SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Setiap kota memiliki buah tangan khasnya masing-masing, tidak terkecuali Magelang. Oleh-oleh khas Magelang sendiri cukup beragam mulai dari jajanan tradisional hingga kerajinan tangan semua bisa Anda dapatkan.

Contohnya saja miniatur candi yang menggambarkan berbagai macam candi yang ada di Magelang. Selain itu masih banyak barang lain yang bisa Anda bawa pulang dan berikut ini beberapa di antaranya:

Daftar Oleh-oleh Khas Magelang yang Terkenal

Wayang Kulit

Wayang Kulit Magelang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sebagai salah satu kota yang kaya akan budaya, wayang kulit jadi souvenir yang wajib Anda beli di Magelang. Tokoh-tokoh pewayangan terkenal seperti Arjuna, Rama, atau Sinta bisa Anda bawa pulang sebagai pajangan.

Berbeda dengan wayang oleh-oleh khas Klaten, wayang dari Magelang ini terbuat dari kulit sapi asli. Proses pembuatannya pun masih sangat tradisional, tergantung kemampuan pengrajin.

Sayangnya sekarang pengrajin wayang kulit Magelang sudah sangat jarang. Sehingga sulit sekali menemukannya di toko-toko atau pasar tradisional Magelang.

Namun Anda bisa mengunjungi langsung salah satu pengrajinnya di Kampung Jago daerah Magelang Selatan. Di pengrajin bernama Jatmiko Anda bisa membeli dan memesan berbagai jenis wayang.

Tentunya harga yang harus Anda bayarkan cukup mahal. Untuk wayang jenis gunungan bisa dipatok sekitar Rp2.000.000,00 sedangkan tokoh pewayangan sekitar 1.5 hingga 2 juta. Semua tergantung ukuran dan kerumitannya.

Wajik Khas Magelang

Wajik Khas Magelang

Anda yang berkunjung ke Magelang wajib mencoba wajik khas kota ini. Terbuat dari ketan, santan, dan gula kelapa, jajanan tradisional sejak zaman kerajaan lampau ini punya rasa yang sulit terlupakan.

Teksturnya lembut, kenyal, serta pulen dan memiliki rasa legit yang pas. Warnanya yang cokelat mengkilap sangat menggugah selera dan membuat Anda penasaran ingin mencoba.

Salah satu merek terkenal dari Magelang yang menjual panganan ini adalah Wajik Week yang sudah ada sejak tahun 1939. Saking tenarnya, tempat ini selalu jadi langganan sopir rental mobil Innova Reborn Jogja untuk mampir membeli buah tangan dari Magelang.

Terdapat dua varian rasa wajik yang bisa Anda dapatkan di sini. Pertama rasa cokelat kemudian rasa pandan yang keduanya mampu bertahan hingga 5 hari tanpa lemari pendingin.

Satu kotak berukuran kecil bisa Anda beli dengan harga Rp18.000,00 saja. Harga ini bisa Anda dapatkan di setiap cabang Wajik Week yang tersebar di sekitar Magelang.

Jenang Magelang

Jenang Magelang

Selain wajik, buah tangan favorit lain dari toko Wajik Week adalah jenang. Sekilas bentuknya memang mirip dengan galamai, oleh-oleh khas Padang, dengan tekstur yang lebih padat dan tidak terlalu lengket.

Namun bila dibandingkan dengan dodol jelas cukup berbeda terutama dari teksturnya. Jenang biasanya terbuat dari tepung beras ketan serta campuran santan dan gula merah sehingga ada rasa manis gurih di dalamnya.

Sama seperti wajik, jajanan ini cukup awet karena mampu bertahan beberapa hari di perjalanan. Anda bisa membeli jenang satu loyang maupun ukuran kemasan plastik yang siap makan.

Harganya pun bervariasi tergantung ukuran yang Anda pilih. Biasanya berkisar antara Rp40.000,00 hingga Rp50.000,00 untuk ukuran 1 kg.

Tape Ketan Magelang

Tape Ketan Magelang

Olahan tape ketan tidak hanya bisa Anda temukan di Cirebon, sebab di Magelang pun ada. Namun berbeda dengan oleh-oleh khas Cirebon tersebut, tape ketan Magelang ini tidak menggunakan daun sebagai pembungkus.

Meski begitu rasa serta proses pembuatannya tidak jauh berbeda. Semua menggunakan bahan alami seperti beras ketan, ragi, dan juga pewarna alami dari daun katuk.

Rasa ketan ini sangat manis saat sudah matang dengan aroma tape yang khas. Anda bisa mendapatkan tape ketan khas Magelang ini Jl. Pemuda, Magelang tepatnya di Tape Ketan 181.

Kemasan tape ini biasanya menggunakan cup plastik dengan harga sekitar Rp25.000,00 per kemasan. Bila Anda tertarik membeli sebaiknya memilih tape ketan yang belum matang agar tidak cepat basi.

Slondok

Slondok

Keripik satu ini merupakan salah satu makanan khas Magelang yang bisa Anda bawa sebagai kenang-kenangan. Slondok sendiri terbuat dari singkong dengan rasa yang gurih, pedas, manis.

Bentuknya memanjang mirip dengan keripik sanjai namun dengan tekstur yang lebih renyah. Ada pula yang berbentuk kotak dan pas untuk jadi camilan Anda saat bersantai.

Slondok bisa Anda dapatkan di hampir setiap toko oleh-oleh yang ada di Magelang. Anda bisa memilih slondok mentah atau slondok matang dengan berbagi rasa yang enak.

Satu bungkus matangnya sendiri sekitar Rp15.000,00 untuk kemasan berukuran 300 gram. Sedangkan Slondok mentahnya hanya Rp6.000,00 per kemasan ukuran 250 gram.

Geblek

Geblek

Magelang juga mempunyai geblek versinya sendiri yang berbeda dengan geblek oleh-oleh khas Wonosobo. Ciri khasnya terletak pada campuran parutan kelapa dan pada adonan tepung tapioka.

Dengan campuran adonan tersebut rasanya jadi lebih gurih dibanding geblek yang lain. Jajanan ini semakin nikmat bila Anda makan bersama kuah pempek atau sambal saat masih hangat.

Bila Anda tertarik membeli camilan ini, bisa beli yang masih mentah sebab dapat bertahan sekitar 4 hari. Sehingga Anda bisa menikmatinya selagi panas ketika di rumah.

Camilan tradisional ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di pusat oleh-oleh maupun pasar. Harganya sendiri kurang lebih Rp15.000,00 per kemasan lengkap dengan kuahnya.

Sarung Goyor

Sarung Goyor

Kota Magelang terkenal juga sebagai kota santri dan salah satu souvenir khasnya adalah sarung goyor. Motif sarung ini berasal dari Timur Tengah dan telah menyesuaikan dengan budaya Indonesia.

Pembuatannya pun masih sangat tradisional dengan cara menenun helai demi helai benang. Hasilnya sudah pasti cantik dan rapi seperti sarung kain bugis, oleh-oleh khas Makassar.

Pilihan warna serta motifnya juga beragam dan cocok untuk pria maupun wanita. Anda bisa membeli kain sarung ini di sejumlah toko kain maupun pusat souvenir Magelang.

Namun, karena proses pembuatannya yang rumit beberapa jenis sarung memiliki harga yang mahal. Berkisar antara Rp120.000,00 hingga Rp500.000,00 per sarung tergantung kualitasnya.

Ampyang

Ampyang Magelang

Camilan tradisional lain yang juga sangat recomended menjadi buah tangan Anda tentu saja ampyang. Terbuat dari bahan sederhana seperti kacang tanah dan gula merah, jajanan ini ternyata punya rasa yang nikmat.

Teksturnya renyah dan punya rasa manis yang pas. Bentuknya sendiri mirip dengan rempeyek atau seperti lempengan koin berwarna cokelat. Ampyang sangat cocok menjadi teman untuk Anda bersantai.

Makanan ringan satu ini juga sempat viral setelah Menparekraf Sandiaga Uno mempromosikan ampyang ke sosial media. Sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkan jajanan satu ini dengan harga murah.

Banyak pusat oleh-oleh daerah lain yang menjual camilan ini seperti pusat oleh-oleh khas Solo, Semarang, dan lainnya. Satu bungkus ampyang biasa dibanderol dengan harga mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp25.000,00.

Gerabah Magelang

Gerabah Magelang

Gerabah termasuk salah satu oleh-oleh selain makanan dari Magelang yang bisa jadi pilihan Anda. Kerajinan yang sudah ada sejak lama ini memiliki nilai seni yang tinggi dan bentuk yang beragam.

Salah satu kawasan yang terkenal di Magelang sebagai pusat kerajinan gerabah adalah Dusun Klipoh, Borobudur. Sebagian besar penduduknya merupakan pengrajin gerabah seperti yang ada di Kasongan Jogja.

Berbagai macam hasil kerajinan bisa Anda temukan seperti kendi minum, patung, mangkuk, tungku, dan lainnya. Selain itu Anda juga dapat ikut mencoba pengalaman membuat gerabah bersama para pengrajin.

Hasil kerajinan gerabah ini biasa dijual dengan harga bervariasi mulai dari Rp1.000,00 hingga jutaan rupiah. Bila Anda tertarik banyak biro perjalanan yang siap mengajak Anda mengunjungi kampung ini seperti Salsa Wisata.

Grubi Magelang

Grubi Magelang

Satu lagi camilan enak khas Magelang yang bisa Anda dapatkan di sini adalah Grubi. Di kota Malang, jajanan ini terkenal juga dengan nama Carang Mas dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Malang favorit.

Bentuknya bulat menggumpal terbuat dari potongan kecil ubi jalar dan campuran gula cair. Dari rasanya jelas sangat manis dengan tekstur renyah yang pas.

Banyak wisatawan menjadikan jajanan ini sebagai salah satu oleh-oleh serta camilan saat bersantai. Untuk mendapatkannya pun sangat mudah sebab tersedia di banyak toko serta pusat perbelanjaan.

Selain itu, harganya masih sangat murah dan terjangkau. Satu toples grubi bisa Anda beli dengan harga sekitar Rp25.000,00. Terdapat dua jenis grubi yang bisa Anda coba yakni grubi ungu dan grubi cokelat.

Sate Pisang

Sate Pisang Magelang

Dari namanya, hidangan ini sudah sangat unik. Jika biasanya sate terbuat dari daging, sate pisang khas Magelang ini terbuat dari pisang kepok merah yang telah direbus.

Bumbunya pun bukan bumbu kacang, melainkan kuah santan kental bercampur tepung hunkwe. Rasanya manis dan gurih mirip seperti nagasari salah satu makanan khas Lombok.

Ternyata jajanan ini juga termasuk makanan legendaris yang ada di Magelang karena sudah ada dari tahun 1950. Pelopor sate pisang ini sendiri adalah Kedai Wedang Ronde Miroso yang ada di Jl. Medang, Magelang Tengah.

Satu porsi sate pisang biasa dibanderol dengan harga Rp15.000,00 dengan isi 5 tusuk. Sayangnya sate ini tidak bisa bertahan lebih dari sehari jadi harus langsung Anda habiskan di perjalanan.

Getuk Trio

Getuk Trio

Buah tangan ini sudah sangat terkenal di Magelang. Bahkan getuk trio selalu jadi incaran wisatawan seperti halnya bakpia pathuk, oleh-oleh khas Jogja paling populer.

Bernama getuk trio karena jajanan ini memiliki tiga warna yang jadi ciri khasnya. Warna tersebut umumnya putih, merah jambu, dan cokelat. Namun, tidak sedikit yang memberi variasi lain dengan warna hijau.

Rasanya tidak jauh berbeda dari getuk pada umumnya yang manis dan legit. Tidak ketinggalan taburan parutan kelapa jadi pelengkap rasa gurih jajanan pasar ini.

Anda bisa mendapatkan getuk trio di banyak tempat di Magelang terutama pusat oleh-oleh atau warung jajanan pasar. Untuk urusan harga, dengan uang Rp30.000,00 Anda sudah bisa mendapat satu kotak jajanan ini.

Permen Tape

Permen Tape

Satu lagi buah tangan unik dari Magelang yang tidak boleh terlewat, permen tape. Seperti namanya, permen ini terbuat dari tape singkong mirip peuyeum oleh-oleh khas Bandung yang tahan lama, dengan campuran gula serta parutan kelapa.

Bentuknya mirip dodol dengan bungkus yang terbuat dari kertas minyak. Rasanya jelas manis dengan aroma khas tape yang unik. Cocok menjadi teman Anda bersantai.

Permen ini banyak terdapat di pusat oleh-oleh dan memiliki harga yang tidak terlalu mahal. Satu bungkus plastik besar permen tape biasa dibanderol dengan harga Rp15.000,00 saja.

Krasikan Magelang

Krasikan Magelang

Variasi jenang lain yang juga jadi kesukaan banyak orang adalah krasikan. Teksturnya lebih kasar dibandingkan jenang namun tetap terasa lembut dan manis.

Bahan utamanya juga tidak jauh berbeda. Terbuat dari beras ketan, gula merah, santan, dan garam yang menjadikan rasanya beragam. Manis seperti permen, gurih seperti jenang.

Biasanya krasikan menjadi tanda mata pelengkap wisatawan yang datang ke Magelang, sebab rasanya sangat murah. Satu kemasan krasikan biasa dihargai sekitar Rp15.000,00 tergantung tempatnya.

Pothil Khas Magelang

pothil khas magelang

Camilan renyah seperti pothil bisa jadi alternatif buah tangan dari Magelang untuk Anda. Meski termasuk jajanan tradisional dan hanya terbuat dari singkong, keripik berbentuk cincin ini punya rasa yang beragam.

Selain rasa gurih ketumbar originalnya, Anda bisa mencoba rasa pedas, keju, jagung bakar dan pizza. Pothil sangat cocok untuk jadi teman Anda bersantai atau jadi pengganti kerupuk saat makan.

Jajan ini biasa dijual di banyak toko camilan Magelang. Satu bungkusnya memiliki kisaran harga mulai dari Rp8.000,00 hingga Rp10.000,00 tergantung ukurannya.

Kain Batik Magelang

Kain Batik Magelang

Bila ingin membawa pulang batik, tidak harus ke Jogja atau Solo terlebih dahulu, di Magelang juga ada. Bahkan keindahan dan keunikan motif batik Magelang mampu bersaing dengan batik-batik lain.

Tidak sedikit tempat sewa mobil Magelang membawa rombongan wisata mereka mampir ke Magelang untuk membeli batik uniknya.

Salah satu tempat paling recommended membeli batik ini berada di Jl. Pemuda tepatnya Batik Benang Raja Magelang. Harga batiknya bervariasi mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantung motif dan bahan.

Miniatur Candi

Miniatur Candi Borobudur

Magelang terkenal dengan banyaknya candi di sekitar daerahnya. Sehingga souvenir seperti miniatur candi sangat cocok untuk Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Miniatur candi yang paling laku tentunya candi borobudur dan juga candi mendut yang jadi ikon Magelang. Ukurannya beragam ada yang besar, kecil, hingga yang berfungsi sebagai asbak.

Souvenir unik ini bisa Anda dapatkan di pedagang sekitar candi dengan harga yang cukup terjangkau. Biasanya berkisar antara Rp15.000,00 hingga ratusan ribu tergantung ukurannya.

Masih banyak lagi oleh-oleh khas Magelang yang bisa Anda pilih sebagai cinderamata. Namun semuanya tidak bisa masuk dalam artikel ini.

Nah untuk Anda yang ingin puas memilih sendiri dan melihat langsung apa saja buah tangan yang ada, bisa manfaatkan layanan biro perjalanan.

Berbagai paket wisata menarik bisa Anda dapatkan, terutama dari Salsa Wisata. Mulai dari perjalanan liburan keluarga, kantor, hingga wisata romantis bulan madu semua tersedia.

Pelayanannya pun lengkap. Urusan transportasi, akomodasi, serta kebutuhan liburan Anda lainnya sudah siap langsung Anda gunakan. Sehingga Anda tinggal duduk santai liburan menikmati liburan.

Bagaimana tertarik liburan bersama Salsa Wisata? Segera pilih layanan yang Anda inginkan dan wujudkan wisata impian Anda bersama kami.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Magelang



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)