SalSari Resto & Coffee

Klaten menawarkan berbagai macam wisata alam menarik yang bisa Anda kunjungi, salah satunya Ekowisata Kali Talang. Tempat ini menyajikan panorama apik kawah Gunung Merapi yang asri dan sejuk.

Keindahan momen sunrisenya pun tidak kalah dari tempat wisata hits di Indonesia lainnya. Berbagai aktivitas seru pun bisa Anda lakukan di sini mulai dari bersantai hingga kemah atau bersepeda bersama teman.

Sekilas Tentang Ekowisata Kali Talang

Kali Talang Klaten

Ekowisata Kali Talang merupakan area wisata kaki gunung dengan kontur bebatuan dan alam yang asri. Lokasinya terletak pada ketinggian 1.160 mdpl dengan jarak yang hanya sekitar 4 km dari puncak Gunung Merapi.

Dengan letak strategisnya tersebut, pemandangan puncak merapi dan kawahnya terlihat jelas seperti di Bungker Kaliadem. Panorama alam tersebut semakin eksotis dengan bukit batu yang tampak talang saluran air.

Cekungan bukit batu yang tampak seperti talang ini sendiri memiliki panjang sekitar 100 meter. Bentuk cekungan bukit batu yang seperti talang inilah yang menjadi asal usul nama Kali Talang tersemat di tempat ini.

Selain pemandangannya, ada berbagai aktivitas seru yang bisa Anda nikmati dan lakukan di sini. Pokoknya tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin healing santai bersama teman saat liburan di Klaten.

Alamat

Wisata Kali Talang terletak di Sambangrejo, Balerante, Kemalang, Klaten. Tempat wisata ini bisa dengan mudah Anda kunjungi menggunakan layanan sopir rental innova Jogja murah yang lebih tahu jalan.

Sebab jika hanya mengandalkan lokasi dari Google Maps Anda akan cukup sulit menemukan jalan yang tepat. Namun untuk Anda yang senang berpetualang bisa mencobanya sendiri dengan kendaraan pribadi.

Jam Buka

Tempat ini buka setiap hari dari pagi mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB kecuali bagi yang berkemah. Jika Anda tidak ingin berkemah bisa datang saat pagi hari atau sebelum pukul 15.00 WIB untuk dapatkan view apik Merapi.

Hari Jam Buka
Senin – Minggu 07.00 WIB – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk Ekowisata Kali Talang

Tiket masuk wisata Kali Talang ini terbilang cukup murah karena hanya sekitar Rp5.000,00. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya parkir dan lain sebagainya, berikut ini rincian lebih lengkapnya.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Anda juga bisa mengunjungi berbagai destinasi menarik di Klaten dan sekitarnya menggunakan paket liburan ke Jogja dari Salsa Wisata. Sebab dengan paket tersebut kemana pun tujuannya bisa Anda kunjungi dengan budget terjangkau.

Daya Tarik Ekowisata Kali Talang

Daya Tarik Ekowisata Kali Talang

Sebagai tempat wisata hits di Klaten, Kali Talang memang menyimpan banyak daya tarik serta aktivitas menarik yang sayang untuk Anda lewatkan. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke tempat ini.

Menikmati Pemandangan Pegunungan

Daya tarik utama dari Kali Talang ini tentu saja pemandangan pegunungannya. Dari sini, Anda bisa menikmati pemandangan kawah dan kawasan Gunung Merapi dengan jelas, bahkan tanpa harus mendaki.

Salah satu waktu terbaik menikmati keindahan panorama alam ini biasanya saat pagi atau sore hari. Ketika pagi hari, terutama di bulan Maret, langit akan terlihat cerah dan kawah bisa tampak dengan jelas.

Sedangkan saat sore hari Anda bisa melihat keindahan Merapi dengan cahaya berbeda. Panorama apik tersebut semakin sempurna jika Anda nikmati sambil menyantap makanan khas Klaten seperti sop ayam sebagai sarapan.

Naik Sepeda Downhill

Kawasan ini tidak hanya menawarkan pemandangan saja, ada juga fasilitas berupa jalur downhill yang bisa Anda coba. Medan lintasan downhill ini juga cukup menantang dengan jalur berbatu yang curam.

Dengan medan yang menantang tersebut sudah pasti adrenalin akan terpacu cepat selama Anda melaju. Sehingga tidak heran jika tempat ini menjadi favorit para pesepeda downhill untuk menyalurkan hobi mereka.

Berfoto di Berbagai Spot Menarik

Aktivitas lain yang tidak boleh Anda lewatkan selama mengunjungi tempat ini tentu saja berfoto. Apa lagi ada banyak spot foto apik yang bisa Anda pilih misalnya seperti area jembatan bambu.

Di jembatan bambu panjang ini Anda bisa berfoto dengan latar apik Merapi sambil melakukan berbagia gaya. Selain itu ada juga spot gardu pandang yang punya view tidak kalah cantik dari jembatan bambu.

Namun jika Anda ingin mendapat foto berbeda, bisa coba berfoto di dekat bekas aliran air Kali Talang. View batu-batu besar dan tebing batunya tampak begitu eksotis sehingga bisa jadi foto yang menarik saat liburan.

Camping

Jika Anda belum puas menikmati keindahan alam di tempat ini, coba saja berkemah. Kawasan yang asri dan masih terjaga membuat tempat ini cocok sekali menjadi pilihan Anda yang ingin melepas penat di alam.

Sambil berkemah juga bisa memperbesar kemungkinan Anda menikmati pemandangan yang tidak bisa dinikmati orang lain. Seperti kabut di pagi hari, bintang terang di langit, atau suara hewan saat malam hari.

Agar aktivitas ini semakin seru Anda bisa mengajak teman atau keluarga bersama-sama berkemah dengan tenda maupun camper van. Namun untuk melakukan aktivitas ini Anda perlu meminta izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola.

Fasilitas di Ekowisata Kali Talang

Fasilitas Kali Talang

Sebagai salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang cukup populer, adanya fasilitas umum menjadi hal yang wajib di Kali Talang berikut ini beberapa di antaranya:

  • Mushola
  • Toilet
  • Area parkir
  • Area foto
  • Tempat sampah memadai
  • Warung makan
  • Arena downhill
  • Pusat informasi

Itulah tadi informasi selengkapnya mengenai Ekowisata Kali Talang yang bisa Anda kunjungi saat liburan. Jika Anda ingin menikmati berbagai destinasi menarik lain di Klaten dan sekitarnya gunakan saja layanan dari Salsa Wisata.

Melalui berbagai layanan yang ada seperti paket wisata atau rental kendaraan, liburan Anda pasti jadi lebih mudah. Sebab segala kebutuhan dari berangkat hingga pulang membawa oleh-oleh khas Klaten yang Anda inginkan pasti terpenuhi.

Jadi tunggu apa lagi, langsung saja hubungi Salsa Wisata sekarang dan buktikan sendiri momen liburan paling berkesan Anda saat bersama Salsa Wisata.



By Categories: Destinasi, Klaten

Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (4 votes)