SalSari Resto & Coffee

Banten memiliki sejumlah pantai yang sangat eksotis. Salah satu di antaranya ada Pantai Karang Bolong. Pantai ini berada di jalan yang sama dengan Pantai Carita, Pantai Anyer, dan pantai lainnya yang sejalur.

Keunikan dari pantai eksotis ini adalah adanya batuan karang besar yang memiliki lubang besar bagai pintu gerbang. Itulah sebabnya pantai ini bernama Karang Bolong yang berarti karang yang berlubang.

Sekilas Tentang Pantai Karang Bolong

wisata pantai karang bolong

Pantai Karang Bolong Serang merupakan salah satu pantai favorit wisatawan dengan eksotisme berupa pemandangan alam. Selain itu yang menarik perhatian tentu saja adalah penampakan dari karang yang berlubang.

Kabarnya, menurut mitos, lubang yang menyerupai pintu ini adalah pintu gaib menuju dunia lain. Bahkan ada yang mengatakan tempat ini untuk melakukan semedi atau bertapa dengan berbagai tujuan.

Entah benar atau tidak, nyatanya tempat wisata di Serang, Banten ini ramai akan pengunjung yang ingin berlibur. Suasana pantainya asri, teduh, dan sejuk karena banyak pepohonan tumbuh subur.

Area pantainya sendiri ada dua, yakni area pantai berpasir dan pantai yang memiliki batuan karang. Karakter pantainya sangat tenang dan area pasirnya juga landai sehingga cocok untuk bermain.

Harga Tiket Masuk Pantai Karang Bolong

tiket masuk pantai karang bolong anyer

Tiket masuk Pantai Karang Bolong Anyer sangat terjangkau. Pengunjung juga harus membayar tiket parkir sesuai dengan jenis kendaraannya. Selain itu, jika ingin menaiki wahana banana boat, juga ada biayanya tersendiri.

Tabel berikut berisi daftar harga tiket masuk, biaya wahana banana boat, dan biaya parkir terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp15.000,00
Wahana Banana Boat Rp50.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Rute Menuju Lokasi Pantai Karang Bolong

Lokasi Pantai Karang Bolong terletak di Karang Suraga, Kecamatan Cinangka, Serang. Jarak dari pusat Kota Serang sekitar 52 KM dengan waktu tempuh rata-rata 1 jam 30 menit dengan kendaraan pribadi.

Atau jika ingin berkendara lebih nyaman dan jauh dari kata lelah, Anda bisa memanfaatkan layanan rental mobil terdekat di Serang dari Salsa Wisata. Driver kami akan antar Anda dan keluarga ke tujuan dengan rute terbaik.

Rute yang dipilih hanya ada satu saja, yakni via Jalan Nasional. Dari Serang arahkan menuju Cilegon kemudian ambil kiri menuju kawasan pantai. Pantai pertama adalah Pantai Anyer, Pantai Pasir Putih dan Pantai Marina.

Lurus saja sampai kemudian bertemu tulisan Pantai Karang Bolong. Letaknya setelah Pantai Marina. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Google Maps agar lebih akurat.

Daya Tarik Pantai Karang Bolong

Pantai ini menawarkan sejumlah pesona alam menakjubkan dan aktivitas wisata seru. Ajaklah keluarga termasuk anak-anak untuk menikmati keindahan dan keseruannya.

Keseluruhan daya tarik yang ada di objek wisata ini telah kami rangkum dalam ulasan di bawah ini. Silahkan Anda simak.

Karang Berlubang, Gerbang Dimensi Lain

pantai karang bolong anyer banten

Jika wisatawan berdiri tepat di bawah area lubang karang yang menyerupai gerbang, maka lubang ini berhadapan langsung dengan Anak Krakatau. Ini pula yang menguatkan misteri karang berlubang ini.

Konon, lubang di karang ini adalah gerbang menuju dimensi lain yang masih ada kaitannya dengan penguasa Laut Selatan. Ada yang menyebut bahwa yang dimaksud dengan dimensi lain adalah sebuah kerajaan gaib.

Kerajaan alam gaib di sini masih berada di bawah kerajaan Laut Selatan. Entah benar atau tidak, nyatanya tempat ini menawarkan keindahan alam menakjubkan. Terlebih Karang Bolong kini sudah menjadi tempat wisata terkenal.

Bermain Air dan Pasir di Bibir Pantai

Karakter pantai ini adalah ombaknya sangat tenang dan area pasirnya cukup luas. Pasir berwarna putih berpadu dengan air laut berwarna biru jernih membuatnya begitu indah.

Ombaknya yang tenang juga membuatnya cocok dan aman untuk bermain air di tepian pantai. Bahkan anak-anak sekalipun bisa berenang dan bermain air tanpa perlu khawatir.

Area bibir pantainya juga cocok untuk bersantai sambil menikmati keindahan lanskap pantai dengan latar Anak Krakatau. Itulah sebabnya, pantai ini layak menjadi salah satu pantai terkenal di Indonesia.

Bermain Banana Boat dan Naik Perahu

wahana banana boat pantai karang bolong anyer

Karakter pantai yang berombak tenang membuatnya cocok untuk berbagai wahana permainan air. Salah satunya adalah banana boat, yaitu wahana perahu karet berbentuk pisang dengan warna kuning.

Untuk wisatawan yang datang bersama dengan keluarga atau beberapa teman, dapat mencoba wahana ini. Wahana ini hanya untuk orang dewasa karena wahana ini nantinya akan ditarik oleh speedboat berkecepatan tinggi.

Spot Foto Instagramable

Eksotisme Karang Bolong bisa pengunjung abadikan dengan berfoto. Ada cukup banyak spot foto instagramable yang layak Anda bagikan ke media sosial. Salah satunya tentu saja karang berlubang.

Lubang pada karang yang berbentuk hampir seperti lingkaran ini memiliki ketinggian 30 meter dengan diameter 50 meter. Anda bisa berfoto dengan berdiri di tengah lubang yang membentuk seperti frame foto estetik.

Spot foto lainnya adalah gua di bawah karang. Sebenarnya ini adalah cekungan, bukan gua. Spot ini cukup besar dan menawarkan view eksotis. Bagi pecinta fotografi, area ini sangat unik dan dramatik.

Jika ingin lebih menantang, pengunjung bisa berfoto di area tangga yang menuju atas tebing. Sepintas, pemandangan dari tangga ini seperti Kelingking Beach Nusa Penida. Begitu indah dan memukau. Apalagi berkunjung di kala sunset.

Gardu Pandang

gardu pandang pantai karang bolong anyer

Di salah satu sudut pantai terdapat gardu pandang yang berada menjorok ke tengah laut. Gardu pandang ini berada di atas batu karang besar. Untuk naik ke gardu pandang, sudah ada anak tangga yang terbuat dari batu.

Tapi, ketika air sedang pasang, area bagian bawah gardu akan terendam air pasang. Sebaliknya, saat pantai sedang surut, Anda bisa melihat dasar anak tangga yang menjulang ke atas.

Walau air pasang, selama tidak ada ombak Anda bisa menaikinya. View dari gardu pandang ini sangat eksotis. Anda bisa menyaksikan panorama alam yang membentang luas tanpa ada penghalang.

Apalagi saat sunset tiba, pemandangan dari gardu pandang ini sangat sempurna. Keindahan sunset yang merona bagai lukisan di atas kanvas. Mempesona dan dramatis.

Fasilitas di Pantai Karang Bolong

fasilitas

Fasilitas di objek wisata pantai ini terhitung lengkap sehingga membuat pengunjung merasa nyaman dan betah. Beberapa di antaranya adalah ada gazebo, toilet, dan kamar mandi. Tentu saja ada area parkir yang luas.

Selain itu, fasilitas lainnya adalah mushola dan warung untuk menikmati sajian makanan khas daerah. Sebagian wisatawan lokal ada juga yang membawa makanan dan bekal sendiri termasuk membawa tikar.

Jam Buka Pantai Karang Bolong

Kawasan wisata pantai ini beroperasi setiap hari tanpa ada jam tutup. Meski jam buka Pantai Karang Bolong 24 jam, kebanyakan pengunjung datang ke sini saat pagi dan sore hari.

Saat pagi, udara sekitar pantai masih sangat segar. Siangnya bisa mereka lanjutkan dengan bermain wahana seperti banana boat atau naik perahu. Atau opsi lainnya yaitu berwisata kuliner.

Sedangkan sore hari, pengunjung bisa menikmati sunset lalu mengabadikannya dengan memotretnya dengan kamera atau kamera smartphone.

Habiskan waktu libur dengan bersantai di pantai adalah keputusan yang tepat. Jangan lupa untuk membeli buah tangan untuk orang tercinta di rumah. Ada beragam produk oleh-oleh di sini. Mulai dari jajanan, makanan, dan souvenir.

Menariknya lagi, ada juga produk oleh-oleh khas Tangerang Selatan yang dijual di sini. Wajar saja, mengingat Tangerang masih satu kawasan dengan Serang.

Salsa Wisata dengan senang hati dapat melayani Anda untuk berwisata ke objek wisata Pantai Karang Bolong Serang Banten. Ada sejumlah paket wisata yang cocok untuk Anda serta layanan jasa rental kendaraan terpercaya dan profesional.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)