SalSari Resto & Coffee

Sukabumi memang terkenal dengan pantai-pantainya yang tak kalah indah dengan yang ada di Bali. Anda, keluarga dan teman bisa sepuasnya bermain pasir, ombak atau sekadar bersantai sambil menyaksikan sunset. Salah satu pantai yang cocok untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut adalah Pantai Citepus.

Dari sekian banyaknya pantai, pantai ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Pelabuhanratu, Sukabumi. Hal ini karena tanah pantai yang termasuk landai dan bersih sehingga membuat para wisatawan merasa betah.

Sekilas Tentang Pantai Citepus

Pantai Citepus Sukabumi

Pantai ini termasuk salah satu yang memiliki fasilitas lengkap sehingga benar-benar bisa memanjakan puluhan pengunjung setiap harinya. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar sehingga cocok bagi Anda yang hendak bermain air dan berenang bersama anak.

Pasirnya cukup kasar, namun bersih, jadi Anda tidak perlu khawatir jika hendak mengajak si kecil membuat istana pasir. Panjang garis pantai ini sekitar 3 – 5 kilometer. Jika dilihat dari atas, pasir di pantai ini akan tampak seperti karpet berwarna cokelat yang sangat panjang.

Walau begitu, pantainya cukup landai sehingga aman untuk mengajak anak-anak bermasin sepuasnya di sini.

Harga Tiket Masuk dan Penginapan Pantai Citepus

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp10.000,00
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp10.000,00
Villa penginapan Rp300.000,00 – Rp1.500.000,00

Rute Menuju Pantai Citepus

Pantai ini berlokasi di Jl. Raya Cisolok – Pelabuhanratu No.16, Citepus, Kec. Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 1 jam 30 menit dari daerah Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Anda bisa mencapainya dengan kendaraan pribadi. Jalan menuju lokasi pantai ini pun baik dan mudah untuk dilalui. Jadi, Anda juga bisa menggunakan jasa rental bus pariwisata murah jika kebetulan berlibur dengan keluarga atau para sahabat.

Jika Anda datang dari arah Bogor, bisa memanfaatkan layanan rental mobil innova zenix plus driver Bogor. Driver yang handal akan membuat perjalanan wisata mu terasa lebih nyaman dan aman.

Fasilitas di Pantai Citepus

Fasilitas di Pantai Citepus Sukabumi

Secara keseluruhan, fasilitas penunjang yang tersedia di kawasan pantai ini sudah cukup memadai. Berikut ini beberapa fasilitasnya.

Jam Buka Pantai Citepus

Jam Buka Pukul
Senin – Minggu 24 jam

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Citepus, Anda bisa datang kapan saja. Sebab, pantai ini selalu buka, setiap hari dan setiap jam. Termasuk juga saat hari libur nasional.

Daya Tarik di Pantai Citepus

berenang di Pantai Citepus Sukabumi

Pantai yang menghadap langsung ke arah Pantai Pelabuhan Ratu ini memiliki beberapa daya tarik tersendiri yang membuat para wisatawan berbondong-bondong mengunjungi lokasi ini. Diantaranya yaitu.

Menyaksikan Matahari Terbenam

Pantai ini menjadi salah satu spot favorit para wisatawan untuk melihat sunset. Tidak kalah indah dengan sunset yang dilihat dari Honeymoon Beach Jimbaran.

Tidak jarang para wisatawan datang dengan membawa kamera canggih nan instagenic agar bisa menangkap dan mengabadikan pemandangan menakjubkan tersebut.

Pasir pantainya yang terbilang landai dan cukup keras membuat Anda bisa dengan leluasa dan nyaman berjalan-jalan. Ombak-ombak besar yang memecah ke bibir pantai juga akan menjadi pemandangan indah tersendiri yang tidak boleh dilewatkan.

Biasanya, sejak pukul 4 sore lokasi pantai ini sudah akan dipadati para wisatawan yang hendak menyaksikan matahari terbenam. Untuk melengkapi foto, biasanya mereka juga membawa kacamata hitam dan menggelar tikar atau selimut untuk bersantai di tepi pantai.

Berenang dan Bermain Air

Tujuan utama mengunjungi pantai tentu saja untuk berenang dan bermain air. Jika Anda datang ke pantai ini, Anda bisa mengajak serta anak-anak. Karena, walau ombak di pantai ini terbilang cukup besar, namun hal tersebut tidak akan membahayakan, asal tetap waspada dan berhati-hati.

Di sini juga terdapat beberapa pihak yang menyewakan papan karet untuk body surfing. Sayangnya, ombak di pantai ini masih belum cukup besar dan tinggi untuk dijadikan area berselancar, tidak seperti Pantai Green Bowl di Bali.

Walau begitu, Anda tetap bisa berenang dan bermain air. Atau bisa juga mengunjungi batu-batu karang yang tersebar di sepanjang garis pantai.

Bersantai di Taman Tepi Pantai

Anda juga bisa bersantai di sebuah taman yang tidak jauh dari pantai. Taman ini menjadi salah satu spot favorit untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman.

Di taman ini terdapat pepohonan yang rimbun dan teduh. Ada pula bangku-bangku dan gazebo yang sangat strategis untuk menikmati semilir angin dan menyantap camilan.

Selain itu, di dekat taman ini juga terdapat tulisan “Pantai Citepus” dengan huruf-huruf besar berwarna oranye. Tulisan ini juga kerap dijadikan spot berfoto oleh para wisatawan.

Pantai yang Bersih

Salah satu alasan mengapa pantai ini menjadi salah satu spot wisata terfavorit di daerah Pelabuhanratu adalah karena pantainya yang bersih dan bebas dari sampah.

Para wisatawan bisa dengan leluasa berjalan-jalan dan mengambil foto atau video tanpa perlu merisaukan tentang sampah yang berserakan. Itu pula sebabnya pasti pantai ini aman untuk tempat bermain anak.

Jika Anda kebetulan mengunjungi pantai ini, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya ya! Buanglah sampah pada tempatnya dan hindari mencemari laut dengan cairan-cairan kimia.

Nah, asyik sekali bukan bermain dan berenang di Pantai Citepus? Walau tidak bisa dijadikan lokasi surfing, bukan berarti pantai ini sepi pengunjung. Sebaliknya, pantai ini menjadi salah satu spot terbaik untuk berlibur bersama keluarga.

Pantai Citepus memang bukan satu-satunya destinasi wisata Sukabumi yang hits. Akan tetapi wisata pantai ini sangat tepat untuk Anda jadikan target lokasi liburan singkat Anda.

Anda bisa menggunakan layanan paket tour dari Salsa Wisata untuk mengakomodir kebutuhan liburan Anda. Tak hanya bisa kunjungi Pantai Citepus saja, tapi juga sejumlah pantai cantik lainnya yang ada di deretan Teluk Pelabuhan Ratu.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)