SalSari Resto & Coffee

Yogyakarta memang spesial, termasuk cafe-nya. Hampir di tiap sudut kota terdapat cafe dengan beragam menu. Salah satu yang tertua adalah Kedai Kebun Yogyakarta atau memiliki nama lain Kedai Kebun Forum (KKF).

Tempat ini merupakan cafe, art exhibition, atau pameran seni dan juga tempat para pelaku seni berdiskusi. Sehingga tempat ini juga secara tidak langsung telah menjadi tempat wisata Jogja terbaru bagi pecinta seni.

Sekilas Tentang Kedai Kebun Yogyakarta

Kedai Kebun Forum Yogyakarta sudah ada sejak tahun 1997. Tempat ini sebenarnya adalah sanggar yang mengelola berbagai kegiatan pameran seni, pertunjukan musik, pementasan teater, tari, workshop dan lain-lain.

KKF juga menjadi tempat para seniman untuk mengekspresikan diri dengan memamerkan serta mementaskan karya mereka. Bahkan ada juga forum diskusi untuk para seniman berbagai informasi dan ilmu.

Tapi, tempat ini bukan hanya untuk seniman saja tetapi juga untuk masyarakat umum. Sebab, siapa saja yang ingin melihat pameran art gallery atau pertunjukan musik, bisa datang ke sini.

Selain itu, KKF juga memiliki konsep sebagai cafe romantis Jogja dan juga estetik di mana pengunjung juga dapat bersantai dan nongkrong sekaligus. Dengan kata lain, KKF ini adalah wadah untuk mempertemukan antara seniman dan penikmat seni.

Menu Favorit Kedai Kebun Yogyakarta

menu Kedai Kebun Forum

Kedai Kebun Yogyakarta memiliki cukup banyak pilihan menu makanan dan minuman yang bisa pengunjung pilih. Secara umum, menu yang ada di sini bertema Indonesian foods.

Misalnya seperti gorengan, nasi goreng, tengkleng, sup, teh, jus, kopi, bakmi, salad dan lainnya. Selain itu, tempat ini juga terkenal sebagai spot wisata kuliner untuk vegetarian.

Cafe ini sering jadi rujukan bagi wisatawan yang cinta akan karya seni. Banyak wisatawan luar kota yang menuliskan nama cafe ini ke dalam list destinasi paket wisata Jogja mereka.

Sebagian besar beralasan karena penasaran dengan karya-karya dan kegiatan seni yang ada plus tentu saja menu makanan dan minumannya. Mereka tidak akan rugi karena dengan harga paket wisata Jogja yang murah, mereka bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Harga Menu Makanan dan Minuman

Harga menu makanan dan minuman di KKF ini memang bervariasi. Namun secara umum, rata-rata menu makanan dan minuman di cafe ini cukup murah. Dan tentunya ‘ramah’ untuk berbagai kalangan, termasuk mahasiswa.

Berikut adalah daftar harga menu makanan dan minuman terupdate di KKF:

Daftar Menu Harga
Nasi Putih Rp5.000,00
Sambal Rp7.000,00
Lauk Rp15.000,00 sampai Rp35.000,00
Minuman Rp6.000,00 sampai Rp45.000,00
Salad Rp15.000,00 sampai Rp35.000,00
Makanan Ringan Rp8.000,00 sampai Rp20.000,00

Rute Menuju Lokasi Kedai Kebun Forum

semi outdoor dining space di KKF

Alamat Kedai Kebun Yogyakarta berada di Jl. Tirtodipuran No.3, Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Lokasinya berada di tengah kota sehingga cukup mudah untuk menemukannya.

Jika dari Alun-Alun Kidul Yogyakarta jaraknya sekitar 1 KM atau memakan waktu tempuh 4 menit dengan jasa sewa Xpander lepas kunci Yogyakarta. Layanan ini juga dapat mengantarkan wisatawan ke berbagai destinasi wisata di Jogja.

Rutenya, jika dari Alun-Alun Kidul, keluar alun-alun lewat Plengkung Gading. Setelah perempatan traffic light, lurus ke arah Jalan D.I Panjaitan. Dari situ lokasi KKF sudah sangat dekat.

Jam Buka Kedai Kebun Yogyakarta

Cafe ini buka setiap hari kecuali hari Selasa. Hari Selasa, cafe ini tutup untuk keperluan pembersihan dan maintenance. Sedangkan di hari selain Selasa, jam buka Kedai Kebun Yogyakarta dimulai dari jam 11.00 sampai jam 21.00 WIB.

Keunikan Kedai Kebun Yogyakarta

KKF memiliki sejumlah keunikan yang mampu menjadi magnet para pengunjung. Tentu saja, keunikan ini berhubungan dengan interior yang artistik hingga art gallery dan aktivitas seni lainnya.

Desain Interior Artistik

Kedai Kebun Forum

Memasuki area KKF, pertama yang akan pengunjung rasakan adalah desain interiornya. Interiornya unik dan nyentrik dengan beragam mural dengan tema masing-masing.

Konsepnya sendiri ada semi outdoor sehingga ada kesan airy di setiap ruangannya. Bahkan di lantai 2 yang terdapat pameran galeri seni juga konsep ruangannya semi terbuka.

Konsep ini membuat cahaya dan udara dapat keluar masuk dengan bebas. Selain itu, furniture-nya juga terkesan vintage atau jadul. Walau demikian, semua tertata rapi sehingga memunculkan aura estetik.

Pemilik KKF Adalah Pasangan Seniman

Pendiri KKF adalah pasangan seniman yakni Agung Kurniawan dan Yustina Neni. Keduanya bahkan telah lama berada di dunia seni tanah air. Bahkan tetap aktif mendukung para seniman dan karya-karyanya.

Agung Kurniawan adalah seorang kurator, seniman, dan juga anggota Dewan Indonesia Visual Art Archive. Sedangkan Yeni Neni adalah seorang Direktur Yayasan Biennale dan co-Founder Indonesian Visual Art Archive.

Yeni juga seorang Direktur Biennale Jogja XI. Selain itu, Yeni juga merupakan salah satu dari pendiri sebuah lembaga bernama Koalisi Seni Indonesia.

Dari awal berdiri, tempat ini sudah berfokus sebagai galeri alternatif dan tempat wisata kuliner Jogja Instagramable. Oleh sebab itu, keberadaannya sudah banyak yang mengetahuinya, bukan hanya ikut-ikutan bisnis cafe yang sedang hits.

Ruang Pameran dan Pertunjukan

galeri seni di KKF

Selain tempat untuk menikmati makanan khas Jogja viral, KKF juga memiliki ruang pameran dan pertunjukan. Konsep ruangannya memang untuk pemutaran film, diskusi seni, hingga teater.

Di waktu tertentu, pengunjung cafe juga bisa melihat pertunjukan seni baik itu seni musik, tari, maupun pertunjukan lainnya. Bagi seniman sendiri, tempat ini memiliki ruang tersendiri di hati mereka.

Kebun dan Tanaman

Desain interior Kedai Kebun Yogyakarta yang artistik berpadu dengan berbagai jenis tanaman. Bahkan hampir tiap sudut ruangan yang ada di cafe ini terdapat beberapa tanaman di dalam pot.

Tanaman ini tertata di beberapa titik, ada yang menggunakan rak, meja atau lainnya sehingga kesannya sangat segar. Bukan hanya itu, halaman cafe ini berfungsi sebagai kebun sesuai dengan nama cafe.

Souvenir dan Oleh-Oleh

toko souvenir KKF

Kebun Kedai Forum juga memiliki ruangan untuk memajang souvenir dan oleh-oleh khas Jogja selain makanan yang bisa pengunjung beli. Ruangan khusus ini memang untuk barang dagangan seperti kaos, cinderamata, ransel etnik, dan lainnya.

Harganya sendiri bervariasi dan cukup standar. Pengunjung bisa melihat-lihat terlebih dahulu sebelum membeli atau bahkan tak membeli pun tidak menjadi masalah.

Tempat Nongkrong

Walaupun ada tempat pameran baik itu art gallery maupun seni pertunjukan, KKF oleh pengunjung sama halnya dengan cafe lainnya. Mereka yang datang ke sini kebanyakan untuk menikmati suasana.

Nuansanya tenang dan airy dengan berbagai tanaman hijau. Selain itu, penataan shade atau pencahayaannya juga comfy. Tak jarang pengunjung datang ke sini untuk nongkrong atau nugas.

Fasilitas Kedai Kebun Yogyakarta

dining space Kedai Kebun Forum

Fasilitas di KKF ini cukup lengkap untuk menunjang kebutuhan dan kenyamanan pengunjung. Akan tetapi khusus fasilitas area parkir, hanya tersedia untuk parkir motor saja; tidak ada area parkir untuk mobil.

Selain area parkir motor, fasilitas-fasilitas lainnya ada toilet, ruang pameran seni lukis, area pertunjukan, dan spot-spot untuk duduk santai.

Cafe ini memang berada dekat dengan Alun-Alun Kidul Yogyakarta. Artinya dekat juga dengan Keraton, Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo dan lainnya. Oleh sebab itu, pengunjung cafe juga bisa datang ke lokasi tersebut.

Salsa Wisata dengan cukup banyak pilihan paket wisata dan layanan rental kendaraan dapat mengantar wisatawan ke Kedai Kebun Yogyakarta ini. Pastinya juga bersedia mengantar ke berbagai tempat wisata pilihan di Jogja.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)