SalSari Resto & Coffee

Tahukah kalian bahwa di tengah kota Jakarta yang padat ternyata ada sebidang hutan kecil nan hijau? Ya, Hutan Kota Srengseng yang begitu indah menjadi salah satu destinasi objek wisata murah di Jakarta untuk berakhir pekan.

Hutan kecil ini memamerkan keindahan alam dengan pepohonan rindang yang mengelilingi danau buatan yang cukup luas. Siapa yang tak mau berfoto dengan view alam yang hijau dan asri? Pastinya banyak pengunjung yang berlomba-lomba datang kemari untuk mendapatkan foto instagramable.

Untuk informasi selengkapnya mengenai wisata hutan kota ini, berikut kami sajikan ulasannya.

Sejarah Hutan Kota Srengseng

spot foto Hutan Kota Srengseng Jakarta Barat

Seperti halnya Babakan Siliwangi di Bandung, taman kota ini ditumbuhi berbagai macam pohon nan hijau. Luasnya sekitar 15 hektar dan dipenuhi oleh 1.000 pohon. Kalian pasti sudah bisa membayangkan betapa sejuknya taman ini bukan?

Tapi tahukah kalian bahwa hutan kota ini memiliki sejarah yang cukup unik dan tidak terduga? Dulu, sebelum menjadi hutan kecil di tengah kota yang indah seperti sekarang, daerah hutan kota ini merupakan tempat pembuangan sampah.

Berbagai macam sampah bertumpuk hingga menyebabkan bau yang sangat tidak sedap. Penduduk setempat kemudian meminta kepada pemerintah daerah agar membuat kebijakan yang bisa menanggulangi permasalahan ini.

Akhirnya, pada tahun 1994, pemerintah daerah memutuskan untuk mengalihkan lahan ini sebagai wilayah resapan air dan plasma nutfah. Selanjutnya, pemerintah berencana untuk menjadikan lahan ini sebagai lokasi wisata dan aktivitas masyarakat juga.

Pembangunan secara bertahap pun dilakukan. Metode pembangunan yang digunakan yaitu metode sanitary landfill, di mana seluruh sampah ditumpuk dan dipadatkan dalam cekungan besar yang sudah disiapkan.

Tumpukan tersebut kemudian ditutup oleh lapisan tanah yang baru dan ditanami bibit pohon. Setelah itu, pemerintah juga membuat danau buatan sebagai tempat penampungan cadangan air di musim kemarau, sekaligus resapan air di musim penghujan.

Persis di tengahnya terdapat semacam pulau kecil yang tak kalah hijau menawan. Namun, pengunjung hanya bisa mengamati dari kejauhan. Walau airnya tidak sejernih Danau Tomang di Tangerang, namun danau ini cukup indah dan tenang. Siapa pun yang duduk di tepinya juga akan merasakan ketenangan.

Lokasi Hutan Kota Srengseng

Oleh karena wisata alam ini berada di tengah kota, makan akses jalan menuju lokasi ini sangat mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum untuk sampai ke tempat wisata.

Lokasi Hutan Kota Srengseng ini berada di Jalan H. Kelik, Kelurahan Srengseng, Kecamatan Kembangan, Kota Jakarta Barat.

Bagi pelancong dari luar Jakarta yang datang menggunakan kereta, manfaatkan layanan sewa mobil Stasiun Jakarta Kota agar perjalanan lebih praktis dan nyaman. Dengan dukungan layanan ini, Anda tak perlu pusing memikirkan rute perjalanan menuju destinasi wisata ini.

Jam Operasional Hutan Kota Srengseng

Jam Buka Pukul
Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Harga Tiket Masuk Hutan Kota Srengseng

Tarif tiket masuk Hutan Kota Srengseng ini belum termasuk dengan biaya parkir. Jadi, bagi pengunjung yang membawa kendaraan harus menyiapkan uang retribusi parkir. Berikut informasi HTM wisata ini:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp2.000,00
Parkir sepeda Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Daya Tarik Wisata Hutan Kota Srengseng

daya tarik Hutan Kota Srengseng Jakarta Barat

Spot Berfoto yang Instagramable

Sudah pasti rimbunnya pepohonan dan indahnya danau menciptakan spot foto yang bagus. Suburnya beragam jenis pohon menghiasi sisi kanan-kiri jalan. Kemudian di tengah-tengahnya terdapat jalan setapak yang bisa digunakan juga sebagai jogging track.

Pengunjung banyak berfoto dengan pose berdiri di tengah-tengah jalan setapak ini, baik sendiri, bersama keluarga, teman maupun pasangan.

Wahana Edukasi Anak

Beragamnya pohon di hutan kota ini tentu membuat udara terasa sangat sejuk. Hutan ini sendiri dijuluki sebagai paru-paru kota Jakarta Barat. Anda bisa mengunjunginya bersama keluarga kapan saja.

Terdapat papan-papan nama pohon sehingga Anda bisa sekaligus mengajarkan anak-anak tentang ragam pepohonan. Ada pohon akasia, pohon mahoni, pohon jati, pohon flamboyan dan masih banyak lagi.

Jangan khawatir buah hati akan cepat bosan, sebab di sini juga terdapat taman bermain anak. Lengkap dengan seluncuran dan tangga melingkar. Anak-anak bisa bermain di tengah hutan yang sejuk dan asri tanpa biaya tambahan.

Berpiknik di Tengah Hutan

Kalian juga bisa berpiknik di Hutan Kota Srengseng loh. Tidak perlu takut kepanasan, sebab barisan pohon yang rapat akan menghalangi sinar matahari yang terik dan membuat suasana terasa sejuk.

Tapi, kami sarankan agar Anda membawa lotion penangkal nyamuk.  Hati-hati juga terhadap hewan reptil yang terkadang bermunculan.

Jika tidak sempat menyiapkan makanan, Anda bisa membeli beragam makanan khas Jakarta lezat di warung-warung di kawasan hutan. Dengan ditemani kicauan burung, piknik akan terasa lebih menyenangkan!

Wall Climbing dan Kopdar

Tempat wisata yang tak jauh dari Museum MACAN ini juga memiliki sarana wall climbing. Fasilitas ini biasanya digunakan oleh komunitas penggiat wall climbing untuk berlatih.

Anda tidak perlu membayarkan biaya tambahan, asal sudah mengurus perizinan dengan petugas setempat. Jika berniat untuk mencoba wall climbing ini, pastikan Anda membawa pembina. Sebab, petugas hutan hanya mengawasi.

Tapi, kegiatan ini akan terasa lebih asyik jika dilakukan bersama anggota komunitas Anda. Ada juga mini amphitheater yang dapat untuk pertemuan atau pertunjukan kecil.

Tidak perlu membayar mahal, sebab semua sarana dan fasilitas yang ada di sini dapat digunakan secara gratis.

Fasilitas di Hutan Kota Srengseng

fasilitas Hutan Kota Srengseng Jakarta Barat

Secara keseluruhan, fasilitas penunjang di taman wisata ini sudah terbilang cukup lengkap. Berikut ini beberapa fasilitas yang ada di Hutan Kota Srengseng.

  • Parkiran
  • Toilet
  • Gazebo
  • Danau buatan
  • Wahana permainan
  • Playground
  • Joging trek
  • Tempat duduk
  • Wall climbing

Kawasan hutan rindang yang asri ini bisa jadi alternatif untuk Anda yang ingin punya pengalaman healing yang murah. Pengalaman serupa juga bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan layanan dari Salsa Wisata.

Melalui paket wisata yang ada, Anda bisa mengunjungi banyak tempat-tempat berkelas di Jakarta dengan biaya terjangkau. Selain itu segala kebutuhan Anda selama perjalanan pun pasti terpenuhi.

Jadi tidak perlu tunggu lama lagi langsung saja hubungi Salsa Wisata dan nikmati momen liburan paling berkesan yang Anda inginkan bersama setiap layanan dari Salsa Wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)