SalSari Resto & Coffee

Kota Ngawi mung tak seterkenal Malang dari segi pilihan destinasi wisatanya. Akan tetapi bukan berarti Ngawi tak punya tempat wisata keren. Baru-baru ini tengah viral Kebun Teh Jamus di Instagram.

Ya, kebun teh ini langsung populer berkat foto-foto cantik yang diposting oleh netizen di Insatagram. Penasaran semenarik apa wisata kebun teh yang ada di lereng Gunung Lawu ini? Simak ulasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Kebun Teh Jamus

lokasi Kebun Teh Jamus ngawi

Kebun Teh Jamus merupakan perkebunan teh yang berada di Kabupaten Ngawi. Lokasinya ada di ketinggian 800 hingga 1.200 mdpl. Hal itu membuat udara di tempat ini begitu sejuk dan tak jarang berselimutkan kabut.

Agrowisata ini memang bukan destinasi wisata baru. Sebab, ide pendirian kebun teh ini sudah tercetus sejak tahun 1886 lalu. Dengan luas wilayah hingga 478 hektar, Anda bisa memandangi hamparan kebun teh yang hijau dan cantik.

Lokasi Kebun Teh Jamus

Lokasi Kebun Teh Jamus Ngawi terletak di Girikerto, Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Rute menuju kebun teh ini ada beberapa. Misal dari arah Solo, Anda dapat melewati Jalan Raya Solo-Surabaya lalu ke Tunjungan.

Setelah itu, lanjut saja ke Winong dan Plosokerep hingga tiba di Sine. Lanjutkan lagi ke Daerah Ngrambe. Setelah tiba di pertigaan sebelum Tanjakan Baron, silahkan belok kiri ke arah Ngrambe. Terakhir belok kanan menuju lokasi tujuan.

Rute di atas memang cukup rumit. Anda boleh cek lokasi tersebut via Google Maps di sini. Akan lebih mudah lagi bila gunakan jasa rental mobil terdekat plus driver di Salsa Wisata. Layanan ini tersedia di hampir semua kota di Indonesia.

Jam Buka Wisata Kebun Teh Jamus

Objek wisata alam di Ngawi ini buka setiap hari, tak terkecuali hari libur. Jam buka Kebun Teh Jamus ini dari jam 08.00 sampai dengan jam 17.00 WIB. Malam hari tutup karena fasilitas penerangannya cukup minim.

Anda kami sarankan untuk datang di pagi hari karena udara di pagi hari masih sangat bersih. Suasananya juga sangat sejuk dan berkabut. Siang harinya, Anda bisa kulineran menyantap makanan tradisional Jawa di dekat lokasi.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Jamus

Pemandangan indah dengan hijaunya hamparan tanaman teh bisa Anda nikmati dengan harga yang murah. Anda cukup membeli tiket masuk Kebun Teh Jamus dengan harga yang murah.

Selain tiket masuk, ada juga biaya parkir kendaraan yang hanya berlaku untuk para pengunjung yang membawa kendaraan. Berikut daftar harga tiket masuk dan tarif parkir kendaraan yang terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp15.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per orang
Parkir Mobil Rp5.000,00 per orang

Daya Tarik Wisata Kebun Teh Jamus

Kebun teh ini memiliki sejumlah daya tarik yang tak kalah cantik dengan wisata alam Bandung. Diantaranya yaitu view kebun teh itu sendiri, sejarah berdirinya area kebun teh ini, dan masih ada beberapa daya tarik lainnya.

Info detailnya bisa Anda simak di bawah ini:

Sejarah Kebun Teh Jamus

Menurut sumber sejarah Kabupaten Ngawi, sejarah Kebun Teh Jamus ini bermula dari pembangunan area kebun teh pada tahun 1886. Dahulu, kebun teh ini berada di bawah pengelolaan perusahaan Belanda. Pemiliknya bernama Van der Rappart.

Sekitar tahun 1910, tepatnya setelah sang pemilik meninggal, kepemilikan aset kebun teh ini berpindah ke H.M. Ridder van Rappart. Beliau adalah putera dari Van der Rappart. Kini, kebun teh ini telah resmi menjadi milik PT. Candi Loka.

Kolam Renang Sumber Lanang

kolam renang sumber lanang

Area perkebunan teh ini semakin menarik dengan keberadaan air terjun bernama Sumber Lanang beserta kolam renangnya. Kolam Renang Sumber Lanang berada di tengah-tengah area perkebunan.

Anda akan menemukan pepohonan di sekitar kolam renang. Suasana tersebut menambah asri kawasan kolam renang ini. Air yang mengalir ke kolam renang juga sangat jernih.

Rupanya air tersebut berasal dari air terjun Sumber Lanang dengan suhu yang relatif dingin, yaitu sekitar 15 hingga 22 derajat Celcius.

Nikmati Kuliner dan Teh Segar

Sebelum memasuki area perkebunan teh, Anda akan melewati beberapa warung. Warung wisata ini menjual beragam makanan khas Jawa Timur yang mudah dibuat. Anda bisa singgah sejenak untuk mengisi perut Anda di sini.

Lengkapi hidangan Anda dengan secangkir teh hangat asli dari kebun teh sebelah Anda. Olahan daun teh yang masih baru dan segar tentu cita rasanya akan semakin nikmat.

Anda bisa jadikan teh hangat ini sebagai minuman pendamping kuliner yang akan Anda santap. Suasana akan jauh lebih hangat bila Anda menikmatinya bersama keluarga.

Mengunjungi Pabrik Pengolahan Teh

Di dekat lokasi wisata, ada pabrik pengolahan teh yang bisa Anda kunjungi. Pabrik ini berada di area depan kawasan dan sering menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung.

Pabrik Teh Jamus adalah pabrik pengolahan teh yang sudah berdiri sejak masa penjajahan Belanda. Saat ini pabrik tersebut dikelola oleh PT. Candi Loka. Pabrik ini menjadi tempat pengolahan teh-teh berkualitas.

Daun-daun teh berkualitas yang sudah melalui proses pengolahan kemudian dikemas. Terdapat beberapa macam kemasan teh seperti teh tubruk dan teh celup. Anda bisa memborongnya sebagai oleh-oleh dari Jawa Timur.

Swafoto di Bukit Borobudur

Bukit Borobudur atau Borobudur Hills merupakan salah satu daya tarik utama perkebunan ini. Bukit ini merupakan hamparan teh berundak setinggi 35.4 meter layaknya candi.

Diberi nama Borobudur Hills karena jika dilihat dari kejauhan, area kebun teh ini terlihat menyerupai Candi Borobudur. Bentuknya berundak dan meruncing di bagian atas. Puncak inilah yang kerap jadi spot terfavorit untuk berfoto.

Untuk sampai di titik puncak tersebut, Anda harus rela menaiki 117 anak tangga. Meski lelah, rasa lelah Anda akan terbayar saat tiba di puncak bukit teh ini.

Fasilitas di Kebun Teh Jamus

tiket masuk Kebun Teh Jamus

Tempat wisata Jawa Timur yang bagus ini mempunyai fasilitas yang mumpuni. Anda dan para pengunjung lainnya akan lebih nyaman selama berada di area wisata ini berkat fasilitas-fasilitas tersebut.

Ini adalah daftar nama fasilitas yang tersedia di kawasan wisata kebun teh Ngawi ini:

  • area parkir kendaraan
  • warung wisata
  • spot foto
  • kolam renang
  • camping site
  • arena offroad
  • arena flying fox
  • toilet umum
  • mushola

Dari membaca ulasan ini saja sepertinya area wisata kebun teh ini sangat menarik. Fasilitasnya yang sangat lengkap dan juga nuansa asri khas lereng gunung menjadi daya tarik utama tempat ini.

Jika Anda berminat, bisa reservasi paket wisata di Salsa Wisata untuk mudahkan agenda liburan Anda. Dengan tarif yang murah, Anda dapat safari wisata ke sejumlah objek wisata Jatim lainnya pasca puas kunjungi Kebun Teh Jamus ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (2 votes)