SalSari Resto & Coffee

Kalian suka pantai dan berkemah? Pantai Ngrumput menjadi destinasi paling cocok untuk kalian! Keindahan laut berpadu dengan alam yang asri, membuat siapa saja betah berlama-lama di sini. Tidak kalah indah dan hits dengan pantai-pantai bagus di Yogyakarta lainnya!

Kalian bisa sepuasnya hunting foto yang instagramable sambil melepas penat. Tapi, sebelum berkunjung ke tempat wisata ini, ada beberapa hal yang wajib kalian ketahui.

Sekilas tentang Pantai Ngrumput

puncak kosakora

Pantai ini merupakan hidden gem yang belum seterkenal pantai-pantai lainnya. Hal itu menyebabkan pantai ini terbilang masih bersih dan asri, belum dikotori oleh sampah dan limbah. Pantainya berpasir putih bersih.

Di sekitarnya terdapat batu-batu karang yang menambah elok pemandangan. Terdapat juga beberapa tebing dan gua yang bisa kalian jelajahi. Air lautnya biru, bersih dan jernih sehingga kalian bisa sepuasnya berenang dan bermain air.

Pantai ini juga menjadi spot terbaik untuk mendapatkan foto berlatar belakang sunrise dan sunset yang instagramable banget! Jadi, jangan lupa memperbanyak foto dan video ketika berkunjung ke sini ya!

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngrumput

Lokasi pantai ini terletak di Banjarejo, Tanjungsari, Area Hutan, Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Jika Anda datang dari luar kota menggunakan kereta bisa memanfaatkan layanan rental mobil Stasiun Lempuyangan murah dari Salsa Wisata.

Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan bantuan aplikasi Google Maps untuk menuju ke parkiran Pantai Ngrumput. Dari parkiran masih harus berjalan selama kurang lebih 15 menitan. Adapun rute mapsnya bisa menggunakan link berikut ini.

Jam Operasional Pantai Ngrumput

Jam Operasional Pukul
Senin – Minggu 24 jam

Fasilitas di Pantai Ngrumput

fasilitas Pantai Ngrumput

Secara keseluruhan, fasilitas di pantai ini sudah cukup lengkap dan memadai. Berikut ini beberapa fasilitas yang ada di dalam kawasan Pantai Ngrumput.

  • Parkiran
  • Toilet umum
  • Sewa tenda
  • Warung makan
  • Lapangan voli pantai
  • Mushola

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrumput

Harga tiket masuk lokasi wisata pantai ini sangat murah. Berikut ini rincian tarif harga tiketnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Kawasan Pantai Gunung Kidul Rp15.000,00
Parkir kendaraan motor Rp5.000,00
Parkir kendaraan mobil Rp10.000,00
Camping Rp15.000,00
Sewa Tenda Rp70.000,00 – Rp80.000,00
Kayu Bakar Rp10.000,00
Tiket masuk puncak kosakora Rp3.000,00

Pantai ini bersebelahan persis dengan Pantai Drini. Bagi kalian yang membawa kendaraan pribadi, seperti motor dan mobil, disarankan untuk parkir di Pantai Drini kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki.

Daya Tarik Pantai Ngrumput

daya tarik Pantai Ngrumput

Berkemah di Tepi Pantai

Tempat wisata hits di daerah Gunung Kidul ini menjadi lokasi untuk berkemah. Daya tarik utama inilah yang membuat orang-orang berlomba untuk mengunjungi pantai ini.

Kalian bisa menikmati sensasi bermalam di tepi pantai dengan sinar rembulan yang terang. Jika dari atas bukit, pemandangannya akan sangat menakjubkan.

Puluhan tenda berwarna-warni menghiasi bibir pantai. Ditambah cahaya dari api unggun, membuat suasana semakin semarak.

Kalian tidak perlu khawatir tentang peralatan berkemah, karena pihak pengelola pantai menyediakan layanan sewa peralatan berkemah. Dari mulai tenda hingga lentera.

Ada pula warung-warung dan kios makanan sehingga pengunjung bisa dengan mudah menyantap hidangan lezat.

Tebing, Lorong Gua dan Karang Bolong

Selain pantai berpasir putih, lokasi wisata ini juga terkenal dengan tebing, lorong gua dan karang yang tersebar di sekitarnya. Sangat cocok sebagai latar belakang saat berfoto.

Salah satu hal yang unik adalah di lokasi ini terdapat sebuah karang yang bolong. Apabila ombak bergulung datang, maka air lautnya akan melewati lubang di tengah karang ini. Indah sekali!

Kalian harus berhati-hati apabila ingin menyusuri tepi tebing dan karang. Sebaiknya jangan melakukannya saat air laut sedang pasang.

Bukit Kosakora

Nama Pantai Ngrumput sebenarnya berasal dari nama bukit yang mengelilingi. Dulu, masyarakat sekitar menamakan perbukitan ini sebagai Bukit Ngrumput. Sebab, masyarakat sering mencari rumput untuk pakan ternak di bukit ini.

Nama itu kemudian diberikan pada pantai indah yang berada di bawah bukit. Sementara Bukit Ngrumput sendiri berganti nama menjadi Bukit Kosakora. Nama itu berasal dari para pecinta alam yang pernah berkunjung ke sana.

Pemandangan dari atas bukit setinggi 50 meter ini sangat indah. Kalian juga bisa berkemah di lokasi bukit ini loh! Sensasinya juga tak kalah dengan berkemah di tepi pantai.

Bukit Kosakora juga sering digunakan oleh para fotografer yang hendak berburu foto-foto panorama milky way dan bintang di malam hari.

Tapi di pagi dan siang hari pemandangannya juga tak kalah bagus. Pastikan kalian mengambil foto sebanyak mungkin ya! Jangan lewatkan kesempatan ini!

Kuliner Seafood

Tak lengkap rasanya jika belum menikmati wisata kuliner seafood di Gunungkidul. Jangan cemas! Kalian bisa menikmati kelezatan hidangan seafood yang segar di pantai indah ini!

Warung-warung makan yang bertebaran di sekitar pantai menyediakan berbagai pilihan sajian seafood. Salah satu restoran enak yang cukup terkenal di Gunungkidul yaitu Salsari Resto. Makanan yang paling digemari tentu saja ikan bakar.

Atau kalian bisa juga membeli ikan segar langsung dari hasil tangkapan para nelayan. Dengan begitu, kalian bisa membakar ikannya sendiri. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan! Apa lagi bila Anda santap saat malam hari sambil duduk di depan api unggun.

Tak perlu bingung mengenai perlengkapan. Jika kalian menyewa tenda, maka kalian juga akan mendapatkan tong besar untuk membuat api unggun.

Waktu yang paling pas untuk mengunjungi pantai ini adalah saat weekdays. Pada hari-hari tersebut, pantai tidak akan terlalu ramai sehingga suasana lebih tenang dan syahdu. Kalian bisa mengeksplor pantai dan berenang di laut sepuas hati!

Sepulang dari Pantai Ngrumput jangan lupa mampir untuk membeli oleh-oleh khas Gunung Kidul ya! Gunakan layanan paket wisata dari Salsa Wisata untuk mengurus segala kebutuhan liburanmu, mulai dari akomodasi, transportasi hingga tiket masuk wisata.



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)