SalSari Resto & Coffee

Tulungagung adalah salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur. Kabupaten ini memiliki sejumlah wisata alam mengagumkan. Salah satunya adalah wisata pantai yang masih virgin, yakni Pantai Coro Tulungagung.

Pantai eksotis ini adalah tempat wisata Tulungagung terbaru yang memiliki pesona alam yang masih asri. Pantainya tergolong baru sehingga sehingga ada yang menyebutnya sebagai pantai perawan.

Sekilas Tentang Pantai Coro Tulungagung

pantai coro di Tulungagung

Pantai Coro Tulungagung Jawa Timur ini merupakan kawasan wisata yang baru beroperasi. Pihak pemerintah setempat masih dalam upaya untuk menyediakan fasilitas lebih untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Meski nama pantai ini terdengar kurang menarik, pantai yang berjarak 31 KM dari Pantai Sine Tulungagung ini telah menjadi primadona baru. Pengunjung dari berbagai usia terus berdatangan.

Apalagi saat libur akhir pekan dan musim liburan; jumlah pengunjung pantai ini akan naik hingga 3 sampai 4 kali lipat dari jumlah normal. Ini menjadi bukti bahwa objek wisata ini dapat menjadi alternatif saat weekend.

Harga Tiket Masuk Pantai Coro Tulungagung

Untuk masuk ke kawasan wisata ini, terdapat loket retribusi yang tersedia untuk keperluan pembelian tiket masuk Pantai Coro Tulungagung. Adapun harga tiket masuk objek wisata ini tergolong sangat murah.

Per pengunjung, baik anak-anak maupun dewasa, hanya perlu membeli tiket masuk seharga Rp5.000,00 saja. Tarif ini tidak termasuk biaya parkir kendaraan dan juga biaya-biaya lainnya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Coro Tulungagung

Pantai Coro Tulungagung

Lokasi Pantai Coro Tulungagung ini berada di Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kabupaten Tulungagung. Dari pusat Kota Tulungagung, jarak tempuhnya sekitar 34 KM dengan waktu tempuh sekitar 1 jam lebih.

Sebaiknya Anda menggunakan jasa rental mobil terdekat untuk menuju ke objek wisata pantai ini. Rekomendasi ini sangat tepat terlebih bila Anda mengajak keluarga atau rombongan rekan kantor.

Dengan diantar seorang driver profesional, perjalanan wisata akan terasa nyaman dan juga efektif dalam hal waktu. Anda juga akan melalui rute terbaik dengan akses jalan menuju Pantai Coro Tulungagung yang sudah memadai.

Rute yang biasa dipilih adalah dari Kota Tulungagung akan langsung menuju Jalan Raya Popoh. Ikuti jalan sampai bertemu pertigaan yang ada papan penunjuk jalan Pantai Popoh dan Pantai Sidem. Nanti akan bertemu petugas retribusi.

Daya Tarik Pantai Coro Tulungagung

Pantai Coro memiliki daya tarik yang sangat memikat hati siapa saja yang melihatnya. Diantaranya adalah panorama pantai yang masih virgin. Lalu ada view sunset dan juga spot foto yang instagenik.

Berikut penjelasan lengkap dan detail soal daya tarik objek wisata pantai ini. Silahkan Anda simak.

Bermain di Bibir Pantai

pantai coro tulungagung jawa timur

Pantai Coro memiliki pasir yang berwarna putih bersih. Sedangkan airnya jernih berwarna hijau toska. Ombaknya sendiri cukup tenang dan area pasirnya cukup luas sehingga sangat pas untuk bermain.

Jika bersama anak-anak, pastikan agar orang tua mengawasi mereka karena setelah area pasir, langsung berisi batu karang di bagian bawahnya. Tapi, cukup aman jika tidak terlalu ke tengah.

Jika air sedang surut, Anda dapat melihat ikan-ikan kecil di sela-sela karang seperti yang ada di Pantai Wedi Ombo Jogja. Jika membawa jaring kecil, Anda bisa menangkapnya dengan jaring. Tapi alangkah baiknya untuk membiarkanya hidup.

Pantai Masih Virgin

Banyak yang mengatakan jika akses jalan mendekati area pantai rusak dan membutuhkan usaha ekstra. Tapi semua akan terbayar kontan ketika Anda sudah tiba di lokasi pantai.

Kesan pertama yang Anda rasakan ketika berada di sini adalah suasananya tenang, asri, dan indah. Rasa lelah dan penat selama perjalanan akan hilang seketika.

Angin sepoi-sepoi akan langsung menyambut Anda dengan ramah. Anda pun bisa langsung duduk istirahat sambil menyaksikan keindahan lanskap yang membentang luas.

Tempat wisata Jawa Timur murah yang satu ini memang tiada duanya. Apalagi jumlah pengunjungnya masih sedikit sehingga sangat cocok untuk healing dan bersantai hilangkan stress.

Spot Foto Eksotis

rute pantai coro tulungagung

Pantai yang masih virgin ini menawarkan sejumlah spot foto instagramable. Lokasi spot fotonya sendiri cukup banyak dan tersebar. Salah satunya adalah area pantai dengan pasir putih yang menawan.

Perpaduan antara pasir dan air lautnya sangat ciamik. Apalagi gradasi warna antara pasir putih dan air laut berwarna toska. Sungguh perpaduan yang sangat cantik dan mempesona. Wajar saja jika keindahan pantai ini mampu menghipnotis wisatawan.

Selain di area pantai, spot foto eksotis berikutnya adalah di atas batuan karang. Tapi untuk menuju batu karang harus ekstra hati-hati. Sesampainya di atas batu, Anda bisa berfoto sambil berdiri atau duduk dengan latar pantai.

Wisata Kuliner Khas Pesisir

Walau hanya ada warung kecil, tapi keberadaan mereka sangat berarti bagi wisatawan. Warung ini menyediakan beberapa makanan khas Jawa Timur, khususnya makanan daerah pesisir dengan harga yang sangat terjangkau.

Anda bisa menikmati secangkir kopi sambil merasakan damainya suasana pantai. Jika siang hari, pesanlah es kelapa muda lalu meminumnya tepat di bibir pantai.

Namun perlu Anda ketahui bahwa jumlah makanan dan minuman yang dijual di warung cukup terbatas. Maka dari itu, memang ada baiknya untuk membawa perbekalan sendiri.

Camping Tepi Pantai

jalan ke pantai coro tulungagung

Pantai Coro menawarkan kegiatan seru berupa camping tepi pantai. Biasanya para campers mendirikan tenda di dekat pepohonan.

Untuk bisa camping, tentu saja harus izin terlebih dahulu. Selain itu pastikan agar membawa segala peralatan dan perlengkapan camping sendiri dan juga logistik yang cukup. Sebab, di lokasi wisata ini belum tersedia jasa sewa tenda dan perlengkapanya.

Meski terdapat warung, warung-warung di sini hanya buka di pagi hingga sore hari. Oleh karena itu, pastikan stok logistik Anda cukup selama camping di area pantai ini.

Fenomena Sunset

Pagi dan siang hari wisata Pantai Coro memang sangat mempesona. Tapi, jika ingin suasana yang romantis, tunggulah hingga sunset tiba. Sunset di kawasan wisata ini tiada duanya.

Dari kejauhan matahari tampak tenggelam perlahan di balik perbukitan. Langit biru yang cerah pun berubah warnanya menjadi jingga merona. Sungguh ciptaan tuhan yang sempurna. Anda pun tidak akan berhenti mengaguminya.

Sunset ini bisa Anda abadikan baik dengan foto maupun video. Jika membawa drone, maka ada banyak spot eksotis yang bisa Anda rekam dari sudut pandang berbeda. Secara umum, tempat wisata ini mengesankan.

Tentu hasil rekaman sunset ini tak kalah cantik dari view sunset dari balkon sejumlah penginapan murah di Malang yang berkualitas.

Fasilitas di Pantai Coro Tulungagung

fasilitas

Fasilitas Pantai Coro tergolong masih terbatas. Hal ini wajar karena objek wisata ini masih sangat baru. Akan tetapi sudah ada sejumlah fasilitas umum yang bisa digunakan oleh para pengunjung.

Fasilitas-fasilitas tersebut adalah area parkir, toilet umum, mushola, dan warung wisata. Mungkin untuk beberapa tahun ke depan, fasilitas pendukung lainnya akan bertambah seiring bertambahnya jumlah wisatawan.

Misalnya fasilitas toko oleh-oleh Jawa Timur, khususnya dari Tulungagung yang lezat. Ada banyak jenis makanan ringan Tulungagung yang cocok sekali jadi buah tangan.

Jam Buka Wisata Pantai Coro Kandang

Secara resmi, pantai dengan nama lain Pantai Coro Kandang ini buka dari pagi hingga sore hari. Tapi bagi yang memilih camping, tentu saja bisa bermalam di area pantai.

Untuk jadwal buka, objek wisata pantai terbaru di Tulungagung ini buka setiap hari. Hari libur nasional juga tetap buka dengan jam operasional yang sama. Jam buka Pantai Coro Tulungagung adalah dari jam 09.00 sampai jam 17.00 WIB saja.

Segera agendakan liburan di sini baik bersama dengan teman ataupun keluarga. Salsa Wisata dapat mengantarkan Anda menuju Pantai Coro Tulungagung dengan layanan paket wisata terbaik dan murah.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)