SalSari Resto & Coffee

Anda ingin bermain banana boat di laut? Walaupun bisa membeli paket wisata murah ke Bali, tapi nyatanya Anda tidak perlu pergi sejauh itu. Sebab, Pantai Lon Malang menyediakan berbagai wahana seru seperti banana boat untuk pengunjung!

Selain itu, di dekat pantai ini, juga ada banyak tempat wisata hits Jawa Timur lainnya, seperti Goa Blaban dan Air Terjun Toroan! Hebat, kan? Sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui.

Anda mungkin tidak tahu, tetapi pantai ini sempat tertimpa berbagai kontroversi. Namun, untungnya kontroversi tersebut membawa ketenaran pada pantai ini. Bukan hanya terkenal, pantai ini bahkan menjadi salah satu obyek wisata dengan jumlah pengunjung tertinggi di Pulau Madura.

Karena Pula Madura berdekatan dengan Surabaya, Anda bisa menggunakan layanan rental hiace Surabaya murah untuk memudahkan mobilitas perjalanan wisatamu.

Anda penasaran, kan? Simak artikel berikut!

Sekilas Tentang Pantai Lon Malang

wisata Pantai Lon Malang

Saat pertama kali beroperasi di tahun 2017, pantai ini menuai banyak kritikan, khususnya dari para tokoh agama daerahnya. Memang awalnya pantai ini memiliki nama yang alay, tetapi bukan itu permasalahannya. Kritikan-kritikan kyai muncul karena nama-nama spot foto di pantai ini.

Mastuki selaku pengelola pantai ini, mengaku bahwa awalnya ia berniat membuat pantai ini terkenal dengan nama-nama yang nyeleneh. Namun, reaksi yang datang tidak sesuai ekspektasi.

Pemda Sampang yang mendengar masalah ini, akhirnya membuka forum untuk mencari solusi agar obyek wisata ini tidak terbuang sia-sia. Setelah pertemuan tersebut, Mastuki menerima segala masukan dan merealisasikannya tepat keesokan harinya.

Matsuki mengganti nama pantai Cuma Kamu menjadi Lon Malang, yang sesuai dengan lokasi pantai ini. Selanjutnya, Mastuki juga mencabut papan-papan nama spot foto yang nyeleneh, seperti Kamar Janda Mendesah, Danau Asmara, Papa Pulang Mama Basah.

Kata Lon sendiri, berasal dari kata Solon, yang berarti saluran irigasi. Sementara Malang artinya melintang. Maksudnya adalah bahwa pantai ini merupakan tempat bermuaranya sebuah saluran irigasi yang melintang milik masyarakat

Alamat Pantai Lon Malang

Jl. Raya Batu Lenger, Batu Lenger Timur, Bira Tengah, Kec. Sokobanah, Kabupaten Sampang, Jawa Timur

Jam Buka Pantai Lon Malang

Jam Operasional Pukul
Senin – Jumat 07.30 – 17.30 WIB
Sabtu – Minggu 07.30 – 18.00 WIB

Harga Tiket Pantai Lon Malang

Untuk menikmati keindahan pantai ini, harganya sangat murah. Namun, jika Anda ingin menaiki wahana-wahana di dalamnya, Anda harus membayar lagi.

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp5.000,00
Parkir kendaraan Rp5.000,00 – Rp10.000,00
Banana Boat Rp100.000,00
ATV Rp20.000,00

Daya Tarik Pantai Lon Malang

bermain atv di Pantai Lon Malang

Panorama yang Indah

Pantai ini memiliki pemandangan yang amat cantik. Deburan ombaknya juga tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk menjadi tempat bermain air.

Di sekitar air lautnya, terdapat beberapa aliran air dangkal, yang merupakan saluran irigasi. Selain itu di beberapa titik pantai ini, juga terdapat tumpukan bebatuan kecil yang cocok menjadi spot foto Anda!

Di sini, ada lebih dari 1000 pohon cemara yang membuat suasana pantai menjadi teduh. Ada juga jajaran saung-saung tradisional untuk pengunjung beristirahat, yang menambah keindahan pantai.

Walaupun pemandangannya indah, sayangnya saat sedang ramai, pihak pengelola kurang memperhatikan kebersihan pantai ini.

Aktivitas Seru

Kalau Anda suka bermain air, tetapi takut untuk berenang di laut, Anda bisa berenang di swimming pool tempat wisata ini! Untuk menambah keseruan, Anda bisa mencoba menaiki banana boat.

Sebuah speed boat akan menarik banana boat Anda dengan kecepatan tinggi, sehingga Anda akan merasakan serunya terombang-ambing di tengah laut. Anda tidak perlu khawatir, karena kegiatan itu sangat aman, dan Anda akan menggunakan rompi pelampung.

Jika takut menaiki banana boat, Anda bisa mencoba aktivitas lainnya. Yaitu, berkeliling pantai menggunakan ATV!

Wahana Menarik

Seakan kurang lengkap, wisata alam ini juga menyediakan beberapa wahana menarik lainnya. Ada menara gedung pandang, dimana Anda bisa melihat keindahan pantai ini dari ketinggian.

Ada Taman Paseser yang bisa menjadi spot foto selanjutnya untuk Anda! Serta, ada panggung kesenian yang kadang menampilkan suatu pertunjukan.

Area Berkemah

Jika ingin melihat sunset, Anda bisa tinggal lebih lama dan berkemah disini! Wisata alam ini menyediakan area camping ground yang luas, serta jasa penyewaan tenda. Di sore hari, saat matahari akan tenggelam, warna langit akan berubah menjadi oranye keemasan.

Di bawah langit, ada ombak air yang menderu-deru manja, serta hamparan pasir putih. Melihat sunset di sini, pasti akan menjadi memori tak terlupakan bagi Anda!

Fasilitas Pantai Lon Malang

fasilitas Pantai Lon Malang

Wisata alam ini memiliki area parkir yang lumayan luas, berupa sebidang tanah lapang. Namun, tidak ada tanda ataupun pembatas sama sekali, sehingga parkiran mobil dan motor menyatu dan tidak rapi.

Kalau kehabisan tempat parkir, pengunjung memarkir kendaraannya di pinggir jalan. Selain itu, wisata alam ini juga menyediakan berbagai wahana aktivitas seru lainnya.

Ada camping ground, kolam renang, Taman Paseser, dermaga wisata, menara pandang, panggung kesenian, permainan ATV dan banana boat. Jika lapar, Anda juga tidak perlu khawatir.

Di pantai ini ada banyak warung lesehan yang menjual berbagai makanan khas Jawa Timur enak. Selanjutnya, wisata alam ini juga menyediakan mushola, serta toilet berbayar.

Di pantai ini, Anda mungkin tidak akan menemukan banyak oleh-oleh khas Jawa Timur makanan. Namun, di sini ada toko souvenir yang menjual berbagai pernak-pernik lucu.

Pantai Lon Malang ini memang sangat menarik untuk menjadi salah satu destinasi liburan Anda. Namun, jika Anda kurang puas, atau memang memiliki goal untuk mengunjungi semua pantai Surabaya, Anda bisa ke Pantai Kenjeran Lama. Pantai yang juga berada di kawasan Surabaya ini menawarkan charm berbeda yang juga akan menarik perhatian Anda!



Bagikan Artikel Ini Ke:

Rate this post