SalSari Resto & Coffee

Jika Anda pernah menonton film Avatar, kalian pasti tahu bahwa salah satu latar belakan di film itu adalah hutan ajaib yang memancarkan cahaya-cahaya indah pada malam hari. Nah, sekarang Anda juga bisa merasakan sensasi berjalan-jalan di hutan ajaib seperti itu loh! Namanya adalah Hutan Menyala.

Terletak tak jauh dari pusat kota, hutan ini menjadi salah satu destinasi wisata kekinian di Bandung. Hutan ini merupakan perpaduan antara alam dan teknologi modern. Di sini, Anda bebas berfoto di tengah-tengah hutan yang telah dihias sedemikian rupa dengan berbagai macam lampu berwarna-warni.

Mau tahu keseruan apa saja yang ada di hutan ini? Mari simak ulasan berikut ini!

Sekilas Tentang Hutan Menyala

Hutan Menyala bandung

Hutan Menyala Tahura Djuanda merupakan destinasi liburan yang memberikan nuansa berbeda daripada tempat wisata lainnya. Hutan ini masih termasuk dalam kawasan konservasi sekaligus kebun raya Bandung yang berfungsi sebagai paru-paru Kota Bandung.

Pada pagi dan siang hari, hutan ini akan terlihat seperti hutan-hutan pada umumnya. Namun, pada malam hari, hutan ini tampak sangat indah dan ajaib dengan nyala warna-warni lampu.

Gagasan ini pertama kali dicetuskan oleh Sembilan Matahari, institusi yang berfokus pada bisa desain, film dan creative coding.

Bersama dengan pihak Taman Hutan Raya Djuanda dan The Lodge Maribaya, mereka mengembangkan konsep hutan ajaib yang menyala saat malam hari. Tujuan dari pembentukan hutan yang bisa menyala ini yaitu agar masyarakat lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

Selain itu, juga sebagai sarana rekreasi dan edukasi bagi para wisatawan. Penasaran apa saja yang bisa Anda dapatkan saat mengunjungi hutan ini? Berikut ulasan lengkapnya!

Harga Tiket Masuk Hutan Menyala

Retribusi Tarif
Tiket Reguler Weekday Rp50.000,00

Weekend Rp65.000,00

Tiket Spesial Weekday Rp75.000,00

Weekend Rp90.000,00

Parkir Motor Rp6.000,00
Parkir Mobil Rp12.000,00
Parkir Bus Rp32.000,00

Untuk harga tiket reguler weekday dan weekend, sudah termasuk tiket masuk Tahura Djuanda, tiket masuk Hutan Menyala dan free all spot foto plus fotografer.

Untuk harga tiket spesial weekday, sudah termasuk tiket masuk Tahura Djuanda, akses keluar-masuk Hutan Menyala selama 4 jam, free spot foto plus fotografer dan satu kali face painting.

Sementara untuk tiket spesial weekend, sudah termasuk tiket masuk Tahura Djuanda, akses keluar-masuk Hutan Menyala selama 4 jam, free spot foto plus fotografer, satu kali face painting dan satu soft file foto.

Jika Anda datang pada weekend, harga tiket juga sudah akan termasuk voucher makan juga kontribusi bibit tanaman untuk Tahura.

Lokasi Hutan Menyala

Tempat wisata ini berlokasi di Kompleks Tahura, Jalan Insinyur Haji Djuanda Nomor 99, Cibural, Kecamatan Cimenyan, Bandung. Anda bisa mencapainya dengan kendaraan pribadi.

Untuk para wisatawan yang datang menggunakan kereta, bisa memanfaatkan layanan sewa mobil di Stasiun Hall Bandung murah dari Salsa Wisata. Dengan begitu Anda bisa lebih leluasa mengexplorasi tempat wisata Bandung terkenal lainnya.

Jam Operasional Hutan Menyala

Jam Buka Pukul
Senin – Kamis 10.00 – 17.00 WIB
Jumat – Minggu 10.00 – 20.00 WIB

Daya Tarik Hutan Menyala

daya tarik Hutan Menyala

Taman Hutan Raya yang Hijau

Pada pagi dan siang hari, hutan yang bisa menyala ini merupakan bagian dari Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Taman Hutan Raya atau Tahura ini terletak di bagian cekungan Bandung dan merupakan kawasan konservasi yang terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman.

Awal mula pemberian nama Tahura ini yaitu untuk mengenang jasa-jasa Perdana Menteri ke-10 Indonesia, yaitu Ir. H. Raden Djoeanda Kartawidjaja. Maka dari itu, pada 23 Agustus 1965, Tahura ini diresmikan dan diberi nama Kebun Raya Rekreasi Ir. H. Djuanda.

Tahura Djuanda ditumbuhi oleh beberapa jenis pohon hijau, seperti pohon pinus, kaliandra, bambu, teklan dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat juga fauna yang hidup di kawasan ini, seperti musang, tupai, kera, burung kepodang, kutilang dan ayam hutan.

Di sini, Anda juga bisa menatap keindahan hutan dari atas jembatan gantung atau Tebing Keraton. Ada pula Goa Belanda dan Goa Jepang yang bisa Anda kunjungi di Tahura ini.

Hutan Ajaib di Malam Kelam

Nah, pada saat malam hari, Tahura yang hijau ini menjelma menjadi hutan yang menyala dengan lampu hias berwarna-warni. Tampilannya hampir mirip dengan hutan yang ada di film Avatar.

Walau malam sangat gelap, tapi Anda tidak akan merasa takut sebab hutan ini menyala terang benderang.

Tak hanya pertunjukan lampu yang indah, di dalam hutan ini Anda juga akan disuguhkan pertunjukan audio-visual yang sangat menakjubkan dan futuristik.

Zona Instagramable

Pertunjukan audio-visual ini terbagi menjadi beberapa zona. Jadi, Anda harus berjalan mengelilingi hutan untuk menikmati setiap proyeksi ceritanya, seolah berada di museum.

Beberapa zona yang ada di antaranya Punggawa Rimba, Prasasti Bangsa Batum Titian Dewi Air, Rona Flora, Gunung Sunda, dan Rumah Bayang.

Di zona ini juga Anda bisa melakukan face painting dengan para seniman andal. Nantinya, wajah dan tangan Anda akan dihias dengan cat khusus yang bisa menyala dalam kegelapan (glow in the dark).

Jika ingin berfoto layaknya di film Avatar, Anda bisa memanfaatkan layanan face painting ini agar penampilan Anda benar-benar terlihat seperti Neytiri.

Kemudian, ada pula area makan yang dihias dan ditata sedemikian rupa sehingga tampak seperti kafe-kafe Instagramable di Bandung pada umumnya. Jadi, jangan lupa pula untuk berfoto di area ini ya.

Fasilitas di Hutan Menyala

spot foto Hutan Menyala

  • Parkiran yang luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Peralatan sholat
  • Tempat cuci tangan
  • Restoran
  • Spot foto
  • Wifi
  • Stop kontak

Setelah puas berkeliling di taman wisata ini, pulangnya Anda bisa mampir beli oleh-oleh khas Bandung makanan. Karena, ada banyak pilihan toko oleh-oleh di sepanjang pinggir jalan.

Kalau ingin berlibur ke Hutan Menyala, Anda tidak boleh melewatkan tempat wisata Bandung Instagramable lainnya!

Jangan lupa untuk selalu menggunakan biro perjalanan terbaik seperti Salsa Wisata di setiap agenda liburanmu. Berbagai pilihan paket wisata domestik bisa menjadi pilihan di waktu liburan selanjutnya bersama keluarga. Selamat berlibur!

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)