SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Hutan di tengah Kota Bandung yang satu ini memang lagi viral. Babakan Siliwangi di sini berperan sebagai sebuah taman di Bandung yang menawarkan kesegaran dan kesejukan di tengah suasana perkotaan.

Area taman kota ini ditata sedemikian rupa sehingga nyaman untuk pada saat dikunjungi. Di dalamnya terdapat banyak jenis tanaman, bunga, dan fasilitas pendukung kenyamanan seperti kursi atau bangku estetik, jembatan berlantaikan kayu, dll.

Nuansa yang tenang dan suasana alam yang menyejukan pastinya sangat cocok untuk menjadi referensi tempat liburan keluarga.

Tempat wisata Bandung yang hits ini tak hanya recommended untuk anak-anak muda, tapi juga sangat direkomendasikan sebagai lokasi jalan-jalan sore bersama keluarga tercinta.

Sekilas Tentang Babakan Siliwangi City Forest Path Bandung

Babakan Siliwangi adalah semacam taman kota yang ada di Kota Bandung. Taman ini sangat luas dan terdiri dari banyak jenis vegetasi, termasuk pepohonan, tanaman hias, dan juga bunga.

Luasnya sendiri sekitar 3.8 Hektar. Taman yang mirip hutan tengah kota ini telah memiliki fasilitas-fasilitas penunjang. Sebut saja fasilitas jembatan kayu sepanjang 2 KM, seating corner yang nyaman untuk santai dan nongkrong, dan lain sebagainya.

Keberadaan Baksil (singkatan dari Babakan Siliwangi) tentu mendapat sambutan yang sangat positif dari masyarakat Kota Bandung. Pasalnya, selain dekat dan terjangkau, Ruang Terbuka Hijau ini juga bisa menjadi alternatif destinasi wisata yang murah meriah.

Kemudian dari segi lingkungan, RTH ini tentu berperan penting sebagai paru-paru kota layaknya Taman Suropati di Jakarta. Kira-kira ada daya tarik apa saja yang ditawarkan oleh taman kota yang satu ini? Simak informasi selengkapnya.

Daya Tarik Babakan Siliwangi

Babakan Siliwangi

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sebagai kawasan RTH sekaligus taman kota dan juga tempat rekreasi keluarga, Baksil mempunyai sejuta daya tarik. Beberapa diantaranya adalah cerita sejarahnya dan daya tarik pemandangannya.

Cerita Sejarah Baksil

Area yang penuh dengan satwa seperti di Kebun Binatang Bandung ini dulunya adalah sebuah lembah. Ceruk lembah ini terbentuk oleh karena aliran Sungai Cikapundung ribuan tahun lalu.

Saat masa penjajahan VOC, area lembah ini dinamakan Lebak Gede. Kemudian sekitar tahun 1950-1980-an, area ini sudah mulai menjadi properti untuk dikomersilkan.

Pada tahun 1971 sampai tahun 1976, Oje Djunjunan selaku perwakilan Pemkot Bandung mengubah nama Lebak Gede menjadi Lebak Siliwangi. Tak lama kemudian nama Lebak Siliwangi berubah nama lagi menjadi Baksil.

Pesona Keindahan Alam Baksil

Hutan kota yang diresmikan tanggal 17 Januari 2018 ini menjadi salah satu ikon pariwisata Kota Bandung selain tempat wisata terdekat, Gedung Sate. Green area ini mampu meredam hawa panas Kota Bandung yang kini mulai terasa.

Lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota membuat tempat ini layak menjadi destinasi kunjungan wisata prioritas untuk tiap akhir pekan. Bak hutan tropis yang ada di kawasan lereng dan kaki gunung, ada banyak pohon dan tanaman yang memenuhi area ini.

Udara segar terasa memenuhi area ini. Terlebih masih banyak vegetasi yang yang mendominasi area ini. Sudah pasti akan mendukung terciptanya atmosfer yang sejuk dan dingin.

Jembatan Estetik

Salah satu spot yang paling menarik dari hutan kota Baksil ini adalah jembatan gantungnya. Jembatan ini dibangun dengan tinggi 2 meter dan memiliki lantai kayu yang halus.

Sebagai pengaman, di kanan-kiri jembatan telah terpasang pagar setinggi 1 meter. Untuk menghindari pohon-pohon besar, desain jembatan dibuat berkelok mengikuti area yang aman dari pohon besar.

Namun ada juga bagian jembatan yang dibuat berlubang di walking area-nya. Lubang-lubang ini dibuat untuk pohon-pohon berukuran kecil yang berada di tengah area lintasan jembatan.

Dengan begitu, Anda dan pengunjung lainnya dapat melihat adanya pohon-pohon kecil yang tumbuh seolah menembus lantai jembatan.

Ornamen Tiang Ber-LED

Kawasan hutan kota Baksil ini terlihat semakin gemerlap berkat adanya tiang-tiang lampu LED. Ornamen tiang berlampu LED ini dapat Anda temukan di beberapa lokasi sehingga saat malam hari area dalam hutan tetap akan terang.

Dan kabarnya, jembatan ini akan terhubung dengan objek wisata Skywalk Cihampelas. Dengan begitu, hanya dengan berjalan menyusuri jembatan ini, Anda bisa sampai di beberapa objek wisata lainnya.

Fasilitas Babakan Siliwangi City Forest Path Bandung

Wisata Babakan Siliwangi

Babakan Siliwangi City Forest Path Bandung adalah lokasi yang ideal untuk jogging di pagi atau sore hari. Anda dapat memanfaatkan walking area sebagai jogging track Anda. Anda tak perlu khawatir akan mengganggu akses jalan orang lain karena walking area yang ada di jembatan ini sangat luas.

Selain jogging track, ada fasilitas lainnya yang boleh Anda coba, yaitu kursi taman. Fasilitas kursi taman tersedia cukup banyak dan tersebar di banyak titik lokasi.

Kursi taman ini adalah kursi permanen dengan bentuk berundak. Desainnya unik dan multifungsi; bisa berfungsi sebagai tempat duduk dan bisa juga berfungsi sebagai meja.

Ada juga model kursi bangku yang panjang dan dibuat menempel dengan pagar jembatan. Di kursi-kursi ini pengunjung dapat duduk santai sambil memandangi pepohonan dan menikmati kesejukan alam sekitar.

Kawasan hutan kota ini juga dilengkapi dengan WiFi gratis agar mahasiswa atau pelajar bisa menjadikan tempat ini sebagai lokasi belajar dan berkegiatan.

Di lokasi tertentu juga terdapat fasilitas mushola dan toilet umum yang bebas digunakan oleh pengunjung. Terakhir, ada fasilitas tempat parkir dengan area yang cukup luas untuk mengakomodir sepeda motor dan mobil.

Ketika kondisi di sini sedang sangat ramai dan tempat parkir penuh, Anda dapat memarkirkan kendaraan Anda di area parkir Saraga. Anda tidak akan menjumpai adanya warung makan, foodcourt, atau cafe kekinian di sini.

Jadi, Anda mau tak mau harus membawa bekal makanan dan minuman sendiri sebelum menuju ke lokasi ini. Anda dapat membawa bekal sendiri dari rumah atau membelinya terlebih dahulu di pusat wisata kuliner Bandung terdekat.

Harga Tiket Masuk Babakan Siliwangi

Tidak ada biaya untuk dapat masuk ke kawasan hutan kota Baksil karena gratis. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk retribusi parkir kendaraan saja yang tarifnya sangat murah.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Rp3.000,00 (Motor)

Rp5.000,00 (Mobil)

Sangat murah dan terjangkau, bukan? Bagi Anda yang sudah terlanjur menyiapkan budget besar untuk berkunjung ke green area ini, tak perlu menyesal.

Anda dapat menggunakan budget Anda untuk mengunjungi pusat kuliner atau pusat oleh-oleh khas Bandung terdekat yang lagi hits saat ini.

Misalnya seperti kulineran di Paskal Food Market yang begitu terkenal dengan menunya yang super lengkap. Semua jenis menu, mulai dari Chinese foods, Japanese dan Western foods hingga menu Nusantara.

Anda juga tidak akan kesulitan untuk menjumpai menu makanan khas Bandung kekinian di resto terbuka ini. Sehingga momen liburan pun akan menjadi lebih menyenangkan.

Lokasi dan Rute Menuju Babakan Siliwangi

Lokasi Wisata Babakan Siliwangi

Babakan Siliwangi City Forest Path Bandung terletak di alamat Tamansari No.90, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung. Lokasi ini dekat sekali dengan Kampus ITB. Untuk Anda yang berangkat dari Kota Bandung, gunakan rute ini.

Dari Alun-Alun Kota Bandung menuju Jalan ABC dan Jalan Viaduct. Setelah itu, arahkan kendaraan Anda ke Jalan Wastukencana dan Jalan Martadinata. Lalu lanjutkan lagi ke Jalan Purnawarman dan masuk ke Daerah Tamansari. Hanya butuh sekian meter lagi, Anda akan sampai di Baksil.

Mungkin rute dan nama jalan di atas terdengar asing bagi Anda wisatawan yang berasal dari luar Kota Bandung. Sebagai wujud antisipasi agar tidak tersesat, manfaatkan jasa sewa mobil plus supir dari Salsa Wisata.

Kami tawarkan banyak opsi paket sewa mobil dan silahkan Anda pilih yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan wisata Anda. Rental mobil Innova Venturer di Bandung dengan supir mungkin akan menjadi rekomendasi yang tepat untuk Anda.

Jam Operasional Babakan Siliwangi

Sama halnya dengan tempat wisata alam lainnya, Baksil buka setiap hari selama 24 jam. Masyarakat Kota Bandung ataupun wisatawan dapat mengunjungi tempat ini kapan saja.

Entah pagi, siang, maupun malam, tempat ini selalu ramai oleh kedatangan para pengunjung.

Babakan Siliwangi sangat kami rekomendasikan untuk menjadi prioritas tempat wisata yang wajib Anda kunjungi akhir pekan ini. Reservasi layanan paket honeymoon Bandung 1 hari dari Salsa Wisata untuk segala kemudahan selama liburan. Silahkan hubungi call center kami untuk info lebih lengkap.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Bandung, Destinasi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (4 votes)