SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Lembang menyimpan banyak destinasi wisata khususnya wisata alam. Suasananya yang sejuk dan dingin sangat mendukung panorama alamnya yang begitu indah. Lembang juga terkenal dengan wisata gunungnya. Sebut saja satu yang cukup populer, yaitu Gunung Batu Lembang.

Jika Anda sedang berkendara menuju Farmhouse Lembang Bandung, sepanjang perjalanan, Anda akan melihat siluet pegunungan dari kejauhan. Siluet tersebut tak lain tak bukan adalah siluet Gunung Batu.

Gunung yang satu ini cukup berbeda daripada gunung pada umumnya. Sesuai dengan namanya, dinding gunungnya berupa batu-batuan keras.

Selain itu, masih ada cukup banyak keunikan lainnya yang tak boleh dilewatkan. Berikut adalah info lengkap mengenai info wisata lengkap dengan daya tariknya.

Sekilas Tentang Gunung Batu Lembang

Wisata Gunung Batu Lembang adalah salah satu gunung yang berdiri di antara gugusan gunung di Daerah Lembang.

Meskipun memiliki sebutan ‘gunung’ pada namanya, bentang alamnya tidak menunjukkan ciri bentang alam khas sebuah gunung pada umumnya.

Seperti misalnya dinding gunung yang berupa batu-batuan raksasa yang menyelimuti seluruh badan gunung. Bebatuan yang menyusunnya berukuran besar dan menjulang tinggi. Memang dari dekat nampak seperti tebing batu, bukan sebuah gunung.

Visualnya menyerupai tembok raksasa berbentuk kerucut tumpul. Namun ketika Anda sampai di puncak, hamparan rerumputan hijau tetap menyelimuti wisata alam ini.

Bagian permukaan pada puncak gunung ini pun tidak rata karena banyak bebatuan yang menonjol.

Walaupun demikian, tempat wisata di Lembang murah ini tetap bernama sebuah gunung. Gunung Batu ini terbentuk karena fenomena alam yang melibatkan Patahan Lembang.

Akibatnya, daerah ini rawan terjadi gempa bumi sehingga wisatawan harus berhati-hati ketika berkunjung.

Meski demikian, hal tersebut tidak menyurutkan pengunjung untuk datang dan menikmati keindahan alamnya.

Daya Tarik Gunung Batu Lembang

Wisata Gunung Batu Lembang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sama halnya dengan Gunung Kapur Klapanunggal, obyek wisata ini memiliki dua daya tarik utama yang menarik perhatian wisatawan.

Daya tarik pertama adalah tebing batu yang tinggi menjulang dan eksotis. Sedangkan daya tarik keduanya yaitu pemandangan alam yang memanjakan setiap mata pengunjung.

Pemandangan Indah dari Atas Puncak

Gunung ini berada di ketinggian 1228 mdpl. Memang bagi pecinta alam, gunung tersebut tergolong tidak begitu tinggi. Namun ketinggian gunung ini tetap menyajikan pemandangan alam indah dari atas puncak.

Dari atas puncak, Anda bisa menikmati pesona langit biru dengan segerombolan awan yang berjalan. Bahkan pengunjung bisa melihat keindahan Kota Bandung dari ketinggian.

Hamparan pemandangan hijau siap memamerkan keindahannya di hadapan wisatawan. Bahkan pengalaman menyaksikan sunrise dan sunset menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang berkunjung saat pagi atau sore hari.

Kabut-kabut yang menyelimuti puncak gunung membuat Anda seperti sedang berada di negeri atas awan. Sebab, pengunjung bisa melihat hamparan awan putih bersih yang begitu menawan.

Berkemah

Diantara tebing batu yang menjulang tinggi, ada beberapa area yang menawarkan spot untuk berkemah.

Selain tempatnya memang mendukung untuk mendirikan tenda, pemandangan alam dari atas ketinggian siap menemani aktivitas bermalam Anda di sini.

Bumi perkemahan banyak berdiri di sekitar area tebing batu yang tinggi. Saat malam hari, wisatawan bisa melihat kelap-kelip lampu yang indah dari kota Bandung. Tak lupa siluet gunung juga menghiasi pemandangan malam.

Jangan lewatkan untuk menyalakan api unggun sebagai penerang dan pemecah suasana dingin.

Semakin sempurna wisata malam Anda di gunung ini dengan membawa bekal oleh-oleh khas Bandung yang lagi hits kesukaan Anda.

Mendaki dan Panjat Tebing

Gunung Batu banyak menjadi pilihan mendaki bagi pendaki pemula karena tingginya masih belum seberapa bila dibandingkan dengan gunung lainnya.

Dengan ketinggian ini, kawasan ini bisa menjadi arena berlatih dan membiasakan diri untuk olahraga mendaki.

Jalur trekking untuk pendakian juga sudah tersedia. Tetapi medannya memang sedikit berbahaya sebab masih banyak batuan dan tanah licin yang memadati jalur pendakian tersebut.

Kalau tak ingin naik gunung, area tebing batu yang tinggi bisa Anda manfaatkan sebagai sarana olahraga panjat tebing. Banyak spot dinding batu yang cocok untuk arena panjat tebing.

Menghabiskan waktu untuk berolahraga pasti juga menguras banyak energi. Pulihkan kembali tenaga Anda dengan menyantap bekal makanan khas Bandung kekinian. Jika tak sempat membawa bekal, Anda bisa membeli di kedai makan terdekat.

Makam Keramat

Selain wisata alam, ada wisata misteri yang bisa Anda jumpai di kawasan ini, yaitu situs makam keramat. Terdapat dua makam keramat Gunung Batu Lembang.

Pada batu nisan makam tersebut tertulis nama Kramat Embah Mangkunegara Gunung Batu. Sementara batu nisan makam yang satunya lagi tertulis Kramat Embah Jambrong Gunung Batu.

Menurut warga sekitar, sosok tersebut dipercaya sebagai leluhur sekaligus penguasa area gunung ini.

Lokasi makam ini berada dalam sebuah bangunan seperti rumah. Atapnya berasal dari asbes dan dindingnya dari batu bata. Bangunan ini tersusun dari tembok berlapis keramik warna biru.

Bangunan yang memayungi makam tersebut dijaga oleh warga bernama Ujang. Dahulu, area sekitar makam ini menjadi area dzikir.

Fakta unik lainnya, selama terjadi gempa sesar, makam ini tidak pernah terkena dampak walau letaknya berada di deretan dinding gunung.

Pusat Riset dan Penelitian

Tempat wisata Bandung yang sejuk ini merupakan kawasan yang menjadi objek penelitian dan riset milik LIPI. Retakan sepanjang 22 km yang membentang dari arah Timur hingga ke Barat menarik perhatian para researcher untuk menelitinya.

Selain menjadi destinasi wisata dan tempat olahraga, Gunung Batu ini juga menjadi wisata edukasi bidang geografi dan geologi. Anda juga bisa mengunjungi stasiun pemantau gempa untuk belajar lebih lanjut terkait aktivitas gunung dan gempa.

Fasilitas di Gunung Batu Lembang

Tiket Masuk Gunung Batu Lembang

Area gunung batu ini masih sangat alami dan jarang terjamah oleh tangan-tangan manusia. Jadi wajar jika fasilitas yang ada masih belum begitu lengkap seperti tempat wisata pada umumnya.

Tetapi fasilitas seperti toilet dan area parkir telah tersedia. Jika Anda membutuhkan air, sudah ada sumber air yang bisa Anda manfaatkan terutama untuk Anda para pendaki.

Area parkirnya juga masih terbatas dan hanya bisa menampung sepeda motor saja. Jika ada pengunjung yang membawa mobil, mobil dapat dititipkan di salah satu rumah warga sebelum memasuki wisata gunung ini.

Di gunung ini juga tidak ada penjual atau warung makan. Namun Anda bisa menjumpainya saat di area parkir atau kawasan sebelum memasuki daerah pendakian.

Kedai makan tersebut belum menyediakan sajian kuliner yang lezat namun pilihan menunya mungkin tak selengkap pusat wisata kuliner Bandung viral seperti yang ada di daerah pusat kota.

Harga Tiket Masuk Gunung Batu Lembang

Obyek wisata ini tidak memungut biaya tiket masuk seperti wisata Gunung Geulis Bandung. Harga tiket masuk Gunung Batu Lembang ini nol rupiah alias gratis.

Anda hanya perlu mengeluarkan retribusi parkir jika Anda membawa kendaraan pribadi. Tarif parkirnya pun sangat murah dan hanya berlaku untuk sepeda motor saja.

Menurut info terbaru, tarif parkir per unit sepeda motor hanya Rp2.000,00 saja.

Wisata gunung ini bisa jadi pilihan liburan hemat dan murah meriah. Dengan budget yang terjangkau, wisatawan sudah bisa menikmati liburan yang menyejukkan mata dan sebagai sarana refreshing karena pesona alamnya begitu indah.

Rute Menuju Lokasi Gunung Batu Lembang

Lokasi Gunung Batu Lembang

Lokasi Gunung Batu Lembang ini berada di Jalan Dago Giri No.134, Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Letak wisata alam gunung ini memang jauh dari pusat Kota Bandung. Meski begitu, cara menuju Gunung Batu Lembang ini cukup mudah.

Bila Anda berangkat dari Stasiun Bandung, jarak tempuhnya sekitar 14 KM. Perjalanan memerlukan waktu kisaran 1-1,5 jam untuk sampai ke destinasi ini. Belum termasuk waktu untuk mendaki atau memanjat gunung sampai puncak.

Sebaiknya Anda berkendara menggunakan kendaraan pribadi khususnya motor. Anda bisa membawa kendaraan roda empat. Kemudian saat sampai di area gunung, bisa menyewa motor atau langsung jalan kaki menjelajah trekking area.

Anda patut berhati-hati karena jalan menuju lokasi ini cukup berkelok-kelok dan medannya cukup terjal. Kami sarankan Anda mengendarai mobil sewaan dari jasa rental mobil Bandung terbaik.

Salsa Wisata merupakan salah satu penyedia jasa rental mobil profesional dan juga berpengalaman di Kota Bandung dan sekitarnya. Tipe kendaraan yang disewakan terjamin berkualitas, berperforma prima, dan tarifnya bersahabat.

Jam Operasional Gunung Batu Lembang

Wisata alam ini buka setiap hari dari Senin sampai Minggu. Jam operasional Gunung Batu ini adalah 24 jam. Jadi Anda dapat berkunjung kapan saja karena destinasi ini akan terus buka hari apa saja dan jam berapa saja.

Namun kami sarankan Anda datang saat langit cerah supaya lebih mudah melakukan perjalanan pendakian gunung.

Selain itu, suasana di pagi atau sore hari sangatlah indah dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam.

Pastikan Anda datang ke sini dengan membawa perlengkapan pendakian atau olahraga panjat tebing yang memadai.

Supaya perjalanan wisata Anda semakin siap dan terorganisir dengan baik, Salsa Wisata bisa membantu.

Paket tour Bandung bisa jadi alternatif pilihan wisatawan yang ingin perjalanan wisatanya teratur dan terjadwal dengan baik.

Tak usah ragu lagi, tentukan waktu kunjungan wisata ke Gunung Batu Lembang Bandung ini lalu konsultasikan segera kepada tim Salsa Wisata. Tim kami akan dengan senang melayani Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)