SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Terkenal dengan banyak objek wisata alamnya seperti Danau Sipin, Jambi juga kaya akan khazanah kulinernya. Banyak oleh-oleh khas Jambi yang terkenal mulai dari olahan makanan, minuman, dan berbagai macam souvenir yang menjadi daya tarik dari Kota Bumi Melayu ini.

Saat ini masih banyak wisatawan yang tidak menjadikan Jambi sebagai destinasi utama saat liburan. Meski begitu, banyak hal-hal menarik untuk dikulik yang dapat Anda jumpai saat berkunjung ke Jambi. Salah satunya Tempoyak Ikan Tenggiri, makanan khas Jambi yang mungkin cuma ada di sini.

Daftar Oleh-oleh Khas Jambi Populer

Nah, bila kebanyakan orang bilang bahwa oleh-oleh khas Jambi murah ini mirip dengan oleh-oleh khas tetangganya, seperti Bengkulu, Lampung, dan Palembang. Biarpun begitu, sebenarnya Jambi tetap mempunyai keunikan yang menjadi ciri khas dari Kota Bertuah ini.

Lalu apa saja Oleh-oleh khas Jambi populer yang layak untuk dijadikan sebagai buah tangan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Dodol Nanas

Dodol Nanas

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Mendengar nama dodol mungkin yang terbesit di kepala Anda merupakan makan khas jawa barat. Siapa sangka, di Jambi makanan yang terbuat dari tepung ketan, santan, dan gula merah ini juga merupakan camilan khas yang cukup populer. Dodol memang merupakan salah satu jenis olahan camilan legit yang banyak ditemui di tanah air.

Namun, cita rasa dodol khas Jambi tentu berbeda dengan daerah lainnya. salah satu olah dodol yang terkenal di Jambi yakni dodol nanas. Memang buah nanas termasuk salah satu komoditas terbesar di Jambi. Tak ayal, banyak jenis olahan yang terbuat dari bahan dasar nanas.

Duku Kumpeh

Duku Kumpeh

Mungkin terdengar biasa saat membawa buah sebagai buah tangan. Tidak ada ciri khas dari oleh-oleh khas Jambi itu sendiri. Namun, jangan sepelekan buah khas satu ini. Karena buah duku kumpeh berbeda dengan buah duku yang dijual di pasaran biasa.

Nama duku kumpeh sendiri berasal dari Kecamatan Kumpeh, Muaro Jambi. Di sinilah duku kumpeh banyak tumbuh dan berbuah. Yang membuat duku kumpeh dengan duka yang lain yaitu, rasanya yang lebih manis, ukurannya lebih besar, dan tidak berbiji.

Bolu Kojo

Bolu Kojo

Memang secara karakteristik makanan khas daerah Sumatera mempunyai kemiripan. Salah satunya Bolu Kojo ini yang juga merupakan makanan khas Palembang. Pada kenyataannya, bolu kojo bersi Jambi mempunyai perbedaan dari segi tampilannya.

Kue yang terbuat dari campuran tepung terigu dan daun pandan ini mempunyai cita rasa yang manis, dan lembut. Aroma pandannya yang khas akan membuat perut keroncongan siapa saja yang menciumnya.

Olahan kue kering ini dapat dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah karena dapat bertahan beberapa hari tanpa bahan pengawet.

Lempok Durian

Lempok Durian

Mungkin lempok durian bisa saja Anda temukan di banyak Kota di Indonesia. Namun tetap saja lempok durian atau nama lainnya dodol durian ini menjadi oleh-oleh wajib yang harus Anda bawa pulang. Ibarat sedang berkunjung ke wisata Jogja wajib membawa bakpia sebagai buah tangannya.

Selain nanas sebagai komoditi utama, Jambi juga terkenal dengan duriannya dan saat ini mulai banyak olahan yang terbuat dari bahan dasar durian. Rasa manis yang khas dari buah durian menjadikan lempok durian ini banyak digemari wisatawan.

Pempek Jambi

Pempek Jambi

Siapa bilang pempek hanya terkenal di Palembang saja? Jambi juga memiliki pempek khas yang tak lezat. Bila Anda menganggap pempek Jambi ini sama dengan Pempek yang ada di Palembang, Anda salah besar.

Pempek khas Jambi ini mempunyai perbedaan yang cukup mencolok dengan pempek dari Palembang. Memang sekilas bila dari bentuknya terlihat mirip, namun dari olahan dan tata cara penyajiannya cukup berbeda dengan pempek khas Palembang.

Perbedaan yang cukup terlihat yaitu pada cuka pempek itu sendiri, di Jambi cuka pempek tidak merusak gigi, sedangkan cuka dari pempek Palembang terkenal dapat merusak gigi.

Kemudian dari penyajiannya, pempek Jambi hanya ada pada acara-acara besar saja. Akan tetapi, sekarang mulai banyak wisatawan yang membawa pulang pempek khas Jambi sebagai oleh-oleh khas Jambi.

Kopi Bubuk Cap AAA

Kopi Bubuk Cap AAA

Ingin tau oleh-oleh khas Jambi murah yang hanya ada di Jambi saja? Bagi pecinta kopi yang sedang berkunjung ke Jambi, Anda wajib membawa Kopi Cap AAA sebagai buah tangan karena tidak dapat Anda temui di tempat lain.

Kopi berukuran bungkus rokok ini awalnya adalah merek dagang sebuah perusahaan kopi yang ada di Jambi. Namun, lama kelamaan, banyak wisatawan yang membeli Kopi Cap AAA sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman di kampung halaman.

Teh Kayu Aro

Teh Kayu Aro

Selain kopi minuman yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia yaitu teh. Sajian minuman lezat khas Jambi ini merupakan olahan daun teh hitam celup kayu aro. Teh Kayu Aro banyak tumbuh di kawasan perbukitan lereng Gunung Kerinci. Memang di area tersebut terdapat kawasan perkebunan teh yang bisa dapat Anda kunjungi untuk kegiatan wisata.

Adapun harga dari oleh-oleh khas Jambi di Bandara berupa Teh Kayu Aro ini terbilang cukup murah. Cukup menyeduhnya bersama air panas, maka wangi aroma sari daun teh khas Gunung Kerinci tersebut keluar dan menghasilkan aroma yang enak.

Gelamai Perentak

Gelamai Perentak

Olahan yang menyerupai dodol ini juga termasuk makanan yang masuk ke deretan oleh-oleh khas Jambi souvenir. Terbuat dari bahan dasar beras ketan, kelapa, dan gula pasir. Yang membedakan dengan dodol yaitu teksturnya yang lebih kenyal dan aromanya yang khas serta dibungkus dengan menggunakan anyaman umbai.

Karena cita rasanya yang khas dan bentuknya yang unik, banyak wisatawan yang membeli dijadikan buah tangan. Untuk mendapatkannya juga terbilang cukup mudah. Hampir di setiap toko jajanan oleh-oleh pinggir jalan pasti menjualnya.

Dodol Kentang

Dodol Kentang

Selain dodol nanas dan durian, di Jambi masih ada banyak kuliner unik yang terbuat dari hasil olahan pertanian, salah satunya seperti dodol kentang ini. Kentang juga menjadi salah satu komoditi pertanian terbanyak di Kota Bertuah. Dan masyarakat sekitar pun memanfaatkannya untuk membuat olahan makanan yang lezat.

Bentuknya tidak terlalu berbeda dengan dodol-dodol lain pada umumnya, hanya teksturnya lebih halus dan lebih kenyal. Untuk menemukan dodol kentang ini pun juga tidak sulit. Oleh-oleh khas Jambi cemilan ini biasa dibanderol dengan harga kisaran Rp4.500,00 – Rp24.000,00 tergantung ukuran dan jumlahnya.

Kain Batik Khas Jambi

Kain Batik Khas Jambi

Tidak hanya sajian lezat dan camilan saja, di Jambi juga terkenal akan kerajinan tangan khasnya, salah satunya kain batik. Motif batik terinspirasi dari lingkungan sekitar, seperti tanaman dan hewan lokal. Salah satu motif batik yang sering ada yakni motif cendawan, kapak lepas, keco piring, anggur dan kupu-kupu.

Batik khas Jambi mempunyai corak tersendiri yang membuat beda dari motif batik lainnya, sehingga menjadikannya sebagai oleh oleh untuk orang terdekat. Bila Anda datang ke Jambi jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas Jambi artis satu ini di toko souvenir Jambi pinggir jalan.

Baju Kaos Khas Jambi

Kaos Khas Jambi

Salah satu oleh-oleh khas Jambi baju yang hampir terdapat di setiap daerah. Walaupun cukup mainstream paling tidak mempunyai pride tersendiri saat mengenakan kaos bertuliskan ‘Jambi’. Menandakan Anda pernah menapakkan jejak kaki di tanah Bumi Melayu. Khas bergambar ikon kota Jambi ini dapat Anda dapatkan dengan mudah di pusat oleh-oleh Jambi terdekat.

Gelang Sebelik Sumpah

Gelang Sebelik Sumpah

Souvenir khas Jambi lain yang tak boleh Anda lewatkan yaitu gelang sebelik sumpah. Berbahan dasar dari biji pohon bernama Sebelik Sumpah yang banyak tumbuh di Provinsi Jambi. Selain untuk gelang, bisa juga dirangkai menjadi kalung. Nama pohon inilah yang kemudian menjadi nama dari aksesoris unik khas Jambi.

Selain untuk aksesoris, banyak orang yang mengoleksi biji pohon Sebelik Sumpah karena keunikan cerita historisnya.

Itu tadi rekomendasi oleh-oleh khas dari Jambi yang bisa Anda jadikan referensi oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Sembari berburu oleh-oleh khas tersebut, Anda juga dapat sekaligus menikmati pemandangan kota nan indah.

Tunggu apalagi, mulai rencanakan agenda liburanmu di Jambi? Salsa Wisata dapat membantu membuatkan itinerary perjalanan selama liburan di Jambi. Bukan cuma itu driver dari layanan rental bus pariwisata Salsa Wisata juga siap mengantarkan ke tempat wisata populer di Jambi.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Jambi, Kuliner



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)