SalSari Resto & Coffee

Purwakarta sudah tak asing lagi di telinga masyarakat karena memang kota di Jawa Barat ini sangat terkenal. Ada satu tujuan wisata di kota ini yang harus Anda kunjungi. Namanya Kampung Kahuripan Cirangkong.

Selain objek wisata tersebut, masih banyak lagi tempat wisata Purwakarta terbaru lainnya. Jadi, sebaiknya agendakan liburan ke Purwakarta segera. Untuk permulaan, berikut kami rangkum info wisata kampung Cirangkong ini.

Sekilas Tentang Wisata Kampung Kahuripan Cirangkong

Kampung Kahuripan Cirangkong foto

Kampung Kahuripan Cirangkong Purwakarta merupakan desa wisata yang sangat khas dengan nuansa pedesaan. Hal tersebut dapat terlihat dari mata pencaharian warga sekitar yang mayoritas berprofesi sebagai petani dan peternak.

Karena kedua profesi tersebut sangat bergantung pada alam, warga sekitar lalu berinisiatif untuk membangun sebuah desa wisata yang edukatif. Sebagai pengelola, masyarakat setempat sepakat untuk mengangkat tema budaya Sunda.

Selain itu, masyarakat juga memfasilitasi para wisatawan yang datang dengan berbagai atraksi wisata yang menarik. Diantaranya ada kolam renang plus wahana airnya.

Kemudian ada kebun binatang mini. Ada pula taman bermain anak. Dengan tiket masuk yang murah, para pengunjung dapat pula membeli oleh-oleh khas purwakarta makanan yang terkenal kelezatannya.

Lokasi Wisata Kampung Kahuripan Cirangkong

Alamat Kampung Kahuripan Cirangkong terletak di Cirangkong, Kec. Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Jaraknya dari pusat Kota Purwakarta kurang lebih 13 KM.

Dari pusat kota, rute yang sebaiknya Anda pilih adalah arah Timur menuju Jl. Ipik Gandamanah. Setelah itu menuju ke Jl. Rw Sari dan lurus terus menuju ke Jl. Munjul Jaya Cilengkeng Purwakarta.

Anda akan melalui Jl. Cigangsa selama beberapa kilometer hingga akhirnya tiba di lokasi wisata. Untuk memastikan bahwa rute yang Anda tuju benar dan valid, gunakan aplikasi Google Maps.

Akses jalannya cukup baik sehingga bisa dilalui oleh berbagai kendaraan. Termasuk kendaraan besar seperti bus pariwisata dari jasa rental bus pariwisata Bogor, Bandung, dan sekitarnya.

Jam Buka Wisata Kampung Kahuripan Cirangkong

Untuk yang ingin berlibur di desa wisata ini, silahkan berkunjung sesuai dengan jadwal operasionalnya. Untuk jadwal buka, wisata alam dan edukatif ini beroperasi dari Senin hingga Minggu dan juga hari libur.

Jam buka Kampung Kahuripan Cirangkong ini dari pagi hingga sore, tepatnya dari jam 08.00 sampai dengan jam 17.00 WIB. Karena durasi operasionalnya cukup singkat, manfaatkan waktu liburan Anda di sini sebaik-baiknya.

Jika perlu, manfaatkan layanan paket wisata yang ditawarkan oleh Salsa Wisata. Liburan Anda akan lebih efektif dan optimal karena team Salsa akan bantu sediakan transportasi, hotel, tiket objek wisata, dan jadwal tamasya.

Harga Tiket Masuk Wisata Kampung Kahuripan Cirangkong

Untuk harga tiket, objek wisata ini masuk dalam list tempat wisata Jawa Barat murah meriah. Namun ada tambahan biaya jika pengunjung ingin bermain wahana, mengunjungi kebun binatang mini, dan aktivitas lainnya.

Berikut kami informasikan tarif tiket masuk Kampung Kahuripan Cirangkong Purwakarta yang terkini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp15.000,00 per orang
Parkir Kendaraan Rp5.000,00 sampai Rp15.000,00 per kendaraan

Daya Tarik Wisata Kampung Kahuripan Cirangkong

Anda tak hanya akan menjumpai aneka pilihan makanan ringan khas Purwakarta saja. Di sini, masih banyak ‘magnet’ penarik lainnya yang membuat para pengunjung betah di lokasi wisata ini.

Di bawah ini adalah sederet daya tarik yang bisa Anda temui selama bertamasya di tempat asik ini. Silahkan Anda simak.

Kebun Binatang Mini

Kampung Kahuripan Cirangkong Purwakarta

Di area wisata ini juga terdapat kebun binatang mini yang menjadi rumah bagi sejumlah spesies satwa. Jumlahnya memang tak banyak. Akan tetapi, kehadiran para satwa ini akan cukup menghibur para pengunjung, terutama anak-anak.

Beberapa spesies satwa yang ada di sini juga menjadi koleksi di kebun binatang lain. Contohnya di Taman Safari Indonesia Bogor, Ragunan Jakarta, dan Gembira Loka Jogja.

Adapun koleksi satwa yang dimaksud adalah mamalia seperti rusa, unggas, dan reptil. Tentu koleksi ini dapat menambah wawasan bagi si kecil.

Spot Bermain Anak

Salah satu daya tarik yang paling utama dari tempat ini adalah hadirnya fasilitas arena bermain anak. Beragam pilihan permainan menarik ada di sini. Bahkan ada beberapa berupa permainan tradisional.

Contohnya permainan Enggrang dan Galah Asin. Di sini, pengunjung yang ingin memainkan permainan tradisional ini akan mendapat pelatihan singkat dari petugas.

Jika merasa enggan untuk bermain Enggrang atau Galah Asin, si kecil bisa memainkan jenis permainan lain. Di sini, anak-anak dapat bermain perosotan, wall climbing, ayunan, jungkat-jungkit, dan lain sebagainya.

Kolam Renang dengan Udara yang Sejuk

Untuk mendukung kegiatan wisata para pengunjung, pihak pengelola juga turut menghadirkan fasilitas kolam renang outdoor. Kolam renang ini terasa istimewa karena berhiaskan panorama alam yang indah.

Udara di sekitar kolam renang juga terasa sejuk sehingga membuat pengunjung tetap bersemangat. Mereka juga dapat puaskan diri untuk berselfie ria di sekitaran kolam renang dengan bukit hijau sebagai latarnya.

Belajar Cara Bertani dan Berternak

Selain bersenang senang, sang buah hati juga akan mendapatkan pembelajaran yang sangat menarik. Misalnya belajar bertani dan beternak secara langsung dengan ahlinya.

Anak akan belajar cara menanam padi langsung di sawah dengan bimbingan warga lokal. Kemudian anak juga akan diajarkan untuk memandikan kerbau di sungai.

Lalu lanjut dengan kegiatan menangkap ikan di sungai menggunakan peralatan yang ramah lingkungan. Nantinya ikan hasil tangkapan bisa dibawa pulang ke rumah masing-masing.

Mengenal Budaya Sunda

Sunda terkenal dengan suku yang memiliki banyak kebudayaan yang sangat kaya. Kesempatan mengenal kebudayaan tersebut bisa Anda peroleh dari tempat wisata ini.

Misalnya saja membuat makanan khas Sunda yang simple secara langsung di lokasi wisata. Kemudian belajar membuat keramik atau gerabah yang menjadi kesenian asli Sunda.

Masih ada juga pengenalan rumah adat Sunda yang menjadi ciri khas Provinsi Jawa Barat. Selain itu, Anda juga akan belajar tentang pengetahuan tentang energi surya dan air.

Spot Foto Melimpah

Beberapa area wisata didesain secara khusus untuk menjadi spot foto yang instagramable. Sebut saja spot foto yang berisi patung hewan yang paling digemari oleh anak-anak.

Kemudian ada spot foto 3D dan berbagai jenis bangunan yang sangat estetik. Seperti guci raksasa, telapak tangan raksasa, spot Wartel, jembatan warna warni, dan bangunan lain yang tak kalah menarik.

Secara keseluruhan masih banyak spot foto lain yang bisa Anda eksplor secara langsung ketika berada di lokasi wisata.

Fasilitas di Kampung Kahuripan Cirangkong

alamat Kampung Kahuripan Cirangkong

Kampung wisata ini memiliki fasilitas yang lengkap, seperti:

  • mushola
  • toilet
  • gazebo
  • kolam renang
  • kantin atau resto
  • camping ground
  • area parkir kendaraan
  • aula
  • cafe

Potensi wisata Purwakarta sangat besar. Bahkan tak kalah besar dengan tempat wisata Bogor Puncak, Bandung, dan wisata Jawa Barat lainnya. Maka dari itu, tak salah jika Anda memilih Purwakarta ini sebagai destinasi selanjutnya.

Berkunjung ke Kampung Kahuripan Cirangkong tentu menjadi agenda yang utama. Lalu Anda boleh lanjutkan safarinya ke sejumlah objek wisata Purwakarta lainnya. Pastinya dengan dukungan paket wisata murah dari Salsa Wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)