SalSari Resto & Coffee

Jalan-jalan saat akhir pekan ataupun saat musim liburan tiba memang menyenangkan. Bagi yang ingin berlibur, Anda bisa singgah ke wisata Masjid 99 Kubah Makassar sebagai salah satu rekomendasi tempat wisata religi dan tempat favorit para pengunjung muslim untuk beribadah.

Di Masjid 99 Kubah ini, pengunjung bisa menjalankan ibadah sholat atau sekedar mampir untuk berwisata saja. Sebab, masjid ini terkenal memiliki keindahan yang menakjubkan bagi wisatawan yang belum mengetahuinya.

Terlebih masjid ini merupakan maha karya dari Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yang memiliki jiwa seni tinggi. Sehingga banyak orang berlomba-lomba datang ke tempat wisata Makassar Instagramable ini untuk mengobati rasa penasarannya akan pesona masjid.

Penasaran dengan hal menarik apa saja yang tersimpan di wisata religi ini? Silahkan Anda simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Masjid 99 Kubah

masjid 99 Kubah makassar

Masjid 99 Kubah ini merupakan ikon terbaru kota Makassar. Masjid ini adalah tempat ibadah sekaligus tempat wisata yang berada di dekat Pantai Losari Makassar dengan pemandangan yang indah.

Sesuai dengan namanya, sekeliling masjid ini berupa 99 kubah dengan bangunan berbagai ukuran. Jumlah 99 kubah ini melambangkan Asmaul Husna yang terdiri dari 99 nama Allah agar umat Islam selalu mengingat akan keagungan nama-nama Allah.

Wisata Religi ini juga termasuk salah satu masjid terbesar yang ada di Sulawesi Selatan dan salah satu dari tiga puluh masjid yang terindah di dunia serta salah satu dari sepuluh masjid terindah di Indonesia.

Menariknya, arsitektur yang mendesain masjid agung ini berasal dari seorang Gubernur Jawa Barat yaitu Ridwan Kamil. Pembangunan masjid ini mulai berproses pada tahun 2017 dan pada 12 Maret 2022 terjadi peresmian masjid ini.

Harga Tiket Masuk Masjid 99 Kubah

Meskipun bukan hanya sebagai tempat ibadah saja, tetapi sekaligus berfungsi sebagai tempat wisata religi, wisatawan yang ingin berkunjung ke Masjid 99 Kubah ini tidak perlu menyiapkan budget khusus untuk tiket masuk. Sebab tidak ada pungutan biaya sama sekali alias gratis ketika Anda berkunjung ke masjid ini.

Namun bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, maka Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000,00-Rp5.000,00. Destinasi ini pastinya bisa menjadi alternatif liburan murah tanpa perlu budget besar.

Anda hanya perlu menyiapkan budget khusus untuk membeli oleh-oleh khas Makassar makanan. Supaya liburan Anda semakin berkenang, buah tangan dapat menjadi pengingat bahwa Anda pernah mengunjungi suatu tempat wisata.

Rute Menuju Lokasi Masjid 99 Kubah

masjid 99 Kubah

Alamat masjid ini terletak di Jalan Penghibur No. 289, Losari, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Masjid ini terletak di kawasan dekat Pantai Losari. Jadi Anda bisa singgah ke masjid ini saat melakukan perjalanan ke Pantai Losari.

Bagi pengunjung yang akan berkunjung ke masjid ini dengan kendaraan pribadi, rute terbaik untuk Anda tempuh menuju masjid ini dengan melewati Jalan Monginsidi dari arah pusat Kota Makassar.

Gunakan rental mobil Pajero Makassar plus driver untuk mengantarkan Anda menuju destinasi wisata ini. Waktu perjalanannya sekitar 20 menit dengan jarak 4 km dari tengah Kota Makassar.

Kondisi jalan menuju wisata religi ini cukup memadai dan layak. Anda bisa dengan mudah melewatinya. Jalan yang beraspal dan lebar membuat pengunjung bisa menaiki kendaraan apapun untuk melewati rute ini.

Fasilitas Masjid 99 Kubah

Masjid hits Makassar ini memiliki fasilitas yang cukup memadai dan nyaman bagi para pengunjung serta para jamaah yang hendak beribadah di masjid. Fasilitas masjid yang indah ini tidak jauh berbeda dengan masjid pada umumnya.

Adapun fasilitasnya adanya toilet yang bersih, tempat sampah, tempat wudhu, alat sholat lengkap serta ruangan sholat yang terpisah antara laki-laki dan perempuan. Bahkan kenyamanan untuk beribadah begitu memuaskan. Desain arsitektur indah dan susunan bangunan yang anggun membuat para jamaah nyaman beribadah.

Warung-warung makan di sekeliling masjid juga turut meramaikan masjid ini yang selalu datang pengunjung. Beberapa orang menghabiskan senja Makassar atau sembari menyaksikan atraksi air mancur, sekaligus menikmati makanan khas Makassar kekinian.

Area parkir yang cukup luas karena masjid ini selalu ramai dikunjungi banyak orang yang membawa kendaraan pribadi, mulai dari motor, mobil hingga bus pariwisata. Ada area taman bermain untuk anak-anak juga di halaman masjid ini.

Selain itu juga ada warung-warung makan dan beberapa pusat oleh-oleh khas Makassar terdekat yang bisa Anda beli. Misalnya seperti Kacang Sembunyi, Kopi Toraja, dan makanan lainnya.

Daya Tarik Masjid 99 Kubah

Ikon menarik, unik dan indah ini tentunya membuat para wisatawan ingin berkunjung ke masjid ini. Masjid 99 Kubah yang terkenal ini memiliki daya tarik tersendiri. Seolah keindahannya tidak boleh Anda lewatkan begitu saja saat singgah ke Makassar. Berikut ini merupakan hal-hal menarik dari masjid agung ini.

Arsitektur Kubah yang Unik

wisata masjid 99 Kubah

Hal menarik pertama dari Masjid 99 Kubah ini yaitu masjid ini tampak seperti masjid-masjid yang ada di Turki. Masjid ini mempunyai luas sekitar 72 x 45 meter persegi. Warna masjid ini begitu colorfull dengan warna-warna yang cerah, ada warna merah, kuning, jingga, putih, biru dan lain-lain.

Masjid ini terdiri dari rubanah, lantai dasar, dan lantai atas dengan suguhan desain arsitektur modern klasik dan futuristik. Konsep desain yang diusung oleh Ridwan Kamil memang bertema Asmaul Husna dengan ornamen kaligrafi kufi yang tegak lurus.

Tempat Ibadah yang Instagramable

tempat sholat masjid 99 Kubah

Bangunan masjid yang indah dan beberapa ornamennya begitu menarik perhatian para wisatawan untuk berfoto ria. Apalagi arsitektur bangunannya cocok sekali dijadikan latar belakang foto yang berkesan untuk dibagikan di media sosial seperti Instagram.

Pengunjung juga bisa berfoto dengan view gedung-gedung bertingkat yang ada di sekitar masjid. Pemandangan indah lainnya seperti Pantai Losari dapat Anda nikmati dari lantai atas masjid.

Beberapa taman hijau dengan tumbuhan dan kursi santai menghadirkan suasana menyejukkan dan cocok untuk berfoto. Anda bisa duduk di taman masjid sembari menikmati aneka kuliner khas Makassar yang dijual di depan masjid.

Pesona 99 Kubah Masjid

kubah 99 makassar

Masjid ini terdiri dari kubah berjumlah 99 yang melambangkan jumlah Asmaul Husna. Menariknya, kubah yang tersusun tersebut tidak hanya berbentuk kubah setengah lingkaran saja, tetapi terdiri dari kubah dan dinding tabung yang mini.

Kubah tersebut sengaja ditata dan disusun secara bertingkat sampai pada atap paling atas berupa kubah paling besar. Warna yang mendominasi paduan antara kuning, jingga, dan merah.

Ketika malam hari, warna nyentrik kubah ini seakan hidup di malam hari. Di antara gelapnya langit malam, kubah ini seperti jadi penerang di tengah kegelapan. Sebab di kubah-kubah tersebut memang tersemat penerangan lampu.

Air Mancur

air mancur masjid 99 Kubah

Masjid ini memiliki area yang cukup luas. Daya tampungnya saja bisa mencapai sekitar 13.000 jamaah, yaitu 3.000 jamaah di dalam ruangan serta 10.000 jamaah di pelataran masjid.

Lahan outdoor masjid terdapat air mancur yang sekarang menjadi wahana favorit. Berbeda dengan air mancur dari Masjid Atta’awun yang seperti air mancur biasa. Air mancur di masjid ini memeriahkan para pengunjung dengan pertunjukan tarian air mancur.

Air mancur cantik yang menyambut kedatangan pengunjung akan memanjakan para wisatawan. Setiap malam, pasca matahari tenggelam selama 30 menit, air mancur akan beratraksi dengan tarian yang menawan.

Jam Operasional Masjid 99 Kubah

Anda bisa berkunjung ke masjid ini setiap saat dan kapan pun karena jam operasional masjid ini dibuka setiap hari yaitu pukul 04.00-23.00 WITA. Namun bagi pengunjung yang ingin menikmati panorama yang indah serta suasana yang menyejukkan, Anda bisa datang di pagi hari ataupun di sore hari.

Apabila ingin menyaksikan atraksi air mancur, silahkan datang saat senja. Anda bisa sekalian melaksanakan sholat maghrib di masjid ini. Pasca maghrib, pertunjukan air mancur siap menemani malam Anda di masjid ini.

Berwisata yang menyenangkan dan tetap ingat waktu ibadah sholat bisa Anda dapatkan selama liburan travelling melalui biro perjalanan seperti Salsa Wisata. Berbagai pilihan paket liburan keluarga yang murah meriah serta siap menawarkan perjalanan liburan terbaik Anda.

Terlebih ada paket wisata yang bisa Anda customize sesuai dengan destinasi wisata yang Anda inginkan. Tunggu apalagi, yuk liburan dan berwisata bersama Salsa Wisata yang akan menemani perjalanan terbaik Anda!

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (8 votes)