SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Di Yogyakarta, wisata yang tersedia bukan cuma wisata alam Jogja terbaru dan wisata budaya saja. Sebagai kota istimewa yang selalu bisa menarik pengunjung. Ada banyak jenis wisata di sini. Salah satunya adalah wisata sejarah Goa Selarong.

Goa ini bukan sembarang goa, tapi ada cerita sejarah yang menarik di baliknya. Di goa ini, Pangeran Diponegoro dan pasukannya pernah menjadikannya sebagai benteng pertahanan sekaligus tempat persembunyian dari penjajah.

Maka dari itu, goa ini disebut juga dengan Goa Diponegoro. Sebab, Goa ini sangat identik dengan figur pahlawan pada peristiwa Perang Diponegoro, yakni Pangeran Diponegoro.

Ada patung Pangeran Diponegoro dengan jubah hitam di bagian depan. Patung tersebut menyimbolkan perjuangannya sebagai pahlawan bangsa. Keberanian Pangeran Diponegoro terlihat jelas dari patung itu.

Ada juga patung Pangeran Diponegoro lainnya mengenakan jubah putih yang berdiri dengan gagahnya di dekat tempat parkir.

Sekilas Tentang Wisata Goa Selarong

Sejarah Goa Selarong

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Wisata Goa Selarong adalah bukaan di sebuah perbukitan kapur setinggi tiga puluh lima meter. Di sekitarnya, banyak pohon tinggi dan semak-semak yang tumbuh subur, membuat tempat ini sejuk meski di siang hari yang panas.

Goa ini terletak di sebuah dataran tinggi. Maka untuk mencapainya, Anda harus mendaki sejumlah anak tangga setinggi kurang lebih empat ratus meter. Akses yang sama yang dapat Anda lihat di jalur masuk wisata Goa Jomblang.

Sebetulnya, goa ini tidaklah besar. Lebarnya hanya tiga meter dan tinggi dua meter. Kemudian dari segi struktur, situs wisata sejarah ini terbagi menjadi dua, yaitu Goa Putri dan Goa Kakung.

Keduanya menjadi saksi bisu ketika Pangeran Diponegoro dan pasukannya kalah dan bersembunyi dari Belanda. Sambil bersembunyi, Pangeran Diponegoro dan pasukannya sibuk menyusun taktik perang.

Gua Selarong ini tampak eksotik dengan hadirnya dua air terjun yang mengapitnya. Kedua air terjun Goa Selarong tersebut adalah Umbul Moyo dan Manik Moyo.

Saat musim hujan, debit air terjun tersebut terlihat deras dan air dari hulu akan langsung jatuh pada kolam alami yang ada di bawah air terjun.

Kolam alami ini menampung air yang sangat bersih dan segar. Banyak pengunjung yang tampak tak sabar untuk menceburkan diri ke dalam kolam untuk merasakan kesegarannya.

Menurut masyarakat setempat, goa ini menyimpan cerita mistis. Konon setiap malam Jumat Kliwon, sering terdengar suara gamelan gaib di area goa ini.

Biasanya situs goa yang sakral identik dengan tempat untuk meminta pesugihan, tapi tidak dengan goa ini.

Sebaliknya, jika ada seseorang yang meminta pesugihan atau bersemedi dengan tujuan meminta hajat tertentu, ia akan celaka.

Daya Tarik Wisata Goa Selarong

Goa Selarong Bantul

Terlepas dari kisah mistis yang menyelimutinya, goa bekas napak tilas Pangeran Diponegoro ini sebetulnya sangat menarik untuk dikunjungi. Anda bisa berwisata sambil belajar sejarah sekaligus di wisata goa ini.

Lalu, ada daya tarik apa yang akan wisatawan jumpai di wisata goa bersejarah ini? Simak terus informasi lengkapnya di bawah ini.

Mempelajari Kisah Hidup Pangeran Diponegoro

Sebelum menaiki anak tangga, Anda akan melihat papan besar berkaca berisi kisah hidup Pangeran Diponegoro.

Tulisan tentang kisah Pangeran Diponegoro lainnya juga tersebar di beberapa titik. Termasuk di area patung yang ada di dekat pintu masuk dan di area parkir.

Meski tidak ada pemandu wisata, ada banyak warga lokal yang beraktivitas di sana. Mereka bisa menjadi pemandu yang siap bagikan informasi kepada para wisatawan. Anda juga bisa bertanya-tanya pada mereka lebih jauh soal Pangeran Diponegoro.

Menikmati Pemandangan Alam

Dari tempat parkir menuju jalur pendakian menuju goa, Anda harus berjalan kaki terlebih dulu. Jaraknya tidak terlalu jauh.

Berada di Pajangan, Bantul, wisata ini memang jauh dari pusat kota. Maka tak heran kalau suasananya memang masih asri khas pedesaan.

Ada jalan setapak yang menghubungkan area parkir dengan anak tangga yang menuju ke lokasi goa.

Di sepanjang jalan ini, Anda juga bisa berfoto berlatarkan pohon-pohon yang tumbuh subur. Tempat wisata alam semacam ini memang selalu menawarkan spot foto yang Instagramable.

Bermain di Arena Permainan Anak

Kawasan wisata goa ini merupakan kawasan wisata keluarga Jogja yang seru. Jika Anda berwisata ke sini bersama sekeluarga, Anda bisa ajak anak Anda bermain di playground.

Ada beberapa playground di sini. Yang pertama ada di dasar anak tangga. Kemudian playground yang kedua berada di samping tangga.

Di area tersebut, ada juga tempat duduk untuk melepas lelah. Jika Anda lelah mendaki tangga, Anda bisa duduk-duduk sejenak di tempat duduk yang sudah tersedia.

Fasilitas tempat duduk ini berada di bawah pohon rindang, jadi Anda bisa sekalian berteduh dan bersantai.

Camping

Ada area berkemah di goa ini. Area berkemahnya tidak langsung di depan goa, tapi ada di bagian bawah. Ada area luas yang bisa Anda manfaatkan untuk mendirikan tenda.

Meskipun begitu, Anda harus membawa sendiri perlengkapan berkemahnya karena tidak ada fasilitas pusat persewaan tenda di sini.

Bukan hanya soal tenda yang jadi perhatian utama saat memutuskan untuk berkemah. Anda juga harus memastikan soal perbekalan. Pastikan bekal yang Anda bawa cukup.

Jika Anda tetap ingin menyantap Gudeg favorit Anda, kini sudah ada Gudeg siap makan yang dikemas dalam kemasan kaleng.

Namun jika Anda ingin mengkonsumsi makanan khas Jogja selain Gudeg, bawalah jajanan khas seperti Bakpia dan Yangko.

Tapi jangan lupa untuk lengkapi perbekalan dengan bahan makanan instan yang mudah diolah seperti sarden kalengan, mie instan, dll.

Berkemah di area goa ini bisa memberikan Anda pengalaman berharga menyaksikan sunrise dari tempat yang tidak biasa.

Di tengah suasana yang masih alami dan asri, melihat matahari terbit adalah pemandangan yang akan terasa spesial.

Fasilitas di Wisata Goa Selarong

Tiket Masuk Goa Selarong

Saat ini, fasilitas di objek wisata goa ini sudah sangat memadai. Fasilitas-fasilitas umum yang tersedia meliputi fasilitas tempat parkir. Area untuk memarkirkan kendaraan di sini sangat luas. Bahkan mampu memuat puluhan kendaraan mobil, bus, dan sepeda motor.

Camping ground siap menjadi lokasi bermalam wisatawan yang ingin berkemah di dekat goa. Lantas ada fasilitas pendopo dan tempat duduk yang mana kedua fasilitas ini ada sebagai tempat beristirahat para pengunjung.

Sembari mengusir lelah, pengunjung dapat menikmati kue khas Jogja seperti Bakpia yang legit dan enak. Tentu akan terasa nyaman, apalagi suasana teduh dari rindangnya dedaunan begitu terasa.

Fasilitas playground yang jumlahnya lebih dari satu menjadi pelengkap fasilitas yang sudah ada.

Dengan dukungan fasilitas playground ini, anak-anak dapat bebas bermain di sini. Anda para orang tua hanya perlu mengawasi si kecil saja.

Di dalam area wisata ini juga tersedia masjid yang luas dan bersih. Pengunjung yang ingin menjalankan ibadah sholat pun dapat melakukan kewajiban dengan khusyuk dan nyaman.

Fasilitas kamar mandi dan toilet menjadi dua fasilitas wajib. Kedua fasilitas ini menjadi satu dan kondisinya cukup bersih dan terawat.

Di dekat pintu masuk utama dan juga area dalam, terdapat banyak penjual makanan yang menjajakan aneka makanan, minuman, dan makanan ringan.

Ada pula beberapa warung makan yang siap menjadi solusi ketika perut mulai lapar. Warung-warung ini berfungsi sebagai pusat wisata kuliner Jogja khusus di area ini.

Tentu kondisi warungnya selalu ramai meski mungkin kalah estetik dengan tempat wisata kuliner Jogja Instagramable yang ada di tengah kota.

Harga Tiket Masuk Wisata Goa Selarong

Tidak perlu siapkan budget besar untuk dapat liburan di situs sejarah ini. Harga tiket masuk Goa Selarong sangat murah.

Begitu juga dengan biaya parkir kendaraan. Berikut kami cantumkan HTM dan biaya parkir terbaru untuk objek wisata goa ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp3.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Parkir Bus Rp10.000,00

Rute Menuju Lokasi Wisata Goa Selarong

Lokasi Goa Selarong

Cukup mudah untuk bisa menjangkau lokasi wisata ini. Akses jalan menuju ke sana juga tergolong mudah dan sudah beraspal halus.

Goa Selarong terletak di Dusun Kembangputihan, Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Bantul. Anda bisa berangkat dari Titik Nol KM Yogyakarta untuk menuju ke lokasi ini.

Dari Titik Nol KM, Anda bisa melaju ke arah Timur via Jalan Panembahan Senopati, terus menuju perempatan.

Di perempatan, ambil arah ke Selatan lewat Jalan Brigjen Katamso. Lalu, lurus terus ke arah Barat sampai lewat jalan Mayjen Sutoyo.

Kemudian teruskan perjalanan menuju Jalan D.I. Panjaitan. Jika bertemu perempatan, belok ke arah Barat menuju Jalan Suryodiningratan.

Lurus saja hingga tiba di pertigaan. Di pertigaan, ambil arah Selatan melewati Jalan Bantul. Setelah tiba di pertigaan, silahkan ke arah Barat via Jalan Selarong. Anda tinggal lurus menuju ke lokasi tujuan Anda.

Bagi wisatawan dari luar kota mungkin tidak familiar dengan rute ini. Solusi terbaik agar perjalanan tetap lancar dan tepat waktu, Anda sebaiknya gunakan layanan rental mobil Jogja murah lepas kunci.

Ada banyak sekali referensi agen sewa mobil di Kota Gudeg ini. Namun Salsa Wisata adalah yang paling recommended.

Mengapa sangat recommended? Karena Salsa Wisata menawarkan tarif sewa yang terjangkau namun pelayanan dan armadanya terjamin kualitasnya.

Pilihan paket rental mobilnya juga sangat lengkap. Bahkan armada terbaru seperti dalam paket rental mobil HRV Jogja juga sudah tersedia di tempat kami.

Mungkin Anda berminat jalan-jalan ke tengah kota untuk rasakan nuansa malam Jogja yang romantis? Layanan rental motor siap jadi wahana keliling kota Anda. Anti-macet dan terkesan lebih romantis, bukan?

Jam Operasional Wisata Goa Selarong

Jika sudah menentukan jadwal liburan ke goa ini, segera realisasikan. Wisata goa ini beroperasi setiap hari, termasuk hari libur nasional. Jam buka Goa Selarong standar, dari jam 08.00 – 17.00 WIB.

Ingin mengunjungi situs wisata goa ini sekaligus datang ke tempat wisata Jogja hits lainnya? Salsa Wisata hadir untuk menjadi fasilitator terbaik Anda.

Melalui layanan paket wisata Jogja 2 hari 1 malam yang ditawarkan, Anda dapat leluasa memilih liburan ke destinasi favorit Anda.

Berwisata bersama rekan, keluarga, atau rombongan akan lebih mudah bersama Salsa Wisata. Kami akan mengurus semua keperluan liburan Anda dengan pelayanan terbaik kami.

Demikianlah sekilas info wisata dan daya tarik wisata Goa Selarong Bantul Yogyakarta. Ada banyak hal positif yang bisa Anda dapatkan dari situs wisata alam dan sejarah ini. Tak hanya rekreasi, Anda juga akan mendapatkan wawasan sejarah baru dan juga kepuasan visual berkat panorama alam hijau di sekitar goa.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)