SalSari Resto & Coffee

Kampung Batu Malakasari merupakan destinasi wisata yang berdiri di bekas lokasi penambangan batu. Bekas penambangan itu kini berubah menjadi destinasi wisata dengan danau buatan sebagai salah satu daya tarik wisatanya.

Konsep dari tempat wisata hits Bandung ini adalah petualangan, pendidikan dan kuliner. Ada banyak wahana rekreasi dan petualangan untuk kegiatan seru field trip sekolah. Anak-anak pasti akan menyukainya.

Sekilas Tentang Kampung Batu Malakasari

Kampung Batu Malakasari Bandung menawarkan destinasi wisata sekaligus petualangan seru bagi pengunjungnya. Tempat ini sangat cocok untuk kegiatan outing anak-anak sekolah.

Tentu saja, bukan hanya anak sekolah, bahkan pengunjung secara umum juga dapat seru-seruan. Melalui sejumlah paket gathering Bandung murah, Anda bersama rombongan kantor atau keluarga pun bisa menikmati tempat ini.

Pemandangan alamnya juga menakjubkan sehingga orang tua bisa menenangkan diri. Ada juga beberapa rekreasi dengan tema edukasi yang bagus untuk anak-anak belajar sekaligus bermain.

Harga Tiket Masuk Kampung Batu Malakasari

Tiket Masuk Kampung Batu Malakasari

Tiket Kampung Batu Malakasari sangat terjangkau karena hanya Rp10.000,00 saja. Biaya tersebut tergolong murah mengingat ada banyak fasilitas dan wahana permainan yang bisa Anda dapatkan berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Kawasan Wisata Rp10.000,00
Tiket Masuk Dewasa Rp10.000,00
Tiket Masuk Anak Rp5.000,00
Tiket Masuk Tektona Waterpark Rp50.000,00
Perahu, Peternakan, Berkebun, Kukuyaan, Sasak Gitek Rp10.000,00
Persawahan, Perikanan Rp15.000,00
Penangkaran Rusa Rp5.000,00
Rumah Adat Sunda, Ngangon Meuri, Beternak Unggas, Memberi Makan Kelinci Rp15.000,00
Flying Fox, Rumah Pohon, Outbound Kids (Free Milo) Rp20.000,00
Mewarnai Boneka Gypsum, 2 Fun Games Rp10.000,00
Melukis Alat Tradisional, Becak Mini, Sepeda Roda Tiga, Mandi Bola, Komedi Putar Rp15.000,00
Kreasi Tanah Liat Rp20.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

* Anak-anak yang memiliki tinggi badan 80 cm sudah harus membayar tiket normal.

Rute Menuju Lokasi Kampung Batu Malakasari

Lokasi Kampung Batu Malakasari

Lokasi Kampung Batu Malakasari berada di Jln. Raya Banjaran Rencong, Desa Malakasari, Baleendah, Malakasari, Baleendah, Bandung. Jika dari pusat kota Bandung, jaraknya sekitar 12 km atau sekitar 43 menit.

Agar bisa sampai lokasi dengan lebih mudah, Anda bisa manfaatkan layanan rental hiace Bandung terdekat. Sopir rental ini siap mengantar ke manapun destinasi yang Anda inginkan di Bandung.

Jam Buka Kampung Batu Malakasari

Kampung Batu Malakasari buka dari jam 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB setiap harinya. Lalu khusus untuk weekend, tempat ini tutup lebih lama yakni pukul 17.00 WIB.

Jika Anda berencana untuk membeli oleh-oleh khas Bandung, maka sebaiknya datang dari pagi. Setelah puas bermain dan seru-seruan, baru berkunjung ke sentra oleh-oleh.

Fasilitas di Kampung Batu Malakasari

Fasilitas Kampung Batu Malakasari sangat lengkap sekali yang pasti membuat setiap pengunjung merasa nyaman. Misalnya saja seperti area parkir yang luas, pusat informasi, toilet, mushola, dan rest area.

Selain itu ada pula fasilitas wahana permain seperti waterpark, wahana outbound, serta aktivitas seru lain. Untuk acara-acara gahtering pun sudah tersedia aula, sung, serta gazebo untuk Anda melangsungkan acara.

Berbagai fasilitas tersebut tentu sangat memudahkan berbagai aktivitas yang ingin Anda lakukan. Jadi tidak usah ragu lagi untuk mengunjungi ekowisata edukasi di Bandung satu ini.

Daya Tarik Kampung Batu Malakasari

Wisata yang berada di Bandung ini memiliki beragam daya tarik yang menjadi alasan kenapa banyak wisatawan pergi ke sini. Bahkan, setiap akhir pekan ramai keluarga yang menghabiskan waktu bersama.

Wisata Alam

Untuk wisata alam di objek wisata ini, ada beberapa wahana seru dengan tema alam yang bisa Anda ikuti;

Wahana Danau dan Bukit Batu

Manfaatkan layanan jasa rental mobil Bandung jika berencana mengisi waktu libur bersama keluarga. Dengan begitu, perjalanan ke Kampung Batu Malakasari akan semakin menyenangkan.

Di sini, ada danau dan bukit batu bekas penambangan. Wisatawan bisa mengelilingi danau dengan menaiki perahu. Wahana ini sangat seru sekaligus menenangkan karena pemandangannya juga instagramable.

Pemandu yang berada di perahu akan memberikan penjelasan tentang pentingnya danau tersebut. Ia juga akan menjelaskan proses geologi dari terbentuknya bukit batu yang tak bisa lepas dari gempa bumi tektonik.

Wahana Persawahan

Wahana ini menawarkan sejumlah aktivitas seru untuk anak-anak bermain dan belajar. Apalagi jika sebelumnya anak-anak belum pernah bermain di sawah. Tapi, bukan cuma anak-anak, orang dewasa juga bisa mengikutinya.

Peserta nanti akan belajar cara cocok tanam padi dari mulai membuat garis tanam hingga menanam padi ke dalam tanah. Kemudian, Anda akan belajar bagaimana merawat padi termasuk membajak padi.

Proses pembajakannya masih tradisional dengan menggunakan kerbau. Inilah yang membuat wahana persawahan sangat seru dan harus Anda ikuti bersama anak-anak.

Wahana Perkebunan

Selain menanam padi, Kampung Batu Malakasari Bandung Jawa Barat ini juga memiliki area perkebunan. Peserta di wahana ini akan belajar berkebun berupa menanam tanaman di media tanah dan pot.

Beberapa tanaman yang ditanam di sini ada buah-buahan, sayuran, jagung dan palawija. Adapun yang ditanam di dalam pot ada buah, bunga dan tanaman obat.

Anda juga akan belajar tentang proses pembibitan. Termasuk juga belajar tentang rumah kaca (green house) serta pemanfaatan unsur abiotik baik itu cahaya maupun suhu.

Wisata Edukasi

Wisata Edukasi Kampung Batu Malakasari

Selain wisata alam, objek wisata ini juga menawarkan wisata edukasi. Wisata edukasi ini meliputi beberapa hal, seperti;

Wahana Seni Budaya Sunda

Di sini wisatawan akan belajar tentang seni budaya Sunda yang ada di Kampung Batu Malakasari. Bahkan, ada pengarahan tentang memelihara lingkungan hidup yang sehat dan bersih.

Untuk pengenalan seni budaya sunda, ada kaulinan Sunda. Wisatawan juga bisa bertanya banyak hal tentang seni budaya Sunda secara umum kepada pemandu wisata.

Rumah Adat Sunda

Wisatawan bisa belajar lebih banyak dan lebih dekat tentang rumah adat Sunda. Bahkan, Anda bisa mengenal benda atau bagian-bagian rumah tersebut.

Misalnya ada tepas, pawon, leuit, songsong, hawu, aseupan, seeng, halu, lisung dan banyak lagi. Bukan hanya itu, Anda akan belajar bagaimana menjaga lingkungan rumah yang bersih dan sehat.

Misalnya dengan pengolahan sampah dan memanfaatkan halaman rumah untuk beternak serta bercocok tanam. Pembelajaran ini sangat penting terutama untuk anak-anak karena tidak ada di pelajaran sekolah.

Beternak Unggas

Kampung Batu Malakasari menyediakan wisata edukasi dengan beternak unggas berupa ayam kalkun, ayam kampung, merak, angsa, hingga itik. Wisatawan akan belajar bagaimana memelihara mereka.

Bahkan pemanfaatannya juga akan Anda pelajari. Misalnya bagaimana memanfaatkan bulu unggas, daging serta telurnya. Anda  juga akan belajar bagaimana mengumpulkan telur itik.

Kegiatan seru lainnya adalah membuat telur asin secara sederhana. Di akhir sesi, Anda bisa membawa pulang telur asin tersebut. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat seru dan bermanfaat tentu saja.

Bermain Air di Tektona Water Park

Tektona Waterpark Kampung Batu Malakasari

Masih kurang puas dengan wahana di atas? Masih ada Tektona Water Park yang bisa Anda coba. Di salah satu waterpark di Bandung ini ada banyak sekali permainan air seru untuk semua umur.

Salah satu permainan yang seru adalah kolam ombak dan kolam arus. Sedangkan untuk anak balita bisa bermain di area khusus anak dan balita. Kolamnya lebih dangkal hanya beberapa centimeter saja.

Wahana lain di water park ada mega slinder dan kolam semi olympic yang cocok untuk orang dewasa. Kedua wahana tersebut juga tak kalah seru untuk Anda coba bersama teman atua keluarga.

Wisata Outbound

Ada beberapa wahana permainan seru yang bisa Anda lakukan di sini. Ada Rumah pohon, flying fox, flying fox mini, loop bridge, burma bridge dan cargo net atau jaring laba-laba.

Untuk flying fox sendiri panjangnya mencapai 120 meter dan melintas di atas beberapa wahana. Misalnya seperti jembatan goyang, kukuyaan, panjat dinding dan danau.

Wisata Fun Games

Kegiatan yang satu ini cocok untuk semua umur dari anak-anak hingga orang dewasa. Oleh sebab itu, bagi sekolah yang mengadakan outing bisa mengikuti fun games di objek wisata kampung batu ini.

Begitu juga dengan kantor, lembaga atau perusahaan yang mengadakan gathering juga bisa mengikuti fun games. Ini karena ada banyak permainan seru sekaligus cukup menantang.

Beberapa di antaranya seperti game bakiak, ngala tutut, kukuyaan, pancingan anak, tangkap belut, dan tangkap kelinci. Bahkan pemainan modern seperti trampolin, kereta mini, dan sepeda roda tiga juga bisa Anda temukan.

Wisata Kuliner

Saung Kampung Batu Malakasari

Setelah bermain di sawah, flying fox hingga berenang, saatnya menikmati wisata kuliner Bandung yang ada di sini. Ada Resto Dapur Neng yang siap memanjakan lidah wisatawan dengan berbagai menu khasnya.

Anda bisa memilih berbagai menu makanan dengan harga yang terjangkau. Bagi pecinta kuliner tradisional, ada resto ini juga menyediakan beberapa makanan khas Bandung. Tentu saja, menu kuliner modern juga ada.

Beberapa menunya ada nasi liweut, nasi timbel, ikan bakar dan beberapa pilihan tumis. Bahkan, selain menu masakan, ada juga berbagai jajanan khas sebagai camilan saat menikmati hari libur di objek wisata ini.

Salsa Wisata dapat membantu Anda untuk proses transportasi dan paket wisata yang tepat. Baik untuk keluarga maupun rombongan besar, Salsa Wisata dapat mengantarkan Anda ke Kampung Batu Malakasari.



By Categories: Bandung, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)