earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

MACAN adalah sebuah singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum Macan menjadi pusat pameran berbagai koleksi karya seni modern dan kontemporer baik dari Indonesia maupun luar negeri.

Tempat wisata ini juga bisa jadi alternatif destinasi liburan yang murah dan singkat. Memang sangat cocok untuk agenda liburan akhir pekan Anda.

Galeri museum ini tentu juga dapat menjadi sarana edukasi sekaligus sarana rekreasi yang sangat baik untuk anak-anak muda.

Sekitar ratusan karya seni terpajang rapi di museum. Sedikitnya ada sekitar 50% koleksi di sini merupakan hasil karya para seniman Indonesia.

Sedang sisanya adalah buah karya seniman luar, khususnya Amerika Utara, Eropa, China, dan lain sebagainya.

Sekilas Tentang Museum Macan

Museum Macan merupakan museum pertama di Indonesia yang mempunyai koleksi seni kontemporer dan modern. Berlokasi di kawasan Kebon Jeruk membuat museum ini memiliki akses mudah bagi wisatawan dari mana saja.

Museum ini memiliki luas bangunan 7.107 meter persegi dengan ruang display seluas 4.000 meter persegi. Menariknya lagi, museum ini masuk dalam list 100 Tempat Terbaik di Dunia tahun 2018 versi Majalah Time.

MACAN secara resmi terbuka untuk publik pada bulan November 2017 lalu. Terdapat 800 karya seni modern dan kontemporer yang tersimpan dengan baik di museum.

Sekitar 90 diantaranya masih bisa Anda lihat di ruang pameran. Dari ratusan karya seni yang ada di museum ini, terdapat banyak karya seniman luar negeri ternama. Salah satunya adalah Infinity Mirrored Room karya Yayoi Kusama.

Museum ini juga berperan sebagai panggung untuk sejumlah karya seni pertunjukan dan karya seni instalasi. Adapun daftar karya seni pertunjukan dan seni instalasi yang pernah terlaksana di museum ini, antara lain:

  1. Art Turns, World Turns, Exploring the Collection of the Museum Macan
  2. One Million Years oleh On Kawara
  3. Seven Stories oleh Lee Mingwei
  4. The Past Has Not Passed oleh Arahmaiani
  5. Dunia Dalam Berita
  6. Life Heart Rainbow oleh Yayoi Kusama

Harga Tiket Museum Macan

Museum Macan Jakarta

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Mungkin jika kami bandingkan dengan museum karya seni lain seperti Museum Affandi di Yogyakarta, harga tiket museum ini tergolong mahal.

Akan tetapi, harga tiket ini sangat sepadan dengan apa yang akan Anda dapat selama mengunjungi museum ini.

Berikut adalah info harga tiket terbaru untuk masuk kawasan museum MACAN:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Dewasa Rp100.000,00 per orang
Tiket Masuk Pelajar & Lansia 65 tahun ke atas) Rp90.000,00 per orang
Tiket Masuk Anak-Anak (3-12 Tahun) Rp80.000,00 per orang

Pihak pengelola melayani pembelian tiket secara online melalui situs resmi MACAN.

Namun jika Anda ingin membeli tiket secara langsung (tiket on the spot), tentu bisa dengan cara mendatangi bagian ticketing.

Pengunjung dapat berkesempatan untuk mendapatkan potongan harga selama weekday dengan memanfaatkan kode promo: HARIKERJO30.

Ada juga kode promo lainnya, yaitu AKHIRPEKAN10 bagi Anda yang ingin mendapatkan potongan harga saat libur akhir pekan.

Pengunjung yang datang harus mematuhi larangan membawa dan menggunakan beberapa jenis kamera berikut: Polaroid, DSLR, Mirrorless, dan kamera analog di area museum.

Peraturan soal penggunaan kamera ini juga berlaku di beberapa museum lainnya di Indonesia. Salah satunya adalah Museum Ullen Sentalu di Kaliurang, Yogyakarta.

Daya Tarik Museum Macan

Wisata Museum Macan

Museum yang satu ini memang berbeda dengan museum pada umumnya. Karya-karya seni yang tersimpan di sini bukanlah artefak atau koleksi benda-benda peninggalan sejarah.

Melainkan berupa karya-karya bertemakan seni kontemporer dan modern. Koleksi yang dipamerkan juga memiliki tampilan yang unik dan nyentrik. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama tempat wisata Jakarta ini.

Selain itu, museum ini juga memiliki sejumlah daya tarik lainnya yang bisa Anda jadikan alasan wajib untuk berkunjung ke sini. Berikut ringkasannya:

Jelajah Museum secara Virtual

Dalam rangka meramaikan museum, kini telah hadir program kunjungan museum secara daring. Hal ini berkaitan dengan pertimbangan kesehatan selama masa pandemi.

Dengan hadirnya program ini, Anda dan keluarga tetap bisa ‘hadir’ dan berkeliling namun via dunia virtual.

Bagi Anda yang berminat untuk jelajah museum secara virtual, bisa langsung mengakses situs resmi museum, tepatnya di fitur Museum From Home. Dapatkan kabar terkini seputar program ini setiap hari Kamis.

Ajang Edukasi

Salah satu misi utama tempat ini adalah memajukan pendidikan bidang seni di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan memberikan edukasi seni di museum.

Pihak pengelola telah mendesain beberapa program menarik yang bisa Anda dan pengunjung lainnya nikmati bersama. Baik oleh pelajar hingga publik secara umumnya.

Forum Diskusi

Layaknya Museum Sonobudoyo, museum ini juga sering menjadi lokasi untuk ajang diskusi seputar seni. Berbagai acara diskusi terselenggara dengan baik di sini.

Anda juga bisa join dengan mendaftar via online terlebih dahulu via website resmi museum.

Serunya Sesi Dongeng Daring

Ada juga sesi dongeng daring seperti sesi dongeng Sekarang, Seterusnya: Hikayat Waktu yang pernah terselenggara di bulan Februari 2022 kemarin.

Dongeng daring ini dapat menjadi ajang unjuk skill mendongeng. Jika Anda tertarik dengan sesi mendongeng ini, Anda bisa cek jadwal terdekat via situs resmi museum.

Ngopi di Coffee Shop Berkelas

Usai berkeliling di main gallery museum, istirahat sejenak sembari ngopi di coffee shop yang ada di dalam museum. Coffee shop ini berada dekat dengan Infinity Mirrored Room.

Coffee shop kekinian ini sangat berkelas dan mengusung tema gaya klasik. Dengan dukungan lantai kayu dan dinding full kaca menjadikan kafe ini adalah spot yang tepat untuk menikmati pemandangan kota Jakarta.

Selain beragam menu olahan kopi dan teh, tersedia juga menu snack kekinian. Anda juga bisa menikmati makanan khas Jakarta di kafe ini.

Fasilitas Museum Macan

Berbagai sarana dan prasarana di museum ini sangatlah lengkap dan memadai. Bahkan untuk fasilitas toilet, pihak pengelola telah menyediakan dua jenis toilet: toilet biasa dan toilet khusus untuk penyandang disabilitas.

Fasilitas area parkir di sini sangat luas dan terjamin keamanannya. Petugas resmi museum rutin melakukan pengecekan keamanan kendaraan di area parkir ini.

Pengunjung juga dapat berbelanja aneka souvenir di sentra jual souvenir yang ada di dalam museum. Anda bisa membeli beberapa souvenir yang kiranya bisa Anda jadikan oleh-oleh khas Jakarta untuk orang-orang terdekat.

Adapun souvenir yang tersedia di MACAN Shop ini antara lain kaos, tas, gantungan kunci, dompet, aksesoris, buku, dll.

Lokasi & Rute Menuju Museum Macan

Lokasi Museum Macan

Anda tak sabar untuk berjelajah di museum keren ini? Datang saja ke alamatnya di AKR Tower Level M, Jalan Panjang No.5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Anda yang berasal dari luar Jakarta, misal dari Bekasi, tentu dapat dengan mudah untuk mengakses lokasi wisata edukasi dan budaya ini. Dari Bekasi, Anda bisa naik KRL menuju Manggarai.

Lalu transit sejenak dan lanjut lagi ke Kampung Bandan. Lalu silahkan turun di Stasiun Tanah Abang. Setelah itu, transit lagi dan lanjut naik KRL ke arah Serpong dan turun di Kebayoran.

Lanjut perjalanan dengan menggunakan Trans Jakarta Koridor 8 dan turun di Halte Kebon Jeruk. Memang sedikit rumit dan pastinya tidak efisien dari segi waktu.

Memang alternatif terbaiknya untuk menghemat waktu perjalanan adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun ada opsi terbaik lainnya bagi Anda yang tak memiliki kendaraan pribadi, yaitu dengan sewa mobil.

Salsa Wisata siap menjadi partner Anda dengan berbagai rekomendasi paket sewa mobil yang paling cocok untuk Anda.

Seperti misalnya sewa mobil Innova Reborn Jakarta adalah salah satu paket yang paling recommended. Selain kendaraannya super-keren, tarif sewanya juga masih relatif terjangkau untuk standard tarif sewa di Jakarta.

Jam Operasional Museum Macan

Museum dengan koleksi karya seni modern dan kontemporer ini buka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 10.00 sampai pukul 16.00 WIB. Hari Senin tutup dalam rangka pembersihan rutin dan perawatan koleksi karya.

Museum Macan adalah opsi liburan edukasi dan budaya yang dapat memberikan Anda pengalaman liburan baru. Tentu dengan melalui koleksi karya-karya seni modern, Anda akan mendapat insight baru akan karya seni.

Segera kunjungi museum ini bersama kami, Salsa Wisata. Dengan menggunakan paket wisata kami, akan banyak keuntungan yang Anda dapatkan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)