Kedung Pedut Waterfall merupakan nama salah satu air terjun di Jogja. Lokasinya berada di daerah Kulon Progo dan termasuk destinasi wisata favorit Jogja saat liburan tiba.

Dengan daya tarik yang dimiliki tempat ini, banyak hal seru yang bisa Anda lakukan. Mulai dari berenang, berfoto, hingga berpetualang semua fasilitasnya tersedia.

Akses menuju destinasi wisata ini pun cukup mudah. Ada banyak pilihan akomodasi yang bisa Anda gunakan mulai dari kendaraan pribadi hingga paket gathering Jogja dari biro perjalanan.

Air terjun di Kulon Progo ini bisa menjadi alternatif destinasi menarik untuk Anda kunjungi. Sehingga liburan Anda di Jogja akan semakin seru dan berwarna.

Sejarah Kedung Pedut

Awalnya, curug kedung pedut ini hanyalah sungai biasa yang berada di tengah hutan. Namun pada tahun 2015, semua itu berubah. Air terjun yang dulu tersembunyi di balik hutan kini bisa diakses dengan mudah.

Semua itu berkat usaha masyarakat sekitar. Selama 3 bulan penuh mereka membersihkan dan membangun air terjun ini menjadi tempat wisata Jogja yang nyaman.

Nama Kedung Pedut sendiri bisa diartikan sebagai ‘kolam berkabut’. Penamaan ini diberikan karena kolam dibawah air terjun ini memiliki warna hijau seperti kabut.

Tidak sedikit juga wisatawan menyebut curug ini sebagai curug dua warna. Warna putih dari aliran air terjun yang deras dan kolam berwarna hijau menjadi alasan dari julukan tersebut.

Harga Tiket Masuk Kedung Pedut

Kedung Pedut Waterfall termasuk wisata murah di Jogja. Harga tiket masuknya tidak akan menguras dompet Anda. Berikut ini rincian biaya tiket masuk Kedung Pedut yang wajib Anda persiapkan:

Retribusi Tarif
Tiket Wisatawan Hari Biasa Rp10.000,00
Tiket Wisatawan Hari Libur Rp20.000,00
Sewa Pelampung Rp10.000,00
Sewa Loker Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00

Harga yang tercantum di atas sewaktu-waktu dapat berubah. Namun daftar tersebut bisa Anda jadikan bahan referensi dan perkiraan biaya. Untuk liburan yang pasti murah manfaatkan saja paket wisata Domestik dari biro perjalanan.

Paket tersebut akan mengurus segala kebutuhan akomodasi Anda selama liburan. Dengan begitu Anda bisa bersantai dan menikmati perjalanan sambil membeli oleh-oleh khas Jogja kekinian yang Anda inginkan.

Aktivitas Menarik di Kedung Pedut

Curug ini sangat cocok untuk Anda yang senang dengan wisata alam. Suasana alam yang masih asri dan berbagai kegiatan seru di sini siap mewarnai liburan Anda. Nah, berikut ini beberapa aktivitas seru yang wajib Anda coba saat berkunjung ke air terjun Kedung Pedut:

Hiking

Untuk bisa tiba di air terjun, pengunjung yang datang wajib berjalan kaki terlebih dahulu. Jalur yang dilalui pun cukup menarik. Anda akan diajak naik turun bukit, melewati jembatan, dan menembus hutan yang masih asri.

Jalannya pun tidak terlalu sulit. Sebagian besar jalan terbuat dari semen dan susunan batu sehingga mudah untuk dilalui. Meski begitu Anda tetap harus berhati-hati agar tidak terpeleset di jalur yang licin.

Panjang jalur yang harus Anda lalui ini sekitar 300 hingga 400 meter. Perjalanan tersebut hanya memakan waktu kurang lebih 10 menit. Saat berjalan Anda bisa melihat hutan serta pepohonan rindang yang tumbuh di lereng bukit.

Walau berada di dekat lereng, Anda pun tidak perlu khawatir dengan keamanannya. Setiap jalur sudah dilengkapi pagar pembatas untuk pengunjung berpegangan.

Jika Anda merasa lelah, ada banyak gazebo serta tempat beristirahat yang tersedia. Perjuangan Anda berjalan kaki tersebut akan terbayarkan saat melihat keindahan dari air terjun ini.

Jelajah Air Terjun

Air Terjun Kedung Pendut

Di perjalanan menuju curug utama, Anda akan menemukan curug-curug lain yang tidak kalah menarik. Setidaknya terdapat lima kedung atau curug yang bisa Anda jumpai. Beberapa diantaranya seperti Kedung Merak, Kedung Merang, Kedung Lanang, Kedung Wedok, dan Kedung Anyes.

Setiap kedung atau kolam bisa jadi tempat berenang yang seru. Kedalamannya berkisar antara 2 hingga 5 meter. Masing-masing juga memiliki ciri khas dan keindahannya sendiri.

Namun, setiap kolam memiliki air jernih dengan warna hijau yang indah. Anda bisa memilih untuk bermain air di salah satu kolam atau hanya sekedar berfoto. Sehingga perjalanan menuju air terjun utama tidak akan terasa membosankan.

Bersantai Menikmati Alam

Tiba di lokasi, mata Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam yang menawan. Kicauan burung terdengar bersahutan seperti sedang bernyanyi. Udaranya yang masih sejuk sangat menyegarkan.

Lelah dan penat Anda setelah beraktivitas seolah hilang. Sambil merendam kaki ke air yang dingin membuat pikiran Anda bisa semakin jernih. Suara gemericik air juga ikut menjadi musik relaksasi yang menenangkan.

Suasana yang masih asri sangat cocok untuk Anda bersantai dan menenangkan pikiran. Ditemani makanan khas Jogja hangat waktu berlibur Anda terasa semakin nikmat. Tempat ini bisa bisa menjadi lokasi terbaik untuk Anda kunjungi saat berada di Jogja.

Berenang

Aktivitas seru yang tentu tidak boleh terlewat adalah berenang. Air jernih dan segar dari aliran sungai ini seperti mengajak Anda untuk bermain bersama. Mendengar suara gemericik airnya pun sudah membuat banyak wisatawan tidak sabar menceburkan diri ke kolam.

Kolam yang bisa Anda pakai untuk berenang juga banyak. Salah satu yang cukup populer diantaranya Kedung Merak Urang. Kolam ini tidak terlalu dalam dan memiliki kawasan yang cukup luas.

Selain itu, terdapat goa alami di tepian kolam yang membuatnya unik. Kedalamannya pun sangat pas untuk berenang. Anda dan anak-anak bisa puas bermain air di kolam ini.

Untuk Anda yang tidak bisa berenang juga tidak perlu khawatir. Pihak pengelola juga sudah menyediakan pelampung untuk disewakan kepada para pengunjung. Sehingga Anda bisa puas bermain air di kawasan wisata air terjun ini.

Rasakan juga keseruan wisata air di Jogja lainnya dengan berkunjung ke Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul.

Selfie di Spot Menarik

Foto Kedung Pedut

Keindahan alam air terjun ini menjadi tempat yang pas untuk berfoto. Ada banyak sekali spot menarik yang bisa Anda pilih. Salah satu yang menjadi favorit wisatawan adalah area dekat air terjun.

Dari batuan kali berukuran besar banyak pengunjung yang berpose mencari angle terbaik. Keseruan berfoto ini pun difasilitasi pihak pengelola dengan spot selfie menarik.

Para pengunjung bisa berfoto di jembatan bambu, gardu pandang, hingga miniatur kapal yang ada. Foto yang Anda dapatkan pasti sangat indah. Warna biru kehijauan air sungai dan suasana asri di sekitarnya menjadi pemandangan yang sangat menawan.

Uji Adrenalin

Tidak hanya bisa berenang dan berfoto, di sini Anda juga bisa menguji adrenalin. Pihak pengelola sudah menyediakan berbagai fasilitas outbound seperti flying fox dan sepeda terbang untuk Anda coba.

Meluncur dari ketinggian melewati pepohonan akan sangat memacu adrenalin. Butuh keberanian lebih untuk memainkan wahana ini. Namun setelah merasakan serunya, Anda akan ketagihan untuk mencoba kembali.

Wisatawan yang datang juga bisa eksis di wahana sepeda terbang. Sambil menaiki sepeda yang menggantung di ketinggian, Anda bisa bergaya untuk dapatkan foto menarik. Ada pula hammock di bawah jembatan yang bisa jadi alternatif untuk Anda yang takut ketinggian.

Berbagai wahana yang ada di tempat ini akan membuat liburan Anda semakin seru dan berwarna. Dengan begitu Anda tidak akan menyesal meski harus berjalan jauh untuk bisa tiba di tempat ini.

Lokasi dan Rute Menuju Kedung Pedut

Objek wisata ini terletak di Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Jaraknya sekitar 28.5 kilometer dari Bandara Internasional Yogyakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam berkendara.

Rute menuju Kedung Pedut ini juga cukup mudah diakses. Ada banyak pilihan jalan dan cara yang bisa Anda pilih. Anda bisa gunakan bantuan Google Maps sebagai navigasi untuk bisa tiba di lokasi.

Bisa pula dengan memanfaatkan jasa sopir dari sewa mobil Gunungkidul yang siap mengantar kemanapun tujuannya. Sehingga Anda bisa santai dan duduk tenang menikmati perjalanan liburan di Jogja

Jam Operasional Kedung Pedut

Tempat ini bisa Anda kunjungi setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB. Namun tentu waktu terbaik berkunjung saat pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB. Udara yang masih segar jadi alasan pagi hari merupakan waktu yang pas untuk datang.

Usahakan juga berwisata ke air terjun ini saat musim kemarau. Sebab, pada musim penghujan jalanan menuju air terjun akan semakin licin. Selain berbahaya, liburan Anda juga bisa terganggu dengan hujan yang turun.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)