SalSari Resto & Coffee

Ngarai Hijau atau Green Canyon Pangandaran termasuk salah satu tempat wisata di Indonesia yang menawarkan wisata alam seperti di luar negeri. Tempat wisata hits ini memiliki tebing-tebing yang indah dan menarik untuk Anda jelajahi.

Anda dapat menikmati keindahan tebing tersebut sambil mengarungi sungai dan bermain air. Lalu, aktivitas menarik apa saja yang bisa Anda lakukan di tempat wisata yang satu ini? Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Green Canyon Pangandaran

Wisata Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran merupakan wisata alam berupa sungai dengan tebing-tebing batu alami yang cantik. Tempat wisata Jawa Barat sudah sangat terkenal dengan tekstur tebing yang apik dan air yang jernih.

Bahkan asal usul namanya sendiri berasal dari keindahan tebingnya yang mirip wisata Grand Canyon Amerika. Padahal, sebenarnya tempat wisata ini memiliki nama asli Cukang Taneuh yang sudah lebih dulu populer bagi warga Pangandaran.

Nama Ngarai Hijau ini sendiri muncul setelah Bill John memperkenalkannya ke masyarakat pada tahun 1993. Sejak saat itu, tempat wisata ini lebih terkenal dengan nama yang kita kenal hingga saat ini.

Objek wisata ini memang sangat cocok bagi Anda yang menyukai wisata alam. Selain bisa menjadi tempat yang tepat untuk menghilangkan rasa penat, tempat ini juga menawarkan berbagai aktivitas yang menggugah jiwa petualang Anda.

Di sini, Anda bisa mencoba berbagai kegiatan outdoor sambil menyusuri sungai di antara ngarai. Beberapa kegiatan tersebut misalnya arung jeram, berenang, di sungai, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Green Canyon Pangandaran

Harga tiket masuk ke Green Canyon Pangandaran ini hanya tersedia dalam bentuk paket. Hal ini karena perhitungan untuk transportasi biasanya harus secara kelompok, minimal 5 orang per kelompoknya.

Retribusi Tarif
Paket Perahu Green Canyon 1 Rp225.000,00 per 5 orang
Paket Perahu Green Canyon 2 Rp325.000,00 per 5 orang
Paket Perahu Green Canyon 3 Rp425.000,00 per 5 orang
Paket Body Rafting Short Track Rp189.900,00
Paket Body Rafting Long Track Rp225.000,00

Biaya yang tercantum di dalam tabel ini sudah termasuk tiket masuk, guide, dan juga fasilitas keamanannya. Selain itu daftar tersebut bisa saja berubah dan berbeda saat Anda berkunjung tapi tetap bisa Anda jadikan referensi perkiraan biaya.

Rute Menuju Lokasi Green Canyon Pangandaran

Lokasi Wisata Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran berada di Jalan Raya Cijulang Karangpaci, Kertayasa, Cijulang, Pangandaran. Tempat ini terbilang sudah cukup mudah untuk Anda akses, sehingga Anda tidak perlu khawatir tersesat.

Kendati demikian, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyambangi tempat ini dengan menggunakan mobil pribadi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jasa sewa mobil murah terdekat untuk bisa sampai ke destinasi wisata tersebut tanpa repot.

Jam Buka Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran buka setiap hari dari pagi hingga pukul 16.00 WIB. Jam bukanya sendiri bisa berbeda tergantung hari Anda berkunjung, untuk Senin sampai Kamis buka sejak pukul 08.00 WIB dan khusus Jumat buka pukul 13.00 WIB.

Sedangkan saat akhir pekan dan hari libur, tempat ini buka lebih awal yakni pukul 07.30 WIB. Untuk waktu terbaik berkunjung, Anda bisa datang sejak awal di pagi hari sehingga berbagai aktivitas menarik bisa Anda lakukan sepuasnya.

Daya Tarik Wisata di Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran memiliki banyak sekali daya tarik wisata yang membuat tempat wisata ini banyak memiliki pengunjung. Tempat wisata di Ciamis ini cocok untuk Anda yang menyukai wisata alam dengan sedikit tantangan.

Menyusuri Sungai Dengan Perahu

Jika aktivitas yang terlalu menantang bukan kegemaran Anda, tetapi Anda masih ingin menikmati suasana alam di tempat wisata yang satu ini, Anda bisa mencoba menyusuri sungai dengan menggunakan perahu. Sewa perahu ini juga sudah termasuk dengan rompi pelampung sebagai fasilitas keamanan tambahan.

Dengan menyewa perahu, Anda akan menyusuri sungai di antara ngarai sepanjang 3 kilometer. Biasanya, satu kali perjalanan akan menghabiskan waktu sekitar 30 hingga 45 menit.

Sambil menikmati pemandangan ngarai yang indah, Anda bisa berfoto di sungai yang bernama Sungai Cijulang ini. Jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan lagi, Anda juga bisa menyewa jasa pemandu di sini.

Body Rafting

Body Rafting di Green Canyon Pangandaran

Body Rafting merupakan kegiatan favorit para wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Berbeda dengan rafting atau arung jeram biasanya, saat melakukan body rafting, pengunjung akan menyusuri sungai dengan hanya berbekal helm dan pelampung tanpa perahu.

Olahraga yang satu ini termasuk olahraga ekstrim, sehingga meskipun nantinya akan ada pemandu yang menjaga keamanan Anda, wisatawan yang ingin melakukan kegiatan ini wajib bisa berenang. Dengan demikian, Anda tidak akan panik ketika berada di dalam air.

Saat melakukan olahraga tersebut, Anda juga akan mendapatkan waktu istirahat di tengah perjalanan. Hal ini bertujuan untuk menaikkan kembali suhu tubuh dan mengisi tenaga yang terpakai saat melakukan body rafting.

Cliff Jumping

Cliff Jumping di Green Canyon Pangandaran

Jika Anda belum puas dengan body rafting dan ingin sesuatu yang lebih menantang lagi, Anda bisa mencoba aktivitas lainnya, yaitu Cliff Jumping alias loncat dari atas tebing. Jangan khawatir, karena kegiatan ini tetap masih berada di bawah pengawasan para penjaga, sehingga tetap aman.

Para wisatawan bisa mencoba untuk lompat dari bebatuan di atas tebing dengan ketinggian 5 hingga 10 meter. Kegiatan ini cocok bagi Anda yang suka dengan aktivitas ekstrim.

Hujan Abadi

Di area Green Canyon Pangandaran, Anda akan menemukan sebuah area yang bernama Hujan Abadi. Di area inim ada tumpahan air yang rembes dari celah lembah, sehingga seolah seperti hujan turun yang tidak pernah berhenti.

Biasanya, tempat ini menjadi tempat foto favorit bagi para pengunjung. Anda juga bisa bermain air di bawah area Hujan Abadi tersebut.

Fasilitas Wisata di Green Canyon Pangandaran

Kawasan Green Canyon ini tentu berbeda jauh dengan kawasan Pantai Pangandaran yang lebih ramai. Kendati demikian, pihak pengelola tempat wisata ini sudah melengkapinya dengan beberapa fasilitas umum dasar, seperti mushola dan kamar mandi.

Selain itu, pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi pun tidak perlu khawatir, karena di sini sudah tersedia area parkir yang cukup besar, bahkan untuk menampung bus.

Setelah puas berwisata dan ingin menginap, pengunjung bisa menyewa villa maupun bungalow yang ada. Jangan khawatir juga soal makanan, karena di sekitar sini sudah banyak restoran yang menawarkan berbagai jenis makanan khas Sunda.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Green Canyon Pangandaran. Tentu saja, masih banyak tempat wisata di Jawa Barat yang menunggu untuk Anda sambangi.

Jika Anda ingin berwisata tetapi tidak mau repot dengan segala perencanaannya, Anda bisa memesan paket wisata murah dari Salsa Wisata. Dengan memesan paket wisata tersebut, Anda bisa berwisata dengan mudah dan praktis, dan pastinya bebas hambatan.



By Categories: Destinasi, Pangandaran

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (4 votes)