SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Pantai Kuta Lombok mungkin tidak setenar Pantai Kuta Bali, namun keindahan pantai di sisi selatan Pulau Lombok ini berani di adu. Hamparan pasir putih dan air laut yang jernih akan terlihat sejauh mata memandang.

Berada di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika membuat berbagai fasilitas yang tersedia di pantai ini sangat lengkap. Pantai Kuta bisa menjadi tempat wisata lombok yang pas untuk Anda dan keluarga saat berlibur ke Lombok.

Sejarah Tentang Pantai Kuta Lombok

Kawasan Mandalika khususnya Pantai Kuta tidak bisa lepas dari sejarah dan cerita legenda tentang Putri Mandalika. Dikisahkan Putri Mandalika adalah seorang putri cantik jelita dari seorang raja bijaksana.

Kecantikan hati dan wajahnya sudah terkenal ke seantero kerajaan bahkan sampai ke kerajaan lain. Banyak pangeran dan bangsawan yang mengajukan lamaran kepada Raja untuk menikahi Putri Mandalika.

Raja pun memberikan kesempatan kepada Putri Mandalika untuk memutuskan sendiri pilihannya. Putri Mandalika yang bingung akhirnya bersemedi untuk mendapatkan petunjuk pilihan yang terbaik.

Akhirnya pada tanggal 20 bulan 10 penanggalan suku Sasak, semua orang berkumpul di sekitar Pantai Kuta untuk mendengar keputusan Putri. Dari atas bukit Putri Mandalika mengumumkan bahwa ia menerima semua lamaran pernikahan.

Keputusan mengejutkan tersebut diambil karena Putri Mandalika tidak ingin ada perpecahan akibat pernikahannya nanti. Setelah mengatakan hal tersebut Putri Mandalika pun terjun ke laut dan menghilang bersama ombak.

Setelah kejadian tersebut muncul hewan berupa cacing yang sangat banyak di pinggiran pantai. Cacing dengan sebutan Nyale ini dipercaya merupakan jelmaan Putri Mandalika yang hilang ditelan ombak.

Untuk itulah setiap tanggal 20 bulan ke-10 kalender Sasak diadakan festival Bau Nyale untuk mengenang pengorbanan tersebut. Warga berbondong-bondong mencari cacing Nyale di pinggiran pantai kawasan Mandalika termasuk Pantai Kuta.

Lihat tempat wisata lombok yang bagus sedang hits ini: Bukit Merese.

Daya Tarik Wisata Pantai Kuta Lombok

Suasana Pantai Kuta Mandalika yang tenang menjadi salah satu alasan tempat ini begitu diminati wisatawan. Disamping itu, masih banyak hal lain yang bisa Anda temukan di Pantai Kuta ini berikut beberapa diantaranya.

Keindahan Pantai

Keindahan Pantai Kuta Lombok

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Berbeda dengan kebanyakan pantai pada umumnya, pasir di Pantai Kuta ini sangat unik. Ukurannya cukup besar dengan bentuk seperti biji merica dan berwarna kuning keemasan.

Sekeliling pantai terdapat perbukitan yang sering dimanfaatkan warga sekitar untuk menggembala saat subur. Anda bisa mendaki bukit-bukit tersebut dan melihat dari ketinggian keindahan air laut pantai Mandalika yang jernih.

Saat surut, pantai yang landai sering menjadi tempat berburu ikan-ikan kecil yang terperangkap di celah karang. Tidak jarang satu kantong plastik ikan bisa Anda dapatkan ketika mencari ikan-ikan tersebut.

Pemandangan terindah pantai bisa Anda nikmati saat matahari terbenam mulai dari pukul 16.00 WITA. Semburat langit berwarna jingga berpadu air laut yang tenang dan suasana pantai kuta menjadi pemandangan indah untuk menutup hari.

Festival Bau Nyale

Festival Bau Nyale

Setiap setahun sekali masyarakat sekitar Mandalika khususnya Suku Sasak melakukan sebuah festival bernama Bau Nyale. Festival ini diselenggarakan untuk mengenang cerita legenda Putri Mandalika yang menghilang ditelan laut.

Saat festival, warga beramai-ramai mengunjungi pantai di pagi hari untuk berburu cacing Nyale. Konon katanya, cacing ini merupakan jelmaan atau bagian rambut Putri Mandalika yang hanyut terbawa ombak.

Hasil tangkapan cacing ini nantinya akan bisa Anda olah kembali menjadi makanan khas Lombok yang lezat. Anda bisa berlibur sambil belajar dan ikut meramaikan festival ini bersama masyarakat sekitar.

Bermain di Pantai

Selain dapat menikmati keindahan pantainya, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru di Pantai Kuta. Salah satu yang cukup populer adalah kegiatan water sport seperti jetski, windsurfing, snorkeling, dan banana boat.

Ombak pantai yang tenang juga sangat pas menjadi tempat berenang dan bermain air bagi anak-anak. Permainan di sini juga sudah memiliki fasilitas keamanan yang lengkap sehingga tidak akan membahayakan para pengunjung.

Tempat wisata di lombok favorit wisatawan: Gili Air.

Harga Tiket Masuk Pantai Kuta Lombok

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pantai Kuta tidak ada biaya retribusi, hanya cukup membayar karcis parkir saja. Biaya fasilitas tambahan yang ada pun sangat terjangkau, lebih jelasnya berikut ini rincian biaya kawasan wisata Pantai Kuta.

Kategori Harga Tiket
Karcis Masuk Gratis
Penginapan Mulai dari Rp175.000,00 per malam
Permainan Air Mulai dari Rp25.000,00
Parkir Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00
Parkir Bus Rp20.000,00

Tarif yang tercantum di dalam tabel sewaktu-waktu dapat berubah tergantung kebijakan masing-masing pengelola. Namun daftar ini masih bisa Anda gunakan sebagai perkiraan dan persiapan sebelum mengunjungi Pantai Kuta.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata lain yang ada di Lombok, pilih saja paket wisata dari biro perjalanan. Ada banyak pilihan paket yang bisa Anda sesuaikan dengan rencana Anda berlibur.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Kuta

Pantai Kuta terletak di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika tepatnya di Kuta, Pujut, Lombok Tengah. Jaraknya dari Kota Mataram sekitar 47 kilometer atau kurang lebih 1 jam perjalanan jika kondisi jalan lancar.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke pantai, menggunakan kendaraan pribadi atau mobil sewaan dari Kota Mataram. Namun tidak sedikit juga wisatawan yang memanfaatkan paket liburan ke Lombok untuk bisa berkeliling destinasi wisata yang ada di Lombok.

Rute tercepat dan termudah untuk menuju Pantai Kuta Mandalika dari Kota Mataram bisa Anda tempuh melalui jl. Bypass Bandara. Kemudian ketika Sampai di daerah sengkol ambil Jl. Kuta Lombok ke arah Desa Ende dan terus berjalan sampai menemukan petunjuk Pantai.

Jalur ini juga bisa Anda gunakan jika berangkat dari Bandara Internasional Lombok dan hanya memerlukan waktu 30 menit. Atau bisa juga manfaatkan rute dari Google Maps agar Anda tidak perlu pusing memilih jalan yang benar.

Jam Operasional Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok tidak memiliki jam operasional tertentu untuk bisa Anda nikmati. Objek wisata ini buka selama 24 jam penuh setiap hari jadi Anda dapat datang kapanpun Anda mau.

Meskipun begitu saat malam hari pantai ini akan sangat sepi pengunjung dan tidak terlalu indah untuk Anda nikmati. Pagi hari atau sore merupakan waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Kuta Lombok karena cuaca yang tidak terlalu panas.

Selain itu saat musim pancaroba, Anda bisa melihat bukit-bukit di sekeliling Pantai Kuta berwarna hijau segar. Hewan ternak warga biasanya berkeliaran bebas di bukit ini dan dapat menjadi pemandangan yang unik.

Jika Anda ingin berbaur bersama warga datanglah saat festival Bau Nyale sedang berlangsung. Biasanya festival ini jatuh pada bulan Februari atau Maret menyesuaikan penanggalan suku Sasak.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Salsa Rizqi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)