir membeli oleh-oleh sebagai buah tangan untuk orang di rumah.

Tenang, Salsa Wisata dapat mengantarkan Anda ke Dreamland Ajibarang, pusat oleh-oleh dan destinasi wisata lain di Ajibarang. Untuk harga rental kendaraannya juga sangat murah. Segera hubungi Salsa Wisata sekarang.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)