earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Ada rencana mendaki Gunung Ijen lalu lanjut mini trip ke Kawah Wurung? Kenapa tidak? Letak keduanya memang cukup berdekatan. Jarak dari Gunung Ijen ke kawah ini hanya 9.8 KM saja. Sayang jika terlewat begitu saja.

Tempat wisata ini merupakan sebuah area perbukitan yang penuh dengan vegetasi sehingga tampak hijau nan subur. Banyak traveler yang menjadikan tempat ini sebagai alternatif setelah mengunjungi Gunung Ijen.

Sekilas Tentang Kawah Wurung

Kawah Wurung mempunyai lanskap perbukitan dengan hamparan savana hijau. Di bagian tengah are perbukitannya, terdapat sebuah cerukan yang bentuknya mirip dengan sebuah kawah.

Pada cerukan ini juga tumbuh vegetasi yang lebat seperti area-area di sekitarnya. Kaldera atau lubang-lubang raksasa juga mengelilingi kawasan sekitar perbukitan ini.

Arti nama kawah ini sendiri adalah kawah yang telah mati. Kondisi di dalam kawah memang jauh berbeda dengan Kawah Ijen dan kawah-kawah aktif lainnya.

Kawah yang masih aktif umumnya akan penuh dengan air dan mineral belerang. Suhu di dalam dan sekitar kawah juga biasanya akan lebih tinggi.

Namun berbeda dengan tempat ini. Disini sama sekali tidak terkandungan belerang dan genangan air pada bagian cerukannya.

Sebaliknya, bagian cerukan ini malah menjadi area tumbuh berbagai tumbuhan sehingga tampak menghijau seperti area perbukitan yang ada di atasnya.

Kawah yang terletak di Desa Jampit ini memiliki luas 100 Ha dan di bawah pengawasan dan pengelolaan Perhutani KPH Bondowoso.

Traveler menyebut kawah ini dengan sebutan highland paradise karena view-nya yang sangat indah seperti surga dan lokasinya yang cukup tinggi, yaitu 1.500 mdpl.

Para traveler harus melewati sebuah tanjakan sepanjang 100 meter yang dinamakan Tanjakan Cinta untuk sampai di puncak.

Sedangkan puncak dari Tanjakan Cinta ini akan terlihat punggung bukit yang melingkar. Karena bentuknya yang melingkar seperti cincin, puncak bukit ini akhirnya terkenal dengan nama Bukit Cincin.

Harga Tiket Masuk Kawah Wurung

kawah wurung bondowoso

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Untuk bisa mendapatkan pengalaman liburan di tempat super indah ini rupanya tak memerlukan biaya mahal. Harga tiket masuknya sendiri sangat murah. Demikian juga dengan biaya parkir kendaraan.

Namun jika Anda ingin mencoba aktivitas seru di sini, akan ada biaya tersendiri. Dan biayanya cukup mahal. Berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp3.000,00 – Rp5.000,00 per orang
Parkir Motor Rp2.000,00 per unit
Parkir Mobil Rp5.000,00 per unit
HTM Photoshoot Rp.300.000,00
Aktivitas Komersial/ Film Rp1.500.000,00
Sewa Jeep Rp300.000,- Rp500.000,00
Wahana ATV Rp50.000,00 per orang
Sewa Sepeda Gunung Rp10.000,00 per orang

Tarif ini dapat berubah kapan saja tergantung pada kebijakan terbaru dari pihak pengelola. Kenaikan tarif sering terjadi saat musim liburan dan libur akhir pekan. Meski ada kenaikan, besaran kenaikan tarif yang berlaku tidak signifikan.

Daya Tarik Wisata Kawah Wurung

wisata kawah wurung

Area kawah yang hijau dan subur ini memang memiliki banyak sekali daya tarik yang tidak ada duanya.

Mulai dari aktivitas outdoor hingga spot-spot wisata yang benar-benar mencuri perhatian para traveler. Belum lagi suasana yang begitu tenang, sejuk, damai, dan menenangkan.

Sebagai gambaran saja, berikut beberapa daya tarik serta hal menarik yang bisa Anda jumpai saat berada di sini.

Kegiatan Outdoor

Ada banyak sekali referensi kegiatan outdoor yang bisa Anda coba saat sedang liburan di sini.

Mulai dari kegiatan outdoor super-santai, fun, dan effective healing seperti camping hingga kegiatan outdoor pemacu adrenalin seperti ATV.

Anda juga bisa pacu adrenalin Anda dengan kegiatan-kegiatan lainnya yang ditawarkan di sini. Keliling kawah dengan ATV dan kuda, misalnya..

Nah, bagi yang suka sekali dengan kegiatan camping, Anda tak boleh melewatkan kesempatan untuk mendirikan tenda di sini.

Suasana camping yang dirasakan mungkin kurang lebih sama dengan suasana camping di Dusun Bambu di kawasan wisata Lembang.

Demikian juga dengan urusan perlengkapan camping. Keduanya menawarkan sistem yang sama, yaitu boleh sewa atau memakai perlengkapan camping pribadi.

Hunting Foto di Spot Terbaik

Ketika berada di tempat yang cantiknya natural, wajib hukumnya untuk mengabadikan momen liburan dengan kamera Anda. Ada banyak sekali spot foto, terutama spot foto dengan objek alam, yang bisa Anda eksplorasi.

Padang savana dengan ribuan bunga yang bermekaran adalah contohnya. Memang pemandangan seperti ini tidak akan Anda jumpai setiap hari. Sebab, bunga di padang savana hanya akan mekar di waktu tertentu saja.

Meski begitu, panorama padang savana tanpa bunga pun tetap terlihat sangat fotogenik. Dapatkan banyak foto estetik dari objek-objek instagenic di sekitar kawah ini.

Penuhi feed Instagram Anda dengan kumpulan foto-foto alam cantik saat tengah liburan di sini.

Nikmati View yang Berbeda sesuai Musim

Pada dasarnya semua area perbukitan dengan padang rumput dan savana yang luas akan mengalami perubahan pada vegetasi yang tumbuh.

Bukit Teletubbies di Bromo, misalnya, saat musim penghujan, bukit ini terlihat sangat hijau – menyegarkan mata yang memandang.

Akan berbeda lagi saat musim kemarau; bukit akan terlihat hijau kekuningan akibat banyak vegetasi yang mengalami kekeringan. Hal yang sama juga dialami oleh wisata kawah ini.

Fasilitas Kawah Wurung

Saat sedang piknik atau liburan seru di sini, Anda akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas terbaik dan terlengkap. Area parkir selalu siap untuk menampung motor, mobil, minibus, dan juga pick-up.

Anda juga akan menjumpai pusat informasi yang selalu siap melayani para wisatawan. Mushola dan toilet adalah dua fasilitas yang wajib tersedia di tempat wisata ini.

Dan fasilitas yang terakhir adalah warung wisata. Anda bisa jadikan warung ini sebagai ajang wisata kuliner khas Banyuwangi karena memang menu yang dijual adalah makanan asli Jawa-Timuran.

Lokasi & Rute Menuju Kawah Wurung

lokasi kawah wurung

Tak sulit untuk menemukan lokasi wisata alam ini karena letaknya yang cukup strategis. Alamat lengkapnya ada di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur.

Namun ada yang mengatakan bahwa wisata kawah ini terletak di Margahayu, Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso.

Memang kedua desa tersebut letaknya bersebelahan, dan kawasan wisata ini berada di perbatasan antara keduanya

Meski jauh dari kota, lokasinya cukup mudah untuk Anda tuju. Misal Anda dari Jember atau Banyuwangi, silahkan arahkan kendaraan Anda ke Bondowoso lalu ke Utara hingga tiba di Kecamatan Wonosari.

Setelah di pertigaan, silahkan Anda ke arah yang sesuai dengan papan petunjuk bertuliskan nama destinasi Kawah Wurung.

Dari segi jarak, dari kota ke kawah ini memang cukup jauh. Akan cukup menguras tenaga jika Anda menyetir sendiri. Oleh karenanya, kami sarankan untuk gunakan opsi ini: sewa kendaraan plus driver.

Dengan layanan ini Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan. Sebut saja contoh yang paling mudah adalah Anda bebas pergi ke mana saja yang Anda mau.

Mampir ke pusat oleh-oleh khas Banyuwangi sebelum ke lokasi wisata, misalnya. Salsa Wisata tentu siap menjadi partner liburan Anda untuk mewujudkan hal tersebut.

Dengan paket sewa mobil yang kami tawarkan, Anda akan merasakan pengalaman perjalanan yang menyenangkan, lancar, dan tepat waktu.

Ada banyak referensi kendaraan yang bisa Anda sewa di tempat kami. Masing-masing mobil dan paket sewa bus yang Ada telah kami sesuaikan khusus untuk berbagai kebutuhan Anda.

Untuk trip bersama rombongan, paket sewa Elf Long Banyuwangi mungkin bisa menjadi pilihan paket sewa terbaik. Tentu kami juga menawarkan paket lainnya yang cocok untuk trip rombongan.

Jam Operasional Kawah Wurung

Anda dapat mulai berjelajah di kawasan wisata kawah ini kapan saja, baik saat weekday, weekend, maupun saat libur panjang. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB.

Nikmati suasana liburan yang tak terlupakan di kawasan wisata Kawah Wurung. Anda dapat merasakan koneksi secara langsung dengan alam.

Tak ketinggalan juga Anda bisa mencoba berbagai aktivitas seru selama liburan di sini.

Permudah urusan akomodasi wisata Anda dengan cara menggunakan paket liburan keluarga dari Salsa Wisata.

Silahkan pilih paket yang menurut Anda adalah paket terbaik, dan siap-siap memiliki pengalaman liburan anti-ribet bersama kami.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)