SalSari Resto & Coffee

Kota Batu, Malang, memang identik dengan suasananya yang sejuk dan segar. Itulah sebabnya banyak wisatawan yang datang ke Kota Malang, merasa perlu untuk mengunjungi Batu sekalian.

Kota Batu yang dingin ini memiliki segudang wisata alam. Buat yang suka uji adrenalin, Paralayang Batu pasti sudah akrab di telinga.

Nah, kini ada satu lagi tempat wisata Indonesia Instagramable yang sedang hits di kota Batu, yakni Kaliwatu Rafting. Wisata arung jeram yang satu ini bisa dinikmati oleh semua kalangan. Jadi, jangan khawatir kalau Anda belum punya pengalaman rafting. Kaliwatu Rafting bisa jadi pilihan.

Anda bisa merasakan serunya berpetualang di sepanjang sungai di atas perahu karet. Rasakan sendiri bagaimana menunggangi derasnya arus sungai bersama-sama. Tak heran kalau wisata alam seperti ini disebut-sebut sebagai ajang uji mental.

Sekilas Tentang Kaliwatu Rafting

infografis kaliwatu rafting

Seperti wisata Malang populer lainnya, Kaliwatu pun menawarkan pemandangan alam yang cantik. Namanya saja tempat outbound, tentu lingkungannya harus asri dan alami. Namun, bukan pemandangannya yang jadi titik fokus di sini, melainkan sensasi bertahan di alam.

Yang membuat Kaliwatu unik adalah rafting ini tidak mengharuskan Anda mengantongi sertifikat rafter profesional terlebih dulu. Ketika berpetualang di sini, Anda dan rombongan akan dipandu oleh staf ahli yang disediakan oleh pengelola wisata.

Staf ahli atau guide itu bertugas untuk menghalau arus sungai ketika sedang rafting. Tujuannya supaya perahu karetnya tidak terbalik di tengah sungai. Staf tersebut bertugas di bagian belakang perahu. Tugasnya adalah untuk menjaga keseimbangan perahu. Jadi, perahu bisa bermanuver di tengah arus sungai dan batu-batu besar.

Ini membuat Anda sebagai wisatawan tidak perlu takut akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Staf ahli tersebut sudah sangat mengenali titik-titik rawan sungai. Setiap berada di titik yang berbahaya, staf akan bersiap-siap menolong wisatawan yang, misalnya, terjatuh ke sungai.

Fasilitas guide ini dimaksudkan supaya wisatawan bisa melakukan rafting di Kaliwatu dengan aman dan nyaman. Meskipun begitu, jangan kira sensasi petualangannya akan jadi minimal.

Meski ada guide yang menemani, Anda tetap saja akan merasakan semburan adrenalin. Tidak seperti di Sumber Maron, sungai di sini cukup deras. Rasakan sendiri ketika perahunya menghempas arus sungai. Rasanya seperti naik roller coaster.

Fasilitas Kaliwatu Rafting

fasilitas kaliwatu rafting

Tenang saja, secara keseluruhan, fasilitas Kaliwatu Rafting cukup lengkap, kok. Anda tidak perlu bawa perlengkapan sendiri. Fasilitas yang tersedia yaitu peralatan arung jeram lengkap, yang termasuk dayung, perahu karet, pelampung, dan helm keselamatan.

Selain itu, staf ahli atau guide berpengalaman dan bersertifikat juga termasuk ke dalam fasilitas layanan. Ditambah fasilitas asuransi. Ketika baru tiba, Anda akan mendapatkan welcome drink, kemudian mendapat arahan dari pengelola sebelum mulai rafting.

Di tengah jalan, akan ada titik untuk istirahat. Di sana, guide akan meminta Anda untuk beristirahat sejenak sambil mengudap makanan ringan yang telah tersedia. Setelah lelah berarung jeram, di tempat tujuan Anda akan dapat makan siang, sebagai salah satu fasilitas juga dari Kaliwatu.

Anda bisa sekalian mencicipi wisata kuliner Malang yang enak. Nanti, setelah makan siang, ada fasilitas transportasi. Pengelola akan menyediakan kendaraan bagi Anda untuk kembali ke titik awal via jalur darat.

Harga Tiket/Paket Kaliwatu Rafting

Harga yang harus Anda keluarkan untuk bisa ikut paket di Kaliwatu rafting mulai dari Rp195.000,00. Bila datang berombongan, Anda bisa membeli paket trip yang ditawarkan. Berikut ini rincian tarif paketnya.

Retribusi Tarif
Rafting trip atas (Kaliwatu Batu) Rp195.000,00 per orang (minimal 4 orang)
Rafting trip bawah (Sahabat Air) Rp215.000,00 per orang (minimal 4 orang)
Rafting trip Pujon (Kaliwatu Pujon) Rp215.000,00 per orang (minimal 4 orang)
Paintball Rp150.000,00 per orang

Rute Menuju Kaliwatu Rafting

kaliwatu rafting malang

Kaliwatu Rafting ini terletak di Jl. Bung Tomo No. 19, Bumiaji, Kecamatan Batu, Jawa Timur, 65332. Termpa tersebut berada kurang lebih dua kilometer dari alun-alun kota Batu. Untuk mencapainya, Anda bisa berangkat dari alun-alun kota Batu, yang berjarak sekitar 45 menit dari Kota Malang.

Dari alun-alun, Anda bisa langsung mengarah ke Jalan Raya Pandan Rejo. Ketika sudah ada di Pandan Rejo, Anda bisa ikuti plang yang menuju ke Kaliwatu. Letaknya tidak terlalu jauh dari Jatim Park.

Daya Tarik Kaliwatu Rafting

Yang membuat Kaliwatu rafting berbeda dengan di tempat lain yaitu, ada beberapa paket yang bisa Anda pilih:

Rafting Kids

Ini adalah paket rafting yang memang dirancang khusus untuk anak-anak. Meskipun begitu, usia minimal anak yang bisa ikut yaitu 12 tahun. Jangan khawatir, kelompok anak-anak ini akan dipandu oleh guide bersertifikat dan profesional. Hasinya, anak-anak bisa ikut menjajal rafting dengan aman.

Paket ini minimal untuk sepuluh orang anak. Dalam paketnya, harga yang Anda bayarkan sudah termasuk makan siang, fasilitas kebersihan, dan tentu saja staf ahli.

Rafting Personal

jeram kaliwatu rafting

Nah, kalau Anda ingin mencoba rafting personal tanpa harus menunggu kuota penuh, Anda bisa pesan paket yang satu ini. Petualangan air ini dibuat khusus untuk wisatawan yang ingin lebih privat merasakan sensasi arung jeram.

Meskipun begitu, penting untuk diingat bahwa personal bukan berarti sendirian. Anda bisa mengajak teman-teman, minimal empat orang untuk ikut rafting personal ini. Fasilitas yang didapat yaitu makan siang, sarana kebersihan, dan staf ahli.

Rafting Family

family kaliwatu rafting

Kalau Anda ingin anak-anak Anda rafting bersama Anda, bukan bersama anak lain, Anda bisa pesan paket rafting family. Paket khusus ini memang untuk kalangan keluarga. Bersama-sama, Anda bisa menjelajah sungai bersama-sama.

Minimal anggota keluarga yaitu lima orang, termasuk anak-anak. Nantinya, Anda juga akan mendapatkan makan siang, fasilitas kebersihan, dan staf ahli.

Rafting Group

paket group kaliwatu rafting

Kalau Anda pergi ke Kaliwatu Rafting bersama rombongan kecil, Anda bisa pesan paket rafting group. Harganya tentu jauh lebih murah ketimbang rafting personal atau rafting keluarga. Ditambah lagi, tentu rafting beramai-ramai itu lebih seru.

Dalam rafting group, anggota yang ikut minimal dua puluh lima orang. Fasilitas yang Anda dapatkan yaitu makan siang, sarana kebersihan, seorang staf ahli, dan cetak foto. Yang terakhir ini bonus bagi rafting grup. Anda akan dapat satu kali cetak foto A4.

Rafting Company

paket company kaliwatu rafting

Kalau Anda berencana buat acara kantor yang seru, bisa coba pesan paket rafting company di Kaliwatu. Kurang lebih sama seperti rafting group, di sini Anda bisa berpetualang di sungai bersama rekan-rekan kantor. Dan harganya juga jauh lebih hemat.

Rafting company membutuhkan minimal tiga puluh orang. Dari harga yang Anda bayarkan, Anda akan mendapatkan makan siang, fasilitas kebersihan, staf ahli, cetak foto A4 satu kali, dan sertifikat Kaliwatu. Yang terakhir itu khusus untuk paket rafting company. Seru, kan?

Ada tiga rute utama di Kaliwatu. Masing-masing punya sensasi jelajah air dan spot foto yang berbeda. Rute tersebut yaitu:

  1. Kaliwatu Batu / 7 Km (trip atas).
  2. Sahabat Air / 9,5 Km (trip bawah).
  3. Kaliwatu Pujon / 10 Km.

Bermain Paintball

paintball kaliwatu rafting

Selain menyediakan wahana rafting, tempat wisata alam Malang satu ini juga menyediakan permainan lainnya yaitu, paintball. Bermain tembak-tembakan dengan peluru cat warna bersama teman-teman juga tak kalah seru.

Segala perlengkapan mulai dari baju pengaman, helm, senjat, dan amunisi peluru sudah disiapkan oleh pihak pengelola. Arena permainannya cukup luas, jadi Anda bisa berlari-larian untuk mengincar target lawanmu.

Jam Operasional Kaliwatu Rafting

Kaliwatu Rafting buka dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Ketika Anda datang pukul delapan tepat, Anda bisa langsung ikut rafting sesi pertama, yang kira-kira akan selesai pukul 12 siang.

Tertarik mau berwisata di Kaliwatu Rafting, atau malah bahkan mengunjungi semua tempat wisata Batu lainnya? Anda bisa pesan paket wisata Malang 3 hari murah dari Salsa Wisata.

Dengan paket lengkap ini, Anda bersama keluarga dan rombongan bisa menikmati semua aktivitas liburan dengan maksimal. Biayanya murah dan terjangkau. Jauh lebih murah ketimbang jika Anda harus membeli tiket wisata di masing-masing objek wisata. Dengan begitu, Anda bisa liburan hemat sekaligus seru.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (7 votes)