earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Meski perhelatan Asian Games 2018 telah berlalu, kompetisi olahraga bergengsi ini telah meninggalkan warisan yang membanggakan masyarakat Palembang. Tentu ini berkat adanya Jakabaring Sport Center.

Arena olahraga terbesar di Palembang dan bahkan di Indonesia ini merupakan sebuah kompleks arena olahraga yang memiliki belasan venue.

Venue-venue ini dulunya digunakan sebagai fasilitas utama untuk penyelenggaraan kompetisi olahraga tingkat asia, yaitu Asian Games 2018.

Pada saat itu, Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan turnamen olahraga se-Asia tersebut.

Meski kini tak lagi digunakan, kompleks arena olahraga ini menjadi tempat wisata sport yang ramai oleh wisatawan yang ingin menyaksikan kemegahan tempat ini.

Sekilas Tentang Jakabaring Sport City Palembang

Arena olahraga ini berdiri kokoh di lahan seluas 325 Ha. Tempat ini terdiri dari 16 venue yang digunakan sebagai arena turnamen cabor berikut ini:

  1. Tenis lapangan
  2. Sepak bola
  3. Atletik
  4. Akuatik
  5. Badminton
  6. Senam
  7. Baseball
  8. Softball
  9. Shooting
  10. Ski air
  11. Voli pantai
  12. Panjat dinding
  13. Sepatu roda
  14. Bowling
  15. Petanque
  16. Superbike

Arena olahraga yang sekarang ini menjadi tempat wisata Palembang ini dulunya adalah sebuah daerah tertinggal, sepi, dan terkenal angker.

Sebagian besar daerahnya berupa rawa-rawa. Label tempat rawan kejahatan juga disandang oleh Daerah Jakabaring ini.

Lalu semua hal negatif ini seratus persen berubah setelah Pemprov Sulsel menjadikan daerah ini sebagai lokasi penyelenggaraan PON XVI tahun 2004.

Pemprov dan pemerintah pusat secara bersama-sama membenahi tempat ini.  Tentu melalui pembangunan berbagai infrastruktur, fasilitas, dan juga akses jalan.

Venue pertama yang dibangun adalah Stadion Gelora Sriwijaya yang siap menampung 40.000 penonton.

Sama seperti Stadion GBK yang lokasinya berdekatan dengan Moja Museum, Stadion Gelora Sriwijaya ini menjadi stadion termewah di Palembang. Proses pembangunannya sendiri dimulai tahun 2001.

Stadion ini juga menjadi pusat kegiatan opening dan closing Asian Games 2018; bersamaan dengan opening & closing Asian Games 2018 di Stadion GBK, Jakarta.

Usai semua venue rampung dibangun, tepat tanggal 11 November 2011, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan arena olahraga ini.

Selain penyelenggaraan Asian Games 2018, Arena olahraga Jakabaring ini juga menjadi tuan rumah untuk turnamen-turnamen lainnya, seperti:

  1. PON XVI 2004
  2. Sea Games 2011
  3. Piala Asia 2007
  4. Piala AFF 2010
  5. Palembang Triathlon 2020

Harga Tiket Wisata Jakabaring Sport City

Jakabaring Sport City Palembang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Cukup mengejutkan karena harga tiket masuk arena olahraga mewah dan besar ini sangat murah. Pengunjung juga nantinya wajib membayar retribusi parkir kendaraan bagi mereka yang membawa kendaraan.

Tak berbeda dengan sport center di Lippo Cikarang, pengunjung yang menggunakan fasilitas olahraga harus membayar sesuai dengan jenis fasilitas yang dipakai.

Untuk mengetahui informasi lebih detail seputar tarif tiket masuk dan biaya-biaya lainnya, berikut kami bagikan info terbarunya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp3.000,00
Parkir Motor Rp7.000,00
Parkir Mobil Rp15.000,00
Tiket Masuk Stadion Gelora Sriwijaya (status tidak ada pertandingan) Rp5.000,00
Wahana Banana Boat RP20.000,00/ orang
LRT Rp5.000,00

Tarif di atas dapat berubah sesuai dengan kebijakan pihak pengelola. Kenaikan tarif juga dapat terjadi selama liburan akhir pekan dan libur nasional.

Daya Tarik Jakabaring Sport City

Wisata Jakabaring Sport City Palembang

Area kota arena olahraga yang sangat luas pastinya menawarkan banyak daya tarik yang tentu wajib Anda ketahui. Mari cek ada daya tarik apa saja di tempat wisata ini.

Jelajah Area

Kegiatan menjelajahi area Jakabaring tentu akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi saat melewati venue-venue keren. Rasa bangga akan tumbuh di hati Anda.

Selama mengeksplorasi venue demi venue, Anda nantinya akan menjumpai beberapa spot yang menjadi spot recommended untuk berfoto. Salah satunya adalah Stadion Gelora Sriwijaya.

Stadion seluas 40 Ha ini dapat Anda masuki dengan membeli tiket terlebih dahulu. Di area dalam stadion, Anda bisa menjajal kemampuan lari Anda. Atau sekedar berfoto di tribun penonton.

Atau opsi menarik lainnya adalah menyantap Kue Maksuba kesukaan di area tribun sambil memandangi kemegahan mahakarya karya anak bangsa.

Info tambahan, Kue Maksuba adalah sejenis kue lapis khas Palembang yang banyak dijual di sentra oleh-oleh Khas Palembang. Rasanya legit tapi tidak membosankan.

Visit ke Rumah Ibadah 6 Agama

Indonesia memang kaya akan budaya dan kepercayaan. Oleh karena itu, untuk memfasilitasi perbedaan keyakinan/ agama para pengunjung, dibangunlah rumah ibadah untuk 6 agama.

Terdapat 6 bangunan rumah ibadah yang letaknya bersebelahan satu sama lain.

Yang membuat keenam rumah ibadah ini sangat unik adalah masing-masing bangunan dihiasi dengan ornamen khas dari masing-masing agama. Bangunan-bangunan ini adalah simbol toleransi antar agama.

Berbicara soal simbol toleransi antar-agama, mengingatkan kita dengan Lonceng Cakra Donya di Aceh. Benda ini menjadi simbol toleransi antara Kerajaan Gowa dan Kerajaan Tiongkok yang jelas berbeda agama.

Jalan-jalan di Sekitar Danau Jakabaring

Danau Jakabaring

Jika Anda mencari suasana yang tenang, segar, dan asri, Danau Jakabaring adalah tujuan Anda berikutnya.

Ada banyak hal menarik di sekitar danau. Misalnya adalah jalan setapak di atas anjungan. Ada juga pemandangan serba hijau dari pepohonan yang tumbuh di sekitar danau.

Anda bisa berjalan kaki atau mengayuh sepeda untuk jalan-jalan di tempat ini. Ada tempat penyewaan sepeda di sekitar tepian danau. Anda bisa memanfaatkannya jika tak ingin lelah akibat jalan kaki.

Santap Kuliner

Masih di lokasi yang sama, yaitu sekitar Danau Jakabaring, Anda akan menjumpai banyak pedagang makanan dan minuman yang enak dan lezat. Anda juga bisa menyewa tikar untuk bersantap.

Sebagian besar pedagang di sini menjual berbagai jenis makanan khas Palembang yang bercita rasa asli. Bukan hanya Empek-Empek dan Tekwan saja yang bisa Anda cicipi.

Anda juga bisa mencicipi kuliner khas Palembang lain seperti Ikan Salai, Burgo, Lempok Durian, Tempoyak, Laksan, dan masih banyak lainnya.

Fasilitas di Jakabaring Sport City

Daftar fasilitas di arena olahraga Jakabaring ini sangat lengkap. Toilet dengan jumlah lebih dari satu bisa Anda jumpai hampir di semua venue dan titik keramaian.

Area parkir di sini sangat luas dan terbagi menjadi beberapa area kantong parkir. Kemudian tempat ibadah seperti 6 rumah ibadah untuk semua agama juga tersedia di sini.

Selain fasilitas umum, Anda juga dapat dengan mudah menemukan dan menggunakan fasilitas penunjang kegiatan wisata di tempat ini.

Sebut saja wahana air seperti water roller, banana boat, dan waterball. Ada juga fasilitas wisma atlet dan berbagai venue penunjang turnamen di semua cabor.

Lokasi dan Rute Menuju Komplek Jakabaring Sport City

Alamat arena olahraga besar nan mewah ini ada di Jalan Gubernur H.A. Bastarai, Kecamatan Sebarang Ulu I, Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau LRT untuk sampai di alamat ini. Atau jika Anda adalah wisatawan dari luar Kota Palembang, alternatif paling baik dan mudah adalah dengan menggunakan mobil sewa dari Salsa Wisata.

Anda bebas pilih paket sewa mobil yang tentunya sesuai dengan kebutuhan kapasitas dan budget Anda. Hampir semua paket yang kami tawarkan sangat cocok untuk perjalanan wisata dalam kota seperti menuju ke Jakabaring ini.

Namun jika Anda pergi liburan bersama rombongan, paket sewa bus atau paket sewa Hiace Palembang akan menjadi opsi terbaik.

Jam Operasional Jakabaring Sport City

Arena olahraga Jakabaring ini dibuka untuk publik dari Senin sampai Minggu dan juga hari libur nasional. Untuk jam operasional, ada perbedaan mengingat saat akhir pekan jumlah pengunjung lebih banyak.

Selain itu, sebagian besar pengunjung akan datang lebih awal untuk berolahraga.

Berikut daftar jam operasional untuk hari biasa dan akhir pekan:

Hari Jam Buka /Tutup
Weekdays 06.00-21.00 WIB
Weekend 05.00-21.00 WIB

Bagaimana? Sudah mulai tertarik untuk segera berangkat liburan ke Jakabaring? Jakabaring Sport City adalah representasi tempat rekreasi keluarga sekaligus sport center yang sangat ideal.

Sebab, tempat ini begitu nyaman untuk aktivitas liburan dan olahraga. Terlebih semua pengunjung dapat menikmati fasilitas lengkap dan venue yang mewah dengan modal budget minim.

Intinya Jakabaring menawarkan destinasi wisata murah namun berkelas. Seperti Salsa Wisata Travel Organizer yang juga menawarkan paket tour murah dengan pelayanan berkelas.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)