SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Berlibur ke suatu tempat tentu belum lengkap rasanya bila Anda belum mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Untungnya di Kota Solo Anda tidak perlu repot mencari tempat makan mana untuk mencicipi makanan khasnya, cukup datang ke Galabo.

Sekilas Galabo ini mirip dengan Pasar Semawis yang ada di Semarang namun bedanya tempat ini bisa Anda nikmati setiap hari. Galabo Solo bisa menjadi pilihan destinasi setelah Anda puas berkeliling tempat wisata di Solo pada malam hari.

Anda bisa mengunjungi Galabo Solo dengan memanfaatkan paket tour Solo yang ditawarkan oleh Biro Perjalanan. Namun sebelum berkunjung, mari simak beberapa informasi menarik tentang Galabo Solo berikut ini:

Sekilas Tentang Galabo Solo

Galabo merupakan singkatan dari Gladag Langen Bogan yang berada di dekat Bundaran Gladag utara pintu masuk alun-alun. Kata Langen Bogan sendiri berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti ‘makanan kesukaan’ dari kata Bogan dan Langen.

Pada awalnya kawasan ini berada di pinggir jalan dimana banyak kios pedagang yang ramai berjualan mulai dari pukul 17.00 WIB. Setelah jam tersebut, jalan ini akan ditutup dan Anda bisa menikmati makanan dengan nyaman di tengah jalan.

Anda bisa mencoba berbagai macam menu khas Solo dan nusantara yang dijual puluhan kios di pinggir jalan. Pusat kuliner ini sudah dibuka sejak tanggal 13 April 2008 dan menjadi salah satu yang paling terkenal.

Kemudian pada tahun 2019 Galabo direlokasi oleh pemerintah ke halaman Benteng Vastenburg bagian selatan sehingga lebih tertata. Setelah di relokasi, wisatawan bisa lebih tenang menikmati makanan tanpa harus menunggu jalanan ditutup terlebih dahulu.

Namun saat siang hari Anda juga masih bisa menikmati berbagai makanan di lokasi Galabo lama yang ada di pinggir jalan. Makanan yang tersedia di Galabo akan mengobati rasa lapar Anda saat berkunjung ke kota Solo.

Rekomendasi Makanan di Galabo

Galabo Kuliner Malam Solo

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ada banyak kios yang menjual berbagai menu di kawasan Galabo dengan harga yang terjangkau. Rata-rata pedagang yang menempati kios di Galabo ini merupakan warung ternama yang sudah sangat terkenal di Solo.

Anda bisa mencoba makanan tradisional maupun jajanan kekinian yang semua memiliki harga yang jelas tanpa takut dimainkan pedagang yang nakal. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan yang wajib Anda coba saat mengunjungi Galabo:

Sate Kere Yu Rebi

Salah satu makanan khas Solo yang wajib untuk cicipi saat berkunjung ke Solo adalah Sate Kere. Sate ini merupakan makanan favorit dari presiden Jokowi dan wali kota Solo saat ini Gibran Rangkabumi.

Sate ini dinamakan sate kere karena pada zaman dulu sate daging sangat mahal dan hanya bisa dinikmati oleh bangasawan. Sehingga rakyat biasa berusaha membuat sate dari ampas tempe dan bumbu bacem dengan bumbu kecap.

Cita rasanya yang lembut dan lezat menjadi ciri khas dari Sate Kere ini dan Sate Kere Yu Rebi salah satu yang terbaik. Anda bisa mencoba sate kere legend terkenal sejak 1968 ini di kawasan Galabo dengan harga yang sangat terjangkau.

Sate Buntel

Seperti namanya sate ini dimasak dengan cara dibuntel atau dibungkus terlebih dahulu pada batang sate baru kemudian dibakar. Bahan yang digunakan merupakan daging kambing dan lapisan lemaknya, daging yang telah dibumbui akan dibuntel menggunakan lapisan lemak tersebut.

Sekilas sate buntel ini terlihat seperti sate lilit khas Bali namun perbedaannya terletak dari ukuran sate buntel yang lebih besar. Dengan ditemani seporsi besar nasi putih hangat dan bumbu kecap pedas manis, sate buntel terasa sangat nikmati.

Sate buntel ini juga menjadi makanan favorit bagi Presiden Jokowi saat sedang berada di Solo. Makanan ini sangat sulit untuk ditemukan di luar Kota Solo jadi jangan sampai terlewat untuk mencoba Sate Buntel di Galabo.

Cabuk Rambak

Cabuk Rambak juga menjadi salah satu makanan khas Kota Solo yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Galabo. Porsinya yang kecil bisa menjadi pengganjal rasa lapar atau makanan selipan sebelum menikmati makan besar.

Makanan ini merupakan perpaduan antara ketupat yang diiris tipis dan disiram dengan bumbu wijen, kelapa parut sangrai, dan kemiri. Cabuk Rambak biasanya di makan bersama karak, kerupuk dari nasi yang digoreng kering.

Disajikan di atas daun pisang membuat makanan ini terasa lebih nikmat dan tradisional. Harganya yang murah menjadi salah satu alasan lain untuk Anda mencicipi makanan tradisional satu ini.

Selat Solo

Makanan rekomendasi selanjutnya di Galabo ini adalah salad Solo atau lebih dikenal dengan nama Selat Solo. Selat Solo merupakan perpaduan antara budaya eropa dan jawa yang bisa terlihat dari bentuk dan sajian makanannya.

Meski mirip dengan salad, makanan ini tidak bisa disamakan dengan salad karena menggunakan sapi sebagai bahan utamanya. Daging sapi has dalam yang telah direbus dengan bumbu disajikan bersama kuah, telur, dan beberapa kondimen seperti wortel dan kentang.

Makanan ini sangat cocok sebagai makanan selingan karena porsinya yang kecil. Rasanya yang segar bisa menambah nafsu makan Anda, sehingga siap mencicipi berbagai makanan lain yang ada di Galabo.

Nasi Liwet

Untuk Anda yang masih lapar di malam hari bisa mencoba Nasi Liwet  khas Solo yang tidak kalah nikmat. Nasinya yang lembut karena langsung dimasak dari ketel memberikan rasa dan aroma yang khas sehingga terasa sangat nikmat.

Biasanya nasi ini dilengkapi dengan ayam, sayur jipan, dan telur rebus disajikan diatas daun pisang yang telah dipanaskan. Rasa pedas dari sayur jipan dan wangi daun pisang membuat Anda tidak dapat berhenti melahap nasi liwet ini.

Tengkleng Pasar Klewer

Di Galabo Anda juga bisa mencoba makanan legend dari Pasar Klewer yang sudah ada sejak tahun 1971 yakni Tengkleng Klewer. Rasa dari tengkleng klewer yang tidak pernah berubah dan selalu terjaga membuat siapapun yang mencoba pasti ingin kembali.

Keunikan lain dari Tengkleng Klewer ini adalah cara penyajiannya yang diletakan diatas pincuk pisang. Rasanya yang nikmat dengan kesan tradisional yang terus dijaga menjadikan Tengkleng Klewer salah satu makanan wajib jika Anda mengunjungi Galabo.

Harga Tiket Masuk Galabo Solo

Untuk masuk kawasan Galabo ini Anda tidak perlu membayar biaya yang mahal. Cukup dengan membayar parkir Anda sudah bisa masuk dan berkeliling menikmati makanan yang ada didalamnya.

Retribusi Tarif
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Harga Makanan Rp3.000,00 – Rp75.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan dari pihak pengelola. Namun daftar ini bisa Anda jadikan perkiraan biaya yang diperlukan jika Anda akan mengunjungi Galabo Solo.

Dapatkan juga kemudahan mengunjungi berbagai tempat menarik lain di Solo dengan paket wisata dari agen tour. Paket ini akan membantu Anda mendapatkan liburan yang menyenangkan dan pulang membawa oleh-oleh khas Solo yang Anda inginkan.

Lokasi dan Rute Menuju Galabo Solo

Galabo Solo terletak di Jl. Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, tepat berada di selatan Benteng Vastenburg. Jaraknya sekitar 3 km dari Stasiun Solo Balapan dan hanya memerlukan waktu kurang dari 10 menit untuk sampai.

Rute terbaik menuju Galabo Solo bisa Anda dapatkan dengan mudah menggunakan bantuan dari Google Maps. Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari sewa innova Solo atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung ke lokasi.

Jam Operasional Galabo Solo

Galabo Solo terkenal sebagai wisata kuliner Solo malam dan bisa Anda nikmati dari sore hari terkadang hingga subuh tiba. Biasanya mulai dari pukul 17.00 WIB dan semakin ramai pukul 20.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB.

Usahakan untuk datang pada musim kemarau agar kunjungan Anda di Galabo tidak terganggu hujan yang turun. Dengan begitu Anda bisa menikmati berbagai santapan lezat yang ada dengan bebas dan tenang.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Solo



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)