SalSari Resto & Coffee

Provinsi Jambi menjadi saksi sejarah atas perkembangan Bangsa Indonesia bahkan sebelum bangsa ini merdeka. Peninggalan sejarahnya seperti kota Jambi Seberang menjadi destinasi wisata yang lengkap dalam berbagai aspek.

Tempat wisata di Jambi ini memiliki potensi yang sangat besar; terlebih jika dilihat dari aspek sejarah, budaya, tradisi, dan seni. Anda dapat menjumpai ini semua hanya di desa wisata ini. 

Sekilas Tentang Jambi Seberang

budaya jambi

Jambi Seberang adalah sebuah kawasan di seberang pusat Kota Jambi yang terpisahkan oleh Sungai Batanghari. Lokasinya cukup dekat, namun kawasan ini menampilkan budaya, tradisi, dan kisah sejarah yang berbeda. 

Di sini, Anda masih bisa melihat langsung rumah adat Jambi. Kemudian masih ada upacara tradisi Jambi yang terus dilestarikan hingga saat ini. 

Meski terkesan jauh dari gemerlap kehidupan kota, ada beberapa spot menarik, terutama bangunan, yang sangat ikonik di sini. Bahkan spot-spot ini menjadi bagian dari daya tarik utama bagi mayoritas wisatawan. 

Lokasi Jambi Seberang

Lokasi Jambi Seberang terletak di Jl. KH. M. Ja’afar Arab Melayu, Kec. Pelayangan, Kota Jambi. Terdapat dua pilihan rute untuk tiba di kota seberang ini, yaitu melalui darat dan sungai. 

Perjalanan via darat akan membutuhkan waktu tempuh yang lebih lama. Rute yang ditempuh biasanya dari Kota Jambi lalu ke Jalan Sunan Kalijaga. Setelah itu melewati Jalan Lintas Sumatera. 

Setelah itu, silahkan melaju ke Jalan DR. Siwabessy dan Jalan K.H. M. Saleh. Lurus saja hingga sampai di Jalan K.H. Ibrahim. Jika rute di atas terlihat rumit, Anda bisa andalkan Google Maps sebagai alat navigasi Anda.

Praktis dan mudahnya Anda bisa manfaatkan layanan rental mobil Salsa Wisata. Selain menerima permintaan sewa untuk wisata, ada juga paket rental mobil mewah seperti paket sewa mobil mewah di Bandung dan kota-kota besar lainnya.

Jam Buka Jambi Seberang

Sebenarnya untuk mengunjungi desa wisata ini bisa kapan saja karena warga desa ini siap menerima kunjungan wisatawan setiap harinya.

Namun waktu terbaiknya adalah pagi hingga malam sebelum waktu istirahat tiba. Mungkin tepatnya maksimal sekitar pukul 22.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Jambi Seberang

Pihak pengelola wisata budaya Jambi ini mematok harga yang cukup murah untuk setiap pengunjung yang ingin berlibur di desa wisata ini. 

Biaya ini bukanlah biaya tiket masuk, melainkan untuk biaya transportasi berupa perahu yang tarifnya sangat murah. Sedang untuk tiket masuk Jambi Seberang, gratis. Alias tidak ada biaya tiket sama sekali.

Berikut ini rincian biaya perahu sebagai moda transportasi yang biasa wisatawan gunakan:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Sewa Perahu Rp2.000,00 sampai Rp5.000,00 per orang

Daya Tarik Wisata Jambi Seberang

Desa Wisata ini memiliki daya tarik luar biasa yang tak kalah menariknya dengan desa wisata lainnya seperti di tempat wisata Ubud instagramable di Bali. Daya tariknya antara lain:

Tudung Lingkup Jambi

tudung lingkup jambi

Di desa wisata ini ada sebuah tradisi unik. Namanya adalah Tudung Lingkup Jambi. Tradisi yang juga disebut Tudung Lingkup Melayu adalah tradisi menutup kepala dan sebagian wajah seorang wanita dengan kain.

Kurang lebih sama dengan fungsi cadar; hanya saja kain yang digunakan di sini adalah kain tradisional Jambi.

Gentala Arasy

Ini adalah jembatan paling populer di Jambi dan merupakan jembatan pedestrian pertama di Indonesia. Jembatan Arasy dapat pengunjung lihat saat dalam perjalan menuju lokasi wisata hingga tiba di lokasi wisata. 

Jembatan ini menghubungkan Kota Jambi dan desa wisata ini. Tampilan desainnya sangat megah lengkap dengan menaranya. Saat malam hari, jembatan ini tampak anggun dengan hiasan lighting-nya yang sangat cantik. 

Biasanya banyak warga dan wisatawan yang ramai berfoto ria di atas jembatan ini. Baik saat menjelang sunset hingga malam tiba. Pasalnya jembatan itu menjadi penggabungan beberapa kelurahan di Jambi sekaligus ukurannya yang besar.

Pemandangan Sungai Batanghari

Sepanjang perjalanan menuju desa wisata, Anda akan menyusuri Sungai Batanghari dengan perahu. Gunakan kesempatan ini untuk menyaksikan keindahan sungai terkenal ini secara langsung.

Keindahannya jelas sangat nyata; terlebih saat menjelang sore di mana mentari mulai kembali ke peraduannya, di ufuk Barat.

Adat dan Tradisi yang masih Kental

Di Indonesia, memang ada beberapa destinasi wisata budaya yang biasanya dapat dijumpai di sebuah desa atau perkampungan. Salah satunya adalah desa wisata ini. 

Dalam kesehariannya, warga desa di sini menjalani kehidupan dengan tetap menjunjung adat, tradisi, dan budaya dari nenek moyang mereka. Dan hingga kini masih diaplikasikan bahkan oleh para generasi muda desa ini. 

Hal ini dapat Anda lihat dari perwujudan hunian warga yang masih berupa rumah adat. Kemudian ada juga sejumlah upacara adat. Bahasa dan juga tradisi yang biasa mereka gunakan juga berbeda dengan umumnya warga Kota Jambi.

Wisata Kuliner Tradisional

Meski ada juga aneka pilihan menu makanan khas Nusantara, Anda pasti akan lebih tertarik dengan menu kuliner asli desa ini.

Salah satu kuliner khas yang sangat terkenal di sini adalah Gulai Tepek Ikan dengan cita rasanya yang khas. Tampilannya sangat menggiurkan dengan kuah yang kental; cocok disantap saat hujan.

Kuliner yang satu ini hanya tersaji pada momen spesial seperti pernikahan, acara adat, penyambutan tamu, dll. Jadi Anda beruntung bila sempat mencicipi makanan khas Jambi saat hujan yang satu ini.

Adat dan Tradisi

Masyarakat Kota Seberang masih memegang erat adat istiadat dan tradisi dari leluhurnya. Salah satu tradisi yang masih terjaga hingga sekarang yaitu makan bersama atau biasa disebut makan berawang.

Hidangan yang disajikan merupakan nasi minyak dengan lauk-pauk yang melimpah. Sajian spesial ini hanya akan Anda jumpai di sini saja; tidak ada tempat makan yang lagi hits di Jambi yang menjualnya.

Wisata Religi

Terdapat sebuah bangunan masjid di Kota Seberang yang masuk dalam kategori tempat wisata religi di Indonesia

Konon, masjid ini sudah berusia lebih dari 600 tahun. Akan tetapi bangunannya masih sangat kokoh. Masjid inilah yang sering menjadi pilihan wisatawan saat akan menjalankan ibadah sholat.

Batik Jambi

Batik Jambi wajib menjadi oleh oleh dari Jambi yang Anda bawa pulang untuk kerabat di rumah. Produk batik asli Jambi ini tentu memiliki ciri khas tersendiri, termasuk corak dan tone warna. 

Biasanya batik-batik ini menjadi komoditi dalam acara pameran bertemakan budaya atau fesyen. 

Fasilitas di Desa Wisata Jambi Seberang

rumah adat jambi

Fasilitas di Kota Seberang, Jambi, ini cukup lengkap dan pastinya sangat mendukung bagi pengunjung yang berlibur di lokasi wisata ini. 

Fasilitas-fasilitas tersebut meliputi:

  • transportasi
  • penginapan
  • restoran
  • area parkir kendaraan
  • toilet

Kota Seberang Jambi yang sekarang masih sama dengan Kota Sebarang Jambi yang dulu. Masyarakatnya masih menjaga adat istiadat dan tradisi dengan sangat baik. 

Jika Anda tertarik mengunjunginya, bisa gunakan layanan paket liburan dari Salsa Wisata. Rasakan kemudahan selama perjalanan wisata berkat layanan ini. Liburan di Jambi Seberang ini pun akan lebih berkesan dengan layanan ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (2 votes)