SalSari Resto & Coffee

Goa Jatijajar wajib masuk dalam list destinasi wisata kekinian di Jawa Tengah! Terutama kalau kalian suka berwisata sambil menguji adrenalin dan belajar.

Goa ini akan memberikan pengalaman berwisata yang berbeda dari biasanya. Kalian akan belajar sejarah terciptanya goa tersebut, menikmati pemandangan keren, sekaligus berkuliner!

Asal-usul dan Misteri Goa Jatijajar

sejarah Goa Jatijajar Kebumen

Tempat wisata yang terkenal ini merupakan sebuah gua yang terbentuk secara alami dari batuan kapur. Batuan yang menghiasi gua ini katanya berusia sangat tua.

Di dalam gua ini, terdapat banyak stalakmit, stalaktit dan juga pilar kapur. Semuanya terbentuk dari tetesan air hujan yang bereaksi dengan batu-batu kapur lalu mengendap. Berbeda dengan Goa Selarong yang ada di Yogyakarta.

Menurut para ahli, pembentukan stalakmit, stalaktit dan pilar kapur ini membutuhkan waktu yang sangat lama. Dalam satu tahun, mungkin hanya bisa terbentuk stalaktit atau stalakmit setebal 1 cm saja. Jadi, jelas kalau gua ini berusia sangat tua.

Menurut cerita, gua ini pertama kali ditemukan pada tahun 1802 oleh seorang petani bernama Jayamenawi. Jaya menawi kebetulan memiliki lahan pertanian di atas gua tersebut.

Suatu hari, saat Jayamenawi sedang mengambil rumput, ia tiba-tiba jatuh ke dalam sebuah lubang. Setelah diteliti, ternyata ternyata lubang itu terletak di langit-langit gua. Diameternya sekitar 4 meter dan tinggi dari tanah sekitar 24 meter.

Setelah itu, tak lama kemudian Bupati Ambal, salah satu penguasa Kebumen waktu itu, meninjau lokasi gua ini. Saat tiba, dia melihat dua pohon jati yang tumbuh sejajar di ambang mulut gua.

Nah, dari kisah inilah gua ini mendapatkan nama Jatijajar. Awalnya, jalan masuk gua ini juga tertutup tanah. Tapi kemudian tanah itu dikeruk hingga mudah diakses.

Lalu, dilakukanlah pembangunan atas perintah Suparjo Rustam, Gubernur Jawa Tengah tahun 1975. Pembangunan ini juga termasuk pemasangan lampu listrik dan tangga beton. Hingga jadilah tempat wisata seperti yang kita kenal saat ini!

Tapi ada juga legenda tentang gua ini loh! Konon, nama Jatijajar itu justru diberikan karena pada abad ke-14 gua ini masih berada dalam wilayah kekuasaan Kerajaan Padjajaran. Selain itu, Raden Kamadaka atau Lutung Kasarung pernah bertapa di dalam gua ini.

Itulah sebabnya nama gua ini Jatijajar. Kalau kalian lebih percaya teori yang mana?

Lokasi Goa Jatijajar

Wisata gua ini berlokasi di Jl. Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Untuk mencapainya, kalian bisa menggunakan kendaraan motor atau mobil pribadi, bus pariwisata atau juga angkutan umum.

Untuk pengalaman wisata yang maksimal, kami sarankan untuk mengajak keluarga dan teman mengunjungi tempat wisata ini. Manfaatkan juga layanan rental bus pariwisata murah Salsa Wisata agar perjalanan kalian lebih nyaman!

Jam Operasional Goa Jatijajar

Jam Buka Pukul
Setiap hari 07.30 – 16.00 WIB

Fasilitas di Goa Jatijajar

fasilitas di Goa Jatijajar Kebumen

  • Parkiran
  • Toilet
  • Mushola
  • Taman
  • Warung makan
  • Pusat informasi
  • Kios souvenir
  • Penyewaan senter dan helm pelindung

Harga Tiket Masuk Goa Jatijajar

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Dewasa Rp12.500,00

Anak-anak Rp5.500,00

Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Parkir Bus Rp15.000,00

Harga tiket yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu. Namun tetap tidak akan menguras dompet.

Jangan lupa membeli oleh-oleh khas Jawa Tengah kekinian ya! Karena kawasan wisata gua ini juga terdapat banyak toko cendera mata!

Daya Tarik Goa Jatijajar

daya tarik Goa Jatijajar Kebumen

Patung Dinosaurus

Tempat wisata hits di Kebumen ini, memang usianya sudah sangat tua. Terlihat dari banyaknya stalagmit dan stalagtit juga pilar kapur yang ada di dalamnya.

Makanya, dibangunlah sebuah patung dinosaurus yang besar di dekat pintu masuk gua. Patung ini menandakan bahwa Goa Jatijajar berusia sangat tua, bahkan mungkin sudah ada sejak zaman dinosaurus!

Dari mulut patung dinosaurus ini, keluar air yang berasal dari dua sendang di dalam gua, yaitu Sendang Kantil dan Sendang Mawar. Eits, air ini bukan cuma sebagai pemanis loh! Melainkan juga berfungsi sebagai irigasi sawah-sawah penduduk di sekitar gua.

Tujuh Sendang

Di dalam gua ini, terdapat tujuh sendang. Namun, hanya ada 4 yang bisa diakses, yaitu Sendang Puser Bumi, Sendang Jombor, Sendang Mawar dan Sendang Kantil.

Namun, sendang yang paling favorit adalah Sendang Mawar dan Sendang Kantil. Kedua sendang ini selalu mengalir sepanjang tahun, tidak pernah kering. Keduanya juga keluar dari mulut patung dinosaurus yang berada di pintu masuk gua.

Sementara, Sendang Jombor dan Puser Bumi dibiarkan alami dengan keadaan jalan yang licin. Jadi cukup sulit untuk diakses.

Oh ya, sendang-sendang ini banyak yang percaya dapat memberikan khasiat tersendiri loh! Air dari Sendang Puser Bumi dan Jombor dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sementara itu, jika kalian mencuci muka di Sendang Mawar, dipercaya kalian akan awet muda. Tapi kalau mencuci muka di Sendang Kantil, dipercaya semua impian dan cita-cita kalian akan tercapai.

Jadi, kalian mau berendam atau cuci muka di sendang mana?

Patung Diorama

Tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari Pantai Menganti ini memiliki beberapa patung diorama loh! Bukan hanya patung dinosaurus di pintu masuk.

Patung-patung diorama ini tersebar dari mulai jalan masuk hingga bagian dalam gua. Semuanya berjumlah 8 diorama dengan 32 patung. Diorama-diorama ini menceritakan kisah Raden Kamandaka yang suka bersemedi di Jatijajar.

Ada juga diorama yang menceritakan tentang kisah cinta Raden Kamandaka dan Dewi Ciptarasa. Dengan dihiasi lampu-lampu warna-warni, diorama ini tampil cantik dan menakjubkan. Jangan lupa abadikan momen ini ya!

Modern Caving

Walaupun tempat wisata ini berupa gua yang usianya sudah sangat tua, tapi kalian tidak perlu takut untuk menjelajahinya.

Di gua ini, kalian bisa melakukan kegiatan caving atau menjelajahi gua tanpa peralatan khusus. Karena, gua ini sudah ditata rapi, lengkap dengan lampu-lampu, jalan yang sudah di beton dan tangga-tangga besi.

Walau begitu, semua itu tidak mengurangi nuansa alamiah gua. Kalian tetap bisa menikmati keindahan stalaktit, stalakmit serta merasakan suasana yang misterius penuh mitos!

Nah! Itulah kegiatan-kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di kawasan komplek Goa Jatijajar. Nikmati juga berbagai destinasi seru lainnya selama di Kebumen atau Jawa Tengah bersama layanan dari Salsa Wisata.

Melalui layanan paket wisata atau rental kendaraan yang ada, liburan Anda pasti lebih mudah karena semua sudah terpenuhi. Jadi jangan ragu lagi untuk langsung hubungi Salsa Wisata sekarang agar liburan Anda makin menyenangkan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)