SalSari Resto & Coffee

Yogyakarta menawarkan banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat berkunjung. Misalnya seperti berenang di air terjun alami Kedung Pengilon, salah satu tempat wisata hits di Bantul yang sudah sangat terkenal dengan kejernihan airnya.

Namun tak hanya tentang airnya yang jernih, air terjun ini juga memiliki pemandangan alam yang sangatlah indah. Suasananya masih sangat alami dengan banyak pepohonan yang mengelilingi kawasan sekitar.

Tempat ini juga menawarkan hal menarik yang pasit membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Berikut kami berikan ulasan lengkap mengenai air terjun hits yang ada di Bantul ini untuk Anda.

Sekilas Tentang Kedung Pengilon

Kedung Pengilon Bantul

Kedung Pengilon merupakan air terjun alami yang masih sangat terjaga keasriannya. Lokasinya pun masih cukup tersembunyi di daerah Bantul sehingga wajar jika suasananya terasa sangat asri dan menyejukkan.

Nama Kedung Pengilon sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti kolam cermin. Hal ini karena bentuk lubuk dari air terjun ini tampak jernih dan bening seperti cermin dengan warna khas hijau tosca.

Suasananya pun sangat asri berkat pepohonan hijau yang mengelilingi tempat ini. Anda bisa bersantai atau puas bermain air dan berenang dengan tenang dan seru, tempat ini cocok untuk Anda yang hobi berwisata alam.

Air terjun ini juga punya cerita legenda unik mengenai penunggu kawasan air terjun dan beberapa cerita mistisnya. Meski begitu tempat wisata alam Jogja ini tetap menarik untuk Anda kunjungi saat liburan karena daya tarik serta keindahan panoramanya.

Harga Tiket Masuk Kedung Pengilon

Tiket masuk Kedung Pengilon sangat murah karena hanya Rp5.000,00 per orang. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya parkir dan juga sewa peralatan seperti ban atau membeli camilan yang ada di warung.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00
Sewa Ban Rp3.000,00
Parkir Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Jika Anda ingin menikmati liburan yang murah dan tanpa ribet, paket tour wisata Jogja bisa jadi pilihan. Sebab hanya dengan membayar satu kali biaya yang disepakati, Anda bisa mengunjungi berbagai destinasi menarik di Jogja bersama rombongan dengan mudah.

Rute Menuju Lokasi Kedung Pengilon

Lokasi Kedung Pengilon

Kedung Pengilon terletak di Dusun Petung, Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Untuk rute menuju lokasi terbilang cukup mudah karena, dari pusat kota Jogja Anda bisa langsung menuju ke jalan Bantul.

Ketika sudah sampai di Pabrik Gula Madukismo, Anda bisa terus menuju ke arah barat sampai menemukan perempatan besar. Kemudian ambillah arah kiri untuk menuju Kasongan, kemudian menuju ke Desa Krebet.

Ketika Anda sudah sampai di persimpangan jalan ambil lah arah menuju ke Desa Bangunjiwo. Setelah sampai di Desa Bangunjiwo Anda bisa bisa bertanya kepada warga sekitar mengenai lokasi tempat wisata.

Agar bisa lebih mudah tiba di lokasi, Anda bisa manfaatkan layanan rental innova Jogja plus sopir terdekat. Sopir yang bertugas siap mengantar Anda langsung ke lokasi dan berbagai destinasi lain selama liburan di Jogja.

Jam Buka Kedung Pengilon

Kedung Pengilon buka selama 24 jam penuh setiap hari mulai dari Senin hingga Minggu. Dengan begitu Anda bisa datang kapan pun Anda mau, namun waktu terbaik biasanya pagi hari saat akhir pekan karena Anda bisa sekaligus berolahraga.

Selain itu, Anda juga punya lebih banyak waktu untuk membeli sejumlah oleh-oleh khas Jogja yang Anda mau. Sehingga liburan di Jogja pun akan terasa semakin menyenangkan dan tentunya berkesan.

Daya Tarik Kedung Pengilon

Air terjun ini punya pesona yang tidak kalah dari Kedung Pedut dengan view menawan. Berikut ini beberapa daya tarik lain yang bisa Anda dapatkan saat mengunjungi air terjun hits di Bantul ini

Menikmati View Indah

Ketenaran air terjun ini mulai terlihat saat banyak foto-foto apik air terjun ini muncul di sosial media. Pemandangan indah air terjun ini menjadi daya tarik utama yang membuat banyak wisatawan tertarik datang.

Kolam air terjun yang jernih berwarna hijau tosca tampak begitu cantik saat terkenal pantulan matahari. Selain itu, tebing air terjun yang tampak seperti payung juga menambah keindahan pemandangan di kawasan ini.

Pepohonan sekitar yang hijau juga ikut mempercantik panorama sekitar dan membuat sejuk suasana. Sehingga tempat ini sangat pas untuk Anda yang ingin bersantai sambil menikmati view indah alam yang masih asri.

Tempat Pas Menenangkan Diri

Jika Anda sedang mencari tempat liburan yang dapat memberikan suasana ketenangan maka tempat ini sangat pas. Suasana masih sangat sepi karena memang masih belum banyak yang tahu namun tetap terasa menenangkan dan menyenangkan.

Selain itu udara yang sejuk serta suara gemericik air juga menjadi musik yang sangat menenangkan pikiran. Sambil menenangkan diri Anda bisa menikmati berbagai camilan yang sering jadi oleh-oleh khas Jogja untuk menemani waktu bersantai.

Berenang Bermain Air

Aktivitas Seru di Kedung Pengilon

Bermain ke air terjun ini tentu kurang lengkap jika tidak berenang dan bermain air. Airnya yang jernih dan segar seperti memanggil pengunjung yang datang untuk langsung menyeburkan diri ke kolam air terjunnya.

Kedalaman kolam air terjun ini pun bervariasi sehingga cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa. Selain itu, ukuran kolam ini juga sangat luas sehingga Anda bisa bebas berenang dari ujung ke ujung kolam.

Trekking Seru Melintasi Alam

Sebelum tiba di kawasan air terjun, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu melewati jalan setapak cukup panjang. Jaraknya hanya sekitar beberapa puluh meter saja atau memerlukan waktu kurang lebih 5 sampai 10 menit.

Meski terlihat pendek, Anda tetap perlu siapkan fisik sebab jalurnya cukup menanjak dan licin. Selain itu, selama trekking Anda dapat melihat keindahan alam dan sungai yang mengalir menuju air terjun sehingga tidak akan terlalu merasa lelah.

Memiliki Cerita Tersendiri

Tidak hanya memiliki panorama alam yang mempesona, tempat ini juga punya cerita menarik. Cerita tersebut berkaitan dengan penunggu kawasan air terjun yakni Nini Blorang yang sering mengganggu pengunjung yang jahil.

Konon katanya jika ada pengunjung yang berniat jahat atau jahil sosok Nini Blorang ini akan menampakkan diri. Kesan mistis tempat ini pun semakin terasa saat Ritual Kendari kerap berlangsung di kawasan ini.

Fasilitas di Kawasan Kedung Pengilon

Fasilitas Kedung Pengilon

Meski termasuk tempat wisata yang cukup terpencil, fasilitas yang ada di sini lumayan banyak. Misalnya saja seperti area parkir yang cukup luas dan dapat menampung mobil maupun kendaraan bermotor.

Selain itu Anda juga dapat menemukan kamar mandi umum dan tempat penyewaan ban saat akan berenang. Bahkan warung makan yang menyediakan berbagai makanan khas Jogja pun sudah  tersedia.

Sebagai tambahan Anda harus tetap menjaga kebersihan ketika berada di tempat ini. Mengingat tempat ini masih sangat asri sehingga sangat perlu keasriannya untuk selalu dijaga.

Nikmati juga keseruan lain dengan mengunjungi tempat wisata hits di Jogja bersama Salsa Wisata. Dengan berbagai layanan seperti rental mobil dan paket wisata pilihan Anda bisa dapatkan momen liburan yang mudah dan berkesan.

Jadi tunggu apalagi hubungi Salsa Wisata sekarang dan wujudkan liburan yang Anda inginkan.



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)