SalSari Resto & Coffee

Gili Air Lombok termasuk ke dalam kepulauan Gili atau Gili Island bersama dengan Gili Trawangan dan Gili Meno. Pulau yang luasnya hanya 150 hektar ini terletak paling timur dan paling dekat dengan pulau Lombok dibanding dua gili lainnya.

Nama gili sendiri berarti pulau kecil dalam bahasa Sasak itulah mengapa sebagian besar pulau-pulau di Lombok memiliki nama Gili. Penduduk setempat juga sering menyebut gili Air ini sebagai Pulau Tengaq Aiq yang berarti pulau tengah laut.

Diantara tiga gili, Gili Air menjadi Gili yang paling banyak penduduknya dengan jumlah mencapai sekitar 1.800 orang. Suasananya yang nyaman dan dekat dengan pulau Lombok menjadi alasan penduduk gili lebih memilih Gili Air untuk tempat tinggal.

Alasan ini juga yang membuat banyak wisatawan datang bersama pasangan dan keluarga ke Gili Air. Liburan yang tenang dengan pemandangan yang indah jadi daya tarik utama Gili Air menjadi tempat wisata favorit wisatawan.

Selain menawarkan liburan yang tenang, masih banyak keseruan dan keindahan lain yang bisa Anda dapatkan ketika berlibur di Gili Air. Untuk lebih jelasnya simak ulasan lengkap mengenai Gili Air berikut ini.

Lihat tempat wisata di Lombok yang sedang hits lainnya: Pantai Pink

Harga Tiket Menuju Gili Air

Tiket masuk menuju Gili Air ini sangat murah karena hanya Rp2.500,00 untuk retribusi. Tapi Anda harus siapkan juga budget untuk penyeberangan yang cukup lumayan mulai dari Rp12.000,00 hingga Rp700.000,00 per kapal, berikut rinciannya:

Kategori Harga Tiket
Tiket Masuk Kawasan Gili Rp2.500,00
Penyeberangan Kapal Cepat Rp85.000,00
Penyeberangan Kapal Umum Rp12.000,00
Penyeberangan Kapal Private Rp350.000,00
Sewa Kapal Rp700.000,00 Pulang Pergi
Sewa Kapal Glass Bottom Rp100.000,00
Yoga Rp100.000,00

Harga yang tercantum dalam tabel dapat berubah tergantung kebijakan masing-masing pengelola tempat. Namun daftar ini bisa Anda jadikan perkiraan biaya dan persiapan sebelum berlibur ke Gili Air.

Jika Anda ingin menikmati keindahan Gili Trawangan atau tempat wisata Lombok lainnya dengan biaya murah pilih saja Paket Tour Lombok. Dengan paket ini segala urusan akomodasi dan perjalanan wisata Anda di Lombok sudah siap dengan baik.

Anda dapat duduk santai menikmati liburan dan tidak perlu lagi pusing memikirkan rute serta hal repot lainnya. Semua berkat layanan seperti rental avanza Lombok yang akan mengantar Anda berkeliling berbagi destinasi.

Rute Menuju Lokasi Gili Air

Untuk menuju Gili Air yang berada di daerah Gili Indah, Pemenang, Lombok Utara, bisa melalui dua jalur yakni Lombok dan Bali. Dari Lombok pelabuhan paling populer untuk penyeberangan menuju Gili Air adalah pelabuhan Bangsal yang hanya perlu 30 menit untuk sampai.

Di pelabuhan Bangsal, Anda bisa memilih menggunakan kapal cepat atau kapal penyeberangan biasa. Untuk jadwal menuju Gili Air ini biasanya mulai dari pukul 08.00 WITA sampai 11.00 WITA setiap hari.

Sedangkan jika Anda ingin menggunakan private boat atau kapal cepat ferry bisa berangkat dari Pelabuhan Teluk Nare. Untuk jadwal dan biaya biasanya menyesuaikan penumpang yang ingin berangkat.

Lalu jika Anda berangkat dari Bali banyak pilihan pelabuhan dan kapal cepat yang siap mengantar Anda menuju Gili Air. Beberapa di antaranya seperti Pelabuhan Amed, Padang Bai, dan Sanur.

Waktu yang Anda perlukan untuk menuju jika berangkat dari Bali bervariasi tergantung dari pelabuhan mana Anda berangkat. Tapi rata-rata perjalanan dari Bali menuju Gili Air ini memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke Gili Air atau Gili lain biasanya memanfaatkan paket wisata lombok dari biro perjalanan. Sehingga mereka tidak perlu repot memilih kapal penyeberangan atau melihat jadwal keberangkatan yang sesuai.

Aktivitas Seru di Gili Air Lombok

Jangan kira Gili Air hanya memiliki pemandangan indah saja, ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di pulau ini. Berikut beberapa kegiatan yang harus Anda coba ketika berada di Gili Air Lombok.

Snorkeling

Kepulauan Gili terkenal sebagai surga aktivitas air berkat pemandangan lautnya yang indah dan pantai yang putih bersih. Anda bisa diving dan snorkeling di berbagai spot menarik yang tersebar di seluruh pulau.

Berenang bersama penyu dan ikan-ikan melihat terumbu karang indah jadi panorama yang akan Anda dapatkan di Gili. Bosan dengan cara diving yang biasa, Anda bisa mencoba Subwing, menyelam di laut terasa seperti terbang berkat alat yang digunakan.

Berselancar atau bermain bersama ombak juga bisa karena ombak di Gili Air sangat mendukung. Jika Anda belum mahir, sekolah-sekolah dan toko olahraga air ini siap memberikan kursus singkat untuk Anda.

Berkeliling Pulau

Sama seperti Gili Trawangan, di Gili Air tidak ada satupun kendaraan bermotor sehingga udaranya sangat terjaga. Kondisi ini dimanfaatkan banyak wisatawan dengan berkeliling pulau sambil menikmati keindahan yang ada.

Untuk bisa mengitari seluruh pantai Gili Air ini pun hanya memerlukan waktu 30 menit saja. Anda bisa memilih beberapa opsi transportasi seperti sepeda atau Cidomo jika tidak ingin berjalan kaki.

Tersedia juga sepeda listrik atau skuter listrik sehingga Anda bisa santai menjelajah pulau Gili Air ini. Rata-rata wisatawan lebih memilih menggunakan sepeda karena ramah lingkungan dibanding Cidomo yang mahal dan membebani kuda.

Menikmati Suasana Pantai Sambil Bersantai

Keindahan pantai Gili Air sudah jadi rahasia umum bagi semua pengunjung terutama saat sunset. Ombak yang tenang dengan pemandangan Gunung Rinjani di Pulau Lombok dapat terlihat jelas dari pinggir pantai.

Pantai-pantai di Gili Air pun sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung untuk Anda bersantai. Anda bisa berfoto menikmati sunset dari ayunan tengah laut yang sangat instagramable atau sekedar duduk di pinggir pantai.

Sekitar pantai terutama bagian timur juga banyak berdiri hotel, restoran, serta resort untuk Anda menghabiskan hari. Menikmati suasana santai di pantai Gili Air dapat menjadi hal terbaik selama Anda berlibur di Gili Air.

Ikut Kelas Memasak

Terdapat kegiatan unik yang bisa Anda lakukan di Gili Air ini yaitu mengikuti kelas memasak. Beberapa tempat di Gili Air menawarkan kursus memasak berbagai makanan khas Lombok dan Indonesia.

Waktu yang diperlukan untuk kursus ini pun tidak terlalu lama sekitar 1 hingga 2.5 jam, namun hasilnya maksimal. Anda sudah pasti dapat membuat makanan khas Lombok ala restoran dengan rasa yang otentik.

Kegiatan ini bisa jadi pengalaman unik dan oleh-oleh yang tidak terlupakan saat Anda kembali ke rumah. Kapan lagi bisa menunjukan kemampuan Anda memasak dan menikmati makanan khas Lombok di rumah sendiri.

Berpesta

Suasana tenang bukan berarti Anda tidak bisa menikmati hiburan menarik di Gili Air. Ada banyak live musik, bar, atau movie night yang dilakukan di Gili Air meskipun tidak seramai pesta Gili Trawangan.

Namun kegiatan ini cukup untuk mengobati rasa kangen Anda bersosialisasi dengan sesama pelancong atau menikmati hiburan. Biasanya kegiatan ini dilakukan sore hari hingga malam di berbagai resto, cafe, bar pinggir pantai Gili Air.

Jam Operasional Gili Air

Gili Air Sendiri tidak memiliki jam operasional khusus untuk dapat dinikmati karena tempat ini bebas dijelajah 24 jam penuh. Hanya saja Anda perlu menyesuaikan jadwal keberangkatan kapal untuk bisa tiba di Gili Air.

Jika Anda ingin menikmati Gili Air dengan tenang dan sepi pengunjung bisa datang saat low season berlangsung. Musim sepi ini biasanya terjadi saat bulan Februari sampai April dan bulan November.

Usahakan juga untuk datang saat musim panas agar Anda dapat menikmati keindahan Gili Air dengan sempurna. Karena ketika musim hujan, pemandangan laut tidak begitu jelas dan Anda tidak bisa berkeliling menikmati pulau dengan santai.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)