SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Museum Taman Prasasti Jakarta merupakan salah satu cagar budaya yang termasuk dalam peninggalan masa penjajahan Belanda. Tempat yang menyimpan cerita sejarah ini memiliki koleksi unik sehingga cocok dijadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga sekaligus untuk mengisi waktu luang.

Salah satu tempat wisata Jakarta murah ini memiliki banyak koleksi kereta jenazah, nisan, dan prasasti yang unik. Selain itu, ada juga informasi yang akan menjelaskan semua koleksi tersebut. Berikut ini ulasan mengenai Taman Prasasti yang merupakan salah satu museum terbaik di Indonesia.

Sekilas Tentang Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti Soe Hok Gie ini mulanya adalah sebuah kompleks pemakaman umum ini tertua di Jakarta. Kemudian pada tahun 1975, area makam tersebut ditutup karena penuh.

Museum ini sendiri diresmikan pada 9 Juli 1977 oleh Ali Sadikin, Gubernur DKI Jakarta kala itu. Luas area museum ini adalah 1,2 hektar. Pengunjung museum akan menemukan banyak koleksi berupa makan, prasasti, hingga nisan.

Koleksi di dalam museum ini terpajang di beberapa area. Contohnya adalah area I yang dulunya merupakan area pemakaman. Tetapi saat ini beberapa jenazah sudah disebar ke area lain.

Daya Tarik Museum Taman Prasasti

Sejarah Museum Taman Prasasti

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Anda tidak hanya bisa pergi ke Museum Wayang Jakarta saja ketika bertandang ke ibukota. Mengunjungi museum ini merupakan salah satu alternatif terbaik agar liburan tidak membosankan. Apalagi di tempat ini banyak informasi bersejarah yang akan menambah wawasan Anda.

Tak hanya itu saja, museum ini juga memiliki daya tarik tersendiri yang akan membuat pengunjung merasa penasaran dan terkesan. Lalu, apa saja yang menjadi daya tarik museum ini? Berikut penjelasannya secara lengkap.

Kendaraan Pengantar Jenazah

Daya tarik pertama di museum ini adalah koleksi kendaraan untuk mengantar jenazah yang kental dengan kesan antik. Kereta khusus ini dulunya sering digunakan oleh pemerintah Belanda ketika mengantarkan jenazah orang penting ke area pemakaman.

Hal yang unik dari kereta pengantar jenazah ini adalah material kereta jenazah yang terbuat dari kombinasi bahan aluminium dan besi. Perpaduan dua jenis logam ini membuat kereta jenazah ini tidak mudah rusak meskipun rutin tertempa perubahan cuaca.

Koleksi Batu Nisan

Menggunakan jasa rental mobil Pajero Jakarta adalah salah satu rekomendasi terbaik untuk mengunjungi museum di Kota Jakarta ini. Jasa rental ini bisa jadi opsi untuk Anda yang enggan untuk menggunakan moda transportasi umum.

Opsi layanan rental ini juga cocok untuk Anda yang ingin pergi ke museum bersama rombongan dengan jumlah kecil. Dengan menggunakan kendaraan sewa, Anda akan lebih punya banyak waktu untuk menikmati koleksi batu nisan antik dari batuan alam di museum ini. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang mengesankan.

Bahkan ada beberapa nisan yang terbuat dari logam perunggu hingga marmer. Jenis-jenis nisan ini yang kabarnya bernilai tinggi dan hanya terpasang di makam-makam dari keluarga berada.

Jika Anda perhatikan, nisan yang terletak di area luar dan dalam museum memiliki perbedaan mencolok, terutama dalam hal ukuran. Nisan yang berada di area dalam museum memiliki ukuran kecil hingga normal, sedang nisan yang ada di luar museum, ukurannya jauh lebih besar.

Pihak pengelola museum ini mendapatkan berbagai jenis nisan ini dari area-area pemakaman yang ada di Tanah Abang.

Tujuan pengumpulan nisan tersebut adalah untuk melestarikan berbagai jenis nisan dari bahan dan ukuran serta bentuk yang berbeda.

Diorama Makam Khas Indonesia

Museum yang sudah berusia puluhan tahun ini juga memiliki koleksi berupa diorama makam dari 27 Provinsi di Indonesia. Pengunjung bisa bebas berkeliling museum untuk melihat bentuk makam yang unik dan menjadi ikon setiap daerah.

Pada area ini akan ada informasi seputar koleksi yang bisa dipelajari melalui tayangan di sebuah televisi besar. Setelah lelah berkeliling, pengunjung bisa mencoba menikmati kuliner legendaris di Jakarta di dekat museum atau area sekitarnya.

Patung dan Nisan Klasik

Hal menarik berikutnya yang ada di museum ini adalah koleksi patung dan nisan klasik di area depan museum. Koleksi patung ini akan menyambut pengunjung ketika akan masuk ke dalam gedung museum.

Koleksi nisan klasik di museum ini menggambarkan wajah para tokoh yang terkenal, terutama di masa penjajahan. Wajah tokoh yang bisa dijumpai di nisan klasik ini salah satunya adalah Soe Hok Gie, salah satu pejuang mahasiswa Indonesia.

Selain itu, ada juga wajah tokoh yang berasal dari pemerintahan kolonial Belanda kala. Pengunjung museum juga akan melihat banyak patung malaikat dan dewa pelindung menurut kepercayaan masyarakat Eropa, khususnya masyarakat Belanda.

Patung tersebut disebar di area museum agar kesan klasiknya semakin kental. Dan yang paling menarik perhatian adalah kehadiran sebuah patung yang kini jadi ikon Taman Prasasti. Tepat sekali, patung tersebut tak lain adalah patung The Crying Lady.

Night at The Museum

Satu lagi hal menarik yang ada di destinasi liburan ini, yaitu terdapat aktivitas Night at The Museum. Aktivitas ini merupakan gagasan dari Komunitas Historia Indonesia di mana kegiatannya adalah keliling museum ketika malam hari.

Hal menarik dari acara ini yaitu setiap peserta hanya akan dibekali sebuah senter saja untuk berkeliling di area museum.

Tujuan dari Night at The Museum adalah agar setiap peserta bisa fokus mendengarkan seluruh penjelasan detail mengenai sejarah tempat wisata klasik di Jakarta ini.

Fasilitas Museum Taman Prasasti

Tiket Masuk Museum Taman Prasasti

Museum yang ramai saat liburan ini menyediakan beberapa fasilitas bagi pelanggannya. Fasilitas pertama berupa area parkir yang cukup luas agar pengunjung tidak bingung memarkirkan kendaraan. Lalu, ada juga fasilitas toilet yang bebas digunakan oleh pengunjung.

Berikutnya, ada banyak spot foto menarik dan instagramable yang harus Anda abadikan dan Anda jadikan kenang-kenangan. Taman Prasasti juga menyediakan tempat istirahat yang nyaman berupa gazebo serta bangku taman.

Pengunjung juga bisa menikmati makanan khas Jakarta yang tahan lama, murah, dan enak di area restoran Taman Prasasti. Anda bisa pilih beberapa yang awet dan cocok sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Harga Tiket Masuk Museum Taman Prasasti

Museum ini menjual tiket secara langsung melalui loket yang terletak di dekat pintu masuk utama. Jadi pastikan Anda membawa uang cash secukupnya. Tidak perlu khawatir soal biaya masuk karena harga tiket masuk Museum Taman Prasasti ini sangat terjangkau. Berikut informasinya:

Retribusi Column 2
Tiket Masuk Rp5.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Museum Taman Prasasti

Lokasi Museum Taman Prasasti

Lokasi Taman Prasasti terletak di Jalan Tanah Abang Nomor 1, Gambir, Jakarta Pusat. Alamat ini bisa Anda jangkau dengan mudah dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Pengunjung hanya perlu menempuh jarak sekitar 92 meter saja dari Jalan Tanah Abang 1 untuk bisa menuju ke museum ini.

Sementara jika Anda dari arah Jalan Petojo Enclek Xiv, 39d, Anda harus menempuh jarak sekitar 374 meter. Perjalanan ini bisa Anda tempuh hanya dengan berjalan kaki sembari selama 5-10 menit. Sembari jalan, Anda akan menjumpai banyak gerai makanan ringan. Anda boleh mampir sejenak untuk berbelanja oleh-oleh dari Jakarta kekinian.

Jam Buka Museum Taman Prasasti

Museum yang masuk dalam daftar cagar budaya ini memiliki jam operasional tetap. Jam buka Museum Taman Prasasti ini mulai dari pagi yaitu jam 9 dan tutup sore hari sekitar jam 3 sore.

Museum buka dari hari Selasa sampai hari Minggu. Sementara pada hari Senin dan libur nasional, museum ini akan tutup.

Taman Prasasti merupakan salah satu tempat penyimpan sejarah di Jakarta yang layak untuk Anda datangi. Koleksi yang ada di museum ini bisa menjadi sumber pengetahuan baru, terutama mengenai sejarah pemakaman di Indonesia.

Bagi pengunjung yang pertama kali mengunjunginya bisa menggunakan layanan paket wisata keliling Jakarta alias city tour dari Salsa Wisata. Paket wisata ini akan membantu pengunjung untuk mendapatkan layanan terbaik dan bisa mengunjungi museum ini dengan mudah.

Selain itu, layanan dari Salsa Wisata unggul dengan harga paket wisata yang terjangkau. Layanan paket wisata ini sangat membantu Anda untuk menemukan list tempat wisata terbaik di Jakarta. Salah satunya yaitu museum ini yang memiliki keunikan tersendiri terutama pada sisi jenis koleksi Museum Taman Prasasti.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)