SalSari Resto & Coffee

Lampung memang memiliki berbagai destinasi wisata yang sangat indah. Salah satu yang harus wisatawan datangi adalah Pantai Mutun. Pantai ini memiliki keindahan yang menakjubkan.

Dari sudut pandang manapun, tempat wisata Lampung Selatan ini memang eksotis. Bagaimana tidak, pantai ini memiliki pasir putih dan air yang berwarna hijau kebiruan. Ombaknya juga sangat tenang.

Sekilas Tentang Pantai Mutun

alamat pantai mutun

Pantai Mutun Lampung berada di Teluk Lampung sehingga ombaknya sangat tenang. Selain itu, di lokasi pantai juga terdapat pulau yang bisa wisatawan datangi dengan menggunakan perahu.

Keindahan panorama dan view landscape pantai ini memang memukau. Tidak hanya itu, kehidupan bawah laut berupa terumbu karang, rumput laut, dan biota laut di pantai ini juga sangat mengesankan.

Ada banyak pilihan wahana permainan yang bisa dimainkan dengan harga tiket yang murah. Bahkan wisatawan bisa menyaksikan keindahan bawah laut dengan snorkeling. Selain itu, fasilitas penunjang kegiatan wisata juga lengkap.

Ajaklah keluarga dan anak-anak untuk menikmati keseruan berlibur sekaligus bersantai di pantai berpasir putih ini. Jika perlu transportasi, manfaatkan saja jasa sewa mobil terdekat di Lampung.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Mutun

Seperti Museum Lampung yang terkenal tiketnya yang murah, tiket masuk Pantai Mutun juga cukup murah. Begitu juga dengan biaya parkir dan persewaan wahana atau tiket lainnya.

Akan tetapi, sebaiknya tetap siapkan budget lebih agar bisa menikmati semua wahana dan fasilitas yang ada di sini. Sebagai referensi, berikut kami informasikan daftar harga tiket masuk terbaru dan biaya-biaya lainnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk – Weekdays Rp5.000,00 per orang
Tiket Masuk – Weekend Rp10.000,00 per orang
MS Town Rp15.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp3.000,00 per unit
Parkir Mobil Rp5.000,00 per unit

Rute Menuju Lokasi Pantai Mutun

pantai mutun dimana

Alamat Pantai Mutun terletak di Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung Selatan. Jaraknya sekitar 18 KM dari pusat Kota Bandar Lampung dengan waktu tempuh 45 menit.

Paling mudah untuk menggunakan Google Maps agar mendapatkan rute tercepat. Untuk rute, biasanya para wisatawan menggunakan rute Jalan Way Ratai lalu menuju Jalan Pantai Mutun.

Lokasi Pantai Mutun ini tak jauh dari Jalan Raya Pantai Mutun. Anda pun akan mudah menemukannya ketika sudah tiba di jalan raya tersebut.

Daya Tarik Wisata Pantai Mutun

Objek wisata unggulan masyarakat Lampung Selatan ini memiliki segudang daya tarik. Daya tariknya tak sebatas pada keindahan panorama alamnya saja. Melainkan ada banyak daya tarik lainnya. Seperti beberapa daya tarik yang akan kami bagikan berikut.

Keindahan Pantai

Salah satu alasan utama wisatawan datang ke pantai adalah untuk menikmati pemandangannya. Dari bibir pantai, tampak pemandangan surgawi dengan landscape yang luas.

Mata setiap pengunjung akan dimanjakan dengan view bentangan pantai yang luas serta landai. Pasirnya berwarna putih dan air lautnya biru kehijauan. Air laut di pantai ini sangat jernih dan seolah menjadi cermin yang pantulkan bayangan Pulau Tangkil.

Pulau Tangkil adalah pulau yang berada di seberang pantai ini. Gundukan pulau ini tampak hijau subur berkat vegetasi yang tumbuh di atas tanahnya. Jadi, jika Anda lihat dari kejauhan, pulau ini adalah focal point dari objek wisata pantai ini.

Berburu Spot Foto Terbaik

pantai mutun lampung

Ada banyak spot foto yang bisa Anda gunakan agar hasil jepretan Anda semakin menarik. Hampir semua sudut objek wisata ini bisa menjadi spot foto. Misal saat menaiki banana boat.

Kemudian saat memasuki pelabuhan, jejeran perahu yang bersandar pasti akan menjadi spot foto yang artistik. Lalu ada area pantai yang selalu terlihat menawan dengan pasir dan juga air lautnya yang tampak cantik dan kontras.

Dan yang terakhir yaitu Pulau Tangkil dan sejumlah spot foto kreatif yang dibuat oleh pihak pengelola. Seperti salah satunya yaitu spot foto berupa ayunan yang langsung menghadap laut.

Menjelajahi Pulau Tangkil

info pantai mutun

Daya tarik jelajah pulau wajib Anda coba karena Anda akan takjub selama di perjalanan menuju Pulau Tangkil. Nantinya Anda dan wisatawan lainnya akan menaiki sebuah perahu untuk menyeberang ke Pulau Tangkil.

Setibanya di Pulau Tangkil, Anda akan menyaksikan pesona keindahan pulau yang masih sangat alami. Banyak pohon yang berdaun rindang yang tumbuh subur. Pulau ini juga memiliki pantai kecil, yakni Pantai Tangkil, dengan pasirnya yang putih bersih.

Pasir putih ini terlihat kontras dengan warna air laut yang biru toska. Pemandangan cantik ini tentu wajib ada di galeri smartphone Anda. Anda bisa memotret tiap sudut pulau ini dengan sangat leluasa karena memang suasananya masih sepi.

Bermain Air dan Banana Boat

Kegiatan ‘wajib’ ketika liburan di pantai ini adalah bermain air di area pantai. Karena berupa teluk, ombak lautnya relatif kecil. Anda pun bisa mengajak si kecil untuk bermain pasir atau berenang.

Selain itu, pengunjung juga bisa bermain banana boat, yaitu sebuah wahana menyerupai bentuk pisang raksasa dan berwarna kuning. Wahana ini bisa mengapung dan biasanya ditarik oleh speedboat berkecepatan tinggi.

Banana boat bisa dinaiki oleh 3 hingga 4 orang dewasa. Cocok untuk rombongan wisatawan yang ingin menjajal banana boat yang sama.

Bermain di Waterboom

lokasi pantai mutun

Jika berenang di pinggir pantai belum memuaskan hasrat liburan, datanglah ke lokasi waterboom yang ada di pantai. Anak-anak maupun orang dewasa pasti akan menyukainya. Ada banyak wahana air seru di waterboom ini.

Semua wahana yang ada di sini sangat aman baik untuk anak maupun orang dewasa. Biaya tiket masuk juga terjangkau. Anak-anak pasti akan betah berlama-lama bermain air seharian di sini.

Wahana di waterboom ini termasuk yang terlengkap dan tak kalah menariknya dengan waterpark di Lampung Selatan terkenal lainnya. Pengunjung bisa menikmati wahana water slider yang berkelok. Lalu ada wahana ember tumpah yang bisa dimainkan oleh semua kalangan usia.

Snorkeling dan Diving

Pantai Lampung ini juga kaya akan kehidupan bawah lautnya. Wisatawan bisa melakukan snorkeling atau diving bagi yang bisa menyelam.

Kedua aktivitas ini sangat recommended untuk wisatawan lakukan ketika berada di sini. Anda bisa melihat banyak terumbu karang yang masih terjaga dengan baik. Ikan warna-warni berbagai ukuran juga terlihat hilir-mudik.

Untuk memfasilitasi wisatawan yang hendak snorkeling atau diving, pihak pengelola telah menyediakan pusat sewa perlengkapan snorkeling dan diving. Tarif sewanya terbilang murah.

MS Town Pantai Mutun

MS Town Pantai Mutun

Area khusus MS Town hadir untuk melengkapi momen liburan para pengunjung. Untuk masuk ke area ini, pengunjung perlu membeli tiket terlebih dahulu. Harga tiketnya tidak mahal.

Di dalamnya, ada banyak spot instagramable. dan juga fasilitas cafe kekinian. Jadi sangat wajar jika banyak muda-mudi Lampung yang hobi nongkrong dan wisata kuliner bandar lampung di sini.

Camping

Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi bermalam di tepi pantai, bisa memilih untuk berkemah di sini. Camping di pantai begitu menyenangkan dengan udara khas pantai dan deburan ombak yang menyapa setiap saat.

Untuk mendirikan tenda, Anda harus menyewa camping ground dengan biaya yang terjangkau. Tentu Anda juga harus menyiapkan segala kebutuhan, terutama bekal.

Namun bila bekal yang Anda kurang lengkap, Anda bisa mampir ke warung-warung di sekitar pantai. Warung-warung di pantai ini menawarkan banyak pilihan menu makanan dan minuman. Diantaranya ada makanan khas Lampung Selatan.

Fasilitas di Objek Wisata Pantai Mutun

pantai mutun buka atau tutup

Daftar fasilitas di tempat wisata ini sangat lengkap walaupun tiket masuknya tergolong murah. Beberapa diantaranya ada persewaan perlengkapan camping, sewa perahu, banana boat, wahana outbond, toilet, kamar mandi, waterboom, hingga tempat ibadah.

Jika perut lapar atau tenggorokan haus, sudah ada banyak warung yang siap melayani. Anda bisa bersantap di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan. Jangan lupa untuk pesan es kelapa muda sebagai pelengkapnya.

Jam Buka Wisata Pantai Mutun

Objek wisata bahari ini buka setiap hari. Jam buka Pantai Mutun 24 jam, jadi wisatawan bisa datang kapan saja dan jam berapa saja. Tapi, beberapa wahana, termasuk perahu, hanya melayani wisatawan dari pagi sampai sore saja.

Lokasi pantai memang dekat dengan pusat kota sehingga Anda bisa mampir untuk membeli oleh-oleh khas Lampung terdekat. Pastikan perjalanan wisata ke pantai ini aman dan nyaman dengan jasa tour organizer yang tepat.

Salsa Wisata adalah pilihan terbaik untuk menjadi partner wisata ke Pantai Mutun dan destinasi wisata hits Lampung lainnya. Tentukan agenda liburannya dari sekarang, dan jangan lupa untuk reservasi paket wisata di Salsa Wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)