SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Yogyakarta punya banyak oleh-oleh khas menarik yang bisa Anda bawa pulang terutama dari kawasan Gunung Kidul. Kondisi geografis yang berbeda membuat buah tangan dari daerah ini punya ciri khasnya tersendiri.

Misalnya saja oleh-oleh khas Gunung Kidul yang terbuat dari singkong, tanaman yang banyak tumbuh di Gunung Kidul. Anda bisa mencoba tiwul, gaplek, gatot, dan lainnya yang juga menjadi makanan khas daerah ini.

Selain itu masih banyak lagi buah tangan unik yang bisa Anda jadikan pilihan. Nah berikut ini beberapa rekomendasi yang wajib Anda ketahui dan coba beli.

Daftar Oleh-oleh Khas Gunung Kidul Terkenal

Tiwul

Tiwul

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Terbuat dari singkong, tiwul menjadi panganan pengganti nasi yang lazim terdapat di Gunung Kidul. Rasanya gurih manis dengan tekstur lembut dan sedikit lengket.

Oleh-oleh khas Gunung Kidul yang terkenal ini sudah ada sejak zaman dulu terutama masa paceklik yang sering melanda Gunung Kidul. Walau begitu eksistensinya tidak tergerus zaman dan malah ikut berkembang. Biasanya tiwul sering menjadi menu di tempat wisata kuliner Gunung Kidul.

Anda bisa menikmati berbagai jenis varian rasa baru dari jajanan tradisional ini. Seperti halnya surabi, jajanan khas Purwakarta, sudah ada tiwul manis rasa cokelat, kopi, gula jawa, hingga keju yang bisa Anda nikmati.

Harganya juga sangat terjangkau sekitar Rp20.000,00 per kotak tergantung varian rasanya. Jajanan ini bisa Anda dapatkan di toko Tiwul Manis Pak Lambang, Jl. Baron No.Km. 4, Dungabah I, Duwet, Wonosari.

Gatot

Gatot

Ada banyak sekali makanan khas Gunung Kidul yang terbuat dari singkong dan salah satunya adalah gatot. Hasil fermentasi singkong yang telah melewati proses panjang ini punya rasa manis gurih yang khas.

Rasa manis tersebut muncul dari tambahan gula jawa saat proses pengukusan sedangkan gurihnya berasal dari parutan kelapa. Camilan ini sangat cocok menemani waktu Anda bersantai.

Terlebih lagi sekarang sudah tersedia gatot kemasan kering atau instan yang mudah untuk Anda bawa sebagai buah tangan. Anda bisa membeli gatot instan ini di toko Gatot Tiwul Yu Tum Jl. Pramuka No.36, Pandansari, Wonosari.

Harganya juga relatif terjangkau sekitar Rp19.000,00 hingga Rp21.000,00 per kotak. Jika tertarik Anda bisa meminta sopir dari rental mobil Jogja yang Anda gunakan untuk mengantar.

Nasi Tiwul

Nasi Tiwul

Selain tiwul manis yang bisa menjadi kudapan, adapula nasi tiwul yang cocok untuk program diet Anda. Serat dari nasi tiwul ini sangat tinggi dengan kandungan gula serta karbohidrat yang rendah.

Rasa dan teksturnya juga tidak jauh berbeda dari nasi jagung, makanan khas Surabaya. Nasi tiwul paling nikmat Anda santap bersama gudangan, sambal, ayam, dan ikan asin.

Anda juga bisa menikmati nasi ini di rumah sebab sudah ada kemasan instan tinggal seduhnya. Tinggal beli saja di toko oleh-oleh khas Gunung Kidul yang tahan lama Gatot Tiwul Yu Tum dengan harga sekitar Rp20.000,00-an.

Peyek Udang

Peyek Udang

Sebagai kawasan pesisir yang terkenal dengan pantainya, jajanan laut seperti peyek udang wajib Anda bawa pulang. Udangnya pun bukan udang biasa melainkan udang vaname yang banyak terdapat di Gunung Kidul.

Tidak seperti peyek udang oleh-oleh khas Cirebon yang tahan lama udangnya berukuran kecil, udang vaname ini cukup besar. Dalam satu peyek biasanya terdapat satu ekor udang atau lebih tergantung ukuran udangnya.

Tekstur yang renyah dengan rasa gurih udang yang khas jadi alasan jajanan ini laris di pasaran. Anda bisa membeli peyek ini di kawasan pantai atau sejumlah pusat cenderamata di Gunung Kidul.

Harganya juga cukup terjangkau tergantung ukuran udang serta tempat Anda membeli. Biasanya sekitar Rp25.000,00 per bungkus atau sekitar Rp100.000,00 per kilogram.

Belalang Goreng

Belalang Goreng

Selain tiwul, Gunung Kidul juga tidak bisa terpisahkan dari oleh-oleh khasnya yakni walang goreng atau belalang goreng. Panganan tak lazim ini terbuat dari belalang berukuran besar dengan tambahan bumbu yang khas.

Terdapat tiga varian rasa yang bisa Anda pilih yakni belalang goreng manis, gurih, dan pedas. Dari segi tekstur, belalang goreng ini sangat renyah dengan sensasi mirip udang.

Biasanya Anda bisa menemukan pedagang belalang goreng ini di tepian jalan menuju Gunung Kidul. Harganya sendiri berbeda-beda tergantung ukuran kemasan yang Anda beli.

Namun kisaran harganya sendiri sekitar Rp10.000,00 hingga Rp25.000,00 per kemasan. Belalang goreng ini pas sekali Anda jadikan buah tangan khas Jogja selain bakpia yang tidak biasa.

Ungkrung Goreng

Ungkrung Goreng

Ternyata makanan ekstrem dari Gunung Kidul tidak hanya belalang goreng, adapula ulat jati atau ungkrung goreng. Untuk Anda yang berani, ulat atau kepompong goreng ini bisa jadi makanan yang unik dan tidak biasa.

Rasanya gurih berkat tambahan garam dan bawang sebelum proses penggorengan. Selain itu, kandungan proteinnya tidak kalah dari ikan ataupun ayam.

Sayangnya panganan ini muncul musiman tergantung keberadaan ulat atau kepompongnya. Namun saat musimnya, satu kilogram ungkrung goreng ini harganya bisa mencapai Rp70.000,00.

Tidak sedikit sopir dari tempat rental hiace Jogja menawarkan pengalaman baru ini kepada wisatawannya yang berani. Jika Anda tertarik langsung saja minta antar ke pusatnya di daerah Ngawen, Gunung Kidul

Kerupuk Singkong

Kerupuk Singkong

Olahan singkong lain yang bisa Anda jadikan oleh-oleh dari Gunung Kidul adalah Kerupuk Singkong. Bentuknya tidak jauh berbeda dari kerupuk biasa namun dengan rasa gurih yang khas.

Kerupuk ini berwarna putih kekuningan mirip dengan opak singkong yang menjadi oleh-oleh khas Wonosobo. Selain membeli matangnya, Anda juga bisa membawa pulang kemasan mentahnya.

Harga kerupuk mentahnya ini juga lebih murah dari kemasan matangnya. Satu kilogram kerupuk singkong mentah ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp30.000,00 saja.

Aneka Olahan Ikan Laut

Aneka Olahan Ikan Laut

Saat mengunjungi tempat wisata Gunung Kidul seperti pantai wajib sekali membawa pulang hasil lautnya. Apalagi ada sangat banyak pilihan olahan ikan laut yang menarik mulai dari panganan hingga souvenir.

Misalnya seperti tirai dari cangkang kerang yang menjadi oleh-oleh selain makanan favorit banyak wisatawan. Olahan seperti ikan asin atau kerupuk ikan pun juga bisa Anda jadikan pilihan.

Kisaran harga olahan ikan laut ini pun beragam tergantung jenis olahan atau ukurannya. Namun biasanya antara Rp5.000,00 hingga ratusan ribu rupiah.

Peyek Rumput Laut

Peyek Rumput Laut

Satu lagi oleh-oleh dari hasil laut yang bisa Anda dapatkan di Gunung Kidul adalah peyek rumput laut. Rasa gurih dan aroma rumput laut yang khas jadi kenikmatan utama peyek satu ini.

Dari bentuknya, peyek ini mirip dengan peyek bayam yang menjadi makanan khas Depok yang mudah dibuat dengan warna hijau yang kentara. Namun dari segi tekstur, peyek ini lebih tebal dan renyah.

Harganya juga sangat murah hanya Rp5.000,00 per 250 gram. Jika tertarik, peyek rumput laut ini bisa Anda dapatkan di kawasan Pantai Baron atau pantai-pantai di sekitarnya.

Manggleng

Manggleng

Olahan singkong yang juga tidak kalah enak untuk Anda jadikan oleh-oleh adalah mangleng. Mangleng sendiri merupakan keripik singkong dengan bentuk memanjang dan berukuran kecil.

Pilihan rasa keripik ini juga cukup banyak ada yang gurih, pedas, manis, atau pedas manis. Mangleng ini sangat cocok Anda jadikan camilan saat bersantai di sore hari.

Untuk harganya juga tidak terlalu mahal sekitar Rp12.500,00 hingga Rp25.000,00 tergantung rasa dan kemasannya. Anda juga bisa menemukan keripik ini di toko oleh-oleh khas Solo yang terkenal namun dengan nama Balung Kethek.

Pathilo

Pathilo

Gunung Kidul ternyata juga punya versi rengginangnya sendiri yakni pathilo. Berbeda dengan rengginang biasa yang menggunakan ketan, pathilo ini menggunakan singkong sebagai bahan utama.

Meski begitu rasa dan bentuknya tetap sama seperti rengginang biasa yang renyah dan gurih. Anda bisa membeli pathilo ini dalam keadaan matang maupun mentah.

Untuk rengginang mentahnya sendiri biasa dibanderol dengan harga sekitar Rp6.000,00 hingga Rp8.000,00 per kilo. Pathilo ini cocok sekali menjadi pilihan Anda yang ingin variasi baru menikmati rengginang.

Bagaimana, sudah dapat oleh-oleh yang ingin Anda beli di Gunung Kidul? Jika belum manfaatkan saja bantuan biro perjalanan melalui paket family gathering Jogja murah yang ada.

Dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa mendapat banyak rekomendasi oleh-oleh dan souvenir menarik dari kru yang bertugas. Selain itu semua kebutuhan wisata Anda juga akan terpenuhi sehingga tidak akan repot sendiri lagi.

Jadi tunggu apalagi? mau liburan yang mudah dan menyenangkan sudah pasti Salsa Wisata tempatnya. Pesan sekarang dan dapatkan pengalaman liburan yang Anda impikan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Jogja, Kuliner



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)