SalSari Resto & Coffee

Beberapa kabupaten di Jawa Barat memiliki pantai. Salah satunya adalah Cianjur dengan pantainya bernama Pantai Jayanti. Pantai yang satu ini memiliki karakter berombak besar dan banyak batuan karang.

Pantai ini juga memiliki ciri khas berupa pasirnya yang berwarna hitam. Objek wisata Cianjur instagramable yang satu ini juga mempunyai daya tarik lainnya selain lanskap alam yang eksotis.

Untuk mengetahui info Pantai Jayanti lebih detail lagi, langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Pantai Jayanti

pantai cemara jayanti

Pantai Jayanti Cianjur memang memiliki ombak yang besar. Tapi, ini bukan berarti wisatawan tidak bisa bermain air di area tepi pantainya. Anda dan pengunjung lain dapat tetap bermain air dan pasir dengan aman.

Siapapun akan tertarik untuk bermain di area pantai karena area pasir pantai yang luas dan landai. Pasirnya berwarna hitam pekat dan akan kontras dengan warna buih dan air lautnya.

Batuan karang juga turut mempercantik view pantai sehingga dapat memanjakan mata setiap pengunjungnya. Udaranya juga sejuk dan segar, cocok untuk menjadi tempat berlibur di akhir pekan bersama keluarga atau teman-teman.

Menariknya lagi, objek wisata ini lengkap dengan fasilitas, terutama fasilitas pemancingan dan juga sentra penghasil ikan laut terbesar di Jawa Barat.

Harga Tiket Masuk Pantai Jayanti

Tiket masuk Pantai Jayanti sangat murah dan tarifnya sama, baik di hari biasa maupun akhir pekan. Tarif ini belum termasuk tarif retribusi parkir kendaraan dan biaya-biaya lainnya.

Oleh sebab itu, memang sebaiknya siapkan budget lebih agar dapat menikmati atraksi wisata lain yang Anda inginkan. Misal memancing, belanja ikan segar, wisata kuliner, dll.

Berikut kami cantumkan tarif retribusi tiket masuk dan parkir kendaraan terbaru yang berlaku di objek wisata pantai ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp10.000,00 per unit kendaraan
Parkir Mobil Rp15.000,00 per unit kendaraan

Rute Menuju Lokasi Pantai Jayanti

pantai jayanti cianjur jawa barat

Lokasi Pantai Jayanti berada di alamat Jln. Pantai Jayanti, Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Cianjur. Jika dari pusat Kota Cianjur, jaraknya sekitar 150 KM dengan waktu tempuh hingga 5 jam.

Sedangkan jika dari Bandung, jarak Bandung ke Pantai Jayanti hanya sekitar 100 KM atau 3 jam perjalanan. Lokasinya yang terbilang jauh membuat pengunjung harus menggunakan kendaraan dan driver berkondisi prima.

Cara praktisnya, Anda dapat menggunakan jasa sewa mobil terdekat plus driver. Salsa Wisata bisa jadi opsi terbaiknya. Selain sediakan layanan paket wisata terbaik, Salsa Wisata juga menyediakan layanan rental kendaraan bertarif murah.

Salsa Wisata melayani permintaan rental kendaraan untuk berbagai keperluan. Salah satunya untuk keperluan perjalanan wisata ke objek wisata pantai Cianjur ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Jayanti

Objek wisata pantai ini memang menjadi primadona bagi warga Cianjur. Keindahan panoramanya berpadu secara sempurna dengan pasir hitam dan batuan karang.

Pantai ini juga hadir dengan sejumlah daya tarik lainnya. Diantaranya adalah beberapa daya tarik berikut ini:

Keindahan Lanskap Pantai yang Memukau

mitos pantai jayanti

Tempat wisata di Jawa Barat murah meriah ini begitu eksotis dengan lanskap alamnya yang sangat khas. Ombak besar dan juga batuan karang menjadi penanda utama yang sekaligus menjadi daya tarik utamanya.

Dari kejauhan, ombak yang bergulung-gulung memang terlihat menakutkan. Tapi begitu hampir sampai di tepian pantai, ombak terlihat mengecil lalu hanya tersisa buih-biuh putihnya saja di atas pasir hitam.

Nampak pula gugusan-gugusan batuan karang yang terlihat sesekali menyembul ke permukaan. Warnanya yang hitam tentu kontras dengan ombak laut yang menghantamnya.

Momen ini tampak indah dan sebaiknya Anda abadikan dengan kamera ponsel pintar Anda. Bisa dalam versi fotografi maupun video berdurasi singkat.

Berfoto dan Memancing

pantai cidaun cianjur

Berbeda dengan Pantai Pangandaran, pantai yang satu ini memiliki karang dengan berbagai ukuran. Di sebelah Timur pantai, terdapat area yang penuh dengan batuan karang.

Lokasi ini memang terlihat berbeda. Tapi, justru ini daya tariknya. Area karang dapat menjadi spot foto instagenik karena terasa seperti ada di alam lain. Dengan angle kamera yang tepat dan pose yang fotogenik, batuan karang akan menjadi latar foto yang ciamik.

Selain sebagai spot foto, area ini juga menjadi spot memancing karena ada banyak ikan di antara sela-sela batuan karang. Area ini menjadi tempat favorit ikan karena cenderung tenang dan terlindungi dari hantaman ombak.

Bahkan jika beruntung, Anda tak hanya akan mendapatkan ikan laut saja. Ada beberapa jenis hewan laut yang turut menghuni kolam-kolam kecil diantara karang. Contohnya saja udang, lobster, cumi, dan bahkan gurita.

Menanti Senja yang Eksotis

pantai selatan jayanti

Bagi anak senja, kawasan pantai ini sangat cocok untuk berburu sunset. Cukup dengan duduk santai di sore hari sambil menunggu sunset tiba. Sembari menunggu sunset, Anda bisa mengisi waktu Anda dengan mencicipi makanan khas Sunda terdekat.

Jangan lupa untuk mempersiapkan kamera untuk mengabadikan momen yang begitu dramatis. Saat sunset tiba, langit akan berubah warna menjadi jingga. View sekitarnya mendadak indah berkat warna jingga ini, membuat takjub siapa saja yang menyaksikannya.

Penghasil Ikan Nomor Satu dan Wisata Kuliner

Jayanti rupanya adalah pantai penghasil ikan terbesar di Jawa Barat. Jadi tak usah heran bila selama berkunjung ke pantai ini, Anda akan menjumpai kapal-kapal nelayan yang lalu-lalang, menepi, atau sedang bersandar.

Hasil tangkapan para nelayan lokal ini kemudian mereka jual ke warung-warung wisata yang ada di kawasan objek wisata ini. Beragam ikan dan seafood segar bisa Anda jumpai di warung-warung wisata di sini.

Sebagian dimanfaatkan sebagai bahan olahan seafood yang dijual kepada para wisatawan. Sebagian juga ada yang dijual kepada wisatawan dalam kondisi mentah dan segar.

Jadi, jika Anda mencari pusat makanan tradisional khas Jawa Barat khusus seafood segar, Jayanti bisa masuk dalam daftar rekomendasi terbaik.

Fasilitas di Objek Wisata Pantai Jayanti

wisata oleh-oleh pantai jayanti jawa barat

Fasilitas di objek wisata pantai ini sangat lengkap sehingga wisatawan akan merasa semakin nyaman berada di sini. Ada area parkir yang luas, toilet, kamar mandi, tempat ibadah, dan warung wisata.

Bahkan Anda juga bisa menyewa kapal nelayan untuk jelajah area perairan pantai. Tentu tarifnya menyesuaikan dengan hasil negosiasi antara Anda dan pemilik kapal.

Jam Buka Objek Wisata Pantai Jayanti

Objek wisata pantai terdekat dari Bandung ini buka setiap hari. Hari libur nasional tetap buka dan menerima kunjungan para wisatawan. Jam buka Pantai Jayanti ini selama 24 jam, jadi Anda bebas datang kapan saja.

Namun untuk fasilitas warung wisata, sore menjelang malam biasanya tutup. Jadi, tidak ada wisata kuliner malam di tempat ini. Anda yang berniat kulineran di malam hari, bisa mendapatkannya di tempat lain.

Anda juga bisa sekaligus mampir untuk berbelanja oleh-oleh di pusat oleh-oleh Kota Cianjur. Pilihannya ada banyak, termasuk makanan ringan khas Jawa Barat, kue basah, hingga souvenir.

Jadikan momen liburan Anda kali ini yang terbaik dengan memilih tour organizer yang terbaik pula. Seperti Salsa Wisata yang selalu siap untuk hadir menjadi fasilitator liburan Anda melalui paket wisatanya.

Pilihan paket wisatanya bermacam-macam dan yang pasti harga paket wisatanya jauh lebih terjangkau. Anda pun bisa tetap bisa liburan hemat di Pantai Jayanti ini dengan fasilitas yang berkualitas dan berkelas.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)