SalSari Resto & Coffee

Selain Pacitan dan Malang, Jawa Timur memiliki satu kota lagi yang punya pantai indah. Anda mungkin belum tahu bahwa Jember punya pantai unik. Kalau belum, Anda bisa merencanakan liburan Anda ke Jember dan saksikan sendiri pantainya yang cantik. Salah satunya yaitu Pantai Payangan.

Sebagai salah satu tempat wisata hits di Jember, pantai ini sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas menarik. Pantai ini letaknya tidak jauh dari Pantai Watu Ulo dan Pantai Papuma.

Lokasinya sendiri ada di Dusun Payangan, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Keindahan pantai ini terutama ada di panorama sunset-nya. Jangan lewatkan momen matahari terbenam di sini.

Sekilas Tentang Pantai Payangan

sunset Pantai Payangan Jember

Yang membuat pantai ini unik yaitu ada 1 pulau, 3 bukit, dan 4 pantai di area wisata ini. Itu berarti, Anda bisa bebas mengeksplor tempat-tempat cantik hanya dalam satu area saja.

Pasir di pantai ini warnanya memang tidak putih, melainkan hitam kecoklatan. Namun teksturnya lembut, jadi sangat pas untuk dipakai bermain. Seperti di umumnya pantai, mayoritas penduduk yang tinggal di sekitar sini mata pencahariannya adalah mencari ikan.

Itu artinya, kalau main ke sini, Anda bukan cuma bisa sekadar menikmati pemandangan dan main air, tapi juga melihat aktivitas para nelayan menangkap ikan. Malah, Anda juga bisa ikut para nelayan lokal tersebut berlayar ke tengah laut.

Kalau Anda baru pertama kali berkunjung ke pantai ini, Anda akan terpesona melihat 4 pantai yang langsung menyambut Anda. Pantai di sebelah utara bentuknya melengkung dengan pasir berwarna hitam.

Pantai di bagian tengah memiliki daya tarik batu-batuan yang cantik. Sedangkan pantai di selatan punya sabana yang luas. Pantai satunya lagi khusus untuk nelayan. Area sabana di pantai bagian selatan ini bisa Anda pakai untuk mendirikan tenda jika ingin camping di sini.

Dari tempat Anda mendirikan tenda, Anda bisa melihat jejeran perahu-perahu nelayan yang terparkir rapi di pantai sebelah. Kalau kebetulan Anda datang ke Pantai Payangan ini di bulan Suro, Anda bisa menyaksikan upacara adat.

Upacara ini dinamakan Petik Laut, umumnya dilakukan oleh para nelayan lokal sebagai wujud rasa syukur mereka atas hasil ikan yang melimpah dan doa semoga mereka diberi keselamatan saat melaut. Acara ini biasanya diikuti dengan pertunjukan wayang kulit.

Harga Tiket Masuk Pantai Payangan

Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam kalau ingin menikmati suasana pantai yang indah ini. Harga tiket masuk Pantai Payangan pun tidak dibedakan berdasarkan waktu kunjungan dan usia pengunjung. Berikut ini rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp7.500,00
Parkir motor Rp5.000,00
Parkir mobil Rp10.000,00
Sewa kuda Rp20.000,00

Rute Menuju Pantai Payangan

Pantai Payangan Jember

Wisata bahari di Jember ini ada di garis pantai selatan kota Jember. Itu berarti, Anda bisa berangkat dari pusat kota Jember. Ambil arah selatan menuju Pasar Mangli. Dari pasar Mangli, Anda hanya harus mengikuti papan penunjuk arah untuk bisa sampai di Pantai Payangan.

Akses jalan menuju pantai ini sudah bagus, tapi medannya cukup berliku. Anda harus memastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima. Jika tidak mau repot, kami sarankan untuk menggunakan jasa rental mobil plus driver terpercaya.

Dengan begitu, Anda bisa sekalian mengunjungi tempat wisata lainnya, wisata kuliner, dan mampir ke toko oleh-oleh khas Jawa Timur makanan.

Daya Tarik Pantai Payangan

Bermain Pasir

bermain pasir di Pantai Payangan Jember

Pasir di pantai ini warnanya memang hitam, persis seperti pantai Parangtritis dan Pantai Goa Cemara di Bantul, Jogja. Namun, warna gelap tersebut tidak mengurangi pesona pantainya. Tekstur pasir di sini sangat lembut.

Anda bisa membangun istana pasir, main sepak bola, atau bahkan main voli pantai di sini. Tenang saja, tidak ada karang-karang kecil yang tersembunyi di balik pasir. Jadi, main di area pasir pantai ini bahkan aman untuk anak-anak.

Mengeksplor Batu-batuan

explore batuan Pantai Payangan Jember

Tidak seperti batu pada umumnya, batuan di pantai ini terkumpul rapi dan tersusun indah. Jumlahnya sangat banyak. Susunan batu karang ini ada di dekat bukit, membentuk celah-celah yang seringnya terisi air laut. Anda bisa main air di celah-celah tersebut.

Di sela-sela karang ini, Anda juga bisa menemukan banyak biota laut kecil. Ada kerang, kepiting, udang, dan banyak jenis ikan kecil. Anda bisa membawa ember dan jaring kalau ingin menangkap hewan-hewan kecil tersebut.

Mendaki Bukit Samboja

bukit samboja Pantai Payangan Jember

Tidak jauh dari area pantai, Anda bisa mengunjungi bukit Samboja. Bukit ini terbentuk dari karang yang ukurannya sangat besar. Cobalah untuk mendaki bukit ini. Memang perjalanannya akan terasa sedikit melelahkan, tapi pemandangan yang menanti Anda di atas sangat spektakuler.

Rute menuju puncak bukit sudah bagus. Ada deretan anak tangga disertai pagar pengaman. Bukit ini juga sudah dirapikan. Ada banyak bunga warna-warni yang ditanam di pinggir jalan setapak. Ada beberapa gazebo juga untuk tempat istirahat.

Anda bisa menikmati panorama laut dengan lebih jelas dan luas dari puncak bukit ini. Dari atas sini, akan terlihat jelas pantai yang dengan teluk berbentuk hati yang sangat terkenal itu. Terlihat juga warna-warni laut yang berpadu dengan bukit-bukit hijau di sampingnya. Bukit di area pantai juga ada di Pantai Kosakora Jogja.

Jalan-jalan ke Goa Jepang

Selain mengeksplorasi area pantai, Anda juga bisa jalan-jalan ke Goa Jepang yang terletak di bibir pantai. Goa ini sebetulnya tidak besar. Meskipun kecil, isinya penuh benda bersejarah peninggalan masa kolonial Jepang.

Selain bisa belajar sejarah, Anda juga bisa foto-foto di sini. Goa cantik ini bisa jadi latar belakang yang estetis. Kami sarankan untuk mengambil foto di sini saat matahari terbenam, jadi Anda bisa sekalian menangkap momen sunset.

Fasilitas Pantai Payangan

Secara keseluruhan pihak pengelola telah menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai. Beberapa fasilitas umum yang bisa Anda gunakan yaitu tempat parkir, toilet, kamar mandi bilas, mushola, gazebo, camping ground.

Sementara fasilitas penunjang lainnya ada wahana permainan, spot foto Instagramable, dan warung makan yang menyediakan berbagai makanan khas Jawa Timur kekinian.

Jam Operasional Pantai Payangan

Pantai Payangan terbuka untuk umum selama 24 jam setiap harinya. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini yaitu di pagi hari saat matahari terbit dan sore hari saat matahari terbenam.

Anda bisa datang ke pantai yang cantik ini dengan memesan paket wisata dari Salsa Wisata. Salsa Wisata adalah agen perjalanan yang telah membawa ribuan pelanggan liburan di berbagai kota di Indonesia.

Dengan paket wisata dari kami, Anda bisa liburan tanpa repot. Harga paket sudah termasuk akomodasi, tiket wisata, makan, dan transportasi. Hubungi kami untuk info lebih lanjut.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)