SalSari Resto & Coffee

Siapa bilang belajar sejarah itu membosankan? Jika Anda masih berpikir seperti itu, cobalah mengunjungi Goa Selomangleng.

Gua ini merupakan salah satu tempat wisata sejarah di Kediri yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Dijamin, belajar sejarah di gua ini tidak akan membosankan!

Sebab, Anda tidak hanya akan belajar saja, tetapi juga berekreasi dan menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan teman-teman tercinta.

Penasaran kegiatan menarik apa saja yang bisa Anda lakukan di sini? Silakan simak ulasan lengkap kami berikut ini!

Sejarah Singkat Goa Selomangleng

sejarah Goa Selomangleng Kediri

Nama Selomangleng berasal dari bahasa Jawa yang artinya “batu” (“Selo”) “miring” (“mangleng”). Dinamakan demikian sebab gua ini terletak di lereng bukit yang bentuknya agak miring. Sekilas, Anda tidak akan menemukan hal istimewa di gua ini.

Tapi, jika Anda masuk, barulah Anda akan melihat keindahan relief dan batu andesit hitam. Konon, gua ini dulunya merupakan tempat bertapa Dewi Kilisuci, putri mahkota Kerajaan Panjalu.

Ia datang ke gua ini karena tidak ingin menerima takhta kerajaan dan memilih untuk melakukan tapabrata di sini. Hingga saat ini, gua tersebut masih dianggap mistis dan kerap dijadikan sebagai tempat melakukan kegiatan-kegiatan spiritual.

Walau begitu, gua ini pun menjadi salah satu tempat wisata hits di Jawa Timur dan para wisatawan pun kerap berdatangan untuk melihat langsung keindahan gua ini beserta lingkungan sekitarnya.

Lokasi Goa Selomangleng

Gua ini terletak di daerah Kediri. Lokasi tepatnya berada di Jl. Selomangleng, Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota Kediri.

Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan lokasi tempat wisata ini. Sebab letaknya tidak jauh dari jalan raya besar dan Universitas Kediri. Jadi, Anda dapat mencapai lokasinya dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Walau begitu, kami menyarankan agar Anda menggunakan kendaraan pribadi atau memanfaatkan layanan sewa mobil di tempat rental mobil harian terdekat yang bisa Anda sewa dari agen travel terpercaya, seperti Salsa Wisata. Dengan begitu, perjalanan akan lebih nyaman dan efisien.

Jam Buka Goa Selomangleng

Jam Buka Pukul
Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Biasanya, tempat wisata ini ramai di pukul 10.00 – 11.00 WIB. Jika Anda tidak suka dengan keramaian, Anda bisa datang di pagi hari. Dengan begitu, Anda akan lebih leluasa menjelajahi gua dan lokasi sekitarnya.

Harga Tiket Masuk Goa Selomangleng

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini sangatlah murah. Dengan begitu, Anda tidak perlu bingung mengatur budget untuk membeli jajanan atau oleh-oleh khas Jawa Timur makanan.

Berikut beberapa tarif retribusi yang perlu Anda ketahui sebagai patokan:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp2.000,00 (Anak)

Rp4.000,00 (Dewasa)

Tiket Masuk Museum Airlangga Rp500,00 (Anak)

Rp1.000,00 (Dewasa)

Kolam Renang Rp3.000,00 (Anak)

Rp4.000,00 (Dewasa)

Parkir Kendaraan Rp5.000,00 (Motor)

Rp7.500,00 (Mobil)

Wahana Permainan Anak Rp2.000,00 – Rp15.000,00

Fasilitas di Goa Selomangleng

fasilitas wahana di Goa Selomangleng Kediri

  • Parkiranyang luas
  • Kolam renang
  • Taman bermain
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Museum sejarah
  • Bangku
  • Joging trek
  • Spot foto

Daya Tarik di Goa Selomangleng

museum Goa Selomangleng Kediri

Gua Buatan

Yang membuat gua ini berbeda dari yang lain adalah kenyataan bahwa Selomangleng merupakan gua buatan. Tidak seperti Goa Jomblang, yang terbentuk melalui proses-proses alami, gua ini justru sengaja dibuat oleh manusia.

Gua ini terbuat dari batu andesit hitam yang kedap air. Ada dua jalan masuk yang bisa Anda lalui. Yang satu berupa jendela persegi panjang dan yang lain berupa jalan masuk biasa.

Bagian dalam gua ini sangat gelap dan pengap karena kedap air. Tapi, jika Anda menyalakan senter atau alat penerangan lainnya, Anda bisa menemukan beberapa relief menarik di dinding gua. Ada yang menggambarkan pemandangan, kehidupan sehari-hari masyarakat, serta sejarah Kerajaan Kediri.

Makam Keramat

Sekitar 100 meter dari lokasi gua, tepat di atas bukit, Anda akan menemukan taman makam keramat. Makam-makam ini juga terbuat dari bebatuan dan bentuknya lebih tinggi daripada makam pada umumnya.

Lokasinya cukup sejuk sebab dinaungi beberapa pohon yang rindang. Tapi, untuk mencapai makam ini, Anda harus menaiki sekitar 460 anak tangga terlebih dahulu.

Makam-makam ini merupakan tempat peristirahatan para perintis wilayah Kediri, seperti Tumenggung Mojoroto, Mbah Boncolono, dan Tumenggung Poncolono. Beberapa warga sekitar juga masih kerap berziarah ke makam ini.

Museum Airlangga

Sekitar 100 meter sebelum gua, Anda bisa berkunjung ke Museum Airlangga. Dulunya, musian ini berada di area Alun-alun Kediri, sebelum kemudian dipindahkan ke dekat gua pada tahun 1991.

Di museum ini, Anda dapat menemukan beberapa artefak dari Kerajaan Kediri dan Kerajaan Majapahit. Seperti, prasasti, tembikar, guci, arca, relief dan sebagainya.

Benda-benda bersejarah ini dirawat dengan sangat baik dan dibersihkan secara berkala. Jadi, para pengunjung merasa nyaman untuk mempelajari benda-benda tersebut.

Spot Foto Menarik

Biasanya, pergi ke tempat wisata bersejarah terasa membosankan karena begitu kuno dan cenderung tidak meriah. Namun, di sini Anda tidak akan merasa bosan, sebab lingkungan di sekitar Selomangleng sangat indah.

Dari pintu masuk menuju gua, Anda bisa berfoto di taman yang indah dengan latar belakang pagar dan tulisan “Goa Selomangleng.” Para wisatawan selalu menyempatkan diri untuk berfoto di sini.

Kemudian, Anda akan memasuki area gua yang hijau dan dihiasi tanaman dan pohon-pohon rindang. Tapi, salah satu spot foto yang menjadi favorit adalah ratusan anak tangga batu yang menuju ke gua dan makam keramat.

Kolam Renang dan Wahana Bermain

Daya tarik selanjutnya adalah kolam renang yang masih termasuk dalam area gua ini. Dilengkapi dengan perosotan yang cukup tinggi dan berkelok, kolam renang ini tidak kalah seru dengan waterpark-waterpark yang ada di Blitar dan kerap diramaikan oleh para pengunjung.

Selain kolam renang, terdapat pula beberapa wahana menarik yang bisa Anda coba bersama buah hati. Seperti kereta kelinci, delman, kuda tunggang dan mobil-mobilan.

Seru sekali bukan? Berwisata sambil belajar sejarah menjadi tidak membosankan karena Goa Selomangleng memiliki daya tarik dan fasilitas lengkap sehingga mampu membuat para wisatawan merasa betah.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi gua ini, kami menyarankan agar Anda datang di pagi atau sore hari saat hari belum atau sudah tidak terik. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa kepanasan dan kelelahan saat mendaki anak-anak tangga menuju gua.

Manfaatkan layanan paket wisata dari Salsa Wisata untuk mengurus segala kebutuhan terkait perjalanan wisata mulai dari akomodasi, transportasi, konsumsi hingga tiket masuk wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)