SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Wisata pantai Gunung Kidul sudah pasti jadi primadona bagi sebagian besar wisatawan. Selain terkenal dengan pasir putih dan air lautnya yang biru, pilihannya juga ada banyak. Pantai Kukup adalah salah satunya.

Nama pantai ini sangat terkenal. Bahkan pantai ini menjadi pioneer wisata pantai Jogja yang ada di Kabupaten Gunung Kidul.

Berbekal keindahan alam yang sempurna dan juga fasilitas yang memadai, menjadikan objek wisata ini sangat layak untuk menjadi destinasi wisata Anda selanjutnya.

Sekilas Tentang Pantai Kukup Gunung Kidul Jogja

Objek wisata Pantai Kukup adalah satu dari deretan wisata pantai Selatan yang ada di kawasan perbukitan Gunung Kidul. Nama pantai ini kerap disandingkan dengan Pantai Baron karena letaknya bersebelahan.

Meski letaknya berdekatan, pantai ini memiliki hamparan pasir berwarna putih gading. Warna pasir ini sangat berbeda dengan warna pasir Pantai Baron yang hitam pekat.

Hal unik lainnya dari pantai ini adalah gugusan batu karangnya yang semakin menambah sisi eksotisme pantai ini. Bahkan ada sebuah jembatan ikonik yang menghubungkan dua batu karang dengan view deburan ombak di bawahnya.

Garis pantainya tidak panjang membentang. Tapi bibir pantainya cukup lebar sehingga wisatawan dapat bermain pasir dengan leluasa.

Ombak pantainya relatif lebih besar dan juga area perairan di sekitar bibir pantai didominasi oleh karang-karang yang berselimutkan lumut. Sepintas tampak cantik tapi kurang recommended untuk berenang.

Sisi menarik lainnya yaitu pulau karang yang ada di sisi Timur pantai. Tampilan dan suasana yang disuguhkan oleh pulau karang ini sangat mirip dengan pulau Karang di kawasan wisata Tanah Lot Bali.

Daya Tarik Pantai Kukup

Pantai Kukup Jogja

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Berikut adalah beberapa daya tarik yang dapat Anda temui di objek wisata pantai ini:

Karang Pulau Jumino

Wisata pantai ini sangat identik dengan sebuah pulau karang kecil yang dinamakan Bukit Karang Jumino. Anda dapat mengunjungi pulau karang ini dengan melewati akses jembatan yang sudah tersedia.

Di sini, Anda dapat selfie atau berfoto bersama kawan, pasangan, atau keluarga dengan background pemandangan laut lepas yang indah.

Berjemur, Bermain Pasir, dan Menikmati Panorama Pantai

Anda juga dapat melakukan aktivitas layaknya di pantai pada umumnya. Misalnya saja bermain pasir, berjemur, dan menikmati keelokan pantai dari bibir pantai.

Snorkeling

Dengan potensi keindahan alam bawah laut yang ada, pihak pengelola telah menyediakan spot snorkeling seperti yang ada di Pantai Slili.

Objek wisata Pantai Slili sendiri adalah salah satu tempat wisata pantai Jogja baru yang hits dan terkenal.

Tak hanya kaya akan biota laut saja; pantai ini juga berhasil memukau para wisatawan dengan tampilan lanskapnya yang eksotis.

Pesona Sunset

Pantai ini menyuguhkan pemandangan senja yang sangat cantik. Apalagi saat air laut sedang surut. Saat ini terjadi, Anda akan melihat semburat jingga di langit dengan hiasan siluet karang yang gelap nan cantik.

Jangan lupa abadikan pemandangan ini dengan kamera terbaik Anda, lalu unggah hasil jepretan tersebut ke media sosial Anda. Bersiaplah untuk mendapat ratusan like dan comment setelahnya.

Menyaksikan Upacara Sakral

Kawasan pantai Selatan memang tak bisa lepas dari prosesi budaya semacam sedekah laut. Namun tidak semua pantai di sini menjadi lokasi untuk upacara sakral.

Pantai ini masuk dalam daftar nama pantai yang menjadi lokasi upacara sakral sedekah laut selain Pantai Parangkusumo, salah satu tempat wisata dekat Parangtritis.

Upacara sedekah di Kukup sendiri, rutin berlangsung setiap Bulan Muharram atau Suro menurut Kalender Jawa. Ritual pemberian sedekah ini merupakan bentuk syukur masyarakat Gunung Kidul akan hasil laut yang melimpah.

Wisata Kuliner

Siapa di sini yang sangat semangat ketika mendengar wisata kuliner? Wajar kita semua bersemangat karena selain enak, makanan yang kita konsumsi akan berubah menjadi energi baru.

Di pantai ini adalah gudangnya kuliner berbahan seafood segar. Ada banyak pilihan menu seafood yang bisa Anda cicipi di sini.

Selain seafood, ada juga menu makanan khas Yogyakarta manis seperti Gudeg untuk Anda yang tidak makan seafood.

Belanja Oleh-oleh

Pusat oleh-oleh di Jogja tidak hanya dijumpai di pusat kota saja. Di sini juga ada beberapa kios yang menjual oleh-oleh khas Gunung Kidul selain makanan meski mungkin tak selengkap di kota.

Produk oleh-oleh yang dijual di sini cukup beragam dan kebanyakan adalah produk kreatif buatan warga lokal. Contohnya saja Peyek khas Gunung Kidul, kaos, gantungan kunci, dan belalang goreng.

Fasilitas di Pantai Kukup

Wisata Pantai Kukup Jogja

Untuk fasilitas, objek wisata pantai Indonesia yang dekat dengan Pantai Krakal ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas tempat parkir, sebagai contoh, areanya sangat luas dan dapat menampung mobil, bus berbagai ukuran, dan sepeda motor.

Saat musim liburan, area parkir di kawasan wisata ini didominasi oleh bus pariwisata yang berasal dari arah kota.

Bus-bus ini disewa oleh rombongan wisatawan dari agen penyedia paket sewa mobil murah di Jogja dan kota-kota besar lainnya.

Fasilitas lainnya yaitu tempat ibadah yang bersih dan nyaman. Untuk wisatawan yang ingin menggunakan toilet, tak usah bingung karena ada beberapa unit kamar mandi lengkap dengan toiletnya di sini.

Di sekitar pantai yang indah ini juga ada cukup banyak tempat menginap dengan tarif yang lumayan terjangkau. Tidak ketinggalan pula fasilitas toko souvenir yang pasti ramai oleh wisatawan yang ingin belanja cinderamata khas pantai ini.

Souvenir yang dijual tak hanya kaos, topi, atau gantungan kunci saja. Tetapi ada jenis souvenir unik lainnya, yaitu berupa ikan hias yang cantik dan warna-warni.

Dan warung-warung makan seringnya menjadi pilihan utama pusat wisata kuliner Gunung Kidul terdekat selama beraktivitas wisata di pantai ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup

Wisata pantai di Gunung Kidul ini merupakan destinasi wisata hemat dan murah. Sebab, harga tiket masuk objek wisata pantai instagramable ini sudah termasuk biaya masuk tempat wisata pantai terdekat. Sebut saja Pantai Sepanjang, Sundak, dan Drini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per unit
Parkir Mobil Rp5.000,00 per unit
Parkir Bus Rp20.000,00 per unit

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Kukup

Lokasi Pantai Kukup

Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Rute utama menuju ke pantai ini adalah melalui Jalan Jogja-Wonosari. Lalu ambil jalur ke arah Pantai Baron dan Ngobaran. Kemudian belok kiri ke arah Baron.

Nantinya Anda akan menjumpai pertigaan, silahkan belok kiri dan Anda akan sampai di lokasi pantai ini. Dari Kota Jogja ke pantai jaraknya sangat jauh. Waktu tempuh rata-ratanya bisa capai 2 jam lebih.

Karena lokasinya yang jauh, banyak wisatawan yang lebih memilih untuk menggunakan jasa paket wisata Jogja 2 hari 1 malam dari Salsa Wisata. Selain praktis dan efisien, wisatawan juga merasakan pengalaman liburan yang nyaman.

Jam Operasional Pantai Kukup

Hampir semua pantai di Gunung Kidul tidak memiliki ketentuan khusus terkait dengan jam operasional. Namun yang jelas, pantai cantik ini buka setiap hari selama 24 jam.

Setelah membaca ulasan lengkap di atas, apa pendapat Anda? Apakah semakin tertarik untuk mencoba liburan di Pantai Kukup ini? Jika iya, mulailah menyiapkan semua kebutuhan liburan Anda dari sekarang.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Jogja



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)