SalSari Resto & Coffee

Kalau sedang berwisata ke Denpasar, Bali, jangan cuma menikmati Pantai Kuta saja. Pasalnya, Bali itu tidak cuma pantai dan pura belaka. Ada juga tempat-tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi. Kalau Anda ingin berkunjung ke tempat wisata alternatif, Anda bisa datang ke Monumen Bajra Sandhi.

Monumen ini merupakan salah satu tempat wisata hits di Bali dengan latar belakang sejarah. Tempat ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Bali bagi Indonesia. Monumen ini dibuat lengkap dengan berbagai ornamen khas Bali. Berdiri di lahan yang cukup luas, Bajra Sandhi juga ada banyak tanaman di taman yang cantik.

Sekilas Tentang Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi

Monumen ini dibangun oleh seorang arsitektur sekaligus seniman yang bernama Ir. Ida Bagus Gede Yadnya. Rupanya, arsitektur ini merupakan hasil kompetisi di tahun 1981. Desain dari beliau merepresentasikan arti hari kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945.

Monumen ini punya 17 gerbang pintu masuk, 8 pilar, dan monumen setinggi 45 meter. Awal pembangunannya di tahun 1981, sempat terhenti sejenak, dan baru mulai lagi di tahun 1987.

Monumen Bajra Sandhi berdiri di lapangan Niti Mandala Renon. Ini adalah lapangan hijau yang sangat luas. Melansir dari situs denpasarkota.go.id, monumen ini berdiri di atas lahan seluas 13,8 hektar dengan luas bangunan 49.000 meter persegi.

Monumen ini baru resmi pada tanggal 14 Juni 2013, oleh presiden Indonesia pada saat itu, ibu Megawati Soekarno Putri. Nah, di depan monumen inilah sering untuk parade pesta kesenian Bali yang rutin ada setiap tahun.

Lapangan Niti Mandala Renon sendiri oleh warga sekitar sering untuk tempat olahraga. Jangan heran kalau lapangan ini selalu ramai orang yang main sepakbola atau jogging, apalagi di sore hari.

Jika Anda penasaran, monumen ini dinamakan Bajra Sandhi karena berasal dari dua kata Bali. Bajra yang berarti Genta, dan Sandhi yang artinya Suci.

Kalau dari bentuknya, memang monumen ini tampak seperti Genta Suci yang sering digunakan para pemuka agama Hindu saat sembahyang.

Fasilitas Monumen Bajra Sandhi

wisata Monumen Bajra Sandhi bali

Secara keseluruhan, monumen bersejarah ini punya fasilitas yang lengkap, sama seperti tempat wisata modern lainnya. Fasilitas umumnya mencakup toilet, lahan parkir yang luas, perpustakaan, taman yang luas untuk berolahraga, dan tempat untuk beristirahat.

Sedangkan untuk fasilitas penunjang, ada kantin yang menyajikan berbagai kuliner khas Bali halal. Ada kolam ikan untuk Anda yang ingin rileks bersama anak-anak di tepi kolam.

Harga Tiket Masuk Monumen Bajra Sandhi

Jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya di Bali, monumen Bajra Sandhi tidak mahal, kok, tiket masuknya. Berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk dewasa Rp25.000,00
Tiket masuk anak-anak Rp10.000,00
Tiket masuk pelajar Rp2.000,00
Tiket masuk mahasiswa Rp5.000,00

Rute Menuju Monumen Bajra Sandhi

spot foto Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi ada di pusat kota Denpasar. Tidak sulit, kok, menemukannya. Aksesnya pun mudah. Lokasi tepatnya ada di Jalan Raya Puputan. Jaranya cuma sekitar 15 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Jika Anda berangkat dari Ubud atau Seminyak, kami sarankan untuk menggunakan rental mobil Innova plus driver dari Salsa Wisata menawarkan banyak pilihan mobil untuk Anda. Anda bisa dijemput langsung di bandara atau di tempat lainnya di seantero pulau Bali.

Kami sarankan untuk memesan mobil plus sopir, jadi Anda bisa liburan di Bali dengan maksimal. Bukan cuma mengunjungi tempat-tempat wisata saja, tapi juga beli oleh-oleh khas Bali kekinian dan wisata kuliner juga.

Daya Tarik Monumen Bajra Sandhi

Sama seperti Museum Bali, tempat bersejarah ini tidak pernah sepi wisatawan, bahkan pada hari kerja sekalipun. Tidak heran, soalnya monumen Bajra Sandhi ini punya banyak daya tarik yang membuat pengunjung penasaran. Di antaranya adalah:

Arsitektur Bangunan yang Unik

arsitektur Monumen Bajra Sandhi

Ini adalah daya tarik utama yang ada di monumen yang satu ini. Arsitekturnya berbeda dengan monumen-monumen lainya. Kalau monumen lain bangunannya terlihat modern, yang satu ini justru bangunannya tradisional dan mirip seperti candi.

Meski tradisional, bangunannya tetap megah. Berbeda sendiri dari bengunan-bangunan di sekitarnya membuat monumen ini tampak menonjol di tengah kota. Jadi, Anda tidak perlu kesulitan mencari tempatnya. Ini adalah ikon kota Denpasar, apalagi di wilayah Renon.

Pohon-pohon Rindang di Sekelilingnya

pohon-pohon di Monumen Bajra Sandhi

Pepohonan inilah yang membuat monumen ini terlihat begitu sejuk dan teduh. Pohon-pohon dengan ketinggian bervariasi mengelilingi bangunan lapaan, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika datang ke sini di siang hari.

Saking banyaknya pepohonan rindang di sekitar lapangan dan monumen, tempat ini juga sering disebut sebagai paru-paru kota Denpasar. Bukan cuma pohon saja, monumen ini juga berdiri di tengah lapangan berumput hijau.

Karena tempatnya memang teduh, asri, dan rindang, maka lapangan di sekitar monumen ini sering untuk acara penting. Dari mulai upacara hari besar sampai konser musik, semua sering diadakan di sini.

Monumen yang Megah

Monumen Bajra Sandhi Bali

Di antara pohon-pohon yang menjulang, monumen ini berdiri paling tinggi, mengalahkan semua pohon. Kalau dari bawah, monumennya tampak megah dan menakjubkan.

Bagian bawah monumen ini dibangun sebuah ikon berbentuk kura-kura. Kura-kura ini mengelilingi banyak bangunan di monumen. Bukan cuma itu, ada juga satu ukiran dengan bentuk seperti lilitan naga.

Ukiran unik ada ada tepat di atas monumen. Anda harus melihat sendiri bagaimana semua ukiran dan bangunan saling melengkapi untuk mendukung kemegahan Bajra Sandhi.

Ruang Pameran

diorama Monumen Bajra Sandhi

Monumen ini terdiri dari beberapa lantai, dan tiap lantai diisi dengan ruangan-ruangan yang sangat menarik. Salah satu ruangan yang selalu ramai pengunjung yaitu ruang pameran.

Di sini, Anda bisa melihat berbagai diorama. Diorama itu adalah replika cerita perjuangan masyarakat Bali dalam mempertahankan tanah kelahirannya.

Ada juga beberapa foto pahlawan yang dipamerkan. Semua itu bisa membantu pengunjung untuk mempelajari sejarah, utamanya sejarah Bali. Banyak hal di sini yang bisa Anda pelajari langsung, yang tidak ada di buku pelajaran mana pun.

Perpustakaan

Kalau Anda suka membaca, khususnya buku-buku sejarah, Anda wajib mampir ke ruang perpustakaan di monumen ini. Buku-buku sejarahnya lengkap.

Selain koleksi buku, ada juga benda-benda peninggalan masa lalu yang bisa Anda lihat. Buku-buku tersebut bisa Anda baca di tempat. Perpustakaannya luas dan nyaman, bisa membuat Anda betah baca buku berjam-jam.

Jam Operasional Monumen Bajra Sandhi

Monumen Bajra Sandhi buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 18.00 WITA. Kami sarankan untuk mengunjungi museum ini di pagi hari saat baru buka, atau sore hari di jam 15.00 WITA. Di waktu-waktu tersebut, pengunjung tidak terlalu banyak, jadi Anda bisa lebih santai.

Ingin mengelilingi pulau Bali tanpa repot? Anda bisa gunakan paket tur Bali 3 hari murah dari Salsa Wisata. Paket ini mencakup beberapa destinasi wisata populer di Bali.

Anda bisa pilih, paket mana yang ingin Anda pesan berdasarkan objek wisatanya. Namun, bisa juga Anda menentukan tempat wisata yang ini Anda kunjungi. Tim Salsa Wisata akan mengaturnya untuk Anda.

 



By Categories: Bali, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)