SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Image ‘gunung angker’ sudah tidak akan terasa lagi di Gunung Kemukus. Pasalnya, gunung yang dulu identik dengan tempat ritual pesugihan ini, sekarang telah berubah drastis menjadi tempat yang ramai kunjungan wisatawan.

Banyak masyarakat setempat dan wisatawan dari kota-kota sekitar Sragen berdatangan untuk menghabiskan malam minggu di sini.

Apalagi saat libur panjang tiba, wajah baru gunung yang kini menjadi tempat wisata ini sudah pasti akan jauh lebih ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Sebab, jumlah wisatawan yang datang bisa sampai 2 hingga 3 kali lipat dari jumlah kunjungan di hari biasa.

Nah, mungkin ada di antara Anda yang belum pernah menginjakan kakinya di sini; atau penasaran seperti apa sih keramaian wisata di gunung ini? Simak ulasan singkat berikut.

Sekilas Tentang Gunung Kemukus

Gunung yang sekarang telah menjadi sebuah tempat wisata Solo hits ini sering disebut dengan sebagai kuil. Karena memang ada sebuah tempat suci atau kuil yang terletak di puncak sebuah bukit sekitar kawasan gunung.

Secara administratif, gunung yang sesungguhnya sebuah bukit ini terletak di Desa Pendem, Sragen, tepatnya di sisi Utara Sragen.

Lokasinya sekitar 34 KM dari pusat Kota Sragen, atau kurang lebih 29 KM dari Keraton Mangkunegaran Surakarta.

Dengan total luas 10 Ha, gunung sakral ini memang tidak terlalu tinggi. Ketinggiannya hanya 300 mdpl layaknya bukit-bukit pada umumnya.

Sekitar gunung ini, terdapat sejumlah tempat penting yang kemudian juga menjadi tempat wisata.

Misal, ada Waduk Kedung Ombo yang selalu ramai di setiap akhir pekan. Banyak warga setempat yang menjadikan area sekitar waduk sebagai area untuk berolahraga dan piknik.

Terkadang ada juga beberapa orang yang mendirikan tenda di sekitar waduk.

Di atas bukit juga terdapat sebuah makam keramat bagi warga sekitar. Makam tersebut konon merupakan makam Pangeran Samudro. Letak makam ini sedikit menjorok ke area waduk.

Gunung Kemukus Pasca Renovasi

gunung kemukus sragen

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sejak renovasi, tempat ini benar-benar berubah sangat signifikan. Tempat ini telah menjadi destinasi kunjungan wisata favorit. Jumlah kunjungan wisatawannya naik drastis.

Ramainya kunjungan ini tentu bukan tanpa alasan. Menurut sebagian besar pengunjung, mereka sangat tertarik dengan dek baru yang berada di pinggir sungai.

Di bagian Utara dek, wisatawan akan menjumpai sebuah situs keramat, yaitu Sendang Ontrowulan.

Masih di kawasan yang sama, terdapat juga pusat sewa skuter listrik khusus untuk wisatawan yang ingin menyusuri dek dengan skuter.

Harga Tiket Masuk Gunung Kemukus

Kenaikan jumlah wisatawan di kawasan wisata bukit ini tentu ada penyebabnya. Salah satunya adalah tiket masuk yang sangat murah.

Pengunjung juga tak perlu membayar mahal untuk biaya-biaya lainnya seperti parkir, sewa skuter listrik, dan bahkan untuk makan dan minum.

Berikut adalah informasi tarif tiket masuk dan biaya parkir kendaraan terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00/ orang
Biaya Parkir Sepeda Motor Rp3.000,00
Biaya Parkir Mobil Rp5.000,00

Perlu Anda ketahui bahwa tarif di atas dapat berubah, terutama saat high season dan libur akhir pekan. Kenaikan tarif tidak begitu signifikan, jadi Anda tak perlu cemas.

Daya Tarik Gunung Kemukus

wisata gunung kemukus

Anda dan para pengunjung lain akan menjumpai banyak hal menarik di sini. Sebut saja dek di tepian sungai, seluncuran dengan menggunakan skuter listrik, dan masih banyak lainnya.

Untuk memberikan gambaran kepada Anda, berikut kami bagikan ulasan singkat sejumlah daya tarik di tempat ini.

Dek Estetik

Bertempat di tepian sungai, dek ini menjadi salah satu spot terfavorit bagi sebagian besar pengunjung.

Sekilas, secara tampilan visual, dek ini sangat mirip dengan area pedestrian di sepanjang Jalan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer.

Satu-satunya pembeda adalah letak dek yang bersebelahan dengan sungai. Jadi, dek di sini semacam anjungan tapi di sebuah sungai, bukan laut.

Dek ini telah juga telah memiliki sejumlah fasilitas pendukung menarik. Misal bangku-bangku yang ada di pinggir dek. Di bangku-bangku ini, pengunjung dapat duduk santai sembari menikmati pemandangan sungai yang ada di hadapanya.

Biasanya bangku-bangku ini juga menjadi spot untuk berselfie atau berfoto bersama. Tentu dengan hiasan lampu-lampu taman estetik yang berjajar di sepanjang tepian dek yang menjadi latarnya.

Meluncur dengan Skuter Listrik

Cobalah untuk menikmati suasana malam di sini dengan wahana seru yang satu ini. Skuter listrik namanya. Dengan wahana ini, Anda tidak akan merasa lelah saat jalan-jalan menelusuri area dek dan sekitarnya.

Skuter listrik ini tersedia di sejumlah stand penyewaan skuter yang ada di sisi utara dek. Pengunjung yang menyewa skuter listrik nantinya juga akan mendapatkan perlengkapan safety seperti helm dan pelindung lutut.

Sendang Ontrowulan

Nah, situs keramat ini hanya terbuka secara khusus untuk Anda yang ingin menyucikan diri sebelum ziarah ke Makam Pangeran Samudro.

Prosesi penyuciannya sendiri sangat sederhana. Cukup dengan membasuh muka atau mandi di sendang tersebut.

Lokasi sendang ini juga sangat strategis, yaitu di dekat gerbang utama wisata ini. Kesakralan sendang ini masih sangat kuat seperti halnya Mata Air Comberan di Gunung Api Purba Nglanggeran.

Lokasi wisata gunung api purba ini tak jauh dari Goa Pindul.

Bersantap Kuliner

Jika merasa lapar atau haus, Anda tak akan sulit untuk menemukan kedai makanan di sekitar dek. Ada cukup banyak kedai makanan di sepanjang tepian dek ini.

Menu yang tersaji tentunya sangat beragam. Kebanyakan menu yang bisa Anda dapatkan di sini adalah makanan khas Solo dan Sragen yang terkenal sedap.

Fasilitas di Gunung Kemukus

Sebagai destinasi liburan akhir pekan paling favorit di Sragen, fasilitas yang tersedia di sini cukup lengkap. Area parkir, mushola, kamar mandi plus toilet tentu ada.

Kemudian untuk fasilitas pendukung lainnya seperti toko penjual oleh-oleh khas Solo juga ada di sekitar dek. Tak hanya itu, Anda juga bisa duduk-duduk sambil beristirahat di pendopo.

Bangunan pendopo ini biasanya juga menjadi alternatif tempat untuk pertemuan dan juga acara gathering dari travel organizer. Tempatnya yang luas dan dekat dengan fasilitas umum menjadi tempat ideal untuk acara gathering.

Gathering perusahaan, kantor, institusi, maupun gathering trah keluarga seringnya berlangsung di sini. Banyak biro perjalanan seperti Salsa Wisata, juga telah memasukan tempat ini ke dalam paket gathering dengan harga terjangkau.

Lokasi & Rute Menuju Gunung Kemukus

lokasi gunung kemukus

Wisata ini beralamat di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya benar-benar strategis sehingga Anda dapat menjangkaunya baik dari Kota Solo maupun kota-kota lainnya.

Apabila Anda berangkat dari Kota Sragen, rute yang sebaiknya Anda pilih adalah rute ini: Jalan Sragen lalu ke Pungkruk tepatnya ke arah Sumberlawang.

Dari Sumberlawang, silahkan belok kiri sampai tiba di Jalan Barong. Nah, jika Anda sudah sampai di jalan ini, Anda tinggal melewati jembatan yang mengarah ke lokasi tujuan.

Demi kelancaran perjalanan dan efektifitas waktu perjalanan, ada baiknya memang Anda gunakan jasa sewa mobil dari Salsa Wisata.

Dengan dukungan team yang profesional dan paket yang berkualitas, Anda akan mendapatkan double benefit, yaitu hemat biaya dan kenyamanan.

Untuk jenis perjalanan simpel ini, paket sewa hiace premio Solo adalah rekomendasi terbaik. Selain harganya terjangkau, muatan kapasitasnya juga besar.

Jam Operasional Gunung Kemukus

Anda bisa datang untuk liburan, jalan-jalan, ataupun ziarah ke tempat ini kapan saja karena tempat wisata ini buka setiap hari 24 jam.

Sedang waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hingga sore hari. Jika Anda ingin berkunjung di malam hari, usahakan datang sebelum jam 22.00 WIB karena lampu-lampu taman akan mati setelah jam tersebut.

Gunung Kemukus seperti terlahir kembali. Stigma negatif yang dulu melekat, kini berubah total menjadi tempat yang paling sering menjadi langganan wisatawan.

Keberadaan sejumlah fasilitas penunjang seperti dek dan skuter listrik yang menjadi daya tarik tersendiri. Jadi sempatkan diri Anda untuk mengunjungi tempat ini saat berada di Solo dan sekitarnya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Solo



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)