SalSari Resto & Coffee

Ada banyak tempat wisata Sleman Yogyakarta sudah sangat terkenal sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Bahkan, ketenaran serta keindahannya sudah diakui hingga mancanegara.

Hampir setiap sisi Yogyakarta memiliki destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi seperti misalnya di Sleman. Kabupaten di sisi utara Jogja ini menyimpan banyak sekali potensi wisata yang sayang sekali bila terlewatkan.

Mulai dari wisata sejarah dan budaya, wisata alam, hingga taman rekreasi seru bisa Anda temukan di Sleman, dan berikut ini telah kami rangkum berbagai macam tempat wisata terbaik di Sleman yang sudah buka bisa Anda kunjungi saat berada di Jogja:

Daftar Tempat Wisata Sleman Populer

Untuk Anda yang ingin menikmati wisata sejarah di Jogja, Sleman merupakan destinasi yang tepat. Sebab di sini Anda bisa menemukan banyak tempat bersejarah yang bisa Anda kunjungi dan berikut beberapa diantaranya:

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Destinasi pertama yang sangat populer di Sleman adalah Candi Prambanan. Candi peninggalan wangsa Sailendra ini merupakan komplek candi Hindu terbesar di Indonesia dan telah berusia lebih dari 1.000 tahun.

Meski telah berumur, keindahan dari candi ini tidak pernah memudar. Anda bisa bebas berfoto menikmati panorama menawan dari Candi Prambanan.

Ketenaran candi ini didukung juga dengan cerita rakyat tentang Roro Jonggrang. Sehingga banyak wisatawan yang datang penasaran ingin melihat langsung bentuk candi dalam cerita tersebut. Tempat wisata jogja hits ini menjadi yang terpopuler dikalangan wisatawan lokal maupun luar daerah.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Masih di kawasan Prambanan, Anda bisa mengunjungi Candi yang tidak kalah terkenal yakni Candi Ratu Boko. Bangunan candi yang unik dan pemandangan yang indah jadi daya tarik utama tempat ini.

Tempat wisata Sleman hits ini selalu menjadi pilihan wisatawan yang ingin mendapatkan foto cantik selama liburan. Suasana saat matahari terbenam jadi waktu terbaik untuk Anda mengunjungi Candi Ratu Boko.

Jadi selain Anda dapat belajar mengenai sejarah candi, Anda juga bisa memiliki foto menarik untuk diupload ke sosial media.

Candi Ijo

Candi Ijo

Tidak jauh dari Ratu Boko, Anda bisa mengunjungi Candi Ijo, candi tertinggi di Jogja. Letaknya yang berada di ketinggian membuat candi ini termasuk salah satu tempat wisata Selman terbaik menikmati sunset.

Tiga bangunan candi yang artistik menjadi spot foto favorit banyak wisatawan. Ditambah dengan latar kota Jogja yang menawan saat malam hari, foto Anda pasti akan jadi sangat apik.

Sambil bersantai dengan suasana alam sekitar yang asri, liburan Anda di Candi Ijo ini akan sangat berkesan. Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Sleman dari biro travel lokal yang ada di Jogja.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu

Selain candi, Sleman juga memiliki museum yang sangat menarik yakni Museum Ullen Sentalu. Museum ini berisi berbagai peninggalan keluarga bangsawan dari Kerajaan Mataram hingga sekarang.

Barang-barang seperti gamelan, batik, patung, serta peninggalan lainnya bisa Anda temukan di sini. Arsitektur museum yang unik semakin menambah seru kunjungan Anda ke tempat wisata Sleman terdekat ini.

Sayangnya saat masuk ke dalam bangunan museum pengunjung tidak boleh merekam dan mengambil gambar apapun. Meski begitu keindahan bagian luar museum ini sudah cukup menarik untuk Anda jadikan spot berfoto.

Candi Kalasan

Candi Kalasan

Cagar budaya di Sleman yang juga menarik untuk Anda kunjungi adalah Candi Kalasan atau Candi Kalibening. Candi dengan corak campuran Hindu Budha ini memiliki bentuk yang sedikit berbeda dari Candi Prambanan.

Salah satu ciri khasnya terletak pada hiasan yang ada di candi. Pada bagian atap terdapat stupa yang mirip dengan stupa di Candi Borobudur.

Selain itu beberapa bagian candi yang sudah tidak berbentuk memberi kesan otentik yang khas. Jadi meski tidak utuh, Anda tetap bisa menikmati keindahan dari Candi Kalasan ini.

Candi Sambisari

Candi Sambisari

Yogyakarta juga memiliki candi unik lain yang bisa Anda kunjungi di kawasan Sleman yaitu Candi Sambisari. Candi ini terletak 6 meter di bawah permukaan tanah dan dapat terlihat indah dari atas.

Di candi ini, selain dapat belajar sejarah, Anda juga bisa bersantai dan menikmati wisata kuliner khas Jogja yakni Soto Batok. Wisatawan yang datang pun sering menjadikan kawasan candi yang asri sebagai tempat berolahraga.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Candi Sambisari biasanya saat pagi atau sore hari. Sebab pada waktu tersebut, cahaya matahari tidak terlalu panas dan pencahayaannya sangat pas untuk berfoto.

Monumen Yogya Kembali

Monumen Yogya Kembali

Monjali atau monumen Jogja kembali ini termasuk salah satu ikon wisata dari kota Gudeg. Di dalam bangunan berbentuk gunungan ini tersimpan sejarah perjuangan pahlawan pada masa kemerdekaan.

Selain dijadikan sebagai museum, monjali juga bisa menjadi tempat wisata Sleman populer yang seru. Anda bisa mencoba berbagai wahana seru seperti perahu bebek, egrang, dan sejumlah permainan tradisional lainnya.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung bisa datang saat pagi hari. Sebab museum hanya dibuka hingga pukul 14.00 WIB.

Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi

Berbeda dengan museum pada umumnya, Museum Gunung Api Merapi ini menyajikan berbagai informasi berkaitan dengan aktivitas Merapi. Mulai dari sejarah terbentuknya hingga letusan erupsi yang pernah terjadi.

Selain itu, Anda juga bisa melihat sisa-sisa letusan yang pernah terjadi. Disini wisatawan yang datang akan belajar banyak mengenai vulkanologi dengan sangat menyenangkan.

Bentuk museum yang unik berlatar gunung Merapi juga bisa menjadi spot foto yang menarik untuk mengisi waktu liburan Anda.

Museum Affandi

Museum Affandi

Seperti namanya, museum ini dibuat untuk mengenang karya sang maestro lukis Indonesia, Affandi. Tidak hanya berisi lukisan saja, disini Anda juga akan diajak mengenal lebih dekat siapa sosok Affandi sebenarnya.

Berbagai barang peninggalan sang maestro bisa Anda temukan di dalam museum. Mulai dari mobil kesayangan hingga sandal jepit yang sering beliau gunakan.

Sendratari Ramayana

Pertunjukan Sendratari Ramayana

Anda yang ingin menikmati Candi Prambanan dan pentas seni secara bersamaan bisa datang menonton Sendratari Ramayana.

Pentas seni ini menampilkan cerita epik Rama dan Sinta dengan latar belakang candi yang megah. Suasana malam Jogja yang syahdu akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Anda juga bisa menemukan pedagang yang menjual makanan khas Jogja selain gudeg di sekitar area objek wisata ini.

Candi Sari

Candi Sari

Selain Candi Kalasan, Candi Sari juga termasuk candi bercorak Buddha yang bisa Anda temukan di Jogja. Dari bentuknya candi ini cukup berbeda dengan bentuk candi pada umumnya.

Keunikan bentuk candinya inilah yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang. Disini Anda bisa berfoto dan bersantai di tamannya yang begitu asri.

Gua Jepang

Gua Jepang

Jogja juga mempunyai banyak goa bersejarah salah satunya goa jepang di Kaliurang. Goa ini tersembunyi di balik hutan gunung merapi yang lebat.

Jadi selain dapat belajar mengenai sejarah Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang asri. Tempat wisata Sleman yang terkenal ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai dan rehat sejenak dari suasana kota.

Candi Abang

Candi Abang

Berbeda dengan candi pada umumnya yang menggunakan batu andesit, candi abang justru memakai batu bata sebagai pondasi bangunan. Uniknya lagi sisa bangunan candi ini sudah tertutup dengan tanah sehingga terlihat seperti sebuah bukit hijau yang indah.

Wisatawan biasanya menjadikan destinasi ini sebagai tempat berfoto atau bersantai setelah berolahraga. Keindahan bentuk bukit yang menyerupai bukit teletubbies ini jadi alasan dan daya tarik utamanya.

Museum Mini Sisa Hartaku

Museum Mini Sisa Hartaku

Sisa-sisa letusan Gunung Merapi yang dahsyat bisa Anda lihat di museum ini. Barang-barang milik warga yang menjadi korban dipajang dalam berbagai kondisi.

Anda belajar sekaligus membayangkan bagaimana kengerian erupsi pada saat itu. Tempat ini bisa jadi destinasi unik dan menarik untuk Anda kunjungi di Jogja. Sebelum mengunjungi tempat wisata sleman yang terkenal ini, kamu bisa belanja oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama.

Dusun Kinahrejo Rumah Mbah Marijan

Dusun Kinahrejo Rumah Mbah Marijan

Kampung Mbah Marijan yang juga hancur saat letusan, kini juga menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Anda bisa melihat sejumlah barang peninggalan mbah Marijan yang hancur saat letusan terjadi.

Kondisi alam sekitar yang hancur akibat awan panas juga masih bisa Anda lihat di sekeliling.

Candi Barong

Candi Barong

Jika Anda ingin menikmati sunset yang indah, Candi Barong juga bisa jadi destinasi yang tepat. Bentuk candinya sangat mirip dengan Candi Gedong Songo yang ada di Semarang.

Keindahan candi dan momen indah matahari terbenam membentuk pemandangan epik yang menawan. Tempat wisata sejarah di Sleman ini sangat pas untuk Anda yang ingin bersantai dari penatnya rutinitas.

Candi Banyunibo

Candi Banyunibo

Cagar budaya candi bercorak Buddha ini memiliki kondisi yang masih sangat terawat. Arsitektur bangunannya masih lengkap dan bisa Anda lihat secara langsung.

Taman di sekitar candi yang tertata rapi pun sangat indah dan pas untuk bersantai. Anda bisa berfoto dan menikmati suasana sekitar dengan syahdu bersama teman-teman.

Candi Kimpulan

Candi Kimpulan

Jika biasanya candi terletak di perbukitan, Candi Kimpulan ini justru berada di tengah-tengah kampus UII. Lokasinya yang unik tersebut membuat candi ini dikenal juga sebagai Candi UII.

Di sekeliling tempat wisata Sleman gratis ini berdiri bangunan modern perpustakaan kampus. Sehingga pemandangan yang terlihat menjadi sangat kontras dan unik.

Tidak hanya kaya akan wisata sejarah dan budaya, wisata alam di kawasan Sleman termasuk yang terbaik di Jogja. Ada banyak sekali destinasi wisata hits Jogja yang bisa Anda temukan di Sleman, berikut ini beberapa diantaranya:

Tebing Breksi

Tebing Breksi

Tempat wisata Sleman malam hari yang dulunya hanya sebuah tambang batu, kini telah menjadi destinasi wisata Jogja yang instagramable. Keindahan ukiran di batuan serta pemandangan alam sekitarnya menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Waktu sore hari menjelang malam jadi waktu terbaik untuk berkunjung. Sebab dari Tebing Breksi ini Anda bisa menikmati langsung sunset serta pemandangan indah lampu-lampu kota Jogja.

Sambil menikmati keindahan alam tersebut Anda juga bisa bersantai dan mencoba berbagai wisata kuliner Jogja yang tersedia.

The Lost World Castle

The Lost World Castle

Untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus berfoto dengan berbagai spot menarik, tempat ini sangat wajib Anda kunjungi.

Anda bisa berfoto di tengah kastil megah abad pertengahan. Di satu sisi Anda pun dapat bergaya ala bajak laut yang sedang berperang.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata Sleman yang terkenal ini tentu saja saat musim kemarau. Cuaca yang cerah memungkinkan Anda mendapatkan pemandangan indah gunung merapi serta foto yang cantik.

Bunker Kaliadem Merapi

Bunker Kaliadem Merapi

Tempat ini sudah sangat terkenal sebagai salah satu tempat wisata Sleman romantis terbaik untuk menikmati keindahan gunung Merapi. Dari bekas bunker ini Anda dapat dengan jelas melihat keagungan merapi yang berdiri.

Kemudian, Anda juga bisa menjelajah bagian dalam bunker sekaligus belajar sejarahnya yang cukup menarik. Udara sejuk dan dingin khas kawasan pegunungan sangat nyaman untuk bersantai.

Jika Anda ingin berkunjung sebaiknya datang saat pagi hari di musim kemarau. Pada waktu tersebut, Anda bisa mendapatkan pemandangan terbaik dari Gunung Merapi.

Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi

Kawasan Merapi khususnya Kaliurang juga sangat terkenal dengan tour jeep nya. Sambil menggunakan Jeep jadul, Anda akan diajak melihat sisa-sisa letusan dahsyat gunung merapi.

Lava tour Merapi ini sangat cocok untuk Anda yang senang berpetualang. Jalur lava yang sudah mengering jadi tantangan tersendiri saat dilalui.

Terdapat beberapa pilihan paket tour yang bisa Anda pilih. Semua tergantung pemberhentian yang akan Anda kunjungi dengan durasi perjalanan sekitar 2 jam.

Blue Lagoon

blue lagoon jogja

Anda yang senang bermain air, sangat wajib mengunjungi Blue Lagoon. Aliran air yang jernih dan bersih terasa sangat segar saat membasahi tubuh.

Saking jernihnya air sungai ini sering terlihat berwarna biru. Saat berenang Anda bisa melakukan berbagai macam atraksi dengan melompat dari atas tebing atau pohon di sekitar.

Dari segi keamanan tempat ini cukup terjamin. Anda bisa menyewa life jacket dan pelampung dari tempat yang telah disediakan. Namun usahakan untuk tidak berkunjung saat musim hujan karena aliran air dapat menjadi berbahaya.

Bukit Klangon

Bukit Klangon

Alam yang asri dan pemandangan yang indah di Bukit Klangon jadi tempat yang pas untuk Anda berkemah. Dari bukit ini Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan Merapi yang begitu menakjubkan.

Selain camping, tempat ini juga jadi favorit wisatawan yang senang trekking atau bersepeda. Jalur yang menantang akan membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Foto-foto apik yang menarik bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke tempat ini. Supaya mendapatkan pemandangan yang sempurna, Anda wajib datang saat musim kemarau tiba.

Spot Riyadi

Spot Riyadi

Tempat ini merupakan spot terbaik untuk Anda yang ingin menikmati keindahan Candi Prambanan dan Jogja di malam hari. Spot Riyadi ini terletak diatas bukit sisi selatan candi prambanan sehingga pemandangan yang disajikan sangat menakjubkan.

Awalnya tempat instagramable ini merupakan pekarangan rumah milih pak Riyadi. Namun seiring ramainya pengunjung yang datang, spot ini pun menjadi destinasi favorit para fotografer dan wisatawan.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini biasanya saat pagi atau sore menjelang malam. Pemandangan Candi Prambanan, Gunung Merapi, dan lampu-lampu Jogja bisa Anda lihat dengan jelas saat cuaca cerah.

Lava bantal

Lava bantal

Objek wisata satu ini diperkirakan sudah terbentuk sejak ribuan tahun silam akibat letusan gunung api bawah laut.

Dari prosesnya yang panjang itulah tercipta batuan alam yang sangat unik dan penuh misteri. Wisatawan yang datang biasanya menjadikan tempat ini sebagai spot berfoto dan bersantai yang nyaman.

Sambil mendengar suara gemericik air, Anda bisa beristirahat dan melepas penat dengan tenang. Anda juga bisa memacu adrenalin dengan mencoba wahana river tubing yang telah disediakan.

Batu Alien

Batu Alien

Letusan Merapi di tahun 2010 juga memunculkan destinasi wisata baru yakni Batu Alien. Batu ini memiliki bentuk menyerupai wajah manusia dan berukuran sangat besar.

Lokasinya yang berada di atas lembah sungai juga jadi daya tarik yang bisa Anda nikmati. Pemandangan gunung Merapi serta alam di sekitarnya tampak cocok untuk berfoto.

Ditambah lagi pihak pengelola pun telah menyediakan spot-spot foto menarik. Biasanya batu alien ini menjadi destinasi wajib dalam paket wisata jeep merapi Jogja.

Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo
Tidak jauh dari Ring Road Utara, Anda bisa mengunjungi salah satu embung terkenal Jogja yakni Embung Tambakboyo. Tempat wisata daerah Sleman ini menjadi favorit banyak orang untuk berolahraga di pagi dan sore hari.

Dengan panjang lintasan mencapai 1.7 kilometer, Anda bisa mengelilingi kawasan embung yang seluas 7.8 hektar ini. Air yang tenang serta suasana asri di sekitar embung semakin menambah nyaman aktivitas Anda.

Selain untuk berolahraga, embung ini juga sering dijadikan spot memancing beberapa orang. Ikan-ikan yang ada di sini pun bervariasi mulai dari wader, nila, hingga lele semua ada.

Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang
Selain Embung Tambakboyo, danau buatan lain juga bisa Anda temukan di daerah Kaliurang yakni Tlogo Putri. Meski hanya seluas setengah lapangan sepakbola, Anda bisa melakukan banyak sekali hal seru di sini.

Mulai dari menaiki perahu kayuh, bermain flying fox, hingga menikmati kuliner lezat yang ada. Suasana Kaliurang yang sejuk juga sangat cocok untuk Anda bersantai melepas penat.

Stonehenge Jogja

Stonehenge Jogja
Tidak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk menikmati keindahan Stonehenge, cukup datang ke kawasan Cangkringan. Disana terdapat replika stonehenge yang mirip dengan aslinya.

Tempat ini menjadi favorit wisatawan untuk berfoto dan menikmati suasana sunset di sore hari. Pemandangannya yang indah jadi salah satu alasan Stonehenge Merapi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Air Terjun Tlogo Muncar

Air Terjun Tlogo Muncar
Curug satu ini siap memanjakan Anda dengan pemandangan indah dan suasana yang sejuk. Berada di dalam kawasan Taman Nasional, nuansa yang rasakan begitu asri.

Dengan tinggi mencapai 40 meter, aliran air terjun yang jatuh tampak indah. Anda dapat puas berfoto sambil bersantai dan menyegarkan pikiran di sekitar kawasan air terjun ini.

Obelix Hills

Obelix Hills
Ingin menikmati sunset dengan suasana baru? datang saja ke Obelix Hills. Tempat wisata Sleman terbaru ini sangat digemari kawula muda sebab tempatnya yang sangat kekinian.

Berbagai spot instagramable bisa Anda jadikan tempat menikmati keindahan matahari terbenam. Lebih mantap lagi bila ditemani dengan berbagai hidangan lezat yang bisa Anda beli di cafe yang telah tersedia.

Gunakan jasa rental avanza Jogja jika kamu ingin merasakan keindahan kota Yogyakarta dari objek wisata Sleman ini.

Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies Yogyakarta
Sleman juga memiliki bukit teletubbies yang tidak kalah cantik dengan tempat lainnya. Dari atas bukit ini Anda bisa melihat dengan jelas rumah-rumah domes teletubbies yang ada di Sumberharjo

Bukit Teletubbies Candisari ini menjadi destinasi favorit para pesepeda di sore hari. Setibanya di lokasi Anda juga bisa berfoto dan bersantai di taman yang ada di lokasi.

Merapi Park

The World Landmarks Merapi Park
The World Landmark Merapi Park termasuk salah satu destinasi populer yang ada di Jogja. Berbagai bangunan terkenal dari seluruh dunia bisa Anda temukan di sini.

Mulai dari Menara Pisa, Menara Eiffel, Big Ben, dan lainnya semua ada. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang senang berfoto dan menikmati pemandangan indah alam Sleman. Rental innova Jogja menjadi solusi yang tepat jika Anda bersama keluarga ingin mengunjungi destinasi wisata Sleman yang hits ini.

Grojogan Watu Purbo

Grojogan Watu Purbo
Air terjun satu ini memiliki keindahan dari bentuknya yang memanjang dan bertingkat. Sejarahnya pun sangat panjang karena telah berdiri sejak tahun 1975.

Saat berkunjung Anda bisa menikmati keindahan Gunung Merapi dan merasakan segarnya air terjun bertingkat ini. Selain itu, suasananya yang nyaman sangat cocok untuk Anda bersantai bersama keluarga.

Plunyon Kalikuning

Bagi pecinta fotografi, kawasan Plunyon Kalikuning ini wajib masuk kedalam daftar kunjungan Anda. Alamnya yang masih sangat asri terlihat begitu menawan.

Ditambah lagi dengan keberadaan jembatan gantung yang sangat cantik menghubungkan dua buah bukit. Anda juga bisa bermain di aliran sungai kecil yang sangat jernih di bawah lembah.

Bukit Turgo

Masih di sekitar Gunung Merapi, Anda bisa mengunjungi Bukit Turgo. Bukit ini terkenal dengan pemandangannya yang indah serta menjadi petilasan dari Syekh Jumadil Qubro.

Sambil menikmati keindahan alam sekitar, Anda bisa ikut warga sekitar meracik teh dan kopi langsung dari kebunnya. Suasana tenang dan penuh pesona dari kawasan bukit ini sangat sesuai untuk Anda yang ingin bersantai.

Teras Merapi

Teras Merapi

Ingin bersantai menikmati keindahan Merapi dengan tenang? datang saja ke Teras Merapi. Tempatnya sangat cozy dan instagramable dengan spot serta fasilitas yang lengkap.

Anda bisa bersantai sambil berkemah, menikmati kopi hangat, hingga berenang di kolam renang yang tersedia. Liburan Anda bersama keluarga pun akan semakin terasa seru dan menyenangkan saat berkunjung ke Teras Merapi. Jika Anda bersama rombongan mengunjungi objek wisata ini, kami sarankan menggunakan jasa sewa hiace Jogja murah.

Omah Petroek

Suasana pedesaan yang khas dan asri bisa langsung Anda rasakan saat berkunjung ke Omah Petroek. Rumah dari seniman terkenal Rama Sindhunata ini juga menyajikan berbagai karya yang indah.

Anda bisa bersantai sambil berfoto di patung-patung karya para seniman Jogja dan sekitarnya. Bahkan beberapa rumah kecil yang ada di sini bisa Anda serwa untuk menginap dan menikmati suasana Omah Petroek yang asri.

Green Kayen

Green Kayen

Selain Blue Lagoon Kaliurang, Anda juga puas bermain air di Green Kayen yang tidak terlalu jauh dari Monumen Jogja Kembali. Airnya yang segar dengan tembok air terjun yang indah sangat pas untuk Anda bermain.

Tempat wisata baru Jogja ini diberi nama Green Kayen karena airnya yang jernih kehijauan. Selain bermain air, Anda juga bisa menikmati suasana pedesaan yang yang masih sangat terjaga.

Sabo Bronggang

Tempat lain yang juga sangat pas untuk menikmati keindahan Merapi adalah Dam Sabo Bronggang. Bendungan yang dibuat untuk menahan aliran lahar dingin ini menampilkan dengan jelas pemandangan Merapi.

Pemandangan yang terlihat dari tempat ini selalu menjadi favorit wisatawan dan pesepeda yang berkunjung. Anda bisa bergaya di tengah jalan sepi di atas bendungan dengan latar Gunung Merapi yang gagah.

Watu Tapak

Watu Tapak

Ada banyak cara untuk menikmati keindahan alam Jogja. Salah satunya dengan mengunjungi Watu Tapak yang berkonsep modern namun tetap alami.

Disini Anda bisa camping bersama teman sambil bersantai menikmati suasana watu tapak yang unik. Lahan yang berundak serta fasilitas yang lengkap akan memberikan sensasi baru Anda bersantai di alam.

Keseruan liburan di Jogja semakin lengkap berkat berbagai taman rekreasi dan desa wisata yang ada. Berikut ini beberapa rekomendasi terbaik tempat rekreasi yang bisa Anda temukan di Sleman:

Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Jogja Bay Waterpark

Sesuai namanya tempat ini berisi berbagai wahana air seru yang bisa Anda mainkan bersama keluarga. Terdapat lebih dari 8 wahana permainan air yang bisa Anda coba mainkan dan cocok untuk segala usia.

Mulai dari kolam ombak, kolam arus, seluncuran tercepat, hingga terpanjang dan terekstrem semua ada. Anak-anak dan rombongan keluarga juga sudah disediakan area khusus sehingga bisa bermain dengan tenang.

Fasilitas yang tersedia pun sangat memadai. Selain wahana permainan, Anda bisa menikmati fasilitas umum serta wahana edukasi yang ada di Jogja Bay ini.

Taman Pelangi

Taman Pelangi Jogja

Anda yang ingin menikmati rekreasi di malam hari bisa berkunjung ke Taman Pelangi. Suasana malam di kawasan Monumen Yogya Kembali ini tampak sangat instagramable dan penuh warna.

Berbagai macam lampion dan lampu bisa Anda temukan di sekeliling area. Anda dapat puas berfoto dengan gaya kekinian di setiap spot yang ada.

Tidak hanya itu, di sini juga terdapat wahana permainan untuk anak-anak dan orang dewasa. Sehingga kunjungan Anda akan terasa semakin berkesan dan menyenangkan.

Studio Alam Gamplong

Tempat ini jadi sangat terkenal karena menjadi lokasi syuting film Bumi Manusia karya Hanung Bramantyo. Set-set kota pada masa lampau bisa Anda lihat dan jadi tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Wisatawan yang datang bisa merasakan langsung suasana kota yang khas dan seperti diajak kembali ke masa lalu. Anda bisa puas berfoto dan berkeliling di kawasan Gamplong Studio ini layaknya sedang syuting.

Fasilitas yang tersedia juga beragam dan pasti membuat kunjungan Anda semakin berkesan. Bahkan beberapa bangunan dan set masih berfungsi dan bisa Anda gunakan saat berkeliling.

Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi

Anda yang datang bersama rombongan sangat cocok untuk mengunjungi tempat ini. Berbagai kegiatan seru bisa Anda lakukan mulai dari berinteraksi bersama hewan lucu hingga menikmati kuliner lezat.

Wahana yang tersedia juga cukup lengkap dan bisa jadi pilihan aktivitas menarik Anda bersama rombongan. Disini, Anda juga bisa belajar langsung bagaimana proses pembuatan kopi luwak yang sudah sangat terkenal kenikmatannya.

Selain itu, spot-spot foto lucu dan instagramable yang ada dapat membuat liburan Anda semakin berwarna.

Kampung Flory

Wisata rekreasi sekaligus edukasi juga bisa Anda nikmati di Kampung Flory. Sejumlah wahana dan fasilitas yang tersedia siap memberikan keseruan untuk Anda dan keluarga.

Aktivitas seperti petik buah sendiri dan bermain air jadi favorit banyak wisatawan yang berkunjung. Di sini Anda dapat belajar banyak mengenai pertanian yang dipandu langsung oleh dinas terkait.

Selain itu anak-anak juga bisa mencoba serunya outbound khusus di tempat ini. Anda yang ingin bersantai dan menikmati suasana alam yang asri juga bisa menginap di tempat ini.

Ledok Sambi

Desa wisata Ledok Sambi ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang datang bersama rombongan. Berbagai aktivitas seru seperti camping dan outbound bisa Anda lakukan disini.

Sungai kecil yang ada di sini juga aman untuk anak-anak bermain air dengan seru. Sembari bersantai Anda bisa menikmati makanan yang dijual dengan harga terjangkau.

Di desa ini Anda juga bisa mengajarkan anak-anak mengenai budaya dan seni dengan lebih menyenangkan. Jika Anda tertarik, sebaiknya rencanakan kedatangan Anda di musim kemarau.

Puri Mataram

Rekreasi bersama keluarga juga bisa Anda nikmati di kawasan Puri Mataram. Taman buatan ini memiliki banyak spot menarik yang akan membuat liburan Anda sangat asyik.

Dengan nuansa alam khas pedesaan, Anda seperti diajak kembali ke masa kerajaan Mataram. Meski konsep kuno, permainan dan fasilitas yang ada di sini cukup lengkap.

Anda dapat bermain di danau buatan atau berfoto di taman-taman bunga cantik yang ada di sekitar. Bisa juga bersantai menikmati kuliner lezat atau membeli oleh-oleh khas Jogja yang dijual.

Jogja Exotarium

Berkuda di Jogja Exotarium

Kebun binatang di Jogja tidak hanya Gembira Loka, ada juga Jogja Exotarium. Mini Zoo Jogja ini memiliki koleksi berbagai hewan yang bisa Anda ajak interaksi dan sentuh langsung.

Hewan-hewan seperti reptil, mamalia, unggas, hingga ikan bisa Anda temukan. Selain itu Anda juga bisa memberi makan langsung binatang-binatang tersebut dengan pakan yang sudah disediakan.

Selain berinteraksi dengan hewan, ada juga wahana yang bisa Anda mainkan bersama keluarga. Tempat ini sangat cocok menjadi sarana edukasi mengenalkan satwa pada anak Anda.

Sindu Kusuma Edupark (SKE)

Sindu Kusuma Edupark

SKE atau Sindu Kusuma Edupark termasuk taman rekreasi edukasi yang wajib Anda kunjungi. Ada banyak kegiatan seru yang bisa menambah wawasan dan tetap memberikan keseruan di tempat wisata Sleman Kota ini.

Salah satu wahana favorit di SKE Jogja ini adalah bianglala setinggi 40 meter. Dari atas wahana ini Anda bisa melihat pemandangan sekitar dan suasana sunset kota Jogja yang indah.

Selain wahana tersebut masih banyak wahana lain yang bisa Anda coba. Mulai dari museum, kolam renang, serta wahana edukasi seru lainnya.

Trans Studio Mini

Anda yang ingin mencoba serunya wahana Trans Studio tidak perlu jauh-jauh ke Bandung atau Makassar. Di Jogja juga terdapat Trans Studio Mini yang juga seru untuk dikunjungi.

Meski tidak sebesar dan seluas Trans Studio Bandung, wahana yang ada tidak kalah menarik. Anda bisa bermain roller coaster, kursi gantung, dan wahana lainnya di dalam ruangan mall yang nyaman.

Fasilitas serta ornamen taman bermain yang instagramable juga menarik untuk dijadikan tempat berfoto. Tempat ini sangat cocok Anda kunjungi saat berlibur di musim hujan.

Taman Lampion Kaliurang

Selain Taman Pelangi, Anda juga dapat merasakan suasana romantis dari cahaya lampion di Taman Lampion Kaliurang. Berbeda dengan taman pelangi yang hanya di sekitaran Monjali, Taman Lampion di Kaliurang ini benar-benar seperti taman.

Berbagai macam ukuran dan bentuk lampion bisa Anda temukan. Cahaya yang dihasilkan pun mampu memberikan gambar foto yang menarik.

Ditambah lagi suasana asri dan sejuk Kaliurang membuat tempat wisata Sleman terdekat gratis ini terasa nyaman. Setiap 4 tahun sekali biasanya diadakan juga Festival of Light yang semakin memeriahkan suasana.

Desa Wisata Gabugan

Anda yang ingin menikmati suasana pedesaan yang khas bisa coba berkunjung ke Desa Wisata Gabugan. Desa wisata ini menawarkan banyak kegiatan seru yang berbaur dengan masyarakat sekitar.

Salah satu aktivitas favorit di desa wisata ini adalah melihat langsung perkebunan salak gadingnya yang terkenal. Selain itu aktivitas edukatif seperti kesenian budaya juga bisa Anda nikmati.

Agrowisata Salak Pondoh Bangunkerto

Salak Pondoh termasuk salah satu produk unggulan Sleman dan bisa Anda nikmati langsung di daerah Bangunkerto. Kawasan agrowisata ini menawarkan wisatawan berbagai macam salak asli Indonesia.

Mulai dari salak pondoh, salak gula pasir, salak madu, salak super, hingga salak gading semua ada. Harga yang ditawarkan tiap kilogramnya pun lebih murah daripada harga di pasaran.

Desa Wisata Pentingsari

Jika Anda datang bersama rombongan, Desa Wisata Pentingsari ini wajib masuk dalam destinasi. Di tempat wisata Sleman murah ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru bersama-sama.

Mulai dari mengunjungi berbagai destinasi wisata, outbound, hingga menikmati suasana pedesaan yang masih asri. Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap sebab penginapan serta konsumsi sudah dipersiapkan pengelola.

Desa Wisata Kembang Arum

Memadukan wisata edukasi, rekreasi, dan alam, Desa Wisata Kembang Arum ini bisa jadi objek wisata Jogja new normal menarik untuk Anda. Bangunan di desa yang tertata rapi memberikan kesan berbeda namun tetap nyaman dan menyatu dengan alam.

Aktivitas seperti outbound menjadi hal wajib yang selalu dilakukan wisatawan. Permainan tradisional serta pertunjukan seni juga bisa Anda saksikan dan mainkan saat berada di desa wisata ini.

Desa Wisata Kelor

Wisata pedesaan yang juga bisa Anda kunjungi adalah Desa Wisata Kelor. Selain menawarkan suasana alam yang masih asri, desa wisata ini juga memiliki banyak pilihan aktivitas untuk dilakukan.

Anda bisa camping bersama rombongan atau melakukan outbound dari wahana-wahana yang ada. Fasilitas yang tersedia pun sangat memadai sehingga Anda tetap bisa liburan dengan nyaman disini.

Desa Wisata Pulesari

Salah satu desa wisata yang terkenal di Jogja adalah desa wisata Pulesari. Disini Anda bisa belajar banyak hal mulai dari urusan seni, budaya, sejarah, hingga gaya hidup pedesaan yang sederhana.

Dari sisi rekreasi, wahana permainan yang ada semua berbasis alam sehingga terasa sangat menyenangkan. Anda juga bisa menjelajah 8 goa bersejarah yang ada di kawasan desa Pulesari ini.

Kampung Mina Padi Samberembe

Kampung unik yang ada di Sleman ini dikenal dengan nama Kampung Minapadi Samberembe. Keunikannya terletak di persawahan yang juga menjadi kolam peternakan ikan dan disebut minapadi.

Wisatawan yang datang bisa melihat serta belajar langsung bagaimana metode ini dilakukan para petani. Kemudian Anda juga dapat bersantai dan menikmati suasana kampung yang masih asri sambil berfoto di spot-spot menarik yang ada.

Alamanda Jogja Flowers Garden

Spot berfoto dan tempat rekreasi satu ini jadi favorit banyak wisatawan yang datang ke Sleman. Banyak tempat menarik yang bisa Anda pilih untuk bersantai dan berfoto.

Salah satu yang cukup menarik adalah spot balon udara serta kerangka polygon. Selain itu Anda juga menyewa kostum yukata atau kimono agar bisa berfoto ala Jepang di tempat ini.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat menarik yang bisa Anda kunjungi di Sleman. Masih banyak lagi tempat-tempat lain yang bisa Anda jelajah dengan mudah bersama Salsa Wisata.

Kami menyediakan berbagai paket wisata yang bisa Anda tentukan sendiri destinasi tujuannya. Dengan pelayanan lengkap liburan Anda di Jogja akan terasa mudah dan menyenangkan.

Segala kebutuhan mulai dari akomodasi, penginapan, hingga konsumsi siap Anda nikmati selama liburan. Selain itu kami juga menyediakan rental kendaraan yang dapat memudahkan Anda berkeliling tempat wisata Sleman instagramable dengan bebas.

Rental mobil Jogja kami pun dilengkapi dengan sopir berpengalaman yang siap memberikan rekomendasi tempat-tempat wisata terbaik di Jogja.

Sehingga Anda bisa menikmati liburan santai di Kota Budaya dengan nyaman, aman, dan menyenangkan. Tunggu apalagi segera rencanakan liburan Anda bersama kami di Salsa Wisata.



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (5 votes)