SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Gunung Kidul begitu populer berkat pantai-pantainya yang memukau. Hampir semua nama pantai Gunung Kidul terdengar tidak asing di telinga wisatawan kita. Sebut saja salah satunya adalah Pantai Krakal.

Pantai yang masih berada di daftar pantai Jogja terkenal ini memang layak dikunjungi lantaran daya tarik dan fasilitasnya yang memadai. Selain itu, faktor pesona dan keindahan alam pantainya juga turut mempengaruhi.

Penasaran dengan hal-hal menarik yang dimiliki oleh objek wisata ini? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Sekilas Tentang Pantai Krakal Gunung Kidul

Wisata Pantai Krakal Wonosari merupakan salah satu dari destinasi wisata pantai di Gunung Kidul yang sangat recommended. Pantai ini menjadi salah satu tujuan  liburan favorit wisatawan yang penasaran dengan spot-spot cantik selain tempat wisata di Jogja kota.

Pantai yang terletak di Desa Ngestiharjo ini terbentuk akibat terjadinya fenomena alam yang disebut epirogenesa negatif.

Fenomena ini tak lain adalah naiknya kerak bumi yang kemudian menyebabkan lapisan bumi terangkat dan muncul di permukaan. Akibatnya, timbul dua batu karang besar yang menjadi ciri khas pantai ini.

Kedua batu karang ini memiliki warna hitam yang sangat pekat – sangat kontras  dengan pasir pantai yang warnanya putih.

Selain memiliki ciri khas duo batu karang, pantai ini juga menjadi pembatas tempat wisata terdekat yang juga berupa pantai. Sebut saja Pantai Sundak, Baron, dan Kukup.

Nama ‘Krakal’ sendiri berasal dari nama bebatuan karang. Kata ‘krakal’ dalam Bahasa Jawa memiliki arti batu karang. Krakal di sini artinya pantai dengan batu-batu karangnya yang indah dan eksotis.

Daya Tarik Wisata Pantai Krakal

Pantai Krakal Gunung Kidul

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Liburan ke pantai ini akan kurang puas rasanya jika hanya memandangi keindahan pantainya saja. Pasalnya, ada cukup banyak aktivitas seru yang sulit untuk Anda abaikan begitu saja.

Berenang dan Berjemur

Kontur bibir pantai yang landai dan juga luas (4 KM) membuat area pantainya sangat cocok untuk aktivitas berenang. Rasakan keseruan berenang di sini dengan sahabat atau keluarga di pantai ini.

Ombak lautnya juga relatif kecil sehingga aman untuk pengunjung yang ingin menikmati hangatnya air laut di pantai ini. Pada intinya, banyak wisatawan yang menjadikan Krakal sebagai opsi tempat berenang yang asik setelah Pantai Baron.

Selain sama-sama memiliki garis pantai yang landai, ombak lautnya juga sangat bersahabat. Lokasi keduanya juga berdekatan jadi sangat memudahkan Anda yang ingin mengunjungi semuanya.

Bagi yang tidak suka berenang, Anda bisa mengisi waktu liburan Anda di sini dengan melakukan aktivitas lainnya. Sebut saja bermain layang-layang, berjemur, bermain voli pantai, atau menjajal sepakbola pantai.

Snorkeling

Pantai ini memiliki spot snorkeling yang ciamik. Tempat untuk snorkeling ini memiliki panorama alam bawah laut yang sangat indah.

Spot ini begitu kaya akan biota laut seperti terumbu karang dan hewan-hewan laut yang warna-warni. Jadi, tak perlu jauh-jauh ke Gili Meno untuk mendapatkan pengalaman snorkeling yang spektakuler.

Pesona Sunrise dan Sunset

Jogja memang mempunyai banyak spot untuk nikmati sunrise dan sunset. Seperti di pantai ini, Anda dapat menyaksikan golden sunrise dan sunset dari bibir pantai.

Momen ini jangan pernah Anda lewatkan karena tidak ada spot lain yang menyuguhkan pemandangan fajar dan senja seindah di pantai ini.

Di sela-sela waktu menunggu sunset, Anda bisa manfaatkan waktu yang ada untuk bercengkrama dengan orang tercinta atau sesederhana menikmati camilan.

Jajanan atau camilan ini bisa berupa oleh-oleh khas gunung kidul yang dapat Anda beli sebelumnya. Ada banyak sekali pilihannya. Salah satunya adalah Bakpia Kukus Tugu Jogja.

Surfing

Di musim tertentu, ombak di pantai terindah di Insonesia ini terpantau cukup besar dan bahkan tergolong ganas. Nah, momen ini dimanfaatkan oleh para surfer untuk menguji skill surfing mereka.

Anda yang sedang belajar surfing, boleh mencobanya di pantai ini. Untuk memfasilitasi pengunjung yang tertarik untuk menjajal olahraga surfing, pihak pengelola telah menyiapkan stand khusus penyewaan papan surfing.

Anda nantinya akan didampingi oleh trainer profesional dan bersertifikat, jadi tak perlu cemas. Dengan panduan dari trainer, Anda akan dibantu untuk mencari lokasi yang aman dari batu karang dan ancaman landak laut dan ubur-ubur.

Fasilitas di Kawasan Wisata Pantai Krakal

Wisata Pantai Krakal

 

Selain memiliki daya tarik yang lengkap, objek wisata ini juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang memadai. Salah satunya adalah fasilitas penginapan. Fasilitas ini tentu sangat penting terutama untuk wisatawan yang ingin staycation dekat pantai.

Ada banyak pilihan penginapan di sini dengan fasilitas yang beragam. Tarif per malam-nya juga bervariasi, tergantung jenis penginapan yang terpilih.

Jika ditanya adakah pusat wisata kuliner Gunung Kidul terdekat di sini? Jawabannya tentu saja ada.

Anda akan dapat dengan mudah menemui warung makan, resto, atau foodcourt yang menjajakan banyak jenis olahan seafood. Mulai dari olahan seafood yang dibakar, digoreng, dimasak dengan bumbu rica, asam manis, dll.

Seafood di sini sangat berkualitas karena merupakan seafood baru dan fresh yang berasal dari para nelayan lokal. Karena masih fresh, citarasanya sudah pasti sangat enak.

Anda juga akan semakin puas ketika mengetahui harga hidangan seafood yang Anda santap sangat terjangkau. Jangan lupa juga untuk mencicipi camilan khas daerah sini, yaitu Rempeyek. Jajanan kriuk ini sangat spesial.

Terutama dari segi rasa karena berbahan dasar tepung beras dan Umbal-Umbal, jenis hewan laut yang kerap menempel pada karang.

Silahkan borong yang banyak karena harganya sangat murah. Anda boleh jadikan makanan khas Gunung Kidul untuk oleh-oleh. Fasilitas umum seperti mushola, kamar mandi, toilet, dan area parkir pastinya tersedia di objek wisata ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Krakal

Untuk masuk ke lokasi wisata pantai ini, Anda tak perlu mengeluarkan budget besar lantaran harga tiket masuknya sangat terjangkau. HTM ini sudah termasuk biaya masuk pantai-pantai di sekitar Krakal.

Khusus untuk wisatawan yang membawa kendaraan juga harus membayar biaya parkir yang nominalnya juga sangat murah.

Demikian juga ketika Anda ingin snorkeling dan surfing. Ada biaya sewa alat snorkeling dan surfing yang dibayar terpisah.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp3.000,00 per unit
Parkir Mobil Rp5.000,00 per unit
Sewa Alat Snorkeling Rp70.000,00 per orang
Sewa Papan Surfing Rp50.000,00 per orang

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Krakal

Lokasi Pantai Krakal

Dekat dengan Pantai Sepanjang, pantai ini berada di Desa Ngastiharjo, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul.

Apabila Anda bertolak dari Jogja, jarak yang harus Anda tempuh sekitar 65 KM dengan perkiraan waktu tempuh 1.5 jam.

Rute menuju pantai ini cukup mudah. Aksesnya juga bagus dan memadai. Dari Kota Jogja, perjalanan dapat dimulai dari Kota Jogja menuju ke arah Piyungan. Lalu ke Pathuk dan lanjut lagi ke arah Bundaran Tugu BPD.

Tak lama kemudian Anda akan sampai di Jalan Pantai Baron dan akhirnya tiba di pantai ini. Meski aksesnya sudah bagus, rute ini penuh dengan belokan tajam, jadi Anda wajib berhati-hati. Perhatikan juga performa kendaraan Anda.

Jika Anda merasa kurang yakin dengan performa kendaraan Anda, sewa mobil harian di Salsa Wisata bisa jadi solusi yang tepat. Paket rental mobil di Jogja 12 jam paling recommended untuk tipe rute di atas.

Jam Operasional Pantai Krakal

Anda boleh datang dan liburan di sini tak hanya saat hari libur saja karena tempat wisata pantai ini buka saat hari kerja, yaitu Senin-Jumat. Sabtu, Minggu, dan libur nasional tetap buka dengan jam operasional sama, 24 jam.

Jadi, apabila Anda ada agenda ke sini dalam waktu dekat, pastikan Anda sudah menentukan jam-nya mengingat lokasinya jauh dari kota.

Namun sebenarnya ada solusi terbaik untuk dapat liburan di pantai ini dengan nyaman, mudah, dan hemat. Tepat sekali, dengan memesan layanan paket tour Jogja murah dari Salsa Wisata.

Pantai Krakal Gunungkidul patut masuk ke dalam list destinasi wisata Anda berikutnya. Tempat ini siap memberikan Anda pengalaman liburan yang sangat mengesankan melalui pesona alamnya, kulinernya, dan juga aktivitas serunya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Jogja



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)