SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Ada banyak museum unik yang bisa Anda temukan di Jogja salah satunya Museum Gunung Merapi. Museum ini dibuat sebagai sarana edukasi sejarah menarik yang khusus membahas aktivitas vulkanik terutama gunung Merapi.

Berbagai informasi mengenai Gunung Merapi bisa Anda dapatkan saat mengunjungi destinasi wisata Sleman ini. Koleksi langka sisa erupsi hingga miniatur dan diorama mengenai gunung Merapi di sini akan sangat menambah wawasan Anda.

Museum ini dan objek wisata seru lainnya bisa Anda kunjungi dengan memanfaatkan paket tour Jogja dari Salsa Wisata. Selain dapat liburan dengan murah dan mudah, Anda pun dapat menikmati liburan sambil tetap menambah wawasan.

Sejarah Museum Gunung Merapi

Museum Merapi atau yang sering disingkat dengan sebutan MGM ini dibangun untuk tujuan edukatif. Menempati lahan seluas 3.5 hektar, bangunan museum yang unik dan megah ini berdiri.

Jaraknya hanya sekitar 8 km dari Merapi sehingga pemandangan indah gunung api ini bisa Anda lihat dengan jelas. Peresmian museum gunung api Merapi ini berlangsung pada tanggal 1 Oktober 2009 dan dipimpin langsung oleh Menteri ESDM saat itu, Purnomo Yusgiantoro.

Agar informasinya dapat tersampaikan ke semua kalangan, konsep museum ini pun sengaja dibuat rekreatif edukatif seperti Taman Pintar Yogyakarta. Sehingga wisatawan yang datang bisa tetap bersenang-senang sambil belajar.

Fakta menarik lain dari museum ini yaitu selang 1 tahun peresmiannya, tepatnya tanggal 26 Oktober 2010 merapi kembali erupsi. Bahkan letusan Merapi tahun 2010 ini disebut sebagai letusan terbesar dan terburuk bagi gunung ini.

Lebih dari 300 orang menjadi korban termasuk sosok Mbah Maridjan juru kunci Merapi. Dari kejadian ini ketenaran museum Merapi Jogja ini pun kembali jadi perhatian.

Harga Tiket Masuk Museum Gunung Merapi

Berbagai informasi menarik di museum gunung Api ini bisa Anda dapatkan cukup dengan membayar tiket masuk. Harganya pun sangat terjangkau termasuk untuk ruang audio visualnya.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Lokal Rp5.000,00
Tiket Masuk Ruang Audio Visual Wisatawan Domestik Rp5.000,00
Tiket Masuk Wisatawan Asing Rp10.000,00
Tiket Masuk Ruang Audio Visual Wisatawan Asing Rp20.000,00

Harga yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah. Namun daftar ini bisa Anda jadikan patokan dan persiapan sebelum mengunjungi museum ini.

Kunjungi pula berbagai museum serta tempat wisata menarik dengan paket liburan keluarga dari Salsa Wisata. Harga yang terjangkau namun dengan pelayanan maksimal akan sangat memudahkan perjalanan liburan Anda.

Jelajah Museum Gunung Merapi

Dengan luas bangunan yang mencapai 4.470 meter persegi, museum ini terbagi menjadi beberapa area. Setiap ruangan menawarkan keseruan yang berbeda berikut ini beberapa diantaranya:

Ruang Koleksi Museum

Koleksi Museum Gunung Merapi

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Saat pertama kali masuk museum, Anda akan langsung disambut miniatur merapi di tengah lantai 1. Beberapa kali museum ini juga akan mengeluarkan asap layaknya merapi yang asli.

Lalu jika Anda berkeliling, ada beberapa ruangan kecil yang menggambarkan sejarah letusan merapi. Mulai dari letusan tahun 1996, 1994, 2006, dan yang terbaru 2010.

Material batu yang keluar dari merapi, barang-barang sisa milik warga, dan foto-foto pada waktu itu terpajang rapi. Selain itu ada pula peralatan pemantauan aktivitas vulkanik yang bisa Anda lihat langsung di sini,

Nama-nama dan patung relawan yang gugur saat membantu evakuasi erupsi juga terdapat di lantai satu ini. Segala informasi mengenai gunung api lain juga bisa Anda dapatkan di sini.

Lantai satu museum ini akan menambah banyak wawasan Anda mengenai gunung api dan bencana alam dengan kemasan interaktif yang menarik.

Ruang Auditorium

Di lantai satu museum juga terdapat ruang auditorium yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai acara. Ruangan ini bisa Anda sewa untuk acara seperti rapat, seminar, perpisahan, atau lainnya.

Biasanya rombongan sekolah sering memanfaatkan ruang ini sebagai tempat perpisahan. Bisa juga untuk lomba-lomba dari dinas atau perusahaan yang bertema edukasi.

Selain dapat melaksanakan acara dengan tenang, Anda juga dapat belajar dan berkeliling di dalam museum. Jika Anda tertarik dapat langsung menghubungi pengelola museum untuk proses bookingnya, atau melalui agen perjalanan seperti Salsa Wisata.

Ruang Audio Visual

Naik ke lantai dua, terdapat ruang home theater atau audio visual untuk para pengunjung. Kapasitas ruangnya cukup besar karena dapat menampung 100 penonton sekaligus.

Di dalam ruang ini, pengunjung dapat menyaksikan film dokumenter mengenai gunung merapi  dengan judul Mahaguru Merapi. Selama durasi 24 menit Anda akan mendapatkan gambaran jelas bagaimana Merapi mempengaruhi kehidupan masyarakat.

Mulai dari segala manfaatnya untuk masyarakat, hingga dahsyatnya amarah Merapi saat erupsi. Untuk Anda yang ingin menyaksikan film ini cukup mengeluarkan biaya Rp5.000,00 per orang.

Open Theater

Museum merapi juga memiliki area open theater di halaman belakangnya. Biasanya area ini dimanfaatkan untuk berbagai acara terutama pentas seni.

Pemandangan indah Gunung Merapi yang menjadi latar dapat terlihat jelas dari kursi penonton. Lokasi ini juga sering digunakan wisatawan sebagai spot berfoto favorit bersama rombongan.

Kios Souvenir

Area terakhir yang tidak boleh terlewat tentu saja Kios Souvenir yang ada di lantai 1 museum ini. Berbagai macam souvenir dan oleh-oleh khas Jogja selain makanan bisa Anda temukan di kios ini.

Contohnya seperti kaos, gantungan kunci, miniatur dan berbagai barang lainnya. Harganya pun cukup terjangkau dan sangat cocok untuk Anda bawa pulang sebagai buah tangan.

Lokasi dan Rute Menuju Museum Gunung Merapi

Lokasi Museum Gunung Merapi

Museum ini terletak di Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Jaraknya pun hanya sekitar 4 km dari lokasi Museum Ullen Sentalu atau sekitar 10 menit perjalanan berkendara.

Jika Anda datang dari arah Kota, bisa langsung menuju utara melewati Jl. Kaliurang. Lalu saat berada di persimpangan Km. 22 belok kiri ke Jl. Benteng, dari sini sudah ada petunjuk jalan yang mengarahkan langsung ke museum.

Namun untuk Anda yang tidak mau repot atau tidak tahu jalan, bisa manfaatkan petunjuk dari Google Maps. Bisa pula dengan menggunakan layanan sopir dari rental avanza Jogja yang tersedia.

Selain dapat langsung tiba di lokasi, masih banyak keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan. Mobil yang nyaman, sopir lokal yang ramah, dan harga yang murah beberapa diantaranya.

Jam Operasional Museum Gunung Merapi

Tidak ada hari khusus untuk Anda mengunjungi museum ini. Sebab Museum Merapi buka setiap hari mulai dari Senin hingga Minggu.

Namun jam operasionalnya berbeda khusus untuk hari Jumat. Bila hari biasa buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 14.30 WIB, saat Jumat museum hanya buka sampai 11.30 WIB

Waktu terbaik untuk berkunjung tentu saja saat pagi hari dan cuaca cerah. Udara yang masih segar dan pemandangan indah Merapi masih terlihat jelas.

Ditambah lagi Anda masih bisa menikmati makanan khas Jogja seperti Jadah Tempe atau Gudeg yang tersedia untuk sarapan. Jadi selain bisa mendapatkan foto cantik Merapi perut Anda ikut kenyang dan siap menjelajah museum.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Jogja



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)