SalSari Resto & Coffee

Gunung Ciwaru Rajagaluh adalah salah satu objek wisata gunung di Majalengka yang menyuguhkan panorama hutan pinus yang manjakan mata. Dari salah satu sisi gunung ini, pengunjung dapat menyaksikan visual Gunung Ciremai yang gagah.

Gunung ini memiliki lanskap khas kawasan pegunungan yang penuh dengan kesejukan. Intinya, tempat wisata Majalengka yang lagi hits ini sangat recommended bagi Anda para wisatawan yang rindu dengan ketenangan.

Sekilas Tentang Wisata Gunung Ciwaru

jalan menuju gunung ciwaru

Objek wisata Gunung Ciwaru Majalengka ini berada dalam kawasan hutan konservasi Taman Nasional Gunung Ciremai. Gunung ini merupakan salah satu primadona pariwisata bagi warga setempat.

Di sana terdapat hamparan pohon pinus berderet rapi. Pemandangan matahari terbit dan terbenam dan panorama gunung yang indah menjadi hal menarik lainnya.

Di samping itu, wisata Majalengka ini juga mempunyai banyak spot foto menarik dan estetik yang tersebar di beberapa lokasi. Desain spot-spot foto ini sangat unik dan kreatif, menambah nilai plus dari wisata alam ini.

Lokasi Wisata Gunung Ciwaru

Lokasi Gunung Ciwaru masuk dalam wilayah administrasi Desa Payung, Rajagaluh, Majalengka. Jalan menuju gunung ini hanya bisa dilalui oleh sepeda motor saja.

Anda bisa memulai perjalanan dari jantung Kota Majalengka kemudian ke Desa Payung dan Blok Cimerang. Setelah menjumpai pertigaan, tetap lurus, lalu kanan, kiri, hingga tiba di perkampungan terdekat. Cek petanya di sini.

Untuk rombongan wisatawan dari Cirebon, misalnya, bisa gunakan layanan rental mobil Hiace Cirebon di Salsa Wisata. Sementara untuk rombongan dengan jumlah lebih sedikit, bisa pilih tipe kendaraan SUV, city car, dll.

Jam Buka Wisata Gunung Ciwaru

Kawasan wisata gunung ini buka setiap hari untuk wisatawan umum mulai dari pagi hingga sore sebelum petang saja. Jam buka Gunung Ciwaru ini tepatnya dari jam 08.00 sampai jam 16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Ciwaru

Rata-rata wisata gunung memang tidak mahal. Harga tiket masuk Gunung Ciwaru Majalengka masih tergolong murah. Tiket ini belum termasuk biaya-biaya lainnya seperti biaya camping dan parkir kendaraan.

Berikut kami cantumkan tabel berisi daftar HTM Gunung Ciwaru terkini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp15.000,00 per orang
Camping Rp55.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan

Khusus untuk biaya camping, sudah termasuk fasilitas tenda dan matras. Untuk keperluan lain seperti logistik, dll, perlu disiapkan oleh para campers secara mandiri.

Tapi tenang, di sepanjang jalan menuju objek wisata, ada banyak pusat wisata kuliner. Di sini Anda bisa mampir dan membeli makanan khas Sunda terdekat untuk bekal nanti.

Daya Tarik Wisata Gunung Ciwaru

spot foto wisata gunung ciwaru

Berkunjung ke tempat wisata Jawa Barat murah meriah ini sudah sepatutnya harus membawa kamera bagus. Alasannya, ada banyak daya tarik yang wajib Anda abadikan. Selain itu, Anda juga dapat mencoba beberapa aktivitas seru di sini.

Apa saja kira-kira hal menarik tersebut? Simak ulasannya di bawah ini:

Trekking Singkat

Tidak afdol namanya jika Anda ke gunung tapi tidak menjajal jalur trekking-nya. Di gunung ini sendiri, terdapat jalur trekking khusus para wisatawan. Jalurn trekking di sini cukup memadai dan tidak begitu sulit.

Bahkan anak-anak dan orang yang sudah berusia senja dapat melewatinya. Anda boleh mencobanya bersama si kecil atau mungkin orang tua Anda.

Kegiatan trekking pun akan terasa semakin menyenangkan dengan suguhan panorama alam sekitar yang memukau. Di kanan-kiri jalur, terlihat barisan-barisan pohon pinus Rajagaluh Majalengka.

Panorama Ciremai

Puncak gunung ini menjadi spot paling favorit bagi para wisatawan. Pasalnya, dari titik ini, Anda dapat melihat dengan sangat jelas panorama alam sekitar gunung. Tiap sisinya menyuguhkan keindahana yang berbeda.

Di sisi Utara, misalnya, terlihat hamparan terasering Sawah Nangklak. Tepat di sampingnya ada Pegunungan Kromong yang menjadi saingan salah satu tempat wisata alam Jogja terdekat, Perbukitan Menoreh.

Sedang di sisi Selatan, berdiri gagah Gunung Ciremai yang menjadi incaran utama para wisatawan yang ada di sini. Saat cuaca sedang cerah, gunung ini seolah sedang memamerkan kegagahannya.

Taman Selfie

Pihak pengelola wisata Rajagaluh ini telah membuat spot-spot foto khusus bagi para wisatawan yang ingin mengabadikan keindahan alam saat mendaki gunung. Ada sekitar 5 spot foto dengan bentuk dan rupa yang beragam.

Bentuknya ada yang seperti balkon dan gardu pandang yang memiliki instalasi kreatif. Fasilitas ini pastinya sangat digandrungi oleh para wisatawan yang hobi fotografer dan penyuka selfie.

Ada juga spot bernama Jendela Langit. Tempat dengan berlatarkan hamparan hutan yang berbingkai instalasi berbentuk jendela juga menjadi spot foto terfavorit.

Camping Ceria

Objek wisata ini cocok untuk arena berkemah ceria bagi wisatawan. Gunung ini menyediakan tempat penyewaan tenda serta matras yang lengkap sebagai penunjang kegiatan camping.

Jika Anda ingin mengenalkan anak-anak pada kegiatan perkemahan, maka gunung ini juga layak menjadi opsi karena medan trekking yang mudah. Di samping itu, perlengkapan penunjangnya juga memadai.

Agar nantinya Anda tidak kekurangan stock logistik, sebaiknya belanja beberapa oleh-oleh seperti keripik khas Jawa Barat yang tahan lama. Makanan ringan ini bisa menjadi teman selama camping ceria bersama anak-anak.

Fasilitas di Wisata Gunung Ciwaru

camping di gunung ciwaru rajagaluh

Fasilitas yang tersedia di Gunung Ciwaru sudah cukup lengkap sehingga cukup membantu para wisatawan merasa nyaman di sini. Adapun nama-nama fasilitas yang ada antara lain:

  • tempat parkir kendaraan
  • toilet umum
  • spot foto
  • gardu pandang
  • warung wisata
  • camping site

Dari ulasan singkat ini, Anda setidaknya mengetahui informasi terbaru seputar biaya, fasilitas, dan daya tarik. Selanjutnya Anda bisa buat agenda untuk liburan di tempat wisata alam ini.

Agar mudah, reservasi paket liburan di Salsa Wisata. Dengan layanan ini, Salsa Wisata akan membantu memfasilitasi keperluan liburan Anda ke wisata Gunung Ciwaru. Termasuk berburu makanan khas Jawa Barat dari daging yang lezat.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)