earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Isi liburan kali ini dengan museum tour dekat rumah seperti Museum Wayang yang ada di Jakarta. Museum ini akan menjadi referensi tempat liburan yang asyik, murah, dan pastinya edukatif bagi Anda yang tinggal di Kota Jakarta.

Anda dapat mengeksplorasi sejarah atau cerita di balik ragam koleksi-koleksinya. Hal menarik lainnya yaitu dari segi arsitektur museum ini yang sangat klasik di tengah eksistensi gedung-gedung bergaya arsitektur modern.

Seperti apa asiknya liburan di museum ini, dan apa saja daya tariknya? Ikuti ulasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Museum Wayang Jakarta

Museum Wayang Kota Tua merupakan satu dari sekian banyak bangunan museum terkenal di Jakarta. Bangunan museum ini terlihat cukup menonjol di tengah kawasan wisata Kota Tua Jakarta.

Di dalam museum, Anda akan menjumpai berbagai koleksi wayang dan juga sejarah wayang itu sendiri. Tak hanya itu saja, pengunjung akan mendapatkan banyak wawasan dan nilai edukasi terkait dengan wayang.

Tahukah Anda bahwa bangunan museum ini mulanya adalah sebuah gereja yang dibangun pada tahun 1640. Dahulu bangunan gereja ini bernama de oude Hollandsche Kerk.

Gereja tersebut mengalami renovasi pada tahun 1733. Setelah renovasi, gereja tersebut berganti nama menjadi de nieuwe Hollandsche Kerk.

Belum lama pasca renovasi, bangunan tersebut berganti fungsi menjadi sebuah gedung di bawah perusahaan yang bernama Geo Wehry & Co. Pergantian kepemilikan ini tepatnya terjadi pada tahun 1912.

Lalu pada tanggal 14 Agustus 1936, gedung ini beralih fungsi lagi menjadi sebuah monumen di Jakarta, satu-satunya monumen sebelum adanya Monumen Nasional (Monas) seperti sekarang ini.

Gedung ini juga sempat menjadi milik sebuah lembaga semacam lembaga penelitian untuk bidang ilmu pengetahuan dan seni.

Sebelum menjadi museum seperti sekarang, gedung ini pernah memiliki label nama Museum Batavia Lama sekitar tahun 1937.

Baru dua puluh tahun kemudian, tepatnya tahun 1957, Museum Batavia Lama berubah nama lagi menjadi Museum Jakarta Lama. Pada akhirnya tahun 1968 tanggal 23 Juni Museum Jakarta Lama ini resmi menjadi aset Pemda DKI Jakarta.

Daya Tarik Museum Wayang Jakarta

Sejarah Museum Wayang Jakarta

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Banyak sisi menarik yang bisa Anda temui di museum ini. Berikut adalah daftar daya tarik dan juga aktivitas menarik yang rutin diselenggarakan di museum ini.

Koleksi Wayang

Salah satu daya tarik dari museum ini adalah koleksi wayang yang jumlahnya capai ribuan buah.

Melansir situs resmi museum, terdapat kurang lebih 5373 buah koleksi wayang yang tersimpan di museum ini.

Ribuan koleksi wayang ini terdiri dari berbagai macam jenis wayang seperti wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, boneka, topeng, wayang beber dan gamelan.

Koleksi-koleksi wayang yang ada di museum ini tak hanya berasal dari negeri kita saja. Ada beberapa diantaranya yang merupakan karya wayang dari negara-negara sahabat.

Semua koleksi wayang ini ditempatkan di spot-spot yang berbeda. Misal wayang-wayang asli Indonesia bisa Anda jumpai di lantai dasar. Di lantai yang sama Anda juga bisa menemui koleksi Ondel-Ondel dan Wayang Orang.

Masih di lantai yang sama, ada sebuah makam tokoh yang bernama Jan Pieterszoon Coen, Gubernur Jenderal Belanda keempat dan keenam.

Sementara di lantai dua, Anda akan melihat koleksi boneka-boneka tradisional dari negara-negara sahabat seperti Inggris, Rusia, Thailand, dll.

Arsitektur dan Ornamen Art Deco-nya

Anda tentu juga akan terkesima dengan desain bangunan yang masih mengekspos sisi klasik bangunan lama khas Eropa.

Dirancang oleh seorang arsitek Belanda, tempat wisata di Jakarta murah meriah ini terlihat begitu anggun, megah, dan elegan. Apalagi dengan tambahan ornamen dengan tema art deco. Tentu visualisasi menjadi semakin berkelas.

Pagelaran Wayang

Museum ini menjadi lokasi penyelenggaraan pagelaran wayang tiap bulannya. Biasanya pagelaran wayang rutin diadakan pada minggu kedua dan ketiga tiap bulan.

Seperti pertunjukan wayang yang selalu diselenggarakan setiap hari Minggu dari jam 10.00 sampai jam 14.00 WIB.

Ada pula festival wayang yang sudah ada sejak tahun 2006 lalu. Dalam acara ini, pengunjung dapat menyaksikan banyak pertunjukan wayang yang sangat menarik.

Dengan adanya pagelaran semacam ini, sepertinya waktu libur sehari Anda cukup dihabiskan di museum ini saja. Karena memang ada begitu banyak kegiatan menarik yang bisa Anda datangi.

Mungkin Anda akan lupa dengan rencana kunjungan ke beberapa tempat wisata terdekat ketika sudah asik menikmati pagelaran wayang di sini.

Fasilitas di Museum Wayang Jakarta

Koleksi Museum Wayang Jakarta

Ragam fasilitas umum dan fasilitas penunjang tentu bisa Anda jumpai di sini. Salah satu fasilitas yang masuk dalam daftar fasilitas umum di museum ini adalah tempat parkir.

Lahan khusus untuk parkir kendaraan di situs wisata budaya ini cukup luas. Mobil dan motor yang terparkir terlihat rapi karena ada petugas yang membantu pengunjung saat akan memarkirkan kendaran.

Area parkir untuk mobil dan sepeda motor terpisah. Tujuan pembagian zona parkir ini adalah untuk mempermudah para pengunjung.

Fasilitas umum lainnya yaitu mushola yang disediakan secara khusus untuk pengunjung muslim yang ingin menjalankan ibadah sholat.

Ada fasilitas toilet umum yang bersih sehingga akan terasa nyaman saat sedang digunakan.

Sementara untuk jenis fasilitas penunjang, Anda akan menemukan toko souvenir yang sering menjadi target utama untuk berbelanja cinderamata.

Banyak sekali produk cinderamata yang dijual di toko ini. Cinderamata ini terdiri dari beragam bentuk yang unik.

Harganya juga relatif terjangkau. Jadi Anda dapat memborong cinderamata dalam jumlah banyak tanpa khawatir dengan biaya.

Anda bisa simpan cinderamata ini untuk diri Anda sebagai koleksi pribadi. Sedang sebagian lainnya bisa Anda bagikan kepada kerabat atau sahabat sebagai oleh-oleh khas Jakarta selain makanan.

Adapun beberapa fasilitas penunjang lainnya yaitu CCTV, perpustakaan, ruang pamer, dan perlengkapan pemadam kebakaran.

Tidak ada fasilitas kantin atau foodcourt dan sejenisnya di sini. Jika ada pengunjung yang ingin wisata kuliner usai kegiatan museum tour, solusinya adalah berburu kuliner di pusat wisata kuliner Jakarta terdekat.

Ada banyak sekali referensinya; Silahkan Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan selera pribadi Anda.

Harga Tiket Masuk Museum Wayang Jakarta

Sebelum masuk ke dalam museum ini, cek HTM-nya terlebih dahulu. Di tabel di bawah ini adalah info harga tiket terbaru yang kami rangkum dari situs resminya.

Column 1 Column 2
Tiket masuk Rp5.000,00 (Umum)

Rp3.000,00 (Mahasiswa)

Rp2.000,00 (Anak atau Pelajar)

Tiket masuk rombongan Rp3.750,00 per orang (minimal 30 orang – Umum)

Rp2.250,00 per orang (minimal 30 orang – Mahasiswa)

Rp1.500,00 per orang (minimal 30 orang – Anak atau Pelajar)

Rute Menuju Lokasi Museum Wayang Jakarta

Lokasi Museum Wayang Jakarta

Museum khusus untuk koleksi wayang ini terletak di alamat Jalan Pintu Besar Utara No. 27-29, Jakarta Barat.

Anda bisa menjangkau alamat di atas dengan menaiki transportasi umum atau bisa juga dengan kendaraan pribadi.

Bagi yang memiliki kendaraan pribadi, sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan sendiri untuk menuju ke museum ini karena rute yang dilalui lebih mudah.

Namun bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi, ada alternatif lain yang sangat solutif, yaitu menyewa mobil di Salsa Wisata.

Ada banyak pertimbangan mengapa Salsa Wisata menjadi salah satu yang kami rekomendasikan. Salah satu pertimbangannya adalah karena tarifnya murah namun kualitasnya premium.

Paket rental mobil yang ditawarkan juga sangat lengkap dan cocok untuk berbagai keperluan.

Misal, keperluan tour singkat seperti liburan ke museum ini, paket rental mobil Avanza di Jakarta Barat akan menjadi pilihan tepat.

Khusus untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa, ada tiga pilihan rute.

Ketiga rute tersebut adalah via Jalan Gajah Mada, Jalan Tol Dalam Kota, dan via Jalan Gn. Sahari. Silahkan pilih salah satu yang kiranya paling mudah dijangkau.

Jam Operasional Museum Wayang Jakarta

Menurut situs resmi museum, museum ini buka dari hari Selasa sampai Minggu dari jam 09.00 sampai jam 17.00 WIB.

Hari Selasa museum tutup, sedang hari libur nasional museum ini tetap buka dengan jam operasional yang sama.

Jika Anda sangat tertarik untuk mengisi hari libur Anda dengan kegiatan bermanfaat seperti museum tour di museum ini, segera realisasikan.

Untuk berbagai kemudahan, kami sarankan untuk manfaatkan layanan paket liburan keluarga dari Salsa Wisata.

Dengan reservasi paket dari kami ini, Anda tak akan repot lagi untuk booking hotel, sewa transportasi, dan membeli tiket masuk karena ini akan menjadi tugas team kami.

Kami juga akan selalu siap membantu Anda dalam memenuhi keinginan Anda  selama liburan bersama kami.

Sebagai contoh memberi rekomendasi pusat kuliner terbaik yang menyajikan ragam menu makanan khas Jakarta hits favorit Anda.

Yang perlu Anda siapkan adalah keperluan pribadi Anda dan juga fisik serta kesehatan Anda sebelum memulai museum tour di Museum Wayang Jakarta. Bagaimana, sudah tak sabar untuk segera menyaksikan pagelaran wayang?

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)